Menu

Selasa, 13 Agustus 2019

/
Assalammualaikum.Wr.Wb

www.mildaini.com_Menikmati Kota Tua Bersama Anak-anak. Ke kota Jakarta, sayang jika dilewatkan berkujung ke kota Tua. Apalagi jika sedang datang atau berliburan bersama anak-anak.Selain banyak sekali hiburan di Kota Tua. Ada banyak edukasi yang menarik untuk anak-anak.

Di sekitar Kota Tua, banyak terdapat museum. Seperti museum Wayang, museum Bank Indonesia.Di lokasi Kota Tua juga banyak terdapat bangunan tua dengan desain tempo dulu. Oh, ya di Kota Tua juga ada kantor pos zaman dulu dan kantor pos ini juga masih beroperasi seperti biasa.

kok bisa yah, dapat sepedanya pink, hihihi ( foto Milda )

Namun, jika ingin berkunjung ke museum tersebut datanglah pada selain hari Senin. Sebab pada hari senin, semua museum tutup. Mungkin karena pada hari minggu, justru museum buka. Dan hal ini ternyata juga berlaku untuk wahana lainnya. Seperti Ragunan, Monas dan lain sebagainya.

Oh,ya jika ingin melihat dan memberi makan burng-burung, maka datanglah agak sedikit pagi. Sebab di saat pagi, burung-burung masih berkumpul. Orang-orang juga belum banyak yang datang sehingga burung masih sangat leluasa untuk terbang bebas, menghabiskan makanan yang diberikan oleh pengunjung dan tuannya.

Hal ini pernah kami alami, begitu datang, sang tuan sedang memberikan makan burung, saat itu burung sedang berkumpul banyak. Kami diberi kesempatan untuk memberikan burung makan dan berfoto dengan burung Merpati yang jinak itu. Ini adalah sebuah pengalaman yang luar biasa , apalagi bagi anak-anak.

Namun, jika berkunjung di pagi hari, sebaiknya tidak terlalu lama di lapangan. Apalagi jika cuaca sedang terik. Kasihan dengan anak-anak. Mereka bisa kepanasan. Ada baiknya juga datang di sore hari saja. Saat udara tidak telalu panas.

Numpang lewat saja museum Wayang (foto Milda)

Oh,ya di sekitar lokasi ada banyak para seniman Jakarta yang akan ujuk gigi berbagai karya mereka. Mulai dari lukisan, pahatan, desain unik, aneka produk handycraf juga terdapat tempat penyewaan pakaian khas zaman dulu yang bisa kita gunakan sebagai properti untuk berfoto.

Sepeda dan topi juga bisa kita sewa di sini, kita bisa mengajak anak-anak untuk bermain sepeda sepuasnya. Bersepeda dengan menggunakan sepeda kuno, menggunakan topi dan berada di sela-sela bangunan tua yang penuh sejarah. Hal ini akan menumbuhkan rasa cinta dan simpati dari anak-anak terhadap para pahlawan, kepada negaranya. Sekaligus memberikan pengalaman yang pasti akan mereka ingat nantinya.

Kesempatan ini juga kami manfaatkan untuki memberi tahu, mengenai cerita kota Jakarta ini dulu, termasuk cerita tentang kota Batavia. Tentu saja hal ini juga bisa menambah wawasan pengetahuan bagi anak-anak. Mengajari anak dengan berada langsung di lokasinya. Akan memperkuat ingatan mereka, anak-anak akan mengingat dengan cepat dan tahan lama. 

Jika merasa lapar, di sekitar lokasi Kota Tua, banyak sekali tersedia restoran dan tempat makan yang asik. Bukan cuma asik makanannya, tetapi juga asik suasana dan juga menarik untuk difoto. Untuk dijadikan postingan media sosial.

Kalo soal harga, tergantung sih, namanya juga jajan di Jakarta yah. Harga ga bisa dtebak, atau malah udah ketahuan pastinya mahal. Jadi tinggal dipilih saja , mau makan di mana. Menyesuaikan dengan anggaran yang ada saja.  

Nah, ngobrolin soal liburan bersama keluarga, jika saya berkesempatan untuk mengajak keluarga liburan ke lagi pengen mengajak mereka ke Bandung , di liburan akhir tahun ini. Atau ke Yogjakarta. 

Tapi, tiket pesawat kayaknya gak bakal turun yah. Ini yang jadi pertimbangan dan perhitungan berat, mahal diongkos yah. Tapi mungkin naik darat juga asik dan seru yah. Terutama si bungsu Annasya, belum pernah nyebrang dari Lampung ke Merak Bangkahuni. Kalo kakak Nawra sudah sering banget. 

Kalo naik darat dari Bengkulu bisa via bus, lalu jalan bisa lewat Lubuk Linggau dulu atau jalan selatan, melewati kabupaten Kaur. Lalu terus ke Lampung dan nyebrang. 

Pas nyebrang itu biasanya dini hari, nanti pagi atau usai subuh bisa berdiri di pinggiran kapal melihat ke laut lepas. Kalo berntung, kita bisa melihat ikan lumba-lumba loh.

Eh, kok malah saya ceritain rute perjalanan darat yah, hahaha. Maafkan teman-teman. Nanti , saya sempatkan deh tapi ngak janji yah. Mau menuliskan pengalaman jalan darat Bengkulu- Jakarta.

Nah, itulah sekelumit cerita liburan keluarga saya yang berkesan waktu berkunjung ke Kota Tua. Kalo kamu, kapan mau ajak anak-anak main ke Kota Tua. Jelaslah liburan bersama keluarga entah kemana saja, akan selalu menjadi ingatan yang berkesan dan bahkan ingin diulang berkali-kali.

Diberdayakan oleh Blogger.