Menu

Selasa, 20 Agustus 2019

/
Assalammualaikum.Wr.Wb

www.mildaini.com_Kaos Printing Sublimasi, Kelebihan dan Kekurangannya Bagi Usaha Anda. Sudahkah Anda pernah mendenger istilah teknik printing sublime. Mungkin hanya sedikit dari Anda yang tau mengenai pengertian dari kaos printing sublimasi. Kaos printing sublimasi / sublime / transfer printing adalah salah satu jenis kaos atau teknik cetak yang cukup populer saat ini. Hal ini karena beberapa kaos yang dibuat dari teknik ini memiliki banyak poin plus yang akan menguntungkan pelaku usaha dalam menjual produk meski terdapat nilai minus tersendiri. Agar anda lebih memahami mengenai hal ini ada baiknya anda melihat ulasan dari kami berikut ini. 

Pengertian Kaos Printing Sublimasi

Kaos Printing sublimasi / kaos printing sublime atau juga dikenal dengan transfer printing merupakan salah satu metode print kaos dengan media gambar ilustrasi tertentu dan bisa langsung dicetak pada media dalam berbagai ukuran. Secara sederhanana printing sublimasi memerlukan pola ilustrasi gambar untuk dicetak ke dalam kaos yang akan disablon. Tentu metode ini memerlukan mesin cetak khusus dan menggunakan tinta khusus yang membedakannya dengan metode cetak lainnya. 


Proses Printing Sublimasi

Secara sederhana proses printing sublimasi dimulai dari penentuan gambar ilustrasi untuk dicetak pada mesin. Setelah itu gambar yang sudah siap akan distransfer menggunakan media transfer seperti kertas hvs khusus, kertas double matte, dan kertas sublimasi sejenis. Biasanya desain ilustrasi dilakukan pembalikang (mirroring) sebelum dicetak pada mesin. 

Printing sublimasi memerlukan proses yang baik menggunakan alat atau mesin yang dapat menunjang kegiatan ini. Biasanya perangkat printing sublimasi menggunakan mesin printer dengan cakupan area cetak 160cm yang paling umum digunakan karena memiliki area besar dan bisa disesuaikan dengan kertas yang menjadi media transfer tersebut. 

Selain mesin yang berperan penting, kertas yang menjadi media transfer atau dikenal dengan paper Roll To Roll juga penting dalam proses cetak sublimasi. Kertas tersebut sangat berguna untuk proses sublimasi karena dapat bekerja dengan suhu mesin sekitar 200o C. Kertas tersebut biasanya diletakkan pada mesin di atas kaos printing sublimasi. 

Dapat disimpulkan bahwa kaos printing sublimasi tidaklah mencetak langsung desain sablon yang ada ke permukaan kain kaos, namun menggunakan media lain sebagai perantaranya. hal inilah yang membuat printing sublimasi memiliki mesin dan tinta khusus serta proses cetak yang menggunakan metode heat press.


Kelebihan dan kekurangan Produk Kaos Printing Sublimasi

Tentu setiap metode dan produk yang ada memiliki kelebihan dan kekurangan dalam prosesnya.  Hal ini juga ada pada kaos printing sublimasi yang anda gunakan dalam bisnis kaos sablon. Beberapa kelebihan dan kekurangan tentu didasari ataas ulasan pelanggan atau pengalaman masing - masing. Berikut kami sampaikan beberapa kelebihan dan kekurangan mesin printing sublime untuk usaha sablon anda.

Kelebihan Kaos Printing Sublimasi

1. Kaos memiliki warna bervariasi dari hasil cetak sublimasi
2. Proses percetakan kaos berlangsung lebih cepat menggunakan paper to roll
3. Pengeringan lebih cepat saat proses percetakan
4. Memungkinkan percetakan secara satuan dengan desain berbeda
5. Memungkinkan mencetak produk kaos full print


Kekurangan Kaos Printing Subliimasi

1. Kaos Sublimasi hanya bekerja pada bahan PE atau polyester
2. Warna dan kualitas cetakan bergantung pada tinta yang dimiliki
3. Biaya usaha printing sublimasi tergolong tinggi bagi pengusaha pemula
4. Tidak disarankan bagi jenis usaha low budget

Semoga dengan tulisan ini bisa membuka wawasan Anda mengenai kaos printing sublimasi terutama untuk yang ingin membuka usaha saat ini. Bagi anda yang ingin membuka usaha pastikan memperhatikan beberapa hal tersebut dengan cermat agar usaha anda sukses kedepannya.

31 comments

Wah banyak banget nih ya Mbak kelebihan yang didapatkan ketika memilih kaos printing sublimasi ini

Reply

Bagus banget nih ya Mbak hasilnya dari kaos printing sublimasi ini

Reply

Wah harganya ini pasti mahal nih ya Mbak. Tapi memang bagus banget sih hasilnya

Reply

Ouw, manggut manggut aku Mbaaa
Jadi tambah wawasan banget seputar kaos printing sublimasi ini
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply

Kalau di tempat kerja aku masih pakai sablon aja mbak,
Bagus banget dah itu kaos printing sublimasinya, mevvah banget mbak.
Tapi ya gitu kalau tertarik mau usaha ini, perlu disiapkan budgetnya yah mbak
TFS Mbak Milda
-rurohma[dot]com-

Reply

ohh teknik ini yang dipake utk kaos custom yang cuma pesen 1-2 biji ya.. klo utk pemula mgkn bisa join terima pesanan gt kali ya..

Reply

Ooh aku baru tau kalo ini namanya kaos printing sublimasi. Iya nih, sekarang ngetrend kaos-kaos printing seperti ini. Anak-anakku kaos kelasnya juga kaos printing seperti ini.

Reply

Saya tertarik dengan desainnya nih. Bagus dan keren, usahanya tentu nomor satu 👍

Reply

Aku baru tau istilah printing pada kaos ini, sejauh ini belum pernah nyoba untuk ngeprint di kaos anakku.

Reply

Saya masih awam banget nih tentang kaos printing. Ternyata ada berbagai macam jg. Jadi kalau mau bikin kaos pun harus tanya-tanya dulu akan diprinting menggunakan apa.

Reply

Printing sublimasi lebih kaya variasi ya, mba
Namun memang memerlukan modal besar!
Begitulah, setiap lini bisnis memang punya plus minus, tinggal sejauh mana bisa meminimalisirnya

Reply

baru tau nih aku mba tentang kaos printing sublimasi, kirain mah printing-printing aja ternyata ada tipe dan keunggulannya masing-masing juga ya

Reply

Padahal sukak bgt pake kaos. Baru ngeuh yg namanya printing sublimasi. Wkwkwk

Reply

KAlau lebih cepat enak ya mbak, saat membutuhkan bisa langsung order kaos printing sublimasi. AKu jadi kepikiran pingin bikin juga buat anak-anak nih

Reply

Baru tahu aku mba milda, ada teknik seperti ini, jadi memudahkan untuk bahan poliester dan cetak satuan ya..tapi agak mahal..

Reply

Cepet ya kalau printing sublimasi gini. Bisa satuan juga bikinnya. Tapi kayaknya kalau di kaos cepet hilang ya printingnya. Punyaku ada yang sudah mengelupas mbak.

Reply

Kmrn sempet mba adikku bisnis kyk gini.. lumayan juga jadi Tau seluk beluk printing, cetak..tergantung pita n perawatan jais juga klo mau awet

Reply

Kaosnya bagus ya mbak, desain dan warnanya nggak bosenin gitu. Tapi kalo pas nyetrika kudu dibalik ya biar tahan lama printing gambarnya itu

Reply

Jaman dulu aku usaha cetak kaos kayak gini, Mbak. Walah, puyeng juga kalau printer lagi ngadat. Cuma kalau lagi lancar ya mantap. Kerjanya simple, untungnya lumayan.

Reply

Baru dengar yang sistem sublimasi ini dan emang baru tahu. Berarti kalau bahan lain selain polyster kurang bagus ya Mbak.

Reply

Kaosnya bagus2 ya inih... Gemes banget kalau kaos printing gini...

Reply

Metode pointnya membuat hasil sablon anya jadi lebih bagus ya mbak. Cepat pula

Reply

Kalo pengusaha dengan budget besar berarti direkomendasikan ya? Berarti kualitas tinta dan alat cetak nya juga harus bagus agar hasil print nya bagus. Noted Mbak

Reply

Meski termasuk teknik printing dengan biaya tinggi, kalau melihat hasilnya kok nyenengin ya. Bagus gitu nempel di kaosnya. Dan bisa dibuat dengan desain beraneka ragam sesuai keinginan.

Reply

Jadi kalau ke bahan selain PE sama Polyester bakalan kenapa, Mbak? Nggak nempel dan kelupas-kelupas, gitu, kah? Semacam ke bahan denim atau kanvas gitu, nggak bisa, ya?

Reply

Wah baru tau cara kerja pembuatan printing kaos

Reply

makasih sharingnya mbak, jujur aja saya juga baru tahu yang namanya printing sublimasi, hehehe, kayaknya cocok juga nih buka usaha printing ya di desa

Reply

Wohoo baru tahu kalau cetakan yg begini namanya sublimasi. Biasanga main pake aja, jenis bahan kain yang dipakai sepertinya berpengaruh banget ya mba buat hasilnya

Reply

Menarik sekali teknik sablon sublimasi ini, tinggal transfer gambar yang dicetak ya. Lebih simpel daripada teknik sablon rubber

Reply

Aku sampe sekarang belum tau proses sebenarnya seperti apa 😂 hanya tau istilah-istilahnya doang

Reply

Saya dirumah membuka usaha sablon manual kecil kecilan rencananya sih ingin punya mesin printing sublime hanya belum punya modal he he maklum konsumenya baru warga sekitar

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.