Menu

Selasa, 12 Maret 2019

/
Assalammualaikum.Wr.Wb

www.mildaini.com_Macam-macam Tepung Roti.Banyak camilan sekarang yang dijual orang-orang dengan menggunakan tepung Roti. Sebut saja Rosiles, Nugget, Pisang Crispy, Tahu Crispy, Pisang Pasir,  Sosis Gulung dan banyak lagi jenis camilan lainnya. Saya juga sering makannya. Kalo sempat saya bikin sendiri , tapi lebih sering beli. Yang menjualnya banyak. Harganya juga beragam. Terjangkau sekali di kantong.

Banyak orang menggunakan tepung roti atau tepung panir  sebagai lapisan gorengan supaya renyah. Rasa olahan makanan yang menggunakan tepung roti atau tepung panir ini akan berbeda. Begitu juga dengan penampilannya, saat disajikan.


Tepung roti atau tepung panir tterbuat dari roti kering yang digiling hingga halus atau berukuran lebih kecil. Karena terbuat dari roti, tepung panir dan tepung roti biasanya memiliki warna putih hingga abu kekuningan. Tapi ada juga yang diberi warna tambahan seperti oranye dan hijau agar hasil gorengan lebih menarik.

Akan tetapi, meski tepung roti dan tepung panir itu terlihat mirip. Namun keduanya sangat berbeda.

Perbedaan Tepung Roti dan Tepung Panir adalah, 

1. Tepung Roti

Tepung roti terbuat dari roti segar tanpa kulit yang dikeringkan dan digiling menjadi butiran kecil seperti remah. Tepung roti mempunyai tekstur yang lebih kasar dan butirannya lebih besar dari tepung panir dengan warna yang cenderung putih. 

Tepung roti mudah dibeli di pasaran dalam berbagai macam kemasan. Tepung ini biasanya digunakan untuk membuat nugget, tempura ikan dan seafood. Ada juga panko, sejenis tepung roti yang sering digunakan untuk tempura karena menghasilkan lapisan yang lebih bertekstur besar dan renyah daripada tepung roti biasa.

2. Tepung Panir

Sama dengan tepung roti, bahan dasar tepung panir juga terbuat dari roti yang dikeringkan. Tapi roti yang digunakan untuk membuat tepung panir adalah roti dengan kulit pinggiran yang digiling menjadi butiran yang lebih kecil daripada tepung roti. 

Terlihat jelas ya, perbedaan keduanya. Jadi jangan lagi salah sebut nama yah. Nah, untuk tepung roti sendiri memilki beberapa macam bentuk

Jenis-jenis Tepung Roti (Breadcrumb)

Tepung roti pada beberapa jenis yang berbeda tekstur dan warnanya sehingga beda pula kegunaanya.Tepung roti banyak dijual dipasaran, tetapi membuatsendiri juga cukup mudah karena umumnya terbuat dari roti tawar yg dikeringkan.

1.    Tepung Roti Putih Basah

Biasanya digunakan untuk campuran isian ayam atau daging gulung, mengentalkan adonan puding, cake atau saus yg bercita rasa manis. Cara membuatnya, sobek-sobek roti tawar kemudian dikeringkan. Setelah itu dihaluskan. Setelah halus, segera diolah atau digunakan.

2.    Tepung Roti Putih Kering

Kalo tepung ini, biasanya digunakan utk membalut ikan, ayam, daging atau sayuran sebelum digoreng. Jadi kebalikannya yah, ada yang digunakan setelah matang, kalo ini sebelumnya. Cara membuatnya, jemur roti tawar yang tanpa kulit di bawah sinar matahari langsung. Atau bisa juga dengan menggunakan oven dengan suhu 120° hingga kering. Tetapi tidak boleh sampai gosong atau warna berubah coklat. Tepung roti putih kering ini, bisa disimpan dalam wadah kedap udara selama satu bulan penggunaan.




3.    Tepung Roti Coklat Kering

Tepung roti jenis ini, biasanya digunakan untuk taburan masakan panggang atau goreng. Seperti Risoles, Kroket. Cara membuatnya sama seperti membuat tepung roti putih kering. Di jemur di bawah sinar matahari langsung atau dipansakan dengan oven suhu di atas 120 derajat, dipanggang hingga roti berwarna sampai kecoklatan. Setelah itu baru dihaluskan dan siap digunakan.

4.    Tepung Panko
 
Sebenarnya tepung ini hampir sama denga tepung roti biasa, hanya saja tekstur tepungnya lebih kasar atau lebih besar-besar dari tepung roti yang biasanya kita temukan. Tepung ini disebut juga dengan nama tepung Jepang atau tepung Planko. Disebut tepung Jepang, karena tepung ini sering digunakan untuk membuat dan membalur berbagai jenis makanan Jepang. Seperti Katsu atau Tempura. 

Itulah berbagai jenis tepung rori yang biasa digunakan oleh para penjual camilan untuk membuat aneka camilan yang enak, gurih, menarik dan tentu saja disukai oleh banyak orang. 



Makin bagus kualitas tepung roti yang digunakan, tentu saja akan berpengaruh pada rasa camilannya. Oleh karena itu untuk mendapatkan kualitas tepung roti yang baik. Kamu bisa juga order di toko bahan kue secara online. Misalnya di berbagai toko online dan offline. Di berbagai marketplace juga banyak yang menjualkan.

Ada juga banyak promo bahan kue lainnya yang bisa kamu beli. Bukan cuma tepung, tapi ada juga aneka cokelat, keju, mentega wisman dan lain sebagainya. Pembelian secara online ini, akan mempermudah dan kegiatan belanja jadi lebih praktis, hemat waktu dan tenaga juga.
6 comments

I think this is one of the so much vital info for me. And i am happy reading your article.

However should statement on few common things, The website taste is ideal, the articles is in reality
excellent : D. Just right task, cheers

Reply

Wah ternyata banyak juga ya macam-macam tepung rotinya.

Reply

Wah kalau ada situs jual beli online yang jualan macam-macam bahan membuat kue kan jadi enak ya kak

Reply

Wah bermanfaat sekali nih artikelnya. Aku jadi pingin buat kue juga nih

Reply

Ternyata itu perbedaannya tepung roti sama tepung panir ya

Reply

Ku kira tepung roti itu cuma 1 ternyata banyak banget ya macamnya tepung roti itu

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.