nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Inilah Perbedaan Freight Forwarding dan Logistik

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai sahabat Milda, apa kabar kalian semua semoga selalu sehat, berlimpah rejeki dan kebahagian. Kali ini saya mau mengulas Perbedaan Freight Forwarding dan Logistik

Bekerja sama dengan jasa pengiriman merupakan hal penting untuk dilakukan oleh para pebisnis. Hal itu karena jasa tersebut erat kaitannya dalam mendistribusikan produk. Secara umum, terdapat dua layanan yang sering digunakan, yakni jasa freight forwarding dan juga logistik. Meski sama-sama dalam hal pengiriman serta penerimaan barang, namun kedua layanan tersebut tidaklah sama.

Lantas, apakah perbedaan dari kedua perusahaan tersebut? Nah, untuk mengetahui perbedaannya, Anda dapat langsung saja ikuti penjelasan yang ada di bawah ini.


https://www.mildaini.com


Perbedaan Freight Forwarding dan Logistik


1. Freight Forwarding


Biasanya, orang mengenal jasa ini sebagai layanan pengiriman dan penerimaan barang dalam skala internasional. Hal itu memang tidaklah salah. Dilihat dari arti namanya, perusahaan ini berperan dalam hal pengurusan transportasi mulai dari tempat satu ke tempat lainnya.

Tidak hanya itu saja, pihak perusahaan akan melakukan berbagai hal terkait seperti menyimpan barang, mengepaknya, sampai dengan ke proses pengiriman. Pihak forwarding juga akan berusaha untuk mendapatkan rute ekonomis dengan waktu tempuh cepat. Dari pernyataan tersebut bisa disimpulkan bahwa perusahaan ini merupakan perantara antara jasa pengiriman dengan para pebisnis. 

Pada umumnya, perusahaan forwarding memberikan pelayanan ekspor impor. Para pebisnis biasanya menggunakannya saat ingin melakukan pengiriman barang dalam jumlah besar. Biasanya, setiap perusahaan sudah punya jalur transportasi sendiri di berbagai wilayah negara. Untuk urusan pabean barang, syarat, serta surat yang dibutuhkan untuk pengiriman semua disiapkan oleh jasa forwarding.

Dilihat dari fungsinya tersebut, layanan ini biasa digunakan oleh pebisnis yang ingin mengirimkan barang sangat banyak. Jadi, untuk jumlah paket yang lebih sedikit dapat menggunakan jenis pengiriman lainnya. Dengan menggunakan jasa ini, para pemilik barang tinggal menyerahkan semua hal pada penyedia jasa dan tinggal menunggu hasilnya saja.


2. Logistik


Sementara pengertian dari jasa logistik adalah sebuah perusahaan pengiriman barang dalam skala lebih kecil. Tarif pengiriman dari Logistik ditentukan dari berat serta volume barang, jarak, serta jenis layanannya. Jadi, jika barang kiriman cukup berat dan alamat tujuannya jauh, maka tarif yang akan dibebankan tentunya menjadi lebih mahal.

Perusahaan ini dapat dimanfaatkan dengan lebih sederhana karena tidak mempunyai minimal berat paket. Hal itu tentu sangat berbeda dengan jasa kargo yang mempunyai standar minimal berat yang harus dipenuhi untuk memulai pengiriman. 

Misalkan saja, batas minimal adalah 5 kg ke atas. Nah, jika berat barang Anda lebih dari itu, pihak kargo akan menerimanya. Akan tetapi, jika beratnya kurang dari 5 kilo, maka sudah jelas pihak ekspedisi tidak akan menerimanya. Apabila ingin tetap dikirim, maka terdapat biaya tertentu untuk menutupi kekurangan berat minimal dari paket Anda.

Jalur distribusi logistik cukup fleksibel karena bisa melalui jalur laut, udara, ataupun darat. Jangkauan dari perusahaan ini juga sangat luas, yakni meliputi antar kota, antar daerah, antar pulau, sampai dengan internasional. Barang tersebut akan dikirim menuju ke alamat tujuan yang dilampirkan oleh si pengirim. Jadi, tidak perlu khawatir barang tidak sampai selama penulisan alamat tujuannya jelas.

Untuk lebih memudahkan dalam menjangkau klien, jasa logistik punya banyak kantor cabang di daerah. Dengan begitu, proses distribusi serta penerimaan barang dari konsumen bisa lebih mudah.


Itulah tadi penjelasan tentang perbedaan jasa freight forwarding dan Logistik. Bagi Anda yang sedang mencari forwarding terpercaya serta berkualitas, Hagajaya adalah jawabannya. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda dapat kunjungi di alamat hagajaya.com.


Baca Juga

Related Posts

25 comment

  1. Selama ini menggunakan jasa pengiriman dan penerimaan tapi malah baru tahu tentang informasi dasar kayak gini. Soalnya juga jarang memperhatikan istilahnya, lebih sering pakai logistik juga. Terima kasih informasinya.

    BalasHapus
  2. Wah...tenyata ini yang dimaksud dengan Freight Forwarding yaa...
    Jadi membayangkan kalau aku sedang PO sebuah barang dari aplikasi belanja online luar negeri. Memang lamaaa banget. Tapi pas dateng, happy. Alhamdulillah selalu aman.

    BalasHapus
  3. Jadi Freight forwading untuk misal pengiriman meja kursi kayu rotan yg di eksport ke luar negeri ya.

    Membaca ulasan ini menjadi paham makasig banyak 👌

    BalasHapus
  4. Para pebisnis baik skala lokal maupun internasional harus paham nihh.
    apalagi sekarang kan semua butuh jasa pengiriman yg ciamik.
    seiring dgn makin mengguritanya jagad bisnis berbasis digital ya Mak.

    BalasHapus
  5. Semoga suatu saat bisa nyobain kirim barang dengan Freight Forwarding kalau bisnisnya bisa sampai go international. Aamiin. Terima kasih infonya tentang perbedaan Freight Forwarding dengan Logistik ini ya, Mbak.

    BalasHapus
  6. Membaca informasi mengenai freight forwarding ini mengingatkanku pada masa-masa masih kerja di perusahaan milik orang Jerman. Dulu jadi tangan kanannya si bos untuk berbagai urusan, termasuk urusan import produk mesin filler dan spare part yang digunakan oleh pabrik-pabrik besar yang produksi minuman ternama dunia yang ada di Indonesia. Rasa ga asing dengan freight forwarding ini, berasa dibawa ke masa silam :D Btw thanks for sharing mbak.

    BalasHapus
  7. Jadi sama-sama jasa pengiriman, tapi skala pengiriman yang berbeda ya mbak. berarti konsumen pemakainya juga pastinya beda

    BalasHapus
  8. Jasa logistik ini penting banget emang, apalagi perusahaan besar ya pasti butuh jasa ini dalam pengantaran barang dari suatu tempat ke tempat lain...

    BalasHapus
  9. Service Hagajaya berarti hanya khusus Freight Forwarding ya, Mbak? Berarti harus yang berskala besar, nih. Tentunya harus bener-bener bisa dipercaya, ya

    BalasHapus
  10. Ahhh ya...jelas banget ya bedanya..tadinya saya kira sama aja..hehe.. Kalo jasa freight forwarding emang ga sebanyak logistik ya..jadi emang butuh yang emang udah terpercaya

    BalasHapus
  11. aku banyak pakai freight forwarding untuk pengiriman barang ke luar negeri saat kita pindah, Mereka punya banyak jasa layanan juga, termasuk membantu packing saat persiapan pindahan ya

    BalasHapus
  12. ternyata keduanya berbeda ya yang freight untuk ekspor impor dan pengiriman skala besar sedangkan logistik itu untuk skala lebih kecil dan umum...terima kasih informasinya Mbak jadi lebih paham..

    BalasHapus
  13. yes mereka ini sama-sama pelayanan di jasa pengiriman hanya jenis barang yang dikirimnya berbeda ya mba, hmm nice info, btw suamiku kerja di perusahaan logistik sedangkan aku juga, hanya dia trucking sedangkan aku perkapalan

    BalasHapus
  14. Banyak yang tentunya akan milih jika ada jalur logistik yang bisa ada beberapa pilihan mba. Jadi ini juga memudahkan. Makasih informasinya, mba

    BalasHapus
  15. Oh jadi beda ya. Kupikir sama aja namanya logistik. Dulu kerja di CV Furniture dan pasti ketemu sama pengiriman kaya gini. Akunya gak ngurusin pakai perusahaan apa. Cuma pas muat gitu ya cek barang yang masuk

    BalasHapus
  16. Kita memang mengenalnya jasa logistik aja yaa. Forwarding ini pengetahuan baru nih mbak. Thanks yaa dah ngebahas ini

    BalasHapus
  17. Jadi bisa disimpulkan kalau Freight Forwarding pengirimannya dalam skala besar sedangkan logistik skala kecil ya mbak.
    Freight Forwarding pastinya dibutuhkan sekali oleh pemilik perusahaan yang perlu mengirimkan produknya ke berbagai wilayah termasuk negara lain apalagi sudah ada jalur transportasi sendiri di berbagai wilayah negara jadi memudahkan sekali proses distribusinya

    BalasHapus
  18. Wah baru tahu aku KLO Ternyata beda ya mbak
    Tapi emang KLO jasa freight forwading ini nggak banyak ya

    BalasHapus
  19. Wah ya buat pebisnis yang produknya banyak dikirim ke luar kota atau bahkan luar negeri emang yang namanya jasa2 pengiriman gini penting. Aku terus terang baru kenal istilah Freight Forwarding ini mbak. Jd lbh cocok utk yg sering ekspor impor ya.

    BalasHapus
  20. Baru tahu deh aku dengan perbedaannya. Selama ini kirain sama aja. Noted, Mbak.

    BalasHapus
  21. apa bisa dibilang freight forwarding itu untuk pengiriman luar negeri (antar negara), sementara logistik itu jasa pengiriman dalam negeri?

    BalasHapus
  22. Kebetulan dulu aku pernah kerja di freight forwarding. Jadi kayak teringat jaman dulu deh mba baca artikel ini hehehe... Lebih condong ke pengiriman luar negeri sih klo FF ini, tapi tidak menutup kemungkinan masih menerima jasa pengiriman yang lain juga.

    BalasHapus
  23. Jasa Freight Forwarding ini tentunya saya tidak asing lagi. Karena di tempat saya kerja sering menyewa containernya untuk ekspor barang. Bahkan seminggu bisa sampai 3x ekspor.

    Kalau pengiriman skala besar memang enak banget pakai jasa forwarding gini. Dan keamanan barang juga terjaga.

    BalasHapus
  24. tapi kalo kargo emang ada batas minimal ya..karena emang khusus untuk bawa banyak barang. emang cari yang terpercaya, nah kalo dilariin serem banget. Perlu jasa freight forwarding terpercaya

    BalasHapus
  25. Wah, aku malah baru dengar tantang jasa freight forwarding ini. Membaca artikel ini, aku jadi tahu bedanya dengan logistik. Terimakasih sharing ya, Mbak

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin