nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Teman Asik Begadang Selain Kopi

assalammualaikum.Wr.Wb

Begadang adalah keadaan dimana seseorang berjaga tidak tidur sampai larut malam. Manusia secara normal harus tidur minimal delapan jam sehari. Sedangkan untuk kasus begadang ini, jam tidurnya kurang dari enam jam. Mengapa kita harus cukup tidur? Karena dengan tidur, kita dapat mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari aktifitas sehari-hari. 

Kita membiarkan tubuh memperbaiki metabolisme dengan cara tidur. Tidur akan merileksasikan pikiran Anda. Sehingga ketika Anda bangun, Anda akan merasa lebih segar, lebih fit, dan siap untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Waktu paling baik untuk tidur pada malam hari adalah antaratujuh sampai delapan jam sehari. Orang yang terbiasa tidur kurang dari enam jam setiap harinya beresiko 48% mengidap penyakit jantung, hipertensi, obesitas serta meninggal di usia muda karena serangan stroke.  


Sedangkan orang yang tidur lebih dari sembilan jam setiap harinya merupakan gejala awal terjadinya gangguan kesehatan. Jadi lebih baik Anda tidur secara seimbang antara tujuh sampai delapan jam, tidak kurang dan tidak lebih karena pengaruhnya yang besar bagi kesehatan tubuh Anda.

Ciri Fisik Orang Begadang,ciri-ciri fisik dalam tubuhnya, misalnya saja adalah wajah yang lesu, kantung mata menghitam dan berkantong, dan mata merah.

Penyakit yang muncul akibat begadang,Obesitas, Diabetes Mellitus, Jantung, Hipertensi, Insomnia. Mundul berbagai ganguan pada fungsi kulit dan gangguan pada fungsi kekebalan tubuh.

Alasan Seseorang Begadang

1. Kerja Lembur
2. Kerja shift malam
3. Makan terlalu banyak
4. Insomnia
5. Terlalu asik bermain
6. Jet Lag

Lalu,  ketika terpaksa begadang, apa yang harus dilakukan untuk tetap terjaga terus selain minum kopi. Memang minum kopi dipercaya dapat membuat mata tetap melek dan terjaga terus. Apa benara begitu adanya? 

Apa saja kandungan kopi yang bisa membuat orang tetap melek. Saya kutip dari swivelcoffee.com. Ada delapan senyawa atau kandungan zat penting pada kopi tersebut. 

1. Kafein
Kafein yang merupakan salah satu senyawa dalam kopi juga terkandung di dalam biji, daun dan juga buah tanaman lain. Kopi menjadi salah satu jenis tanaman dengan kandungan kafein yang sudah sangat sering dikonsumsi manusia selain teh. Kafein sendiri diklasifikasikan kedalam drug dan terbukti aman untuk dikonsumsi dalam dosis tertentu.

2. Quinic Acid
Rasa asam yang ada pada kopi akan ditentukan dengan jumlah quinic acid yang juga merupakan salah satu senyawa pada kopi. Kadar quinic acid dalam setiap jenis kopi juga berbeda beda yang juga digunakan dalam dunia kedokteran sebagai bahan untuk membuat obat flu.

3. H2O
H2O atau air juga menjadi senyawa pada kopi yang tidak bisa dipisahkan. kandungan kimiawi dalam kopi ini juga sangat penting bagi tubuh sebab 70% bagian tubuh terdiri dari air. Meskipun begitu, kandungan air dalam kopi ini terkadang sudah berkurang karena proses pengeringan pada biji kopi. Akan tetapi kandungan air yang ada dalam kopi juga tetap menjadi bagian dari senyawa kimiawi dalam biji kopi.

4. Ethyphenol
Senyawa pada kopi ini merupakan zat yang memberikan aroma khusus pada kopi. Zat ini juga serupa dengan tar dan juga mengandung pheromone didalamnya.

5. Dicaffeoylquinic Acid
Senyawa pada kopi ini merupakan antioksidan yang sangat berguna untuk menangkal radikal bebas. Meski kadar antioksidan dalam biji kopi ini memang tidak setinggi tanaman obat lain, namun kopi sudah menjadi sumber antioksidan yang sangat banyak dikonsumsi masyarakat seluruh dunia.

6. Dimethyl Disulfide
Dalam biji kopi yang masih hijau dan belum dikeringkan serta disangrai, senyawa pada kopi yakni dimethyl disulfide ini juga tinggi kadarnya dalam biji kopi. Zat tersebut yang membuat tinja manusia berbau seperti bau dari senyawa sulfur.

7. Trigonelline
Trigonelline yang merupakan salah satu senyawa pada kopi ini sangat berguna untuk melindungi gigi. Meski peminum kopi umumnya memiliki warna gigi agak hitam karena zat tersebut, namun senyawa ini akan melindungi gigi sehingga tidak mudah berlubang.

8. Niacin
Senyawa pada kopi ini sebenarnya memang kurang begitu baik untuk tubuh sebab bisa menyerap beberapa jenis vitamin yang ada didalam tubuh. Untuk itulah, minum kopi dianjurkan tidak melebihi dari 3 gelas per hari agar kandungan vitamin yang dibutuhkan tubuh dalam berbagai proses tersebut tidak hilang terlalu banyak karena kopi.

Senyawa tersebutlah yang diyakini bisa membuat orang menjadi kuat begadang sepanjang malam. 

Namun, ada yang mengatakan efek kopi ini akan bekerja efektif jika kita meminumnya mepat jam sebelum akam begadang. Jadi minum kopi pada saat akan mulai begadang atau sepanjang malam menemani Anda begadang akan kurang nendang.

Lalu, kopi yang bagus untuk mendukung begadang itu adalah kopi hitam atau kopi murni, bukan kopi yang sudah diolah dengan berbagai campuran dan bahan.

Akan tetapi hal ini, balik lagi ke personal untuk efeknya. Setiap orang akan  berbeda-beda reaksinya saat minum kopi. 

Teman  Begadang Selain Kopi

Saya bukan penikmat atau candu kopi, namun saya juga tidak menolak jika disuguhi untuk meminum kopi. Sajian kopi yang sering saya buat dalam bentuk kopi susu. Saya termasuk yang tidak bisa minum kopi racikan yang dijual bebas. Saya bisanya minum kopi hitam. Dengan sedikit kopi saja, asal airnya sudah berubah hitam. Sudah, jadilah itu kopi.

Nah, kalo ditanyakan apa teman saya selain kopi saat begadang. Selain minuman, terutama air mineral hangat, saya suka camilan coklat, lalu film Indonesia. Jadi saat saya begadang, suara film nasional itu menjadi teman saya di kesunyian malam.

Posisi meja kerja saya untuk ngetik membelakangi televisi, jadi saya hanya mendengar suaranya saja. Kalo ada adegan yang ingin saya tonton, meski ini berkali-kali. Saya stop dulu ngetiknya, lalu badan saya memutar menghadap televisi.

Beberapa film Indonesia yang standbye menemani saya begadang adalah,AADC 2, Cinta lelaki Biasa, Sweet 20, Cahaya Cinta Pesantren. Untuk film Cahaya Cinta pesantren ini biasanya saya putar kalo saya juga kangen dengan kakak nawra yang ada di pondok. 

Ada juga film Keluarga Cemara, Ku Lari Ke pantai, Surga yang tak Dirindukan 1 dan 2. Dan beberapa judul lainnya. Meski film lama saya tetap suka nontonnya. Pokoknya sik deh. 

Kalo saya bosan atau malas memutar film-film tersebut. Palingan saya membuka channel Citra Televisi yang biasanya berisikan FTV sepanjang masa. Di Channel ini tidak ada iklannya. Jadi saya berasa seolah sedang memutar film seperti yang saya sering lakukan kalo sedang begadang.

Saya tidak bisa begadang tanpa suara ayau dalam kesunyian. Malah membuat saya bisa mengantuk.

Kalo kamu, apa teman kamu begadang selain minum kopi…berbagi yuk! 

Referensi 

Baca Juga

Related Posts

34 comment

  1. Kopi hitam apa kopi instan mba? Hehe .

    Kalo aku coklat anget enak malem2, tapi kita cewe ini khawatir BB naik ..

    BalasHapus
  2. kopi itu gak tergantikan mbak ... aku malah gak konsen kalo nulis ada suara film. mending musik, tapi yg ngebeat, kalo slow malah jadi lelap

    BalasHapus
  3. Kalau ngobrolin soal kopi dan bergadang, memang berasa nggak bisa dipisahkan, ya, Mbak. Tapi, mungkin gara-gara saya sudah kebal kopi, akhirnya minum atau nggak minum efeknya sama saja, gitu. Kalau jam tidur ya bakalan merem, meski minum kopi bercangkir-cangkir. Hahha.
    Dan baru tahu, ternyata kurang tidur bisa sebabkan obesitas. Harus kurangi bergadang ini mah, nggak sehat juga jadi kelelawar.

    BalasHapus
  4. Wah sekarang jarang begadang karena waktu kerjaku buat ngetik biasanya pagi pas anak sekolah, biasanya ngetik sambil dengar musik K-Pop biar semangat hihihi

    BalasHapus
  5. Aku mah jarang begadang... Tapi sepertinya kopi tetap pilihan utama... soalnya kalo nonton film, malah tambah ngantuk....

    BalasHapus
  6. selain kopi, aku biasanya mengkonsumsi jeruk dingin atau anget. Karena bikin seger, bukan bikin melek walaupun memang kadang-kadang suka kopi juga

    BalasHapus
  7. Air putih tetap paling aman dan nyaman ya kak. Hehe

    BalasHapus
  8. Kalau saya lebih suka susu hangat... Kopi bikin perut mual. Katanya sih, penyakit lambung.



    Tapi, kalau kopi dicampur susu, malah enak. Hehehe

    BalasHapus
  9. Kopi sudah nggak ngefek buat saya, tetap ngantuk kalau memang sudah jatahnya tidur, hehe...

    BalasHapus
  10. Udah sebulan terakhir begadang terus, tidur di atas jam 12 malam terus. Kadang ngejar DL dan nulis hutang tulisan yang numpuk di draft.

    BalasHapus
  11. Aku banget sih ini, doyan begadang sambil bikin konten terus temannya segelas es kopi susu deh. Nikmat bangetlah ini kalau sambil minum es kopi susu, jadi pengen ngegojekin es kopi susu.

    BalasHapus
  12. Jahe anget mbak..
    Tapi enggak sambil nonton apapun saya..Karena biasa kalau nyetel pilem bukan saya yang nonton tapi TV atau layar laptopnya hahah..karena saya pasti jatuh tertidur nanti

    BalasHapus
  13. temen bergadang itu biasanya buka aplikasi chat mbak... hahahha... tentunya ini bisa jadi malah banyakan chat-nya daripada menyelesaikan kerjaan yg sampai membuat bergadang :)))

    BalasHapus
  14. Saya malah gak bisa minum kopi karena perut selalu bermasalah tiap minum kopi, padahal sebenernya doyan juga sama rasanya.. kalau begadang juga malah gk konsen kalau ada cemilan dn teman2nya..

    BalasHapus
  15. Waahh, baru tau aku Mba
    Makasi banget sharing-nya ya, secara kadang2 eikeh juga kudu begadang, tapi kagak boleh kebanyakan minum kopi
    https://bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  16. Aku keripikkk
    Soale ga iso ngopi. Ngopi dikit pasti dereddeg makkk. Entah kenapa. Dari kecil gini. Paling diganti susu

    BalasHapus
  17. Kalo begadang buat gambar aku ngopi dan cemilannya kerupuk atau keripik dan denger YouTube tanpa henti. Biasanya kalo sendirian setel murotal hehe penakut ya

    Tapi sesekali denger Deddy Corbuzier ngobrol. Yang dihindari adalah ...setel Nessie judge serem

    BalasHapus
  18. Aku jarang banget begadang. Kecuali pas ngerjain tesis dan ngejar deadline buku. Wkwkwk. Biasanya aku melawan kantuk dengan gerekan-gerakan peregangan. Bernafas dalam-dalam, dan cuci muka.

    BalasHapus
  19. Aku malah gak bisa makk, kalo lagi begadang ngerjain kerjaan trus TV nyala hahaha hbisa-bisa malah melipir nonton trus kerjaan gak dikerjain deh

    BalasHapus
  20. Jadi filmnya berperan seperti radio, ya. Didengarkan suaranya saja untuk menemani begadang

    BalasHapus
  21. Aku ngemiil. Tapi kadang malah asik ngunyah aja gawean malah ga kepegang hahaa.

    BalasHapus
  22. Wah, bisa ya nonton nggak lihat adegannya hehe. Duh, itu FTV yang g ada iklannya pasti jam 12an ya, wkwkwk... Pengalaman deh. Dulu lumayan sering begadang, dan endingnya lihat ftv

    BalasHapus
  23. Kopi buatku jadi pengantar begadang.. jadi klo pas begadangnya malah garingan hahha... Karena udah sibuk ama kerjaan.. klo sambil ngemil malah gak kelar2.

    BalasHapus
  24. Aku pun jarang ngopi. Kalau pas harus begadang biasanya aku nyetel musik supaya asyik. Musik nostalgia yang membuat pikiran melayang ke suatu masa hahaha.. :)

    BalasHapus
  25. Teman begadang aku kadang adalah tv, biar dia ngoceh sendiri, akupun dgn pikiranku sendiri. Berasa ada temen aja gitu kalo tv nyala

    BalasHapus
  26. Kok mirip sama saya sih mbak, saya tuh kalau lagi ada DL nulis gitu dan harus begadang biasanya saya sambi nonton drakor. Nonton bentar terus nulis gitu terus sampai tulisan saya selesai. Kadang kalau keasikan nonton malah nulisnya enggak selesai, wkwkwk

    BalasHapus
  27. Wah...begadang.
    Aku uda gak begadang lagi, kak..kalau butuh bangun malam buat ngerjain DL, aku bobok dulu.
    Dan ini success bikin aku terjaga karena sudah di charge.

    BalasHapus
  28. Iya Mbak kalau nggak ada kopi eh setelah minum kopi teman begadang aku minuman coklat. Bukan coklat batangan sih. Akhir-akhir ini begadang mulu soalnya banyak kejar deadline

    BalasHapus
  29. Kalau lagi kerja,daku jarang ngopi lebih senang dengar musik dan sesekali intip Drakor hihihi

    BalasHapus
  30. Aku malah kalo begadang gak ngopi. Walopun ngantuk banget. Suka jadi bablas gak tidur sampe pagi. Pusing siangnya. Kalo begadang, aku paling sama teh hijau aja.

    BalasHapus
  31. Duuh aku jarang begadang mbakilda. Lebih prefer cepet tidur terus bangun lebih awal. Kalo kepaksa begadang biasanya makan coklat hahahaha

    BalasHapus
  32. Waaaa.. tipsnya bisalah diikuti, mbak. Seolah-olah mmg kita seperti sdg ada temannya ya..

    BalasHapus
  33. Teman begadangku bisa musik atau makan mie instan haha gak sehat yaaa...
    Kalau film justru sebaliknya, itu membantuku tidur krn aku suka insomnia jd kalau susah bobo aku bakalan nonton film sampai mataku lelah dan ketiduran, eh dont worry udah kusetting tipiku mati sendiri kok haha

    BalasHapus
  34. Karena aku buka kopi lovers, melainkan latte lovers. Makanya mencari alternatif lain untuk teman begadang, dan sedari zaman sekolah dulu, radio adalah kawanku begadang mba.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin