Menu

Selasa, 20 Agustus 2019

/
Assalammualaikum.Wr.Wb

www.mildaini.com_Kaos Printing Sublimasi, Kelebihan dan Kekurangannya Bagi Usaha Anda. Sudahkah Anda pernah mendenger istilah teknik printing sublime. Mungkin hanya sedikit dari Anda yang tau mengenai pengertian dari kaos printing sublimasi. Kaos printing sublimasi / sublime / transfer printing adalah salah satu jenis kaos atau teknik cetak yang cukup populer saat ini. Hal ini karena beberapa kaos yang dibuat dari teknik ini memiliki banyak poin plus yang akan menguntungkan pelaku usaha dalam menjual produk meski terdapat nilai minus tersendiri. Agar anda lebih memahami mengenai hal ini ada baiknya anda melihat ulasan dari kami berikut ini. 

Pengertian Kaos Printing Sublimasi

Kaos Printing sublimasi / kaos printing sublime atau juga dikenal dengan transfer printing merupakan salah satu metode print kaos dengan media gambar ilustrasi tertentu dan bisa langsung dicetak pada media dalam berbagai ukuran. Secara sederhanana printing sublimasi memerlukan pola ilustrasi gambar untuk dicetak ke dalam kaos yang akan disablon. Tentu metode ini memerlukan mesin cetak khusus dan menggunakan tinta khusus yang membedakannya dengan metode cetak lainnya. 


Proses Printing Sublimasi

Secara sederhana proses printing sublimasi dimulai dari penentuan gambar ilustrasi untuk dicetak pada mesin. Setelah itu gambar yang sudah siap akan distransfer menggunakan media transfer seperti kertas hvs khusus, kertas double matte, dan kertas sublimasi sejenis. Biasanya desain ilustrasi dilakukan pembalikang (mirroring) sebelum dicetak pada mesin. 

Printing sublimasi memerlukan proses yang baik menggunakan alat atau mesin yang dapat menunjang kegiatan ini. Biasanya perangkat printing sublimasi menggunakan mesin printer dengan cakupan area cetak 160cm yang paling umum digunakan karena memiliki area besar dan bisa disesuaikan dengan kertas yang menjadi media transfer tersebut. 

Selain mesin yang berperan penting, kertas yang menjadi media transfer atau dikenal dengan paper Roll To Roll juga penting dalam proses cetak sublimasi. Kertas tersebut sangat berguna untuk proses sublimasi karena dapat bekerja dengan suhu mesin sekitar 200o C. Kertas tersebut biasanya diletakkan pada mesin di atas kaos printing sublimasi. 

Dapat disimpulkan bahwa kaos printing sublimasi tidaklah mencetak langsung desain sablon yang ada ke permukaan kain kaos, namun menggunakan media lain sebagai perantaranya. hal inilah yang membuat printing sublimasi memiliki mesin dan tinta khusus serta proses cetak yang menggunakan metode heat press.


Kelebihan dan kekurangan Produk Kaos Printing Sublimasi

Tentu setiap metode dan produk yang ada memiliki kelebihan dan kekurangan dalam prosesnya.  Hal ini juga ada pada kaos printing sublimasi yang anda gunakan dalam bisnis kaos sablon. Beberapa kelebihan dan kekurangan tentu didasari ataas ulasan pelanggan atau pengalaman masing - masing. Berikut kami sampaikan beberapa kelebihan dan kekurangan mesin printing sublime untuk usaha sablon anda.

Kelebihan Kaos Printing Sublimasi

1. Kaos memiliki warna bervariasi dari hasil cetak sublimasi
2. Proses percetakan kaos berlangsung lebih cepat menggunakan paper to roll
3. Pengeringan lebih cepat saat proses percetakan
4. Memungkinkan percetakan secara satuan dengan desain berbeda
5. Memungkinkan mencetak produk kaos full print


Kekurangan Kaos Printing Subliimasi

1. Kaos Sublimasi hanya bekerja pada bahan PE atau polyester
2. Warna dan kualitas cetakan bergantung pada tinta yang dimiliki
3. Biaya usaha printing sublimasi tergolong tinggi bagi pengusaha pemula
4. Tidak disarankan bagi jenis usaha low budget

Semoga dengan tulisan ini bisa membuka wawasan Anda mengenai kaos printing sublimasi terutama untuk yang ingin membuka usaha saat ini. Bagi anda yang ingin membuka usaha pastikan memperhatikan beberapa hal tersebut dengan cermat agar usaha anda sukses kedepannya.

Diberdayakan oleh Blogger.