nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Tips Menjadi Content Creator Bagi Pemula

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai sahabat Milda semua, apa kabar. Sampai hari ini banyak sekali yang kalo bertemu saya menyampaikan keinginannya ingin menjadi conten creator, tapi ketika saya tanyakan kembali, banyak yang masih bingung menjawabnya. Misalnya saya bertanya, kamu akan menggunakan platform apa atau masih banyak yang belum bisa menjawab dengan tegas, akan menggunakan content seperti apakah. Masih banyak yang bingung mau memulai dari mana?


https://www.mildaini.com


Baiklah, saat ini suatu hobi atau malah untuk sebagaian besar orang content creator adalah suatu pekerjaan dan sumber penghasilan. Salah satunya, dia Ria Ricis, kenapa saya contohkan beliau sebab saat ini Youtube Ricis Official adalah salah satu channel yang tercepat pertambahan subscribernya se Asia. Ingat yah, se Asia, amazing banget kan. Hal ini semakin bertambah setelah beliau melangsungkan lamaran bersama Teuku Ryan. Belum nikah aja, gerbang rejeki udah datang yah.

Tapi, tahu kah kamu, Ricis mendapatkan itu semua tidaklah mudah. Saya pernah menonton sebuah acara reality show di salah satu stasiun TV yang menceritakan ia  baru menggunakan jasa orang lain itu saat subsribernya di atas 8 jt, sebelum itu ia mengerjakannya sendiri, bahkan ia rela menahan kantuk saat mengedit video. Saat itu ia berujar, jika ia tidur, maka ia akan menjemput mimpi dalam tidur, tapi kalo ia lanjut, makan ia akan mewujudkan mimpi jadi kenyataan.

Bahkan di vlog terbaru yang kalo nggak salah judulnya Bang Ryan disidang, di sana diceritakan kalo Ricis itu tidurnya jam 12 atau 1 pagi, dan tidur lagi setelah subuh, bangun lagi jam 10 an pagi. Artinya ia juga mengurangi waktu tidurnya demi impiannya. 

Oke, kita berhenti di sini ya buat bahas soal Ricis. 

Sekarang kita ke tiktok? Ada yang tahu siapa conten creator tiktok dengan folower terbanyak di dunia. Siapa sangka ya, kalo liat dari fisik, beliau mungkin tidak begitu menarik. Di video nya juga dia gak pernah ngomong, Cuma punya ciri khas kedua tangannya yang terbuka dan mengarahkan kita untuk melakukan atau melihat sesuatu. Tapi kenapa bisa satu postingan di tiktoknya orang rela membayar  1-2 Milyar sih. Kok bisa?

Yah, dia Khabane Lame, beliau awalnya main tiktok karena habis dipecat alias pengangguran. Lalu membuat konten-konten yang khas di tiktok. Siapa sangka konsistensi beliau membuat konten dengan ciri khas tersebut membuat orang banyak menyukainya dan menjadi pengikutnya. Saat ini tiktok menjadi sumber penghasilan bagi dia.

Kalo tiktoker Indonesia dengan follower terbanyak siapa? 

Yah, siapa lagi Ria Ricis juga, hehehe. Sebelum lamaran ia juga sudah dengan tiktok berfolower terbanyak di Indonesia, usai lamaran nambah banyak. 

Kalo untuk Selebgram, ada beberapa artis Indonesia dengan folower terbanyak ya, unrutan 1-5, Raffi Ahmad dan Nagita, Ayu Ting Ting, Prilly Latuconsina, Syahrini, Laudya Cynthia Bella.

Kalo soal penghasilan, jangan ditanya yah. Kalian bisa cari tahu sendiri berapa penghasilan mereka. Bisa dapat ujungnya aja penghasilan mereka. Sudah sangat lumayan yah, semisal 5-10 juta perbulan, benar gak sih!

Bagaimana dengan saya yang baru mau memulai

Saya yang mengakunya ingin juga menjadi content creator. Bagaimana dong, jangankan folower, mau bikin content di platform apa, masih bingung. Tapi pas lihat penghasilan content creator mau juga, hehehe. Tenang, semua masih berpeluang, kenapa tidak. Masih banyak platform yang bisa kamu gunakan 

Berikut ini saya bagikan beberapa tips dan triks mudah bagi pemula untuk menjadi Content Creator

KENALI POTENSI DIRI

https://www.mildaini.com


Kamu kenali potensi diri kamu, kamu bisanya atau bagusnya dibidang apa, ada banyak keahlian yang bisa difokuskan dan ditonjolkan. Misalnya, jago ngomong, publick speaking bagus, kamu bisa bikin video vlog. Apakah kamu jago bikin caption, pintar copywriting, pandai menulis, bikin animasi, bikin desain, review produk, foto, dll. Hal ini bisa kamu kenali dan terus kau fokuskan dan kembangkan menjadi potensi diri kamu. Untuk membantu menemukan potensi diri, kau juga bisa dibantu oleh orang lain, misalnya orang tua, sahabat, keluarga, guru dan para ahli


TENTUKAN PLATFORM YANG AKAN DIGUNAKAN

https://www.mildaini.com


Kalo sudah tau potensi diri, lalu kamu tentukan paltform apa yang akan digunakan. Ada banyak media sosial yang bisa kamu eksplore, misalnya Instagram, Tiktok, Youtube, Twitter, Snack Video , Blog dll. Nah, dari setiap paltform ini, ada ciri khas tersendiri dan yang menjadi daya tarik. Oleh karena itu kita juga harus paham mengenai hal ini. Misal, meski saat ini Instagram sudah mengeluarkan fitur reel untuk mengikat video. Namun daya tarik terkuat di Instagram masih di foto yang menarik dan bagus. Kalo tiktok video singkat yang di tiga detik pertama itu ada yang menarik dan unik, baru bisa fyp. Kalo youtube, durasi video minimal 3 menit. Oleh karena itu kamu harus punya stok video cukup buat diupload ke youtube. Kalo Blog, kekuatannya di tulisan dan foto pendukung.


PILIH TEMA YANG UNIK DAN MENARIK

https://www.mildaini.com


Ada baiknya setelah memilih platform, kamu tentukan tema apa yang akan menjadi ciri khas kamu. Kalo masih bingung, tidak perlu dipaksa di awal, tapi jalani aja dulu, nanti kalo kamu konsisten akan ketemu sendiri ciri khas kamu apa dan kamu bisa fokus di sana dan menjadikan itu tema content kamu. Ini intinya sih mulai aja dulu, tema bisa mengikuti, tapi bagi yang sudah bisa menentukan akan lebih baik. Lalu, apakah bisa tema berubah di tengah jalan. Yah, tidak apa-apa, silakan saja, sambil mencari pola dan ciri khas ya. Tidak masalah, namanya juga baru pemula yah.


TETAPKAN JADWAL POSTING YANG KONSISTEN

https://www.mildaini.com


Usahakan untuk mengisi media sosial dengan konten itu secara berkala atau konsisten. Bila perlu pasang jadwal yang tetap. Contoh Ricis Official itu tayang Youtube tiap jam 10 pagi, 3 dan 5 sore. Hal ini juga memudahkan buat penggemarnya menonton video terbarunya. Nah, kalo kita tidak perlu tiap hari, bisa jadi dua kali sepekan untuk youtube atau 3x sepekan untuk tiktok atau Instagram. Untuk Blog, bisa diposting 2 kali sepekan.Bisa kita atur dan diposting di jam prime time. Tapi usahakan konsisten dan jadikan semacam jam kerja rutin kita sehingga kita bisa menciptakan dan menyiapkan ide baru. 


TERUSLAH BELAJAR DAN ASAH POTENSI

https://www.mildaini.com


Dunia media sosial dan digital itu terus berkembang, oleh karena itu kita perlu banyak belajar dan mencari pengetahuan di seputar bidang yang ingin kita kuasai dan fokuskan. Belajar bisa dengan berbagai cara, nonton youtube, membaca artikel blog, ikutan webbinar, kelas online, workshop, IG Live, gabung komunitas dan lain sebagainya. 


KONSISTEN, TERUSLAH BERUSAHA DAN BERDOA

https://www.mildaini.com


Pepatah ini sangat populer bahkan banyak yang hapal. Tidak ada usaha yang mengkhianati hasil, Atau tidak ada usaha yang berhasil tanpa kerja keras. Jika kalian memulai dari sekarang, konsisten dan teruslah berusaha dan berdoa. Saya yakin kalian akan sukses pada suatu hari nanti daripada teman kalian yang belum memulai sama sekali.

Memang, dalam perjalanannya nanti akan juga banyak ditemukan hambatan, dengan bergabung dengan komunitas dengan minat yang sama tentu saja akan menjadi obat pemacu semangat. Bisa saling sharing dan bertukar pendapat. Mencari solusi dari masalah yang ada bersama-sama. 

Jadi, mau mulai dari sekarang jadi content creator atau kapan?


Baca Juga

Related Posts

25 comment

  1. Memang butuh proses untuk mengenali minat dan potensi diri yaaah
    Aku sih dulu berawal dari blog, sempet ragu mainan IG karena kurang bisa foto-foto, tapi akhirnya nyoba juga dan akhirnya suka review kdrama di IG. Twiter paling nyaman karena cuma modal bacot aja. Nah tiktok ini yang masih bingung nyari konsepnya hahaha

    BalasHapus
  2. Penghasilan para content seleb conten creator itu emang gak main-main. Selain Ricis, aku ingat Deddy Corbuzier yang bisa menghasilkan M2-an hanya dari Youtube doang. Emang sik dia terkenal lewat dunia artis, tapi tanpa usaha jadi content creator serius seperti sekarang, Deddy juga gak akan seberhasil itu. Jadi emang, yang tertarik menggeluti dunia content, sebaiknya emang terus belajar, mencoba, bekerja tanpa pernah menyerah

    BalasHapus
  3. Belajar khusus emang tetap diperlukan ya kalau kita mau serius menekuni dunia konten kreator..Cocock tipsnya dan kalau diterapkan insyaallah ya hasilnya tidak mengecwakan..

    BalasHapus
  4. Menjadi unik ini yang agak susah dan harus terus dicari. Karena banyak konten yang kemudian mirip-mirip. Tetapi, kalau punya keunikan memang suka lebih menarik

    BalasHapus
  5. Menentukan platform ini penting ya, krn aku sendiri juga ngrasa kyk IG Tiktok kurang pas buat aku dan merasa blog msh satu2nya platform yg aku suka mbak hehe
    Trus kudu konsisten posting ini jg penting, salut lho buat yag disiplin mantain sosmed dan konten2nya dgn baik apalagi bisa menghasilkan yaa

    BalasHapus
  6. Memulai aja dulu ya. Tipsnya emang memotivasi. Belajar sambil jalan. Yang saya suka bingung ini soal tema yang unik. Soalnya merasa gak punya keahlian, jadi kalau bikin konten tuh yg biasa aja jadinya, gak unik...

    BalasHapus
  7. Iya memang butuh kerja keras ya biar sukses jadi konten kreator di media apapun harus ada keunikan, tekun dan tentu saja berdoa semoga bisa lancar

    BalasHapus
  8. wah penting banget ini tipsnya mbak, aku juga pemula di dunia content creator. ternyata harus dimulai dari mengenali potensi diri dulu yaa. kalau sudah begitu baru kita bisa memutuskan akan melakukan kreativitas di platform apa dna membuat konten apa. Thanks sharingnya mbak

    BalasHapus
  9. Ahaaiii! Asyik bangettt dapat tip mantuuul dari Mba Milda.
    Ini kudu dipraktekin siapa aja.
    Kudu semangaattt dan terus upgrading diri yak

    BalasHapus
  10. Masih punya tiktok buat nonton tiktok orang lain doang. Gak pede aja gitu main tiktok. IG juga fotonya dibatasi gak bisa main posting aja. Mungkin karena saya modelnya gak nyaman kalau semua disetting public ya. Hahaa gak bakat jd content creator deh.

    BalasHapus
  11. Konsisten tuh kadang masih jadi kesulitan saat awal memulai mba. Apalagi mau hasilnya instan. Makasih tipsnya mba. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  12. Apapun platform dan kontennya, konsistensi adalah kunci untuk sukses sebagai content creator ya, Mbak. PR banget nih buat saya sebagai bloger yang bikin konten kalau mood doang. Gimana mau menjangkau audiens yang lebih banyak.

    BalasHapus
  13. MasyaAllah tipsnya banyak dan ndaging semua Mamm. Aku juga sedang belajar pelan-pelan menerapkan nih meski kurang konsisten

    BalasHapus
  14. Tujuan dan isi konten itu yang paling utama menurutku sih, karena selain "content is a king" tapi jangan lupa juga kita selalu upgrade skill dan paham akan perkembangan digital yang ada.

    BalasHapus
  15. Waah...salut dengan para konten creator.
    Kalau seperti artis Indonesia, mereka sanggup bayar tim yang memikirkan konsep dan lain-lainnya. Semoga dengan ketekunan dan kesungguhan, menjadi content creator bisa dimulai dari sekarang.

    BalasHapus
  16. benar banget tips ini
    jadi konten kreator harus atur strategi juga ya mbak
    biar sukses, nggak asal asalan gitu

    BalasHapus
  17. Nah yang di bagian konsistensi itu yang luar biasa perjuangannya mba. kadang kan di awal udah semangat tuh, di tengah jalan jadi angin-anginan hehehe..

    BalasHapus
  18. Dunia konten kreator ini memang menjanjikan ya. Asal serius dan punya ciri khas kayaknya bisa cepat dikenal

    BalasHapus
  19. Sekarang penghasilan konten kreator emang tinggi sampai diincer petugas pajak hahaha. Tapi memang harus kreatif agar kontennya menarik buat ditonton dan bernilai edukasi juga ya mak

    BalasHapus
  20. Wah keren nih tipsnya. Bisa nih diterapkan untuk yang kepengen jadi konten kreator. Huhu, aku masih jelek di konsistensi nih mak. Jadinya sering macet :(

    BalasHapus
  21. Kenali Potensi Diri
    Pastinya sesuatu yang sangat dinantikan content creator ketika karya sudah membooming
    Untuk itu perlu belajar dan konsisten pastinya

    BalasHapus
  22. Bener ini cm sering kepentok konsistensi. Ssuuussyyaaahhhhh..apalagi emak2 yg banyak urusan domestik

    BalasHapus
  23. Jadi content creator emang modalnya konsisten dan enggak males.. Aku nih, kadang rajin dan kadang males... Dan emang ya harus fokus di platform apa. Jujur, eksis di semua platform itu capek...

    BalasHapus
  24. Keren ini ilmunya. Platform media sosial sekarang tuh banyak banget, ya. Kadang aku bingung mau pakai yang mana aja. Dan satu lagi pe-er besar buatku, konsisten posting. Haduh! Haduh! Padahal penting ya ini.

    BalasHapus
  25. Kenali potensi dan pilih platform yang sesuai. Setuju banget. Jadi semangat bikin konten tulisan setelah baca postingan ini.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin