nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Tiga Jenis Terung yang Enak dimasak


Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai apakabar semuanya, semoga selalu sehat ya dan selalu waspada baik untuk diri sendiri, keluarga dan orang lain. Mari kita tetap menjaga dan menjalankan protokol kesehatan dengan tertib dan disiplin.

Salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat dan vitalitas tubuh tetap stabil selama pandemi ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, baik, halal dan diolah dengan cara yang benar. Tidak menggunakan zat atau bahan makanan yang berbahaya.

Banyak orang, terganggu asupan gizinya akibat selera makan yang sedang tidak OK. Banyak penyebab, mengapa selera makan seseorang sedang menurun. Atau sering dikenal juga dengan istilah tidak mood makan atau tidak selera makan.

terung


Well, kalo itu masalahnya. Nah, coba teman-teman makan menu masakan yang berbahan terung. Bahan makanan sejenis buah tapi tergolong sayuran ini sangat mudah kita jumpai dijual di warung sayur, tukang sayur dan di pasar. Harganya juga relatif terjangkau.

Sebelum, memulai masak aneka olahan terung untuk menambah selera makan. Ada baiknya kita kenali dulu secara lugas, tanpa bahasa ilmiah, hehehe. Beberapa jenis terung yang biasa dimasak, yang enak dimakan.

Awas, jangan membayangkan sedang makan olahan terung yah, dilarang sebelum membaca sampai selesai postingan ini. Ada waktunya dong, buat sekedar berkhayal apalagi melamunkan makanan.

3 Jenis Terung yang Biasa dimasak

1 .Terung Minyak Bulat

Terung ini dikenal dengan nama terung minyak, ini karena permukaan terungnya ada seperti minyaknya. Coba aja cek pelan-pelan. Pasti bisa kita temukan adanya minyak di permukaan terungnya. Namun, ada sebagian juga yang menyebutnya sebagai terung bulat saja. Terung ini memang enak diolah menjadi menu makanan apa saja. 

Misalnya dijadikan sabal, direbus untuk lalapan untuk terung ukuran kecil, dimasak bening, dimasak gulai santan. Semuanya enak, apalagi kalo dicampur dengan bahan makanan lainnya. Seperti ikan, daging, dan lain sebagainya

Jenis terung

2 .Terung Ungu Panjang

Untuk terung ungu ini ada juga yang bulat dengan ukuran kecil. Namun terung ungu kecil tersebut,lebih sering orang makan sebagai lalapan, jarang digunakan atau diolah sebagai menu makanan utama. Nama terung ungu, diambil dari warnanya yang ungu. Gampang sekali ya, memberi nama, Namun nama terung ungu memang lebih populer dan dikenali. 

Bahkan orang yang tidak suka makan terung pun tahu. Terung ungu ini enak dibuat sambal, dibakar, dijadikan rendang. Saking enaknya terung ungu, diolah , dimasak jadi apa aja tetaplah enak. Bahkan ada yang membuatnya menjadi manisan terung. Nilai harga terung menjadi lebih sedikit mahal ketika sudah diolah menjadi manisan terung.

jenis-jenis terung

3. Terung Hijau Panjang

Terung ini warnanya hijau lebih muda dari terung bulat. Ukurannya juga panjang, namun tidak sebesar terung ungu. Samahalnya dengan terung secara umum. Terung ini juga enak dibuat sambal, ditumis, digulai santan. Rasanya juga mirip. Hanya saja bentuknya yang sedikit berbeda. Dari kedua jenis terung di atas. Bentuk dan desain terung hijau panjang ini lebih menarik, di bagian badannya ada semacam bagian putih-putih. 

Membuat terung ini juga cantik jika dijadikan garnish atau pajangan. Terung jenis ini juga agak begitu jarang ditemukan di pasaran. Berbeda dengan terung bulat hijau atau ungu, sangat gampang ditemukan.

jenis-jenis terung

Kandungan Gizi Terung

Satu porsi terong yang memiliki berat sekitar 82 gram memiliki kandungan nutrisi yang terdiri dari 20 kalori, 5 gram kalori, 3 gram serat, dan 1 gram protein. Tak hanya itu saja, terong juga kaya akan mangan, folat, kalium, vitamin C dan K, serta sejumlah kecil niasin, magnesium, dan dan tembaga.

Bukan hanya daging buahnya, kulit terong yang berwarna ungu juga mengandung pigmen antosianin yang merupakan jenis antioksidan. Mengonsumsi terong setiap hari tentu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita.

Nah, setelah mengetahu jenis-jenis terung yang biasa dimasak dan kandungan zat baiknya, Apakah teman mau segera masak olahan terung dan makan! Yah, jangan menunggu lagi. Mari kita masak makanan yang bisa menggugah selera makan. Jangan lupa dibagikan ya, hasil masakanmu di kolom komentar.

Kalo kamu, suka terung yang mana atau malah nggak suka terung?

Selamat Menikmati Olahan Terung
Baca Juga

Related Posts

24 comment

  1. tetap terung ungu juaranya mak.. hahaha aku paling suka terung balado, wah itu mah gak pernah salah deh, lezatnya mantap bisa ngabisin stok nasi juga

    BalasHapus
  2. Di tempatku ada juga terong kayak yang ungu tapi warnanya hijau.. Suka banget sama sayur ini apalagi kalau disantap bareng sambel rujak petis.. terongnya cukup dikukus aja atau dibakar..

    BalasHapus
  3. Saya ga terlalu suka terung, tapi kalo ada kadang ya dimakan aja atau digoreng tepung untuk yang terung ungu itu. Sementara itu terung hijau panjang ga pernah saya temukan didaerah saya nih

    BalasHapus
  4. Wah baru tau saya kalau terong lalap bisa dijadikan gulai terong. Saya seringnya langsun dilalap, makan pakai sambal.. duh enak banget. Jadi mau coba deh gulai terong.

    BalasHapus
  5. Paling suka terung yang warna ungu mba. Rasanya maniiiiss... enak dibikin apa saja. Biasanya kubakar sebentar aja di atas wajan, terus dimakan pake sambel. Mantappp... bisa ngabisin nasi sebakul deh, apalagi kalau ada tempe dan tahu gorengnya juga.

    BalasHapus
  6. Sukaaaakk masakan berbahan dasar terong.
    Biasanya masak lodeh.
    Atau sesimpel lodeh goreng bentar, trus bikin sambal maknyosss

    lezaaattt!

    BalasHapus
  7. Favoritku tetep terong ungu panjang. Digoreng, dibakar trus dikasih kuah santan beuuh. Dicocol pake sambel, enak banget buat makan lah. Nggak pake lauk yg lain pun udah kenyang nih.

    BalasHapus
  8. Aku paling suka terung ungu. Dimasak sambal balado atau dimasak semur terong. Amboi, nikmat nian, wuenak tenan, bikin ketagihan asli.. :)

    BalasHapus
  9. Baru masak yang terung ungu saja. Kalau terung bulat pernah lihat tapi diolah jadi apa ya? Cara masak ketiga terong ini sama saja kah?

    BalasHapus
  10. Aku lumayan suka terung. Tapi kalau lihat menu lokal berasa terung tuh cuma dimasak gitu-gitu aja jadi gampang bosen. Klau lihat aca di luar negeri mereka masak terungnya inovatif, sayang bumbu western food rada menguras kantong, hehehe

    BalasHapus
  11. Mbak, aku pernah baca, katanya pria kalau kebanyakan makan terung, khususnya terung ungu, nanti anunya jadi lemes wkwkw. Apa iya? Aku kadang mikir itu hoax, tapi kok sering ketemu orang-orang yang mengiyakan hal tersebut :D

    Kalau di rumahku sih, terung ungu biasanya dibakar, dimakan dengan sambal. Kalau terung hijau bulatnya buat dilalap.

    BalasHapus
  12. Aku penggemar terung balado.
    Rasanya rindu kalau makan terung sama warung tegal yang menyajikan aneka makanan sambal-sambalan.
    Ternyata jenis terung pun banyak.

    BalasHapus
  13. Ya ampun, aku ga ngeh kalo terung itu ada 3 macam! Hadeeeh kamana wae ya aku ini!
    Untuk favorit aku suka yang ungu dibalado, kalo yang kecil itu dilalap, atau kadang diuleg pake sambal dadak

    BalasHapus
  14. ini favorit banget terung bulat biasanya suka dipakai buat lalapan di resto sunda. kalau terung ungu enaknya dimasak jadi oseng atau bikin sambal terong aku kak

    BalasHapus
  15. aku suka terung mbak milda. Tapi dari semua jenis terung ini aku sukanya terung ungu. Mungkin krn saat kecil cuma kenal terung ungu, jd terbawa sampai besar. Uda coba yg bulet maupun hijau panjang, tapi teteap lebih suka yg ungu.

    BalasHapus
  16. Kalau orang sunda mah, terong bulat dijadikan lalapan mbak. Dimakan pakai sambal terasi, duh nikmat banget, ikannya ikan teri asin, nasinya pulen, makan di tepi sawah. nikmat banget hehe

    BalasHapus
  17. Papa mpo suka makan terung ijo minyak. Kalau orang jakarta bilang itu terong lalapan. Enak makan sama sambel. Tekstur garing

    BalasHapus
  18. Saya cuma tahu terung ungu panjang padahal ada 3 macam jenis terungyang bisa dijadikan sayuran ya.

    BalasHapus
  19. terung bulat itu sukanya aku lalap pakai sambal terasi mantab mak, apalagi lauk ikan asin. KAlau yang ungu panjang biasa aku balado ..uenaaak banget deh. Kalau yang hijau panjang biasa aku sayur lodeh aja

    BalasHapus
  20. Jujur mba saya pecinta terung hahahha, jd ketiga jenis terung di atas udah kucoba semua, kalau ini ada di dapur aku makan lahap wkwkw

    BalasHapus
  21. favoritku sih terung ungu mbak
    klo g dibuat balado ya dibuat penyetan gitu
    enak banget
    klo yg bulet hijau biasanya buat masak lodeh

    BalasHapus
  22. yang sering aku terong ungu itu mak yang biasanya dimakan
    trus ditumis ya enak juga mak ama cocol sambel
    klo terung lainnya belum kayaknya nyobaa

    BalasHapus
  23. Terung bulat aku sering lihat buat lalap. Kalau terung ungu sering kumasak menu balado. Nah Terung kecil panjang hijau itu aku belum pernah lihat palagi makan. Jadi penasaran dengan rasanya

    BalasHapus
  24. Biasanya saya masuk terung ungu balado. Kalau terung lainnya suka dimakan bareng sambal. Mentahan aja kadang dicocok sambal.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin