nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Inilah Perbedaan Freight Forwarding dan Logistik

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai sahabat Milda, apa kabar kalian semua semoga selalu sehat, berlimpah rejeki dan kebahagian. Kali ini saya mau mengulas Perbedaan Freight Forwarding dan Logistik

Bekerja sama dengan jasa pengiriman merupakan hal penting untuk dilakukan oleh para pebisnis. Hal itu karena jasa tersebut erat kaitannya dalam mendistribusikan produk. Secara umum, terdapat dua layanan yang sering digunakan, yakni jasa freight forwarding dan juga logistik. Meski sama-sama dalam hal pengiriman serta penerimaan barang, namun kedua layanan tersebut tidaklah sama.

Lantas, apakah perbedaan dari kedua perusahaan tersebut? Nah, untuk mengetahui perbedaannya, Anda dapat langsung saja ikuti penjelasan yang ada di bawah ini.


https://www.mildaini.com


Perbedaan Freight Forwarding dan Logistik


1. Freight Forwarding


Biasanya, orang mengenal jasa ini sebagai layanan pengiriman dan penerimaan barang dalam skala internasional. Hal itu memang tidaklah salah. Dilihat dari arti namanya, perusahaan ini berperan dalam hal pengurusan transportasi mulai dari tempat satu ke tempat lainnya.

Tidak hanya itu saja, pihak perusahaan akan melakukan berbagai hal terkait seperti menyimpan barang, mengepaknya, sampai dengan ke proses pengiriman. Pihak forwarding juga akan berusaha untuk mendapatkan rute ekonomis dengan waktu tempuh cepat. Dari pernyataan tersebut bisa disimpulkan bahwa perusahaan ini merupakan perantara antara jasa pengiriman dengan para pebisnis. 

Pada umumnya, perusahaan forwarding memberikan pelayanan ekspor impor. Para pebisnis biasanya menggunakannya saat ingin melakukan pengiriman barang dalam jumlah besar. Biasanya, setiap perusahaan sudah punya jalur transportasi sendiri di berbagai wilayah negara. Untuk urusan pabean barang, syarat, serta surat yang dibutuhkan untuk pengiriman semua disiapkan oleh jasa forwarding.

Dilihat dari fungsinya tersebut, layanan ini biasa digunakan oleh pebisnis yang ingin mengirimkan barang sangat banyak. Jadi, untuk jumlah paket yang lebih sedikit dapat menggunakan jenis pengiriman lainnya. Dengan menggunakan jasa ini, para pemilik barang tinggal menyerahkan semua hal pada penyedia jasa dan tinggal menunggu hasilnya saja.


2. Logistik


Sementara pengertian dari jasa logistik adalah sebuah perusahaan pengiriman barang dalam skala lebih kecil. Tarif pengiriman dari Logistik ditentukan dari berat serta volume barang, jarak, serta jenis layanannya. Jadi, jika barang kiriman cukup berat dan alamat tujuannya jauh, maka tarif yang akan dibebankan tentunya menjadi lebih mahal.

Perusahaan ini dapat dimanfaatkan dengan lebih sederhana karena tidak mempunyai minimal berat paket. Hal itu tentu sangat berbeda dengan jasa kargo yang mempunyai standar minimal berat yang harus dipenuhi untuk memulai pengiriman. 

Misalkan saja, batas minimal adalah 5 kg ke atas. Nah, jika berat barang Anda lebih dari itu, pihak kargo akan menerimanya. Akan tetapi, jika beratnya kurang dari 5 kilo, maka sudah jelas pihak ekspedisi tidak akan menerimanya. Apabila ingin tetap dikirim, maka terdapat biaya tertentu untuk menutupi kekurangan berat minimal dari paket Anda.

Jalur distribusi logistik cukup fleksibel karena bisa melalui jalur laut, udara, ataupun darat. Jangkauan dari perusahaan ini juga sangat luas, yakni meliputi antar kota, antar daerah, antar pulau, sampai dengan internasional. Barang tersebut akan dikirim menuju ke alamat tujuan yang dilampirkan oleh si pengirim. Jadi, tidak perlu khawatir barang tidak sampai selama penulisan alamat tujuannya jelas.

Untuk lebih memudahkan dalam menjangkau klien, jasa logistik punya banyak kantor cabang di daerah. Dengan begitu, proses distribusi serta penerimaan barang dari konsumen bisa lebih mudah.


Itulah tadi penjelasan tentang perbedaan jasa freight forwarding dan Logistik. Bagi Anda yang sedang mencari forwarding terpercaya serta berkualitas, Hagajaya adalah jawabannya. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda dapat kunjungi di alamat hagajaya.com.


Baca Juga

Related Posts

0 comment

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin