nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Tutorial Cara Mendapatkan Karya NFT Art

Assalammualaikum.Wr.Wb

NFT (Non-Fungible Token) merupakan token yang tidak dapat dipertukarkan. Hal tersebut membuktikan bahwa NFT Art memiliki sifat unik. Sebagai perbandingan, aset yang dapat dipertukarkan adalah sesuatu yang dapat dengan mudah ditukarkan seperti uang. Selembar uang 100 ribu dapat ditukar dengan dua lembar 50 ribuan. Jadi, NFT Art bersifat unik karena tidak dapat dengan mudah ditukarkan seperti uang.

Dengan keunikan yang ditawarkan, tentu banyak orang yang mulai tertarik dan mencari cara mendapatkan karya NFT Art. Untuk mengetahui secara detail, simak sampai akhir artikel ini, ya!

https://www.mildaini.com


Mengenal NFT dan Keuntungannya

Hampir sama dengan cryptocurrency, NFT juga dibuat dengan jenis pemrograman yang sama dengan mata uang digital tersebut melalui teknologi blockchain. Semacam buku besar di dunia digital yang digunakan untuk merekam dan melindungi data digital. Tentu hal ini menjadi salah satu keuntungan para NFT Art untuk menjaga keaslian karya. 

Jika cryptocurrency dapat ditukar satu sama lain bahkan dipersamakan dengan uang, maka tidak dengan NFT. Masing-masing karya NFT memiliki tanda tangan digital sehingga tidak dapat dipertukarkan. Bahkan meski sama-sama NFT, tidak dapat ditukarkan antara NFT satu dengan lainnya.

Berbicara mengenai NFT Art, sebenarnya aset digital satu ini sudah ada sejak tahun 2014. Namun, mulai naik daun pada awal tahun 2021. Hal itu disebabkan oleh berbagai keuntungan yang bisa dinikmati karena keunikannya.  


Beberapa keuntungan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Merupakan aset digital sehingga tidak memakan ruang
  2. Bersifat unik sehingga tidak dapat diduplikasi
  3. Dapat dijadikan investasi jangka panjang

Baru naik daun pada tahun 2021, NFT Art masih bertahan malah pasar NFT semakin ramai. Tidak tanggung-tanggung, merk populer hingga selebriti besar memanfaatkan momen ini untuk merilis aset NFT mereka. Bahkan Jack Dorsey menjual tweet pertamanya dalam bentuk NFT sebesar $2.9 Miliar yang kemudian ia sumbangkan ke yayasan Africa Fund.


Cara Mendapatkan NFT Art

Cara mendapatkan NFT Art tentu saja dengan dengan membelinya. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli karya NFT Art, ada empat hal yang harus Anda perhatikan yakni sebagai berikut. 

  1. Tempat Anda ingin membeli karya NFT Art
  2. Dompet yang digunakan pada platform untuk transaksi karya NFT Art
  3. Mata uang digital yang dipergunakan dalam transaksi jual beli NFT Art
  4. Waktu penjualan karya NFT Art, misalnya art drop atau paket

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari informasi platform dari karya NFT Art yang ingin Anda beli. Kedua, siapkan dompet digital sesuai yang tersedia pada platform penjual karya NFT Art. Ketiga, sediakan mata uang digital sesuai dari platform penjual karya NFT Art seperti Ether. Setiap platform menerapkan mata uang digital berbeda-beda. Anda harus memperhatikan sedetail mungkin agar tidak salah menyediakan mata uang digitalnya.


Langkah keempat adalah gabungkan atau isikan mata uang digital yang telah Anda siapkan ke dalam dompet digital Anda. Setelah itu, mulailah Anda cari karya NFT Art yang hendak Anda beli. 

Beberapa platform yang menjual karya NFT Art dan populer pada tahun 2021 adalah sebagai berikut.

  • OpenSea
  • TokoScape
  • Rarible
  • Dasar
  • Gerbang Nifty
  • Axie Marketplace
  • ShowRoom NFT
  • VIV3
  • Toko RotiSwap

Dari semua daftar ini, Tokoscape menjadi salah satu NFT marketplace terbaik yang bisa Anda pilih. Di marketplace ini, Anda bisa mendapatkan NFT dengan mudah dan cepat. Pastikan Anda meriset semua platform tersebut secara cermat untuk memudahkan Anda ketika bertransaksi. 

Selain itu, verifikasi pembuat listingan NFT setiap platform berbeda. Ada yang tidak memerlukan verifikasi listingan seperti OpenSea dan Rarible, ada yang memakai verifikasi agar perlindungan karya lebih ketat.

Itulah cara mendapatkan karya NFT art yang mudah. Semoga dengan informasi ini, Anda yang tertarik mendapatkan NFT art bisa menjadikan informasi ini sebagai referensi ya! 


Baca Juga

Related Posts

0 comment

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin