Menu

Senin, 06 Januari 2020

/
Assalammualaikum.Wr.Wb

www.mildaini.com_Liburan Asik Dengan Keluarga Menggunakan Bus.Awal tahun 2020 ini, kami sekeluarga memutuskan untuk liburan kembali ke Jakarta seperti tahun lalu. Bedanya tahun ini kami akan fokus mengajak anak mencoba wahana bermain di Dunia Fantasi atau Dufan. Kalo tahun lalu kami berwisata mengunjungi berbagai bangunan bersejarah. Seperti berwisata ke Kota Tua, mengunjungi masjid Kubah , Monas dan lain sebagainya.

Sesaat sebelum kami berangkat dengan bus, dokpri

Satu hal yang juga berbeda, tahun ini kami akan mengajak anak untuk mencoba perjalanan darat dengan menggunakan bus. Pulangnya nanti baru naik pesawat lagi.

Kali ini kami ingin memberikan pengalaman kepada anak-anak saat naik bus, waktu menyeberang dan saat berada di kapal penyeberangan. Tentu saja hal ini akan menjadi sebuah pengalaman yang berkesan bagi mereka.

Ketiga putri kami sepakat dan mau mengikuti rencana yang sudah kami buat tersebut. Selain ingin memberikan pengalaman tersebut. Kami juga ingin lebih cepat sampai di lokasi tujuan. Kebetulan liburan kali ini, kami ingin berkunjung ke salah satu saudara saya yang berada di Serang, Banten. Apalagi lokasi sekolah yang akan kami tuju juga berada di Serang. Jadi sudah bulat keputusannya liburan dengan menggunakan bus dan berhenti di stasiun Merak lalu lanjut ke Serang.

Dengan bus, liburan juga asik
Berikut adalah tiga hal yang kami lakukan saat merencanakan untuk liburan dengan menggunakan bus. Perjalanan yang akan kami tempuh dari Bengkulu menuju Jakarta.

1. Menentukan Bus yang Akan digunakan

Selain mencari informasi mengenai ketersedian jadwal berangkat, harga , kondisi bus. Ada hal lain yang juga mengenai jalur atau rute perjalanan yang akan dilalui. Kebetulan untuk bus jurusan Bengkulu – Jakarta itu ada dua rute. Yaitu bisa via Bengkulu-Lubuk Linggau-Jakarta atau rute Bengkulu-Liwa-Jakarta. Hal ini perlu kita ketahui sebelum berangkat.

Dengan mengetahui rute perjalanan akan membantu kita untuk mempersiapkan persiapan yang lebih baik. Sebab setiap rute itu ada plus dan minusnya juga. Kebetulan kami sudah mengalaminya semua. Tentu saja kami ingin memberikan pengalaman yang terbaik, nyaman dan tentu saja nyaman apalagi buat anak-anak.

2. Mempersiapkan Perlengkapan dan Peralatan yang akan dibawa

Perjalanan dengan bus tentu saja sangat berbeda dengan alat transportasi lainnya. Jadi butuh persiapan yang matang, smart memilih barang-barang yang akan dibawa. Termasuk tempatnya. Apakah barang tersebut akan masuk bagasi bus atau akan ikut naik ke dalam bus, diletakan di atas loker tempat kita duduk. Akan repot jika perlengkapan makan dan pakaian anak diletakan di bagasi bus. Oleh karena itu harus dipisahkan dan ditempatkan di tempat yang pas. 

Kondisi Bua yang kian nyaman dan aman. Dokpri

3. Persiapan di Perjalanan

Membawa anak-anak tentu butuh perhatian dan kondisi waspada. Jangan sampai kita tertidur padahal anak belum tidur. Kita juga harus menjaga anak dengan baik agar tidak masuk angin, demam dan muntah di dalam perjalanan. Upayakan agar anak tetap enjoy di dalam perjalanan dan tidak bosan. Sebab perjalanan dengan bus akan lebih lama. Boleh juga membawa buku, permainan digital atau apa saja untuk anak agar anak tidak merasa bosan di dalam perjalanan.

Termasuk mempersiapkan kondisi anak saat naik kapal penyeberangan, sebaiknya pilihlah teman yang aman dan nyaman untuk beristirahat selama penyeberangan di kapal. Ada banyak tempat yang bisa kita gunakan atau sewa

Untuk kondisi bus saat ini sudah banyak yang bagus, nyaman dan aman jadi kita tinggal memilih sesuai dengan dana yang kita punya. Desain bus, kursinya juga keren dan rapi. Belum lagi fasilitas yang makin lengkap, bukan Cuma toilet, bantal dan selimut. Namun, ada juga fasilitas free Wifi, Charging, Ac yang sehat dan lain sebagainya.

Oleh karena itu saat ini banyak keluarga, sekolahan, kantor, komunitas dan lain sebagainya yang bepergian menggunakan bus. Mereka jauh-jauh hari sudah merencanakan untuk sewa bus pariwisata untuk berlibur ke destinasi yang dituju. 

Apalagi untuk proses sewa bus pariwisata tersebut juga bisa dilakukan secara online. Kita tinggal mencari informasi di internet lalu order juga  secara online. Sama halnya dengan produk dan jasa lainnya. Sewa bus pariwisata juga ada promo-promo, diskon atau potongan harga. 

Keseruan liburan di Dufan

Pengalaman Kami Liburan Dengan Bus

Jadi kami berangkat dari Bengkulu menuju Jakarta melalui rute Liwa. Kami pesan 4 kursi. Untuk dedek Nasya karena baru tiga tahun, dia belum kami belikan tiketnya. Jadi duduknya masih nebeng sama saya atau suami.

Sesuai rencana, setelah kapal merapat ke Merak. Kami berhenti di salah satu rumah makan di dekat pelabuhan Merak. Kami menunggu jemputan saudara saya yang berada di Serang. Setelah urusan di Serang selesai baru kami lanjutkan perjalanan ke Jakarta sampai akhirnya kami pulang ke Bengkulu kembali.

Untuk persiapan semua yang sudah saya sampaikan di atas, kami lakukan dan terapkan dengan baik. Hasilnya anak-anak tetap enjoy liburan meski menggunakan bus.  

1 komentar:

Waaah seru juga mak, liburan dengan bus. Anak gadisku pernah minta naik bus karena bum pernah naik bus

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.