nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

12 Fakta Unik yang Harus Kamu Ketahui Mengenai Sosok Fatmawati, Istri Presiden Soekarno



Sosok perempuan satu ini selalu dilekatkan dengan sosok presiden pertama republik Indonesia, bapak Ir. Soekarno atau sering kita sebut juga dengan nama bung Karno. Iya ibu Fatmawati adalah merupakan saksi sejarah terwujudnya kemerdekaan Indonesia. 

Sosok ibu Fatmawati selalu disebut dan dikenang pada setiap hari peringatan kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus . Terlebih lagi pada saat pengibaran bendera merah putih di setiap acara peringatan detik-detik proklamasi. Iya, sekali lagi nama ibu Fatmawati selalu disebut-sebut. 



Ibu Fatmawati adalah seorang pahlawan yang dikenang dan dikenal sebagai penjahit bendera pertama Indonesia yang dikibarkan di saat pembacaan teks proklamasi pada  17 Agustus 1945. Oleh Ir Soekarno yang didampingi oleh Muhammad Hatta.

Namun, tau kah kamu selain sebagai penjahit bendera pusaka merah putih tersebut. Bagaimanakah sosok seorang ibu Fatmawati itu. Berikut ini beberapa fakta unik tentang ibu Fatmawati yang harus kamu ketahui

1. Ibu Fatmawati bernama asli Fatimah

2. Lahir di Bengkulu, 5 Februari 1923

3. Beliau meninggal di Malaysia pada tanggal 14 Mei 1980

4. Umur Fatmawati saat meninggal adalah 57 tahun

5. Fatmawati adalah istri ketiga dari bung Karno

6. Menjadi ibu Negara dari tahun 1945 – 1967

7. Orang tua Fatmawati bernama Ayah Hasan Din dan  Ibunya Siti Chadijah

8. Orang tua Fatmawati merupakan keturunan putri dari Indrapura, seorang keluarga kerajaan Indrapura, pesisir selatan, Sumatera Barat

9. Ayahanda Fatmawati merupakan salah satu Tokoh Muhamadiyah Bengkulu

10. Fatmawati menikah dengan Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1943

11. Fatmawati meninggal dunia akibat serangan jantung ketika pulang dari umroh

12. Fatmawati dimakamkan di Karet Bivak, Jakarta


Nah, itu dia beberapa fakta unik tentang ibu Fatmawati yang harus kamu ketahui selain sebagai penjahit bendera merah putih. Bendera pertama republik Indonesia.

Saat ini nama ibu Fatmawati oleh pemerintah Provinsi Bengkulu diabadikan menjadi nama bandara di kota Bengkulu. Yaitu bandara penerbangan Fatmawati.



Bandara ini terletak di daerah Sukarami, di pinggir jalan perbatasan antara Kota Bengkulu dengan daerah Bengkulu bagian selatan.

Di kota Bengkulu juga terdapat rumah kediaman keluarga ibu Fatmawati yang sekarang sudah berubah menjadi cagar budaya yang bisa dilihat atau dikunjungi oleh setiap orang.

Kalo kamu ke kota Bengkulu, jangan lupa mampir ke rumah ibu Fatmawati ya !
Baca Juga

Related Posts

31 comment

  1. iya ya mba, selama ini kita (terutama saya) tahunya ibu fatmawati adalah penjahit bendera merah putih :) makasih sharing-nya mba :)

    BalasHapus
  2. Mbak. aku bener2 baru tahu lho. Tahunya hanya membuat bendera pertama kita. Makasih ilmunya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi nambah ya info tentang ibu Fatmawati ya

      Hapus
  3. Baru tahu ada Bandara Fatmawati

    BalasHapus
  4. Yang masih bikin penasaran kenapa fatimah jadi fatmawati :D

    BalasHapus
  5. alhamdulillah nambah informas tentang ibu fatmawati

    BalasHapus
  6. Bengkulu, kapan aku ke sana :-D
    ibu Fatmawati seetahuku penjahit bendera merah putih, tapi sekarang aku tahu banyak soal beliau :-D

    BalasHapus
  7. Bengkulu punya sejarah besar, ibu Fatmawati merupakan saksi sejarah terwujudnya kemerdekaan Indonesia.

    BalasHapus
  8. Baru ngeh saya mbak, siapa ibuk fatmawati. Thanks info nya.

    BalasHapus
  9. Lah, aku pikir bu Fatmawati itu orang Jawa XD jadi tahu sedikit sejarahnya.

    BalasHapus
  10. Makasih Mba infonya. Menarik sekali. Saya juga penasaran kenapa dari Fatimah bisa jadi Fatmawati ya :D

    BalasHapus
  11. mirip bung karno ya mba. biasanya suami istri emang suka mirip ya? tapi ini udah istri ketiga padahal.. penasaran sama wajah istri pertama n keduanya hehe

    BalasHapus
  12. "Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah."

    Entah kenapa, kalimat itu selalu bergaung di hati saat membaca sejarah.
    Aku suka sejarah. Tapi gak pernah hapal.
    Hemm~~

    BalasHapus
  13. ibu fatmawati kebanggaan bengkulu ^_^

    BalasHapus
  14. Kap kap lengkap banget mba...mudah-mudahan yang warga Bengkulu lainnya juga pada baca ini, jadi bisa tau tokob sejarah yang satu ini. Bukan hanya sebatas penjahit bendera merah putih aja :)

    BalasHapus
  15. Udah mampir, Mba. Deket sama kontrakan, tinggal nyebrang. :D

    BalasHapus
  16. Mbak Milda, kalau gak baca postinganmu ini aku gak tau lho kalau ada bandara namanya Fatmawati. Thx yaaa

    BalasHapus
  17. kalau bicara tentang ibu fatmawati ini pasti ingatnya tentang bendera negara kita

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin