Menu

Sabtu, 02 Maret 2019

/
Assalammualaikum.Wr.Wb

www.mildaini.com_ Bahan-bahan Untuk Campuran Minuman Jus. Hampir tiga hulan ini, berat badan saya seperti balon yang sedang ditiup. Setiap hari , bahkan saya merasanya setiap jam, tubuh saya tumbuh ke samping. Hal ini membuat banyak pakaian yang biasa saya gunakan terlihat longgar. Sebab saya memang suka baju longgar. Terlihat mulai ngepas di badan saya.

Untungnya saya memang suka baju yang longgar jadi ketika badan mulai tumbuh, saya tidak harus mengganti semua pakaian saya. Akibat tidak muat. Tapi sejujurnya, memang ada beberapa pakaian yang memang saya ganti karena sudah tidak nyaman lagi untuk digunakan. Apalagi jika akan digunakan atau dibawa ke luar rumah. Saya kuatir, donat-donat manaj akan muncul ke permukaan, pengen dimakan. (Baca , saya malu jika hal ini terlihat oleh orang lain)


Selain itu, hal yang membuat saya ingin segera mengurangi badan, adalah gerakan saya yang mulai melambat. Meski memang aktivitas saya juga banyak duduknya. Terutama saat sedang menulis dan menyelesaikan berbagai naskah deadline. Oleh karena itu saya lebih sering malas gerak (mager).

Hal yang juga saya keluhkan adalah, mulai terasa nyeri saat kebanyakan duduk, meski ini katanya bukan hanya disebabkan oleh bobot badan. Bisa jadi karena ada gejala penyakit. Seperti asam urat.

Namun, kita harus yakin, bahwa banyak berdatangan berbagai jenis penyakit itu salah satunya masuk lewat makanan yang tidak sehat. Oleh karena itu hubungan ingin mengurangi nafsu makan, menurunkan berat badan agar lebih terlihat sehat adalah sebuah tujuan yang sangat jelas. 

Mau Minum Jus atau Smoothie 

Sebelum kita membahas, mau memilih minum apa. Sebelunya kita belajar dulu, cari tahu dulu dengan menambah wawasan mengenai apa itu minuman jus atau smoothie.Minuman jus atau smoothie merupakan hasil olahan dari buah dan sayuran yang telah dihancurkan dengan menggunakan suatu alat tertentu. Meski bentuk kedua jenis minuman ini  sekilas hampir sama, namun sebenarmya sangatlah berbeda. 



Namun masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan tersebut. Di Indonesia, istilah smoothie belum sepopuler jus.  Lebih banyak orang yang mengenal jus daripada smoothie. Jus mulai terkenal pada awal tahun 1990 dan menjadi semakin populer karena minuman segar ini bisa ditemukan dan dibeli di warung pinggir jalan, cafe, hingga restoran besar. 

Harganya yang sangat terjangkau dan rasanya yang enak, membuat minuman jus sangat digemari oleh siapa saja dari anak-anak, orang dewasa, bahkan orang tua.  Pembuatannya pun sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah.

Sebenarnya  jus adalah cairan murni yang dihasilkan dari proses pemerasan buah/ sayur. Untuk menghasilkan sari buah atau sayuran tersebut kita dapat menggunakan alat yang disebut juice extractor atau juicer. Juicer memiliki fungsi yang hampir sama dengan juice extractor hanya saja mesin di dalamnya cenderung lebih kecil dari segi kekuatan untuk menghancurkan bahan buah atau pun sayuran. Dengan alat ini secara otomatis ampas dari buah atau sayuran akan terpisah, yang tersisa hanya saripati atau cairan  murni dari buah atau sayuran saja. 


Sedangkan smoothie adalah bubur buah/sayur. Penghancuran buah atau sayurannya menggunakan alat yang disebut blender. Nah, minuman jenis ini yang biasa kita sebut dengan jus, padahal sebenarnya adalah minuman smoothie. Pada smoothie tidak hanya terdapat cairan murni tetapi bagian dari buah atau sayur masih ada, namun bentuknya sudah halus dan lembut. Artinya, bahan buah atau sayuran dimasukkan ke dalam blender hingga halus. Ciri-ciri minuman smoothie dapat dilihat dari  tekstur kental, creamy, dan membuat perut kenyang.

Bahan Campuran Jus atau Smoothie  yang Bermanfaat

Untuk mengurangi rasa tidak enak pada jus, kita bisa menambahkan beberapa bahan campuran jus. Gunakan campuran jus yang berkhasiat dan dapat memperbaiki rasa.

Beberapa campuran jus  atau smoothie yang bermanfaat adalah sebagai berikut.

Susu

Susu merupakan sumber protein. Anda bisa menggunakan susu yang berasal dari hewan seperti sapi atau kambing atau susu nabati yang berasal dari kedelai. Susu kedelai sangat baik digunakan untuk meningkatkan efisiensi insulin demi mencegah kegemukan. Sedangkan susu kambing berkhasiat untuk meningkatkan pertumbuhan bayi dan anak-anak, membantu menjaga keseimbangan metabolisme, mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, membantu pembentukan sel darah merah dan jaringan tubuh. Selain itu kandungan mineral di dalam susu kambing juga dapat memperlambat osteoporosis.

Madu

Untuk campuran jus, pilihlah madu murni. Madu murni adalah cairan nektar bunga yang dihisap oleh lebah madu ke dalam kantong madu di dalam tubuhnya. Madu murni merupakan sumber gizi yang paling lengkap. Madu murni mengandung beberapa vitamin, mineral, protein, zat hidrat arang, hormon, antibiotik dan trace element. 

Madu murni juga mengandung enzim aktif yang tidak dapat diproduksi oleh manusia. Madu mempunyai khasiat yang baik bagi kesehatan, diantaranya dapat meningkatkan stamina, vitalitas dan energi, dapat menyembuhkan luka baru dan luka bakar, menyembuhkan sakit pada persendian, mencegah demam, menghangatkan badan, mengobati sariawan, mengeringkan jerawat, mengobati batuk, menghaluskan kulit, mencegah insonmia, serta baik untuk pertumbuhan bayi

Jeruk Lemon

Air perasan lemon menambah cita rasa jus menjadi  agak asam serta memberi aroma dan rasa yang segar. Jeruk banyak mengandung vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk mencegah penuaan dini.

Teh Hijau

Teh hijau sangat baik dijadikan bahan campuran jus karena banyak sekali manfaat yang terkandung pada teh hijau. Teh hijau mengandung senyawa kimia berupa catechin polyphenol, sejenis antioksidan yang bermanfaat sebagai zat anti kanker. Selain itu catechin polyphenol juga diketahui sangat efektif menurunkan kadar LDL dan memperbaiki sifat pembekuan darah yang tidak normal. Selain itu teh hijau juga bermanfaat untuk mencegah dan menurunkan kadar tekanan darah, mencegah timbulnya alergi, menghilngkan stress, kelelahan dan keletihan. Juga bermanfaat bagi kesehatan gigi dan gusi. 

Yoghurt

Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui proses fermentasi bakteri. Yoghurt mempunyai rasa agak asam. Ada dua jenis yogurt di pasaran yoghurt tawar dan yoghurt siap santap. Yoghurt banyak mengandung beberapa vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh diantaranya vitamin BI, Vitamin B2, asam amino penyusun protein, kalsium, fosfor, protein lemak, karbohidrat, zat besi, retinol dan thiamine.  Yoghurt berkhasiat untuk mencegah osteoporosis, mencegah kanker usus, menurunkan kolesterol, mencegah hipertensi dan mencegah penyakit jantung koroner. 

Yoghurt yang dijual di pasaran banyak macamnya. Yang berwarna putih dan rasanya murni asam disebut yoghurt polos atau yoghurt dasar (plain yoghurt). Yoghurt jenis ini paling pas dicampurkan ke dalam masakan dan kue karena cita rasanya netral. Sering digunakan untuk menggantikan krim atau krim asam. Guna mengurangi rasa asam pada yoghurt polos, sebelum disantap yoghurt bisa dibubuhi madu atau sirup. 

Bisa juga diblender  atau di juicer bersama buah yang rasanya manis, seperti mangga arumanis atau anggur. Selain yoghurt polos, tersedia pula yoghurt aneka rasa yang sudah siap santap. Yoghurt jenis ini telah dibubuhi pemanis, esens, dan bahan penstabil. Kadang juga ditambahi bahan pengental agar teksturnya lebih padat. Contoh yoghurt siap santap antara lain yoghurt buah (fruit yoghurt), yoghurt minuman, es yoghurt. Yoghurt jenis ini juga sangat cocok jika digunakan untuk bahan tambahan untuk membuat minuman jus atau smoothie.


Kefir

Kefir adalah sejenis yoghurt namun merupakan hasil fermentasi dari susu. Rasanya asam dan bentuknya agak kental. Kefir dibuat dari biji kefir yang mengandung banteri streptococo dan lactobacilli. Sebagai susu fermentasi, kefir bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya menurunkan kolesterol, membantu penderita lactose intolerance untuk mendapatkan manfaat gizi dari susu, sebagai zat antikanker, hingga menekan bakteri jahat dalam proses pencernaan. 

Oh, ya buat kamu yang pngen mengetahui nutrisi yang sehat untuk ibu hamil dan menyusui sesuai dengan golongan darah, bisa membeli buka saya yang berjudul Nutrisi Pintar Untuk Ibu Hamil dan Menyusui Golongan darah. 


Buku ini ada empat seri sesuai dengan golongan darah manusia, yaitu golongan darah A,B,AB dan O. Toko ini bisa dibeli di seluruh toko buku yang ada di sekitar kita. Selain itubisa juga didapatkan dalam versi E-book.

Oh, ya harga bukunya Rp. 38.000,- diterbitkan oleh Penerbit BIP

Jika ingin membeli bukunya, bisa menghubungi saya juga di kontak berikut ini

WA 082177993000
Instagram @mildaini.bkl
1 komentar:

Kalau saya sih lebih suka kalau dicampur sama susu hehehe lebih nikmat :D

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.