nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Melengkapi Kebutuhan Serat Anak yang Tidak Doyan Makan Sayuran


Assalammualaikum.Wr.Wb

www.mildaini.com_ Melengkapi Kebutuhan Serat Anak yang Tidak Doyan Makan Sayuran. Anak ketiga saya, Athifah ( 5,9 bulan) jarang sekali makan berbagai jenis sayuran. Bahkan bisa saya katakan dia tidak doyan sayuran, sangat berbeda dengan kakaknya, yang doyan makan sayuran.

Seperti anak lainnya, Athifah sangat suka dengan olahan makanan kekinian dan ngak jauh-jauh yang ada ayamnya. Meski untuk olahan ayam tersebut, hanya sesekali saja dia makan makanan fast food.  Lebih seringnya makan olahan ayam tradisional. Seperti ayam bakar, ayam goreng ,ayam kecap, ayam gulai, sop ayam dan lain sebagainya.

Moga dengan minum yogurt kebutuhan serat Athifah bisa terpenuhi. foto, dokpri

Kadang saya juga memaksa Athifah untuk lebih sering makan sayuran, dengan berbagai cara. Pada awalnya saya mencoba memberikan berbagai jenis sayuran , hampir setiap hari saya masak sayur dengan berbagai olahan menu. Akan tetapi Athifah hanya menyukai jenis sayuran tertentu, seperti bayam, kangkung, tetapi jika keesokan harinya saya masak kembali sayuran tersebut. Athifah tidak menyukainya lagi. Bosan, katanya. Jadi saya masak sayur bayam atau kangkung hanya 1-2 kali di hari yang berbeda, dalam satu pekan.

Lalu saat menyuapi Athifah makan, saya sering kali memasukan potongan sayuran kecil ke dalam nasinya. Namun kadang, Athifah tahu dan mengeluarkan kembali dari mulutnya. Kalo ada ayam atau ikan, pasti hanya sayurannya disisihkan.Tidak disentuh sama sekali.

Untuk buah-buahan, alhamdulillah Athifah sangat menyukai berbagai jenis buah-buahan. Apalagi yang rasanya manis dan banyak airnya.Tentu saja, akan Athifah habiskan, kalo disuruh makan buah.

Usaha Saya Agar Anak Cukup Serat

Tapi Moms, saya adalah seorang ibu yang tidak mati gaya untuk terus membantu Athifah dalam memenuhi kebutuhan  seratnya setiap hari. Sebab konsumsi serat itu penting untuk kesehatan anak. Ada banyak olahan serat yang bisa diberikan kepada anak, yang tidak harus berbentuk sayuran. Jadi saya memilih olahan makanan lainnya untuk memenuhi kebutuhan serat anak setiap hari, seperti minum susu, yought, dan lain sebagainya yang disukai oleh anak-anak.

Oleh karena itu, saya akan melakukan bayak hal, asupan gizi yang masuk ke tubuh Athifah setiap hari sesuai dengan pedoman gizi seimbang bagi anak. Moms , pasti tahu bahwa  kandungan serat dalam sayuran dan buah  akan membuat pencernaan sehat, tidak hanya itu, vitamin di dalamnya juga akan membantu pertumbuhan anak.

Athifah suka rasa Mangga, foto dokpri

Kebutuhan Serat Pada Anak

Anak-anak sama halnya dengan orang dewasa, juga membutuhkan serat untuk tumbuh dan berkembang. 

Inilah jumlah kebutuhan serat perhari sesuai dengan usia:

Bayi 6-11 bulan    10 gram per hari
Anak 1-3 tahun    16 gram per hari
Anak 4-6 tahun    22 gram per hari

Kebutuhan serat dan sayuran tersebut, dapat diperoleh dengan mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari.“Manfaat serat banyak sekali terutama untuk anak usia balita. Di antaranya, serat dapat memperlancar saluran pencernaan dan meningkatkan sistem imunitas tubuh,” dr. Herbowo Soetomenggolo, Sp.A.

Anak yang kurang Serat Akan Mengalami

Anak yang kurang serat akan mengalami berbagai gangguan, bukan cuma soal pencernaan dan proses BAB yang tidak lancar. Namun kekurangan serat dapat membuat anak 1) Gampang kembung dan sembeli, 2) Sering Merasa Lapar Padahal Selesai Makan, 3) Mudah Lelah dan Tidak Bersemangat, 4.) Daya Tahan Tubuh Menurun, 5) Anak Mudah Gemuk

Solusi Melengkapi Kebutuhan Serat Pada Anak

Dirilis oleh Republika.co.id, Marketing Director Heavenly Blush, Ivone Aryanti, mengatakan Heavenly Blush memberikan solusi bagi permasalahan tersebut dengan Heavenly Blush Yo! 

Yogurt For Kids. Ini adalah satu-satunya minuman yogurt untuk anak-anak yang mengandung serat buah dan sayur. Dibuat tanpa bahan pengawet dan bahan pewarna, sehingga ibu tidak perlu khawatir lagi memenuhi kebutuhan anak akan sayur.

“Yogurt ini memiliki manfaat dan keunggulan, yaitu mengandung nutrisi lengkap susu, bakteri baik, buah dan sayur, mengandung manfaat nutrisi dari satu buah dan satu sayur, tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan serta kaya akan serat sayur buah. Varian yogurt ini ada banana berri brokoli dan mango carrot,” jelasnya.

Saya pun tertarik untuk memberikan yogurt untuk Athifah, apalagi kemasan yogurt Heavenly Blush ini sangat lucu, sehingga Athifah menyukainya. Gambarnya yang lucu membuat Athifah tertarik untuk meminumnya. Rasanya enak dan ngak bikin eneg. 

3 dari 4 pilihan rasa, semuanya kombinasi sayur dan buah, foto dokpri
Mengenal Heavenly Blush Yo! Yogurt For Kids

Jadi produk yogurt dari Heavenly Blush Yo! For Kids adalah yogurt yang terbuat susu sapi yang difermentasi oleh Bakteri Asam Laktat ( BAL ) : Streptococcus Thermophilus & Lactobacillus Bulgarius. Memang diformulasikan khusus sebagai yogurt anak, baik dari segi kemasan dan rasanya, memang disukai oleh anak-anak.

Yogurt ini tinggi serat (High Fiber) dari buah dan sayuran dengan rasa yang enak. Kaya akan nutrisi susu yang baik untuk pertumbuhan. Tanpa bahan pengawet, pewarna dan perasa buatan sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari. Solusi terbaik untuk orang tua yang ingin menambahkan kebutuhan serat sayur dan buah pada anak.
Yoghurt banyak mengandung beberapa vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh di antaranya vitamin BI, Vitamin B2, asam amino penyusun protein, kalsium, fosfor, protein lemak, karbohidrat, zat besi, retinol dan thiamine.  


Yoghurt berkhasiat untuk mencegah osteoporosis, mencegah kanker usus, menurunkan kolesterol, mencegah hipertensi dan mencegah penyakit jantung koroner.

Manfaat Yogurt :

•    Membuat BAB Teratur
•    Mencegah kanker usus
•    Meningkatkan imunitas
•    Membantu menurunkan berat badan dan membakar lemak
•    Menurunkan kolesterol
•    menurunkan tekanan darah tinggi
•    Mencegah jantung koroner
•    Mencegah Osteoporosis
•    Menetralisir antibiotik
•    Mencegah keputihan pada wanita
•    Menghilangkan napas tidak sedap

Oh, ya Moms, bisa memberikan yogurt dalam berbagai variasi yah, selain diminum secara langsung. Bisa juga digunakan untuk campuran minuman yang disukai oleh anak. Misalnya aneka jus, salad, sop buah, ice cream dan lain sebagainya. 

Variasi menu atau olahan yogurt ini penting dilakukan ya Moms, supaya anak tidak bosan. Sebab, bagi Athifah atau anak lainnya yang tidak doyan makan sayuran. Tentu salahs atu solusinya adalah dengan minum yogurt untuk kebutuhan seratnya. Jika anak sudah tidak menyukai minum yogurt, lalu Moms, kita akan melakukan apa lagi yah. 

Kalo Athifah, menyukani minum yogurt secara langsung, tapi dia lebih memilih yogurt yang ada rasanya. Seperti Yo! Yogurt For Kids ini. Ada beberapa pilihan rasa, kombinasi buah dan sayuran, sehingga sekali minum. Nutrisi serat dan buah dan sayuran bisa terpenuhi. Yo! Yogurt For Kids ini bisa dibeli di berbagai supermarket ya Moms.Dengan harga kisaran Rp. 6.000 - Rp.9.000,- Kadang harga turun kalo sedang ada promo atau diskon.

Alhamdulillah, sudah halal.. dokpri
Moms, tak perlu kuatir Yo! Yogurt For Kids ini sudah mendapatkan sertfikat halal MUI, jadi aman dikonsumsi dengan nyaman.

Oleh karena itu, Moms jangan pernah putus asa ya untuk selalu berupaya untuk memberikan anak asupan gizi yang terbaik. Termasuk memenuhi kebutuhan serat buah dan sayuran. Jika pencernaan anak sehat, maka tumbuh kembang anak juga berjalan sesuai dengan tahapan usianya.

Salam, Milda Ini  
Baca Juga

Related Posts

1 comment

  1. aku suka produk keluaran dari Heavenly ini, rasanya juga pas. Minuman yogurt ini cocok juga ya buat anak kecil.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin