nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Tiga Jenis Terung yang Enak dimasak

Tiga Jenis Terung yang Enak dimasak

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai apakabar semuanya, semoga selalu sehat ya dan selalu waspada baik untuk diri sendiri, keluarga dan orang lain. Mari kita tetap menjaga dan menjalankan protokol kesehatan dengan tertib dan disiplin.

Salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat dan vitalitas tubuh tetap stabil selama pandemi ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, baik, halal dan diolah dengan cara yang benar. Tidak menggunakan zat atau bahan makanan yang berbahaya.

Banyak orang, terganggu asupan gizinya akibat selera makan yang sedang tidak OK. Banyak penyebab, mengapa selera makan seseorang sedang menurun. Atau sering dikenal juga dengan istilah tidak mood makan atau tidak selera makan.

terung

Well, kalo itu masalahnya. Nah, coba teman-teman makan menu masakan yang berbahan terung. Bahan makanan sejenis buah tapi tergolong sayuran ini sangat mudah kita jumpai dijual di warung sayur, tukang sayur dan di pasar. Harganya juga relatif terjangkau.

Sebelum, memulai masak aneka olahan terung untuk menambah selera makan. Ada baiknya kita kenali dulu secara lugas, tanpa bahasa ilmiah, hehehe. Beberapa jenis terung yang biasa dimasak, yang enak dimakan.

Awas, jangan membayangkan sedang makan olahan terung yah, dilarang sebelum membaca sampai selesai postingan ini. Ada waktunya dong, buat sekedar berkhayal apalagi melamunkan makanan.

3 Jenis Terung yang Biasa dimasak

1 .Terung Minyak Bulat

Terung ini dikenal dengan nama terung minyak, ini karena permukaan terungnya ada seperti minyaknya. Coba aja cek pelan-pelan. Pasti bisa kita temukan adanya minyak di permukaan terungnya. Namun, ada sebagian juga yang menyebutnya sebagai terung bulat saja. Terung ini memang enak diolah menjadi menu makanan apa saja. 

Misalnya dijadikan sabal, direbus untuk lalapan untuk terung ukuran kecil, dimasak bening, dimasak gulai santan. Semuanya enak, apalagi kalo dicampur dengan bahan makanan lainnya. Seperti ikan, daging, dan lain sebagainya


2 .Terung Ungu Panjang

Untuk terung ungu ini ada juga yang bulat dengan ukuran kecil. Namun terung ungu kecil tersebut. Lebih sering orang makan sebagai lalapan, jarang digunakan atau diolah sebagai menu makanan. Nama terung ungu, diambil dari warnanya yang ungu. Gampang sekali ya, memberi nama, Namunnama terung ungu memang lebih populer dan dikenali. 

Bahkan orang yang tidak suka makan terung pun tahu. Terung ungu ini enak dibuat sambal, dibakar, dijadikan rendang. Saking enaknya terung ungu, diolah , dimasak jadi apa aja tetaplah enak. Bahkan ada yang membuatnya menjadi manisan terung. Nilai harga terung menjadi lebih sedikit mahal ketika sudah diolah menjadi manisan terung.


3. Terung Hijau Panjang

Terung ini warnanya hijau lebih muda dari terung bulat. Ukurannya juga panjang, namun tidak sebesar terung ungu. Samahalnya dengan terung secara umum. Terung ini juga enak dibuat sambal, ditumis, digulai santan. Rasanya juga mirip. Hanya saja bentuknya yang sedikit berbeda. Dari kedua jenis terung di atas. Bentuk dan desain terung hijau panjang ini lebih menarik, di bagian badannya ada semacam bagian putih-putih. 

Membuat terung ini juga cantik jika dijadikan garnish atau pajangan. Terung jenis ini juga agak begitu jarang ditemukan di pasaran. Berbeda dengan terung bulat hijau atau ungu, sangat gapang ditemukan.


Kandungan Gizi Terung

Satu porsi terong yang memiliki berat sekitar 82 gram memiliki kandungan nutrisi yang terdiri dari 20 kalori, 5 gram kalori, 3 gram serat, dan 1 gram protein. Tak hanya itu saja, terong juga kaya akan mangan, folat, kalium, vitamin C dan K, serta sejumlah kecil niasin, magnesium, dan dan tembaga.

Bukan hanya daging buahnya, kulit terong yang berwarna ungu juga mengandung pigmen antosianin yang merupakan jenis antioksidan. Mengonsumsi terong setiap hari tentu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita.

Nah, setelah mengetahu jenis-jenis terung yang biasa dimasak dan kandungan zat baiknya, Apakah teman mau segera masak olahan terung dan makan! Yah, jangan menunggu lagi. Mari kita masak makanan yang bisa menggugah selera makan. Jangan lupa dibagikan ya, hasil masakanmu di kolom komentar.

Selamat Menikmati Olahan Terung

Related Posts

0 komentar

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin