Menu

Rabu, 23 September 2020

/

Assalammualikum.Wr.Wb

Pandemi Virus Corona belum juga berakhir. Tapi hidup terus berjalan dan berlanjut. Apalagi kebutuhan juga tetap harus dipenuhi, kita juga harus tetap butuh makan untuk tetap terus hidup Lalu apa yang harus dilakukan, peluang usaha dana peluang uang pun mulai menipis. Eiit, saat pandemi seperti ini kita tidak sendiri. Ada begitu banyak orang yang mengalami hal yang sama, bahkan lebih tragis lagi dari kita.


Saat pandemi ini juga menjadikan kita lebih berpikiran positif dan juga bersyukur. Sebab dengan segala kesulitan yang ada, kita masih diberi kesempatan untuk sehat dan mengisi hidup kita dengan berbagai hal.


Lalu, apa yang akan kita lakukan selama pandemi ini agar tetap produktif dan bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Tentu saja ada banyak hal dan banyak cara yang bisa kita lakukan di tengah himpitan badai pandemi ini.


Untuk menjawab keresahan kita akan hal itu Home Credit melalui akun instagramnya @homecreditid melakukan siaran langsung atau IG Live dengan tajuk kegiatan Fun Talk. Kegiatan itu sudah berlangsung sejak lama dan membahas berbagai tema dengan berbagai narasumber.


Kali ini sesuai dengan bahasan yang saya katakan di awal. Home Credit melakukan kembali Fun Talk dengan tema Berani Berkreasi dan Gapai Mimpi bersama Erix Soekamti. Kegiatan ini dipandu oleh Bambang Susanto.


Mengingat Siapa Erix Soekamti


Nama Erix Soekamti tidak bisa lepas dari grup rock asal Yogjakarta yang bernama Endank Soekamti Nama "Soekamti" diambil dari nama seorang guru Erix saat menuntut ilmu di Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta.


Makna dari nama Soekamti diuraikan sebagai berikut Soe artinya "indah", kam artinya "datang", ti itu karena perempuan. Jadi arti Soekamti adalah "kehadiran yang membawa kebaikan atau keindahan". Sementara Endank tidak memiliki makna khusus, hanya sekadar untuk mempercantik nama saja.


Saat ini, Endank Soekamti beranggotakan tiga orang, yaitu Erix Soekamti selaku vokalis merangkap bassis, Dory Soekamti selaku gitaris dan ko-vokalis, serta Tony Soekamti selaku drummer.


Sudah banyak lagu dan album yang dihasilka oleh Endank Soekamti ini. Ide lagunya juga tidak biasa dan juga divideokan lewat yang tidak biasa. 


Sebut aja , Album pertama Endank Soekamti, Kelas 1, dengan hit Bau Mulut diproduksi di bawah label indie, Proton Records. Kesuksesan album pertama, membuat Warner Music Indonesia membeli kontrak Endank Soekamti dari Proton Records, dan kemudian melahirkan album kedua yang bertajuk Pejantan Tambun. 


Dari kedua judul album itu saja karya mereka memang terlihat ‘Aneh’ namun itulah kreativitas. Mereka tidak pernah mati ide dan selalu percaya diri untuk berkarya.



Erix Soekamti juga pendiri DOES University, yang merupakan sekolah bagi mereka yang ingin mendapatkan dan mewujudkan apa yang tidak bisa mereka dapatkan di bangku sekolah formal. Agar anak-anak seperti ia tetap mendapatkan pendidikan dan pengetahuan. 


Tips Tetap Bekarya Selama Pandemi Ala Fun Talk


Dalam siaran langsung akun instagram home Credit tersebut, Erix Soekamti membagikan cerita bagaimana ia dan grup musiknya tetap bekarya selama masa pandemi ini.


Tetap Optimis


Pandemi bukanlah akhir dari dunia ini, apalagi akhir dari karya kita. Kalo pun mungkin nanti dunia akan berakhir karena pandemi ini. Kita tidak boleh surut dan mundur untuk tetap bekarya dan melalukan hal yang terbaik dalam hidup kita.


Oleh karena itu, kita harus tetap berpikiran positif. Selain tetap menjaga asupan gizi, patuh dengan protokol kesehatan, kita juga harus tetap menjaga imun badan kita agar tidak mudah sakit. Kita harus berusaha untuk selalu tersenyum dan bahagia setiap hari dengan melakukan berbagai kegiatan positif.


Melakukan berbagai kegiatan dan berpikir positif adalah hal yang sangat mudah dan berguna yang bisa kita lakukan selama menjalani pandemi ini. Pikiran positif akan menguatkan jiwa dan raga kita untuk melahirkan ide dan gagasan baru.


Tetap Memantik Ide 


Pandemi atau keterbatasan bukanlah alasan untuk tidak melahirkan ide. Bahkan banyak ide lahir kerena keterbatasan. Ide bahkan bisa lahir karena kekurang ruang, waktu dan bahan. Di sana justru akan muncul banyak sekali kemungkinan yang bisa dilakukan. 


Seperti yang dilakukan oleh grup Endank Soekamti dengan membuat rekaman lagu secara out door. Tentu saja hal ini tidaklah mudah karena akan banyak sekali terlihat hambatannya. Yang paling terlihat mudah adalah, bagaimana membuat suara dan musik tetap terdengan jernih, bagus tanpa gangguan suara-suara atau penampakkan gambar di luar yang diinginkan.


Tentu saja ini bukan pekerjaan mudah, tapi jika tidak dicoba dilakukan, maka kita tidak tahu dimana batas kemampuan kita untuk melakukan sekaligus mengatasi setiap permasalahan yang muncul


Tetap Kompak dan Kreatif dalam Berkarya


Satu hal yang harus dipegang dalam sebuah grup, apalagi grup musik adalah selalu menjaga kekompakkan. Baik antar personil grup band atau antar anggota komunitas musik. Endank Soekamti memiliki penggemar yang banyak dan tersebar dimana-mana.


Para pengemar musik mereka tentu saja selalu menunggu karya terbaru dari Endank Soekamti. Oleh karena itu Erix Soekamti dan komunitas musiknya membuat gebrakan yang mengajak para penikmat musik untuk membeli karya fisik dari penyanyi atau grup musik yang mereka sukai.


Meski kita ketahui, saat ini sangat mudah untuk mendengarkan musik kapan saja dan dimana saja. Bahkan hanya dalam satu klik saja, kita sudah bisa menikmati musik yang ingin kita dengarkan. Digital life membuat hal ini menjadi mudah untuk para pendengar musik.


Namun, bagi Erix, Album Fisik adalah Kreativitas dari Idola yang dapat dimiliki dan dan dinikmati secara fisik. Jika kita menyukai penyanyi atau grup musik, maka selayaknya kita membeli kreativitas mereka dengan membeli album fisiknya.


Siaran Langsung selain diisi dengan cerita Erix dan grup bandnya, juga memberikan voucher hadiah kepada follower yang memberikan pertanyaan menarik dan juga ada kuis tebak lagu. Total hadiah voucher yang dibagikan adalah dua juta rupiah.



Saat menebak lagu ini seru banget loh, sebab host dan Erix hanya membaca lirik lagunya, jadi kita benaran diajak mengingat setiap lirik lagu tersebut lalu menjawabnya dengan cepat. Salah satu lirik lagu yang dibacakan adalah Album Endank Soekamti yang berjudul Pejantan Tambun.  


Meski pertanyaan saya mendapatkan kesempatan dibaca dan dijawab oleh Erix, namun saya belum beruntung untuk mendapatkan voucher belanja tersebut. Mungkin lain waktu, saya ikutan lagi dan menang ya. 


Oh, ya kamu yang ingin mendapatkan penyegaran informasi yang ditampilkan secara menarik. Bisa juga ikutan kegiatan Fun Talk ini. Caranya follow saja akun Instagram Home Credit. Nanti akan ada berbagai informasi kegiatan Fun Talk, termasuk juga berbagai informasi promosi dari Home Credit yang barangkali juga kamu butuhkan. 


So, setelah membaca ulasan cerita Erix Soekamti ini, mari kita tetap semangat dalam bekarya dan gapai mimpi meski di dalam kondisi yang sulit dan terbatas. 


Yakinlah setiap ide itu menunggu untuk kita wujudkan. Entah oleh diri kita sendiri atau oleh orang lain. Dan ketika hal itu terjadi, kamu akan berkata.


Saya dulu juga punya mimpi seperti itu 


Diberdayakan oleh Blogger.