nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Cara Membuat Kolak Pisang dan Labu Kuning




Saya dan keluarga sangat suka jajanan atau masakan tradisional. Di halaman rumah kami juga ditanami beberapa jenis pisang. Ada pisang Ambon, pisang Kepok, pisang Mas, pisang Jantan dan ada pisang-pisang lainnya yang saya sendiri tak tahu memberi nama. Tahunya cuma makan saja, hehehe.

Kali ini kebetulan pisang Jantan, atau entah apa deh namanya kalo di daerahmu yang sedang masak, Saya ingin membuat kolak pisang dengan kuah putih saja, alias menggunakan gula putih atau gula pasir. 

Tetapi kayaknya ada yang kurang kalo cuma pisang saja. Kali ini saya mau menggabungkan antara pisang dan labu kuning deh. Kayaknya enak.

Ikuti cara saya membuat kolak ini ya, gampang dan gak pake lama kok.

Ini pisang Jantannya, saya sengaja ambil yang belum terlalu matang. Anak-anak juga gak terlalu suka kalo pisangnya lembek. 

Pisangnya, kita kupas dan potong-potong menjadi 3 - 4 bagian yang lebih kecil ya

Lalu ini labu kuning, saya membeli di pasar tiga potong saja, seharga seribu rupiah, Jadi tiga potong, ya tiga ribu ya, lumayan murah. 




Kemudian 250 gram gula pasir, saya lebih suka menggunakan gula pasir untuk membuat kolak, apalagi kalo mau cepat. Soalnya kalo menggunakan gula aren, mesti disaring dulu kuahnya. Gula aren suka kotor sih , hehehe


Bagian yang bikin gurih dan makin asik itu ya kuahnya, kita siapkan santan kelapa ya. Saya lebih menyukai kelapa parut dan mengambil santannya daripada dengan menggunakan santan murni yang sudah siap di pakai di pasar. Kadang santannya sudah lama. Alasan lain karena, saya bisa memisahkan antara santan kental dan encernya. Jadi kebiasaan saya santan kental dimasukan diakhir proses memasak, sehingga kuahnya kental dan legit. Ini kelapa parut beratnya sekitar 250 gram. Atau beli saja seperempat kilo.



Untuk membuat kolak tercium wangi, saya gunakan beberapa potong daun pandan. Sebagian orang sering juga menggunakan Vanile. Tetapi saya lebih suka yang alami saja. Apalagi di rumah juga ada tanamannya, tinggal petik. Ada deh, hihihi.

 Oke deh, semua bahan sudah siap, sekarang tinggal cara memasaknya ya.

Pertama ambil santan kelapa dan pisahkan dari santan kental dan encernya. rebus atau masak santan encer tersebut sembari dimasukan gula. Aduk hingga gula hancur dan merata. Beri sedikit garam untuk membuat tambah gurih dan menguatkan rasa. 

Kedua, setelah mendidih masukan potongan labu dan pisang, aduk kuah pela-pelan . Jangan sampai pecah. Tambahkan daun pandan. 

Ketiga, masak dengan api sedang hingga matang. Lalu cicip dulu, apakah sudah manis, gurih dan rasanya kuat. Angkat deh.

Keempat, dinginkan sejenak, masukan piring saji. Lalu makan bersama anak-anak dan keluarga

Mudahkan. Oh, ya kolak ini. porsinya buat dua anak saya, ibu, kakak, sepupu, saya dan suami. Banyak juga ya, hehehe. Semua kebagian. Kecuali tetangga, hehehe.

Related Posts

23 komentar

  1. Mmmm sukaaa banget mba sama kolak, jd ingat bentar lg shaum Ramadan ya

    BalasHapus
  2. udah kayak mau puasa aja ya mbak?

    Eh, sebulan lagi kan puasa. Cocok nih buat buka puasa :)

    BalasHapus
  3. iya latihan buat puasa, hehehe

    kolak kan selalu dinanti

    BalasHapus
  4. Wah, perlu saya laporkan ke istri saya ini, biar dia bikin juga untuk suami tercintanya. Hehe...

    BalasHapus
  5. Makanan yang satu ini selalu ngehits di bulan Ramadhan :D

    BalasHapus
  6. aku suka pakai gula jawa yang cokelat Mbak, hihi kalau pakai gula pasir aku belum pernah coba,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, cobain aja Mb..pasti beda rasaya

      Hapus
  7. Saya juga biasanya pakai gula merah. Belum pernah pakai labu, pakai pisang aja :D

    BalasHapus
  8. Wah ps nih buat buka puasa..
    makasi lho mbka resepnya :)

    BalasHapus
  9. Ntappss nih mba, Labu ditempat saya susah nyarinya.. Paling si bisanya pisang sama ubi..

    BalasHapus
  10. Wonderful items from you, man. I've bear in mind your stuff prior to and you are simply too wonderful.
    I actually like what you've acquired here, really like what
    you are saying and the way during which you assert it.
    You make it entertaining and you still take care
    of to stay it smart. I can not wait to learn much more from you.
    This is really a terrific site. dortmund drakt

    BalasHapus
  11. I know this if off topic but I'm looking into starting my own blog and was curious what
    all is required to get set up? I'm assuming
    having a blog like yours would cost a pretty penny?
    I'm not very web savvy so I'm not 100% sure.
    Any tips or advice would be greatly appreciated. Kudos Billiga
    Fotbollströjor

    BalasHapus
  12. Today, I went to the beach front with my children. I found a sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said "You can hear the ocean if you put this to your ear." She placed the shell to her ear and screamed.
    There was a hermit crab inside and it pinched her ear.
    She never wants to go back! LoL I know this is entirely off topic but I
    had to tell someone! lazio trøje til Børn

    BalasHapus
  13. Hello, yeah this paragraph is genuinely fastidious
    and I have learned lot of things from it concerning blogging.
    thanks. Ajax fc tröja

    BalasHapus
  14. Hi, I do believe this is an excellent web site. I stumbledupon it ;
    ) I will return once again since i have
    saved as a favorite it. Money and freedom is the greatest way to
    change, may you be rich and continue to guide others.
    Maglia milan

    BalasHapus
  15. Wow! In the end I got a website from where I know how to really take valuable information concerning
    my study and knowledge. dortmund Trøje Børn

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin