Menu

Jumat, 25 September 2020

/

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar Sahabat Milda? Semoga selalu sehat dan bahagia ya  dimana saja kalian berada. Saat ini kita sedang memasuki era tatanan baru atau yang sering disebut #NewNormal terhitung sejak bulan Juni 2020. Sebelumnya karena pandemi corona ini, kita diminta untuk berdiam diri di rumah, kita melakukan berbagai aktivitas dari rumah. Mulai dari bekerja, belajar dan beribadah. Semuanya dilakukan dari rumah.




Seperti yang kita ketahui bersama bahwa vaksin corona belum ditemukan. Para ahli kesehatan saat ini sedang berjuang untuk menemukan vaksin corona tersebut. Kita juga berharap agar Vaksin Corona Indonesia juga segera ditemukan sehingga bisa membantu untuk pencegahan dan pengobatan kasus corona yang kian hari jumlahnya juga kian meningkat. 


Dengan kondisi ini yang bisa kita lakukan adalah menerapkan adaptasi kebiasaan baru, yaitu dengan selalu memakai masker, sering mencuci tangan dan selalu menjaga jarak. Jadi aktivitas di luar rumah tidak dilarang, akan tetapi kita diminta untuk patuh terhadap protokol kesehatan.


Hal ini kita lakukan tidak untuk melindungi diri kita sendiri, akan tetapi juga akan melindungi dan membuat nyaman orang lain yang ada di sekitar kita.


Setiap hari kita berdoa dan berupaya untuk tidak mudah jatuh sakit dan melakukan hal-hal yang dapat membuat imunitas tubuh kita menurun sehingga jika ada serangan virus kita akan mudah sakit.


Salah satu yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap baik adalah dengan selalu berpikiran positif, sering tersenyum, tertawa dan melakukan aktivitas yang bisa membuat kita bahagia. Seperti menjalankan hobbi yang menyenangkan, menonton atau sekedar ngobrol dan tertawa bersama keluarga. 


Gejala Awal Corona Virus


Kita ketahui bahwa Gejala awal infeksi virus Corona ini hampir  menyerupai gejala flu atau influenza, yaitu demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. 


Sama halnya dengan gejala flu secara umum, gejala dapat hilang dan sembuh atau malah memberat. Sejak lama kita mengenal istilah bahwa sakit flu itu akan sembuh dengan sendirinya, jika imunitas tubuh kita kuat. Jadi banyak orang yang tidak serta merta langsung minum obat medis ketika terkena flu. Melainkan mereka kebanyakan lebih menyukai melakukan berbagai kegiatan fisik atau berolahraga sampai mengeluarkan keringat, makan berbagai makanan yang menyegarkan seperti soup dan lain sebagainya.


Nah, jika flu itu tidak sembuh atau malah gejalanya smekain berat, seperti penderita mengalami demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada. Bisa jadi gejala-gejala tersebut muncul ketika tubuh bereaksi melawan virus Corona. Oleh karena itu butuh penangganan yang lebih serius dan intensif.


4 Cara Mencegah dan Mengatasi Flu


Gejala awal virus corona yang menyerupai Flu ini membuat orang kemudian sangat protektif jika ia mulai terkena flu atau berada di dekat orang yang terkena Flu. Terkadang kita menunjukkan sikap yang berlebihan terhadap seseorang yang terkena gejala flu, seperti batuk, pilek dan sering bersin-bersin.


Tenang , kita tidak perlu paranoid berlebihan, namun sebaiknya jika kita mengalami atau ada keluarga sahabat, teman kita yang menderita sakit Flu. Maka lakukan empat hal berikut ini, agar gejala Flu tidak semakin berat dan segera sembuh seperti sedia kala.


1. Minum Air Putih yang Banyak


Selama kita flu tubuh mengalami kekurangan cairan, dan peranan minum air putih adalah untuk mengganti cairan yang hilang. Penderita Flu sering mengalami bibir kering dan mudah haus. Dengan memperbanyak minum air putih maka akan mempersedikit lendir yang dihasilkan akibat flui. Apalagi air juga bisa membersihkan racun penyebab influenza.


Source unsplash


2. Konsumi Makanan yang bergizi dan Sehat


Banyak bahan makanan sehat yang bisa kita konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah serta mengurangi gejala flu. Makanan tersebut, antara lain adalah

Kaldu

Sup Ayam

Bawang Putih

Yogurt

Buah Kaya Vitamin C

Sayuran Hijau

Brokoli

Oatmeal

Rempah


3. Cukup Istirahat


Para ahli mengungkapkan jika ketika tubuh istirahat, virus penyebab flu maupun batuk bisa mereda. Ini juga bisa membuat tubuh cepat pulih dari segala risiko sakit yang ada. Tak hanya istirahat saat malam, istirahat saat siang juga sangat penting dimiliki anak.

Source Unsplash


4. Hindari Kontak Denga Penderita Flu


Orang yang memiliki sakit flu bisa menularkannya ke orang lain yang sehat hingga sekitar 2 meter jauhnya. Virus Flu dapat ditularkan lewat udara. Bahkan banyakk yang beranggapan bahwa tetesan liur yang keluar dari pengidap ketika batuk atau bersin, bahkan ketika berbicara dapat menyebabkan menyebarnya virus Flu. Oleh karena itu sebaiknya kita menghindari kontak dengan penderita Flu. Jika kita menderita Flu sebaiknya juga selalu menggunakan masker agar tidak menularkan kepada orang lain.


Bagaimana, cukup mudah ya cara mencegah agar tidak terkena penyakit atau mengatasi agar gejala Flu tidak semakin parah. Dengan melakukan hal-jal sederhana di atas. Upaya tersebut dapat kita lakukan jika kita tidak ingin minum obat.


Namun, jika kita ingin mengobati dan memberikan daya tahan tubuh yang lebih kuat terhadap virus influenza, kita bisa melakukan vaksin influenza. Sebelum menentukan apakah kita perlu melakukan vaksin ini. Ada baiknya kita bisa berkonsultasi dengan para medis yang terpercaya.




Konsultasi mengenai status kesehatan kita, dapat dilakukan secara online dengan mengunduh aplikasi Halodoc di play store. Kita bisa berkonsultasi, dan mendapatkan informasi, wawasan mengenai kesehatan, lifestyle dan juga mengenai layanan kesehatan yang kita butuhkan. Halodoc adalah teman yang bisa kita andalakan saat sakit.


Halodoc, bisa menjadi sahabat yang baik bagi kita untuk menjaga status kesehatan kita serta mencari solus untuk pengobatan penyakit atau masalah yang sedang kita hadapi. 




Diberdayakan oleh Blogger.