nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Tips Menjadi Content Creator Bagi Pemula

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai sahabat Milda semua, apa kabar. Sampai hari ini banyak sekali yang kalo bertemu saya menyampaikan keinginannya ingin menjadi conten creator, tapi ketika saya tanyakan kembali, banyak yang masih bingung menjawabnya. Misalnya saya bertanya, kamu akan menggunakan platform apa atau masih banyak yang belum bisa menjawab dengan tegas, akan menggunakan content seperti apakah. Masih banyak yang bingung mau memulai dari mana?


https://www.mildaini.com


Baiklah, saat ini suatu hobi atau malah untuk sebagaian besar orang content creator adalah suatu pekerjaan dan sumber penghasilan. Salah satunya, dia Ria Ricis, kenapa saya contohkan beliau sebab saat ini Youtube Ricis Official adalah salah satu channel yang tercepat pertambahan subscribernya se Asia. Ingat yah, se Asia, amazing banget kan. Hal ini semakin bertambah setelah beliau melangsungkan lamaran bersama Teuku Ryan. Belum nikah aja, gerbang rejeki udah datang yah.

Tapi, tahu kah kamu, Ricis mendapatkan itu semua tidaklah mudah. Saya pernah menonton sebuah acara reality show di salah satu stasiun TV yang menceritakan ia  baru menggunakan jasa orang lain itu saat subsribernya di atas 8 jt, sebelum itu ia mengerjakannya sendiri, bahkan ia rela menahan kantuk saat mengedit video. Saat itu ia berujar, jika ia tidur, maka ia akan menjemput mimpi dalam tidur, tapi kalo ia lanjut, makan ia akan mewujudkan mimpi jadi kenyataan.

Bahkan di vlog terbaru yang kalo nggak salah judulnya Bang Ryan disidang, di sana diceritakan kalo Ricis itu tidurnya jam 12 atau 1 pagi, dan tidur lagi setelah subuh, bangun lagi jam 10 an pagi. Artinya ia juga mengurangi waktu tidurnya demi impiannya. 

Oke, kita berhenti di sini ya buat bahas soal Ricis. 

Sekarang kita ke tiktok? Ada yang tahu siapa conten creator tiktok dengan folower terbanyak di dunia. Siapa sangka ya, kalo liat dari fisik, beliau mungkin tidak begitu menarik. Di video nya juga dia gak pernah ngomong, Cuma punya ciri khas kedua tangannya yang terbuka dan mengarahkan kita untuk melakukan atau melihat sesuatu. Tapi kenapa bisa satu postingan di tiktoknya orang rela membayar  1-2 Milyar sih. Kok bisa?

Yah, dia Khabane Lame, beliau awalnya main tiktok karena habis dipecat alias pengangguran. Lalu membuat konten-konten yang khas di tiktok. Siapa sangka konsistensi beliau membuat konten dengan ciri khas tersebut membuat orang banyak menyukainya dan menjadi pengikutnya. Saat ini tiktok menjadi sumber penghasilan bagi dia.

Kalo tiktoker Indonesia dengan follower terbanyak siapa? 

Yah, siapa lagi Ria Ricis juga, hehehe. Sebelum lamaran ia juga sudah dengan tiktok berfolower terbanyak di Indonesia, usai lamaran nambah banyak. 

Kalo untuk Selebgram, ada beberapa artis Indonesia dengan folower terbanyak ya, unrutan 1-5, Raffi Ahmad dan Nagita, Ayu Ting Ting, Prilly Latuconsina, Syahrini, Laudya Cynthia Bella.

Kalo soal penghasilan, jangan ditanya yah. Kalian bisa cari tahu sendiri berapa penghasilan mereka. Bisa dapat ujungnya aja penghasilan mereka. Sudah sangat lumayan yah, semisal 5-10 juta perbulan, benar gak sih!

Bagaimana dengan saya yang baru mau memulai

Saya yang mengakunya ingin juga menjadi content creator. Bagaimana dong, jangankan folower, mau bikin content di platform apa, masih bingung. Tapi pas lihat penghasilan content creator mau juga, hehehe. Tenang, semua masih berpeluang, kenapa tidak. Masih banyak platform yang bisa kamu gunakan 

Berikut ini saya bagikan beberapa tips dan triks mudah bagi pemula untuk menjadi Content Creator

KENALI POTENSI DIRI

https://www.mildaini.com


Kamu kenali potensi diri kamu, kamu bisanya atau bagusnya dibidang apa, ada banyak keahlian yang bisa difokuskan dan ditonjolkan. Misalnya, jago ngomong, publick speaking bagus, kamu bisa bikin video vlog. Apakah kamu jago bikin caption, pintar copywriting, pandai menulis, bikin animasi, bikin desain, review produk, foto, dll. Hal ini bisa kamu kenali dan terus kau fokuskan dan kembangkan menjadi potensi diri kamu. Untuk membantu menemukan potensi diri, kau juga bisa dibantu oleh orang lain, misalnya orang tua, sahabat, keluarga, guru dan para ahli


TENTUKAN PLATFORM YANG AKAN DIGUNAKAN

https://www.mildaini.com


Kalo sudah tau potensi diri, lalu kamu tentukan paltform apa yang akan digunakan. Ada banyak media sosial yang bisa kamu eksplore, misalnya Instagram, Tiktok, Youtube, Twitter, Snack Video , Blog dll. Nah, dari setiap paltform ini, ada ciri khas tersendiri dan yang menjadi daya tarik. Oleh karena itu kita juga harus paham mengenai hal ini. Misal, meski saat ini Instagram sudah mengeluarkan fitur reel untuk mengikat video. Namun daya tarik terkuat di Instagram masih di foto yang menarik dan bagus. Kalo tiktok video singkat yang di tiga detik pertama itu ada yang menarik dan unik, baru bisa fyp. Kalo youtube, durasi video minimal 3 menit. Oleh karena itu kamu harus punya stok video cukup buat diupload ke youtube. Kalo Blog, kekuatannya di tulisan dan foto pendukung.


PILIH TEMA YANG UNIK DAN MENARIK

https://www.mildaini.com


Ada baiknya setelah memilih platform, kamu tentukan tema apa yang akan menjadi ciri khas kamu. Kalo masih bingung, tidak perlu dipaksa di awal, tapi jalani aja dulu, nanti kalo kamu konsisten akan ketemu sendiri ciri khas kamu apa dan kamu bisa fokus di sana dan menjadikan itu tema content kamu. Ini intinya sih mulai aja dulu, tema bisa mengikuti, tapi bagi yang sudah bisa menentukan akan lebih baik. Lalu, apakah bisa tema berubah di tengah jalan. Yah, tidak apa-apa, silakan saja, sambil mencari pola dan ciri khas ya. Tidak masalah, namanya juga baru pemula yah.


TETAPKAN JADWAL POSTING YANG KONSISTEN

https://www.mildaini.com


Usahakan untuk mengisi media sosial dengan konten itu secara berkala atau konsisten. Bila perlu pasang jadwal yang tetap. Contoh Ricis Official itu tayang Youtube tiap jam 10 pagi, 3 dan 5 sore. Hal ini juga memudahkan buat penggemarnya menonton video terbarunya. Nah, kalo kita tidak perlu tiap hari, bisa jadi dua kali sepekan untuk youtube atau 3x sepekan untuk tiktok atau Instagram. Untuk Blog, bisa diposting 2 kali sepekan.Bisa kita atur dan diposting di jam prime time. Tapi usahakan konsisten dan jadikan semacam jam kerja rutin kita sehingga kita bisa menciptakan dan menyiapkan ide baru. 


TERUSLAH BELAJAR DAN ASAH POTENSI

https://www.mildaini.com


Dunia media sosial dan digital itu terus berkembang, oleh karena itu kita perlu banyak belajar dan mencari pengetahuan di seputar bidang yang ingin kita kuasai dan fokuskan. Belajar bisa dengan berbagai cara, nonton youtube, membaca artikel blog, ikutan webbinar, kelas online, workshop, IG Live, gabung komunitas dan lain sebagainya. 


KONSISTEN, TERUSLAH BERUSAHA DAN BERDOA

https://www.mildaini.com


Pepatah ini sangat populer bahkan banyak yang hapal. Tidak ada usaha yang mengkhianati hasil, Atau tidak ada usaha yang berhasil tanpa kerja keras. Jika kalian memulai dari sekarang, konsisten dan teruslah berusaha dan berdoa. Saya yakin kalian akan sukses pada suatu hari nanti daripada teman kalian yang belum memulai sama sekali.

Memang, dalam perjalanannya nanti akan juga banyak ditemukan hambatan, dengan bergabung dengan komunitas dengan minat yang sama tentu saja akan menjadi obat pemacu semangat. Bisa saling sharing dan bertukar pendapat. Mencari solusi dari masalah yang ada bersama-sama. 

Jadi, mau mulai dari sekarang jadi content creator atau kapan?


Baca Juga

Related Posts

0 comment

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin