nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

5 Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai sahabat Milda, apa kabar. Semoga selalu sehat dan berlimpah rejeki serta kebahagian. Ini aku mau berbagi 5 Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

Ibu rumah tangga bukanlah sebuah profesi melainkan suatu tanggung jawab mulia yang dilakukan oleh seorang wanita yang sudah berkeluarga.

Tanggung jawab menjadi Ibu rumah tangga meliputi berbagai macam hal, mulai dari mengurus anak, rumah hingga suami namun meskipun dibebani dengan segudang tanggung jawab, bukan berarti menjadi ibu rumah tangga tidak lagi memiliki kesempatan untuk memulai hal yang baru misalnya seperti memulai usaha.

Karena banyak kisah inspiratif dari seorang ibu rumah tangga yang sukses merintis bisnisnya tanpa meninggalkan tanggung jawabnya sebagai ibu rumah tangga.

Contohnya seperti kisah Ibu Amy, seorang ibu rumah tangga yang berasal dari Makassar dan sukses berjualan kerajinan tangan mutiara lombok yang kamu bisa baca kisah lengkapnya di sini.


Ide Bisnis dengan Modal Minim 

Saat ini merintis usaha tidak lagi sesulit dulu, karena dengan adanya perkembangan internet semua orang lebih mudah membuka bisnis dengan modal minim dan tanpa perlu meluangkan waktu yang banyak, sehingga sangat mungkin dilakukan oleh Ibu rumah tangga.


https://www.mildaini.com


Berikut adalah beberapa ide usaha yang dapat dilakukan oleh Ibu rumah tangga.

        1.Menjadi reseller 

Jenis bisnis ini banyak dilakukan oleh orang-orang karena memiliki banyak keuntungan salah satu yang utama adalah karena bisa dilakukan tanpa modal.

Pada dasarnya bisnis ini hanya melakukan pemasaran produk yang sudah ada dan mengambil keuntungan dari margin harga jual dan harga beli.

Bisnis ini pun tergolong mudah dilakukan karena para ibu rumah tangga hanya perlu memanfaatkan platform e-commerce seperti LaDaRa untuk memasarkannya.


2. Berjualan tanaman hias

Jika kamu memiliki hobi menanam dan merawat tanaman hias, bisnis ini mungkin akan sangat cocok dilakukan olehmu.

Untuk memulai bisnis ini hal yang kamu perlukan hanyalah mempelajari jenis tanaman apa saja yang laku di pasaran dan bagaimana cara merawatnya.

Potensi dari bisnis ini juga terbilang cukup tinggi karena semenjak pandemi Covid-19 melanda tanaman hias menjadi tren hobi di kalangan masyarakat.


3.Jualan makanan yang sedang tren

Bisnis makanan adalah salah satu bisnis besar yang terus berkembang sampai kapanpun, karena makanan sesuatu yang pasti dibutuhkan oleh semua orang.

Selain itu bisnis ini juga cenderung dinamis dimana selalu ada inovasi dan tren baru yang berkembang di masyarakat.

Maka dari itu jika kamu memiliki kemampuan memasak dan ahli dalam melihat tren, mungkin bisnis ini akan cocok untuk kamu lakukan.


4.Membuat kerajinan tangan

Bisnis yang satu ini sangat mengandalkan kemampuan kreativitas untuk membuatnya , namun jika kamu yakin memiliki hal tersebut maka bisnis ini akan sangat cocok untuk kamu geluti.

Bisnis kerajinan tangan ini bisa dilakukan dalam bentuk apapun, baik itu aksesoris perhiasan ataupun hampers yang sangat digandrungi ketika momen-momen perayaan hari besar.


5. Bisnis kue kering

Bisnis yang menjual kue kering seperti nastar, kastengel, hingga putri salju ini akan sangat cocok sekali dilakukan oleh Ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan memasak.

 

Potensi dari bisnis ini juga cukup tinggi terlebih jika mendekati hari-hari besar seperti Natal dan Idul Fitri karena kue kering merupakan salah satu sajian utama yang biasanya dihidangkan untuk para tamu.

 

Bisnis-bisnis di atas adalah bisnis yang sangat mungkin dilakukan oleh para Ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan namun tetap menjalani tanggung jawabnya sebagai seorang ibu rumah tangga.

 

https://www.mildaini.com

Tips merintis bisnis sebagai ibu rumah tangga 

Selain ide-ide bisnis yang sudah disebutkan di atas ada satu hal penting lain yang harus dipahami untuk Ibu rumah tangga yang ingin merintis sebuah bisnis, yaitu bagaimana cara memulai bisnis.

Berikut adalah tips untuk memulai bisnis yang dapat dipraktekan untuk merintis bisnis.

          1.Analisa pasar 

Hal ini penting untuk dilakukan untuk bisnis yang baru dirintis, tujuannya adalah agar bisnis tersebut memiliki bekal berupa data persaingan di jenis bisnis yang dipilih.

Ketika memiliki data  persaingan tersebut kamu tentunya akan lebih mudah dalam menentukan harga, kualitas dan apapun itu yang berkaitan dengan kompetitor sehingga dapat menghasilkan produk yang lebih baik.


2.Tentukan target pasar

Menentukan target pasar pada fase awal bisnis adalah hal yang penting karena akan memiliki pengaruh pada produkmu dari bisnismu nantinya.

Penentuan target pasar ini dapat digolongkan berdasarkan beberapa hal diantaranya adalah usia, gender, hingga status sosial dan ekonomi.


3. Selalu berinovasi

Hal penting agar bisnis dapat terus bertahan dan berkembang adalah inovasi karena zaman dan tren selalu bergerak dinamis maka dari itu penting untuk terus mengikuti perkembangan zaman.

Selain agar dapat terus beradaptasi dengan zaman, inovasi juga penting untuk menjadi nilai tambah usahamu dibandingkan dengan kompetitor.


4. Nikmati prosesnya

Bila semua bisnis akan selalu memberikan kemudahan dan memberikan kesuksesan maka dijamin semua orang pasti lebih memilih berbisnis dibanding menjadi karyawan.

Namun itulah seni dari bisnis itu sendiri, mungkin ketika kamu merintisnya kamu akan pesimis namun percayalah pada prosesnya yang pasti akan membuahkan hasil.

 

Itulah tadi ide bisnis dan tips dalam merintisnya yang dapat kamu praktikan untuk mengisi waktu luang sebagai ibu rumah tangga dan mendapatkan penghasilan tambahan untuk kebutuhan keluarga.

 

 

 

 

 

 



Baca Juga

Related Posts

1 comment

  1. Nah, mantep ini bisa bisnis sekaligus jadi ibu rumah tangga kalau kayak gini karena bisa dilakukan di rumah dengan mudah dan santai.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin