nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Kenapa Tahu Putih Harus Direbus Sebelum digunakan


 Kenapa Tahu Putih Harus Direbus Sebelum digunakan 


Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat Milda semuanya, semoga selalu sehat dan tetap bersemangat menjaga kesehatan dan protocol kesehatan setiap hari. Tidak boleh bosan apalagi berhenti


Siapa yang suka makan tahu putih? Saya yakin banyak yang suka, apalagi kalo sudah diolah menjadi berbagai menu makanan. Bayangkan saja sambal tahu pedas, gulai tahu atau olahan lainnya yang pakai tahu. Tapi kenapa tahu putih harus direbus sebelum digunakan. 


Tahu putih biasanya kita beli di pasar dalam bentuk kotak-kotak. Di pasar kebanyakan dijual perbuah lima ratus rupiah, bahkan ada yang lebih murah atau mahal. Tergantung ukurannya. 

 

tahu putih
Source BP Guide

 


Mengenal Tahu Putih


Tahu Putih adalah jenis tahu yang sering ditemui dipasaran warnanya yang putih dan memiliki rasa hambar. Tetapi jika dimasak dengan tepat Tahu Putih memiliki cita rasa gurih.


Untuk mengolah tahu diperlukan kreativitas dan keahlian juga dalam memasak, agar menjadi menu yang lezat. Lihat resep atau tutorial memasak sangat membantu buat pemula.


Tahu putih memiliki tekstur yang memiliki pori-pori yang cukup besar dan padat Walaupun padat, tahu ini sebenarnya mudah hancur, sehingga harus berhati-hati saat menggorengnya.


Tahu putih biasanya dijual orang alam rendaman air. Air yang digunakan biasanya bukan air masak. Lalu digunakan berulang kali. Kita tidak tahu pasti kondisi air yang digunakan tersebut oleh karena itu kenapa tahu putih harus direbus sebelum digunakan. Salah satu alasannya karena air rendaman yang digunakan belum tentu bersih apalagi sehat.


Sejarah Tahu Putih


Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Tahu berasal dari Tiongkok, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. 


Nama "tahu" merupakan serapan dari bahasa Hokkian (tauhu) (Hanzi: 豆腐, hanyu pinyin: doufu), yang secara harfiah berarti "kedelai terfermentasi". 


Tahu telah dikenal di Tiongkok sejak zaman dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An (Hanzi: 劉安) yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang yang mendirikan dinasti Han.


Secara harfiah arti tahu ini adalah bahan makanan yang terbuat dari kedelai yang mengalami fermentasi.


Kandungan Gizi  Tahu Putih


Tahu termasuk sumber protein nabati yang populer dan termurah. Meski murah, kita tidak boleh anggap remeh tahu putih. Sebab tahu putih banyak mengandung gzi terbaik yang dibutuhkan oleh tubuh kita.


Dalam 100 gram tahu putih mengandung gizi, sebagai berikut : 


Energi: 80 kal
Protein: 10,9 gram
Lemak: 4,7 gram
Karbohidrat: 0,8 gram
Serat : 0,1 gram
Kalsium: 223 mg
Natrium: 2 mg
Fosfor: 183 mg


Selain itu, adalagi  manfaat tahu menurut Marleen Meyers, direktur di NYU Langone Medical center , yang belaum banyak diketahui orang .


Ia menyatakan bahwa di Asia, mayoritas perempuan yang mengonsumsi kedelai sejak dini memiliki resiko terkena kanker payudara yang lebih rendah.


Selain itu, mengonsumsi tahu yang kaya dengan protein asam amino juga dapat menyehatkan rambut.


Bagaimana Menyimpan Tahu Putih


Tahu putih tidak tahan terlalu lama, maka sebaiknya kita tidak menyimpan tahu putih terlalu lama. Tahu putih umumnya bisa bertahan 1 – 2 hari saja. Apalagi tahu putih yang dijual di pasar, kita tidak tahu sudah berapa lama, berapa hari direndam di dalam air tersebut.


Tahu yang terendam di dalam air , akan terlihat lebih awet dan baik. Meski sudah beberapa hari. Jika kita di rumah, air yang digunakan untuk merendam tahu bias kita gonta-ganti.


Namun, kadang kali kita suka lupa dan lalai menganti air rendaman tahu di rumah. Apalagi yang di pasar. Kita belum bisa memastikan hal tersebut. Apakah air rendamannya diganti atau apakah air yang digunakan untuk merendam tahu itu diganti.


Oleh karena itu sebaiknya sebelum menggunakan tahu putih. Sebelum dimasak, sebaiknya tahu putih tersebut direbus dulu sebentar. Untuk membuat mati kuman yang menempel di tahu putih yang kita beli di pasar tersebut.


Selain itu, merebus tahu putih sebelum digunakan juga akan membuat tahu putih lebih awet beberapa hari. Jadi kita bisa simpan atau stok tahu di kulkas.


Selain untuk kesehatan, merebus tahu juga akan membuat tahu lebih tahan lama. Oleh karena itu kenapa tahu putih harus direbus sebelum digunakan. Untuk membuang kuman dan membuat tahu putih lebih sehat dan tahan lama. Rasanya juga lebih mantap.


Merebus tahu, sangat mudah. Cukup masukan tahu ke dalam air, lalu direbus hingga mendidih. Setelah mendidih, tiriskan tahu, buang airnya. Dinginkan, baru digunakan atau disimpan.


Related Posts

0 komentar

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin