nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Roll Cake Besurek, Pilihan Oleh-oleh Khas Dari Bengkulu


Assalammualaikum Wr. Wb

Kalo ke Bengkulu, ketika pulang pasti nyari oleh-oleh ya kan? Pasti dong buat oleh-oleh untuk keluarga, sahabat dan teman-teman yang ditinggalkan . Termasuk tetangga. Yap, benar sekali. Oleh-oleh dari Bengkulu banyak kok. Sebut saja kue Tat, Pendap, Perut Punai, Lempok Durian dan banyak lagi. Semua yang saya sebutkan tadi, sudah pasti pada kenal dan tahu, iya kan. Udah kesohor soalnya kemana-mana. Apa? mau yang lain. Oh, saya mengerti. Mau mencari alternatif lain ya. Baiklah, saya akan beritahu kalo rollcake besurek gimana? udah tahu atau nyobain belum? Itu loh kue roll cake atau bolu yang motif atau desainnya seperti kain besurek. Kain batik khas dari Bengkulu. 

Hiayoo, kamu mulai penasaran ya....

Pasti dong ya, solanya baru dengar. Saya juga baru tahu. Sama, soalnya ini masih baru loh.

Tapi tenang aja dipostingan saya kali ini. secara khusus saya akan membahas soal roll cake atau kue bolu besurek itu ya. Biar gak penasaran lagi.  Nanti saya juga akan ulas yang bikin kuenya. Gimana cara mendapatkannya. Soalnya,  kue ini juga bisa dipesan loh, bisa secara online juga. Jadi sangatlah mudah. Jadi gak sabaran mau pesan.

Tapi sebelum itu, lihat dulu deh, motif kuenya, baru tentukan pilihan lalu baru pesan ya. Pesan semuanya juga boleh banget malah.

Beberapa motif cake besurek bisa kamu liat di bawah ini


Liat, jangan sampai kecele ya, Itu kue kawan, bukan kain. Motifnya menarik ya. Jadi kepengen pesen.

Ada lagi ni, warnanya menarik banget, warna ungu.


Eiit, sekali lagi jangan salah kaprah ya, ini bukan kain. Tapi kue, jadi bisa dimakan. Tapi rela gak sih makan kue imut ini.


Yang suka warna pink, bisa pesan motif ini ya. Cakep banget, paduan warna ungunya jadi bikin makin keren. Serasi banget, apalagi kalo dimakan, hehehe


Seperti motif kain bersurek yang mirif tulisan Arab, di kue roll cake bersurek ini juga ada kayak tulisan Arab begitu. Jadi mikir, kue ini boleh dimakan gak sih.


Menurut yang bikin, boleh aja dimakan. Malah sayang kalo gak dimakan. Mubazir loh. Eh, benar juga ya. Apalagi udah dengan penampilan yang menarik begini.  Sayang banget kalo gak dimakan.


Oke ya, sudah ada 7 pilihan motif kuenya. Sekarang giliran kita bertanya ama yang bikin. Sebenarnya yang bikin siapa ya. Sebelumnya yang belum paham Besurek itu pa, bisa baca di sini ya , supaya lebih paham apa itu besurek. 

Saya kenalin ya, ini yang bikinnya teman saya, dia dulunya sempat kerja jadi  karyawan salah satu perusahaan nasional di Bengkulu dan sudah 4 tahun berhenti berkarir. Namanya saya sebut aja dengan bahasa Bengkulu Inga Desy Susanti atau yang biasa saya sapa Desy. 



Awal menurut Inga Desy karena beliau suka masak dan belajar bikinnya secara otodidak. Lalu tanpa sengaja di post di sosial media dan mendapat respon yang baik. Jadinya keterusan. Karena sudah mulai ada pemesanan dan ada saja yang suka. Maka lanjut diseriusi dan Inga Desy sengaja ikutan kelas memasak. Agar ilmunya lebih banyak dan lebih lihai lagi.

Pertama kali bikin, belum motif batik besurek. Masih motif batik secara umum. Seperti batik Jawa. Tapi lama-kelamaan Inga Desy berpikir. Mengapa, tidak mencoba membuat motif besurek saja. Dan hasilnya, banyak yang suka dan order. Jadi keterusan. Sampai sekarang.

Harapan saya semoga usaha ini berkembang dan berkelanjutan dan dikenal di seluruh masyarakat Bengkulu atau diluar Bengkulu . Kalau  kita, Bengkulu juga punya cake atau kue dengan ciri khas batik besurek yang tidak kalah eloknya dengan batik lainnya

Oh, ya selain itu Inga Desy ini juga menjual  roll cake saya juga membuat aneka cake, birthday cake dan juada keras (makanan ciri khas Bengkulu). Iya, disela kesibukan sebagai seorang Istri dan ibu dari tiga orang anak-anaknya. Inga Desy masih sempat untuk berkreatifitas membuat aneka kue. Keran ya, masih bisa aja, padahal mengurusi keluarga aja sudah repot. 



Untuk  mendapatkan batik besurek roll cake dan aneka masakan yang ada di "Dapoer Dshe" bisa langsung datang ke alamat perumahan Bumi Nusa Permata No. 15 Kelurahan  Sidomulyo Kota Bengkulu atau di Facebook  dshe.ajaa@ajaa.co.id Silakan hubungi no Hp.081271155153

Sampai di sini dulu ya ulasan saya tentang makanan khas Bengkulu. Tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan #Nulisserempak dari Blogger Bengkulu tentang #KulinerBengkulu.

Hayo, jangan lupa ya kalo ke Bengkulu , pesan oleh-oleh ini ya. Buat makan teman minum teh atau kopi juga enak kok. Apalagi buat acara formal, cocok banget. Ya , udah langsung hubungi Inga Desy aja ya. Pesan yang banyak ya...!!

Salam, selamat menikmati.

Related Posts

24 komentar

  1. Motifnya lucu dan unik ya Mbak. Bener2 kreatif :)

    BalasHapus
  2. waa, mbak kirain kertas atau kain itu yang dibungkus. rasanya enak banget kayaknya

    BalasHapus
  3. wah mbak .... cakenya sangat cantik .. bisa nih di adopsi buat cake batik

    BalasHapus
  4. Wih... keren dan lezat banget kayaknya ...

    BalasHapus
  5. Oh ini jualnya di Bengkulu toh. Sering lihat berseliweran di fb kue bolu batik ini mbak :) Kreatif banget ya ..

    BalasHapus
  6. Suka sekali lihat roll cake besurek. Semoga kapan kapan bisa beli ah. Pelestarian budaya yang unik :)

    BalasHapus
  7. Cakeeup banget jd ga tega buat d8imakan.. hoho

    BalasHapus
  8. Mba milda klau aku prnah makny bolu gulung batik.. coraknya mbatik gitu mba... sama kali y rasanya

    BalasHapus
  9. aww cakep2 bangeet.. kirain memang kain bercorak taunya kue yaa, keren ih kreatif bgt..

    BalasHapus
  10. Waaah kreatif banget !
    Bener bener saya kira mah itu kain batik beneran hahaha

    Maksudnya roti gulung yang dibungkus sama kain gitu. Keren deh gimana ya cara bikinnya itu? *mikir keras*

    Btw saya blm pernah ke bengkulu jadi belum tau oleh2 khas nya apa. Dan pas liat posting ini saya jadi pengen ke bengkulu hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak di bungkus mba, tapi emang desain nya begitu

      Hapus
  11. Pulang Bengkulu tahun ini mau nyari. Ini bisa didapatkan di mana aja kan mbak?

    BalasHapus
  12. Tapi aku merasa sayang makannya hihihi #tetep
    Kreatif ya memasukkan unsur budaya ke makanan :D

    BalasHapus
  13. Aaaaak, nggak tega makannya inimah, terlalu baguuss.
    Masya Allah, kreatif banget ya yang bikin. Dan telaten.

    BalasHapus
  14. Ya ampun gemes banget, Mbak. Jadi kerasa Indonesia banget ya. Di sini juga ada motif batik. Emang bolu gulung gitu seru sih dikreasiin aneka motif. Sayang aku selalu gagal ngegulungnya.

    BalasHapus
  15. ya..ampuuun itu kue Mba. cantiiik bgt
    sulit dipercaya

    BalasHapus
  16. Saya kira emang itu bungkusnya....beh sekalian motifnya dari kue...

    Unik...jadi pengen nyicip..

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin