nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Suzuki Satria 2 Tak Motor Legendaris Dari Suzuki Untuk Indonesia

Assalammualaikum.Wr.Wb

Tidak bisa dipungkiri jika Suzuki Satria 2 tak adalah salah satu motor terbaik Indonesia

Dimana sejak pertama kali dirilis pada tahun 1997, Suzuki Satria hadir sebagai salah satu motor bebek sport dengan penggunaan mesin 2 tak 120cc.

Kala itu, Spesifikasi mesin yang diusung oleh Suzuki Satria 2 tak menjadi yang diatas rata-rata dibandingkan motor bebek lainnya di tahun tersebut.

Bahkan kualitas dari Suzuki Satria 2 tak tidak perlu diragukan lagi, karena berhasil menjadi salah satu motor bebek buatan Suzuki yang paling melegenda serta berhasil merajai pasar Indonesia saat itu mengalahkan dua motor bebek lainnya dari kompetitor.


httpsL//www.mildaini.com


DNA dari motor sport memang sudah hadir sejak kemunculan awal-awal dari Satria 2 tak. Dimana Satria 120 memiliki desain yang menarik dan mesin tegak serta penggunaan suspensi monosok.

Kala itu kompetitor masih menggunakan model dual shock, sementara Suzuki berani membuat Satria 2 Tak dengan suspensi tunggal.

Sasis dari Satria 2 tak ini juga dikenal dengan nama SCAF atau Suzuki Computerized Analized Frame yang berhasil memberi jaminan terhadap kestabilan dari motor di semua kecepatan.

Hal ini adalah salah satu inovasi yang berhasil menggebrak pasal kala itu jauh sebelum produk sebelah menggunakan rangka deltabox.


Suzuki Satria 2 Tak Motor Legendaris Dari Suzuki Untuk Indonesia

Tentu saja kita tahu jika Satria 2 tak ini terlahir dari keluarga RG atau lebih tepatnya jika kita sebut sebagai versi pembesaran dari kapasitas mesin RG Sport 110 yang dirilis di malaysia

Suzuki Indonesia sendiri berhasil melakukan upgrade mesin dan juga beberapa komponen lainnya seperti diameter dan juga silinder. Diameter dari motor ini memiliki lubang venturi karburator sehingga bisa menghasilkan rasio kompresi serta power maksimum.

Saat ini keberadaan dari Suzuki Satria 2 tak memang sangat langka, bahkan karena kelangkaan dari Suzuki Satria 2 tak membuat harganya menjadi melambung tinggi mencapai angka 2 digit.

Varian pertama dari Suzuki Satria 2 tak ini disebut dengan nama Satria 120S yang menggunakan kopling semi otomatis serta penggunaan transmisi manual 5 percepatan. Mesin 2 tak yang digunakan oleh Satria 120S ini bisa menghasilkan tenaga maksimal mencapai 13Hp. Fitur pertama yang digunakan oleh motor ini adalah penggunaan suspensi monosok dan juga rangka sasis SCAF Suzuki Computerized Analized Frame.

Di tahun 1998, Suzuki sepertinya menangkap respon kurang puas dari para konsumen setia mereka.

hal ini karena banyak pengendara yang merasa jika tarikan awal dari Satria 120S dirasa kurang begitu responsif, oleh sebab itu di tahun 1998 Suzuki langsung memperbaikinya dengan merilis Satria 120R.

Dari desain memang tidak ditemukan perbedaan dibandingkan Satria 120 S. namun sebagai pembeda, maka Suzuki Satria 120 R dijuluki sebagai sepeda motor lumba-lumba.


https://www.mildaini.com


Untuk pembaruan dari mesin sendiri 120 R menggunakan sistem transmisi manual 6 percepatan dan juga melepas sistem starter elektrik untuk menyalakan mesin motor.

Sistem rotasi dari sepeda motor juga mendapatkan perubahan dimana awalnya menggunakan transmisi rotasi diganti dengan model sport yakni gigi 1 ke depan serta gigi 2 hingga gigi 6 ke belakang.

Untuk membuat tarikan awal motor menjadi lebih responsif, Suzuki menggunakan kopling manual pada Satria 120R.

Selanjutnya, Suzuki kembali memberikan upgrade terhadap Satria 2 Tak bebek di tahun 2000 dengan menambahkan double disc brake yang bisa menghasilkan cengkraman menjadi semakin sempurna serta varian livery movistar yang menggunakan velg casting wheel.

Dengan ubahan tersebut membuat Suzuki 2 Tak lumba-lumba menjadi semakin ganteng dan juga sporty.

Sayangnya varian motor ini harus discontinue di tahun 2003 akibat peraturan pemerintah yang mulai melarang produksi motor 2 tak dalam negeri.

Sebagai penggantinya, Suzuki kemudian mendatangkan Satria Ru 120 atau dikenal hingga sekarang sebagai motor Satria Hiu.

Satria HIu sendiri memiliki kemampuan lari yang lebih kencang dan bobot yang ringan namun tetap menggunakan mesin yang bertenaga.


Baca Juga

Related Posts

0 comment

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin