Menu

Senin, 26 Agustus 2019

/
Assalammualaikum.Wr.Wb

JAKARTA – 26 Agustus 2019. Lion Air (kode penerbangan JT), Batik Air (kode penerbangan ID) dan Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group tetap fokus mengutamakan faktor keselamatan, keamanan, kenyamanan penerbangan (safety first).

Seiring perkembangan pasar penerbangan, Lion Air Group mulai 1 September 2019 memberlakukan penerapan tarif bagasi baru yang berlaku untuk pembelian saat pelaporan di bandar udara karena kelebihan berat/ dimensi (excess baggage ticket/ EBT).

Batik Air sebagai maskapai berkonsep layanan penuh (full services airlines) memberikan bagasi tercatat cuma-cuma 20kg. Lion Air dan Wings Air sebagai maskapai kategori layanan minimum (no frills/ budget airlines) dengan menghadirkan bagasi tercatat 0 kg (nol kilogram).

Seiring perkembangan pasar penerbangan, Lion Air dan Wings Air sudah memberlakukan penerapan bagasi 0 kg serta mengenakan biaya terhadap kapasitas (berat) bagasi tercatat untuk penerbangan di Indonesia (domestik) dan internasional.


Untuk biaya kelebihan bagasi (excess baggage) mengikuti berat aktual sesuai aktual penghitungan timbangan di bandar udara dan tetap dikenakan apabila tamu atau penumpang membawa bagasi melebihi berat, setelah dibandingkan dengan baggage allowance dan pre-paid baggage.

Tarif  kelebihan berat/ dimensi (excess baggage ticket/ EBT) dihitung per kilogram (kg) berbeda-beda menurut maskapai pada rute yang dilayani, sebagai contoh berikut ini:

Maskapai
Contoh Rute
Tarif Per Kg EBT
Durasi Terbang
Lion Air
Soekarno-Hatta (CGK) – Yogyakarta Adisutjipto (JOG)
Rp 24.000
< 1 jam
Lion Air
Soekarno-Hatta (CGK) – Medan Kualanamu (KNO)
Rp 49.000
2 jam
Batik Air
Soekarno-Hatta (CGK) – Yogyakarta Adisutjipto (JOG)
Rp 33.000
< 1 jam
Batik Air
Soekarno-Hatta (CGK) – Medan Kualanamu (KNO)
Rp 70.000
2 jam
Wings Air
Surabaya (SUB) – Banyuwangi (BWX)
Rp 28.000
< 1 jam
Wings Air
Denpasar (DPS) – Bima (BMU)
Rp 28.000
2 jam
Wings Air
Bandung Husein Sastranegara (BDO) – Bengkulu
Rp 44.000
>2 jam


Pilihan Pre-Paid Baggage Lion Air dan Wings Air
Layanan bagasi tercatat nol kilogram seiring tren perjalanan udara sesuai era kekinian atau millennials traveling. Opsi tersebut menawarkan setiap wisatawan dan pebisnis (travelers) bisa melakukan traveling lebih ekonomis serta terjangkau dengan pilihan kapasitas bagasi menurut kebutuhan perjalanan.

Pembelian kuota bagasi (extra baggage allowance) yang dilakukan sebelum waktu keberangkatan (pre-paid baggage) tersedia 5, 10, 15, 20 kg dengan maksimum pembelian 30 kg per penumpang.

Lion Air dan Wings Air menghimbau kepada travelers untuk mempersiapkan rencana perjalanan lebih awal dengan “tren perjalanan udara simpel”. Jika akan membawa bagasi saat bepergian maka dapat membeli bagasi menggunakan voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan (agent travel), www.lionair.co.id dan kantor penjualan tiket Lion Air Group.

Tarif pembelian voucher bagasi (pre-paid baggage) berlaku tetap sejak mulai diberlakukan (tidak mengalami perubahan) dihitung per kilogram (kg) berbeda-beda menurut maskapai pada rute yang dilayani, sebagai contoh berikut ini:

Maskapai
Contoh Rute
Tarif Per Kg Pre-Paid Bagggage
Durasi Terbang
Lion Air
Soekarno-Hatta (CGK) – Yogyakarta Adisutjipto (JOG)
Rp 17.000
< 1 jam
Lion Air
Soekarno-Hatta (CGK) – Medan Kualanamu (KNO)
Rp 36.000
2 jam
Wings Air
Surabaya (SUB) – Banyuwangi (BWX)
Rp 22.000
< 1 jam
Wings Air
Denpasar (DPS) – Bima (BMU)
Rp 22.000
2 jam
Wings Air
Bandung Husein Sastranegara (BDO) – Bengkulu
Rp 22.000
>2 jam

Pembelian bagasi dengan harga lebih hemat bisa dilakukan pada saat dan setelah pembayaran tiket (issued ticket), ketentuan batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan. Travelers akan mendapatkan nilai lebih ekonomis serta terjangkau dengan pilihan kapasitas bagasi yang disesuaikan tingkat keperluan. Sebaliknya, bila berangkat tanpa bagasi, maka tidak perlu membayar bagasi.

Setiap travelers (kecuali bayi), diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi (personal item) seperti tas laptop/ perlengkapan bayi/ bahan membaca/ kamera/ tas jinjing wanita (hand luggage) ke dalam kabin (hand carry), yang mengikuti aturan berlaku sesuai maksimum ukuran dimensi bagasi kabin 35 x 30 x 20 cm.

Dalam mempersiapkan penerbangan, Lion Air dan Wings Air menghimbau kepada seluruh pelanggan untuk check-in lebih awal yaitu paling tidak 120 menit sebelum jadwal keberangkatan penerbangan di terminal keberangkatan bandar udara. Hal tersebut guna meminimalisir dampak dari antrean panjang di meja pelaporan (check-in counter).

Counter check-in di bandar udara tutup 30 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan domestik atau 45 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan internasional). Pintu keberangkatan tutup 10 menit sebelum waktu keberangkatan.

8 comments

syukurlah aku jarang naik pesawat, jadi gak ribet mikirin beginian. suami jg kalo pergi2 simpel banget, bawa ransel sebiji.

Reply

Tidak ada yang terlalu mahal kalau kita punya duitnya, hehehe. Makasih informasinya mbak. 😁

Reply

Kuota bagasi bisa dipilih sesuai dengan kuota bagasi yang dipilih. Jadi nggak ada kemubaziran bagi penumpang dari segi uang dan tempat.

Reply

Harga aturable lah ya hahahaha. Nggak suka mepet mepet saya mah kalau terbang. Biasalah mau eksplore sekitar dulu xixixi...

Reply

Huwaa kalo mau melakukan penerbangan memang harus hati-hati ini ya
kelebihan bagasi banyak harus bisa diprediksi.

Reply

waaa trims infonya kak.. kayaknya kita harus bener2 perhatikan berat barang kita ya sblm terbang.. jadi udah siap dengan jumlah yang harus dibayar kalau memang berlebih berat bagasinya

Reply

Ya..ampun sudah harga tarif kian melambung, harga bagasinya pun juga lumayan harganya

Reply

Wah saya baru tahu ternyata soal bagasi saya ada batas dan tarif lebihnya
Mempersiapkan rencana lebih awal, pastinya lebih baik ya

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.