Menu

Jumat, 01 Maret 2019

/
Assalammualaikum.Wr.wb
www.mildaini.com_Siang itu, udara di kota Bengkulu, lumayan hangat, jadi memicu rasa lapar. Ini sebenarnya  teori yang agak salah. Mungkin lebih tepat menimbulkan rasa haus akibat cuaca panas. Tapi, tidak dengan kami semua pada hari itu. Kami lapar yaak!

Jadi beberapa hari ke depan, dua orang dari teman kami di kantor, akan melakukan perjalanan dinas ke luar kota. Nah, imej yang berkembang di semua kalangan , kalo yang namanya dinas luar, otomatis akan mendapatkan penghasilan tambahan selain jalan-jalan. Anggap saja akan mendapatkan uang saku. Betul apa betul anggapan seperti itu. Saya pun beranggapan demikian. Soalnya, terbukti ama suami. Tapi meski uang tersebut, tidak selalu bisa dibawa pulang sebab pasti habis buat beli oleh-oleh.


Nah,entah berawal dari siapa, akhirnya mereka berdua yang akan berangkat kena ‘jatah’ dulu oleh kami semua. Akhirnya, diputuskan untuk merayakan dan ikut merasakan kebahagian teman yang berangkat dinas luar. Kami, makan siang di Dapur Flamboyan.

Alamat Dapur Flamboyan

Jalan Flamboyan Raya No 27 Bengkulu.Kamu bisa juga liatin Instagramnya ya ketik saja #DapurFlamboyan

Pokoknya asal udah di jalan Flamboyan, Skip, udah deh pasti ketemu. Lokasinya sebelah kanan sebelum lapangan eh taman yang di tengah jalan itu yah. Saya garansi ga bakal nyasar kok.

Seputar Perjalanan Dinas Luar

Perjalanan dinas adalah perjalanan ke luar tempat kedudukan yang jaraknya sekurang-kurang 5 KM dari batas kota.Yang dilakukan untuk kepentingan perusahaan, dapat dilaksanakan dengan menggunakan kendaraan sendiri maupun kendaraan pribadi yang biayanya di tanggung oleh perusahaan yang menugaskan.

Perjalanan dinas adalah perjalanan yang dilakukan oleh seorang karyawan atau pegawai suatu lembaga atau perusahaan yang berkaitan dengan tugas pekerjaan kedinasan.Menurut Drs.Ignatius Wursanto (2006:209)

Tata Cara Pelaksanaan Perjalanan Dinas

       Ada 3 cara yang dapat dilakukan untuk mengurus dan mempersiapkan segala sesuatu yang berkenaan dengan pelaksanaan perjalanan dinas ;

1.  In House Trevelling Departement (Divisi Perjalanan)ialah suatu divisi/bagian perusahaan yang khusus menangani perjalanan bisnis pada suatu perusahaan dan bertanggung jawab mulai dari persiapan dokumen, mengurus keuangan/pembiayaan selama perjalanan bisnis dan mengurus tiket dan hotel di bawa pimpinan akan menginap.

2.  Biro Perjalanan
ialah sebagian besar perusahaan menggunakan jasa biro perjalanan untuk mempersiapkan perjalanan untuk  mempersiapkan perjalanan bisnis pimpinan karena lebih praktis dan tidak merepotkan perusahaan.

3.  Administrasi Kantor

Apabila pimpinan meminta administrasi kantor sendiri yang mempersiapkan perjalanan bisnisnya, maka administrasi kantor harus segera mepersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan perjalanan bisnis pimpinannya.

Jenis-jenis Perjalanan Dinas Dalam Negeri

Perjadin Dalam Negeri merupakan perjalanan dinas dari Tempat Kedudukan ke tempat yang dituju dan kembali ke Tempat Kedudukan semula. Dalam Perjadin Dalam Negeri termasuk pula perjalanan yang dilakukan dalam hal:

1.    detasering (pengumandahan) di luar Tempat Kedudukan;
2.    ditugaskan untuk menempuh ujian dinas/ujian jabatan yang diadakan di luar Tempat Kedudukan;
3.    diharuskan menghadap Majelis Penguji Kesehatan Pegawai Negeri atau menghadap seorang dokter penguji kesehatan yang ditunjuk yang berada di luar Tempat Kedudukan, untuk mendapatkan surat keterangan dokter tentang kesehatannya guna kepentingan jabatan;
4.    untuk mendapatkan pengobatan di luar Tempat Kedudukan berdasarkan keputusan Majelis Penguji Kesehatan Pegawai Negeri;
5.    harus memperoleh pengobatan di luar Tempat Kedudukan berdasarkan surat keterangan dokter karena mendapat cedera pada waktu/karena melakukan tugas;
6.    ditugaskan mengikuti pendidikan dinas di luar Tempat Kedudukan;
7.    menjemput/mengantarkan ke tempat pemakaman jenazah pejabat negara/pegawai negeri yang meninggal dunia dalam melakukan perjalanan dinas;
8.    menjemput/mengantarkan ke tempat pemakaman jenazah pejabat negara/pegawai negeri yang meninggal dunia dari Tempat Kedudukan yang terakhir ke kota tempat pemakaman.

STOP BICARA PERJALANAN DINAS, perut sudah lapar.


Oke, kita sudah tiba di Dapur Flamboyan, ada banyak pilihan menu. Sudah cek ricek menu dan menyesuaikan dengan selera, akhirnya yang dipesan adalah

1.    Nasi Bakar Cumi Asin
2.    Ayam Goreng
3.    Lele Goreng
4.    Bebek Goreng

Untuk minumannya, saya pribadi ngak pesan minum. Sebab saya lihat pada nasi paketan, udah cukup banyak. Lagi pula saya jarang pesan minuman kalo lagi makan siang, lebih suka minuma air putih saja.

Jadi yang agak aneh dari keempat pesanan di atas adalah cumi asin plus nasi bakar. Untuk cumi sendiri, saya pribadi juga rada-rada takut tapi pengen nyoba makan cumi. Untuk olahan Cumi, saya mesti milih-milih sih. Sebab , kadang perut saya ngak nerima kedatangan Cumi. Jadi siang ini saya memutuskan tidak order cumi.


Nah, setelah menu Cumi Asin datang, saya langsung bertanya kepada teman yang pesan, bagaimana rasanya. Ternyata panas nasi bakar, pedas bumbunya, masuk ke dalam mulut di siang bolong begini. Silakan dibayangkan sendiri, apa ngak meleduk.

Untuk setiap menu yang kita pesan di atas, semuanya sudah dilengkapi dengan sambal, lalapan, tahu tempe goreng sama sayur asam.

Buat saya yang emang ngak begitu doyan dengan citarasa pedas, isi menu paketan ini, terutama sambalnya sangat cukup dan lengkap. Bagi saya sambalnya tidak pedas. Tetapi sambal yang ada di nasi bakar Cumi asin itu, baru terasa sangat pedas dan membakar.


Oh, ya di sini untuk nasi ada pilihan nasi bakar atau nasi putih. Ada juga pilihan nasi liwetan dan tumpeng. Untuk nasi liwetan harus dipesan , minimal satu hari sebelumnya.

Untuk harga, semua paket menu yang ada di Dapur Flamboyan ini sangat terjangkau, ada yang di bawah 20k loh harga menu lengkapnya. 



Kemudian tersedia juga aneka buku yang bisa dibaca selagi di sana, tapi mungkin kalo kamu sudah sering makan ke sana, bisa juga pinjam bukunya untuk dibawa pulang, dibaca di rumah.

Lalu, ada tempat shalat. Jadi kamu ngak perlu kuatir kalo ketinggalan waktu shalat. Di Dapur Flamboyan ini tersedia dengan kondisi yang nyaman dan bersih. Namun saran saya, karena semua makanan di sini diolah dulu alias kita menunggu dimasak terlebih dahulu. Sebaiknya, jika waktu shalat sudah tiba, maka shalat saja terlebih dahulu.


Kenalan Sama Cumi – cumi

Cumi-cumi adalah kelompok hewan cephalopoda besar atau jenis moluska yang hidup di laut.Nama itu ''Cephalopoda'' dalam bahasa Yunani berarti "kaki kepala", hal ini karena kakinya yang terpisah menjadi sejumlah tangan yang melingkari kepala. Seperti semua cephalopoda, cumi-cumi dipisahkan dengan memiliki kepala yang berbeda. Akson besar cumi-cumi ini memiliki diameter 1 mm. Cumi-cumi banyak digunakan sebagai makanan.

Cumi-cumi adalah salah satu hewan dalam golongan invertebrata (tidak bertulang belakang).

Salah satu jenis cumi-cumi laut dalam, ''Heteroteuthis'', adalah yang memiliki kemampuan memancarkan cahaya.Organ yang mengeluarkan cahaya itu terletak pada ujung suatu juluran panjang yang menonjol di depan.Hal ini dikarenakan peristiwa luminasi yang terjadi pada cumi-cumi jenis ini.Heteroteuthis menyemprotkan sejumlah besar cairan bercahaya apabila dirinya merasa terganggu, proses ini sama seperti pada halnya cumi-cumi biasa yang menyemprotkan tinta.

Hewan cumi-cumi memiliki tentakel yang pendek dan dapat berkerut dengan cepat. Cumi-cumi menyemprotkan tinta pekat, yang tinta ini digunakan untuk melindungi cumi-cumi, karena tinta yang disemprotkan oleh cumi-cumi ini bisa mengejutkan pemangsa selama beberapa detik, setelah itu cumi-cumi langsung melarikan diri.

Manfaat Cumi-cumi

•    Kaya nutrisi.
•    Rendah kalori. 
•    Sumber protein yang bagus. ...
•    Tidak mengandung karbohidrat. 
•    Mengandung vitamin B6 dan B12.
•    Kaya selenium dan vitamin E.
•    Tidak mengandung kolesterol.

Cumi – cumi juga memiliki bahaya, berikut ini di antaranya :

1. Mengandung zat merkuri

Bahaya pertama yang dapat muncul karena dampak dari cumi-cumi adalah karena kandungan merkurinya yang kemungkinan tinggi. Merkuri merupakan kandungan metal yang berasal dari limbah-limbah seperti limbah pertambangan, limbah industri, dan juga limbah bahan bakar yang secara sengaja ataupun tidak terbuang ke laut.

Sisa-sisa metal merkuri ini lah yang kemudian dapat mencemari laut, sehingga ikut mengkontaminasi semua biota laut yang tinggal pada lokasi terdapat kandungan merkurinya, tak terkecuali hewan cumi-cumi.

Merkuri yang tidak sengaja dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dapat memberikan dampak buruk dan juga bahaya bagi kesehatan tubuh kita. Merkuri tersebut dapat menimbulkan gangguan pada sistem syaraf tubuh, dimana akan terjadi malfungsi dari sistem syaraf yang berpengaruh pada kesehatan kita. Selain itu, terlalu banyaknya kandungan merkuri yang masuk ke dalam tubuh kita akan menyebabkan terjadinya kanker. Karena itu, cobalah untuk mencari cumi-cumi dan juga makanan laut lainnya yang sudah terbukti bebas dan juga aman dari zat merkuri.

Kontaminasi merkuri ini menyebabkan banyak hal seperti :
  •     keracunan makanan
  •     penyebab alergi kulit
  •     penyebab gusi bengkak
3. Kolesetrol

Cumi-cumi sebagai salah satu makanan laut memiliki kadar kandungan kolesterol tinggi, apalagi ketika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Kolesterol yang terkandung dalam cumi-cumi adalah jenis kolestJantungrol jahat yang dapat menyebabkan kemunculan berbagai macam komplikasi. Kolestrol jahat merupakan jenis kolestrol yang berbahaya bagi tubuh kita jika berlebihan jumlahnya. Kolestrol yang dikenal dengan istilah LDL ini berfungsi untuk mengangkut kolestrol dari hati menuju sel – sel tubuh yang membutuhkan. Ketika zat ini terlalu banyak di dalam tubuh, maka LDL akan mengendap pada bagian dinding arteri, sehingga dapat memicu berbagai macam penyakit.

2. Menyebabkan Alergi

Salah satu bahaya lainnya yang dapat ditimbulkan dari mengkonsumsi cumi-cumi adalah dapat menyebabkan munculnya alergi. Memang tidak semua orang akan mengalami kemunculan gejala alergi ketika mengkonsumsi cumi-cumi, namun bagi beberapa orang, mengkonsumsi cumi-cumi akan menyebabkan kemunculan berbagai macam gejala, seperti
  •     Pusing dan juga mual
  •     Gatak-gatal pada lidah
  •     Gatal-gatal pada kulit
  •     Muncul ruam dan juga bintik merah pada kulit
  •     Kulit terasa panas
  •     Wajah memerah
  •     Kelelahan
  •     Bagi yang mengalami alergi parah kemungkinan bisa mengalmi pingsan untuk beberapa saat

Biasanya, gejala ringan yang dapat muncul sebagai tanda bahwa anda memiliki alergi terhadap cumi-cumi adalah merasakan gatal pada bagian lidah, yang mengalami kontak langsung dengan cumi-cumi.

Itulah beberapa bahaya dari cumi-cumi. Semoga dengan adanya artikel ini, wawasan anda dapat menjadi semakin bertambah, dan juga semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

Nah, buat kamu yang ngak ada masalah atau halangan makan Cumi-cumi, yah bolehlah makan ke Dapur Flamboyan, buat nambah daftar kuliner di kota Bengkulu, yang harus kamu cobain. 

Salam, Milda Ini
5 comments

Wah enak banget tuh kelihatannya nasi bakar dapur Flamboyan. Aku jadi laper nih

Reply

Ternyata cumi selain mempunyai manfaat yang banyak juga ada bahanya juga ya

Reply

Wah selain menunya yang enak, harganya juga lumayan murah tuh Bun. Pas dikantong :D

Reply

Wah pingin banget nih makan nasi bakar, tapi jauh di sana :D

Reply

Kalau saya sih nggak suka makan cumi. Orang juga nggak pernah kok :D. Lihat aja udah nggak pingin makan

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.