nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Bikin Es Buah Segar Setiap Hari

Assalamu'alaikum.  Wr.Wb 

Hai, apa kabar sahabat Milda semua, semoga selalu sehat dan selalu tertib menjaga protokol kesehatan ya. Kapan saja dan dimana pun berada. 

Sebelum pandemi datang kita selalu dianjurkan untuk selalu menjaga asupan gizi setiap hari. Bukan hanya saat mengkonsumsinya. Tapi mulai dari membeli bahan mentah dan memasaknya menjadi aneka olahraga untuk yang kita inginkan.

Asupan gizi baik itu, diperoleh dari berbagai bahan makanan dan minuman yang kita makan serta berbagai buah yang kita konsumsi setiap hari.

Banyak orang enggan atau malas atau juga sebenarnya tidak belajar bagaimana supaya bisa menyiapkan  makanan yang enaknya dan bergizi secara praktis tapi yummy.


es buah


Salah satunya adalah malas untuk mengupas buah. Malas memegang pisau, gak mau kena getah buah dan banyak alasan lainnya

Kalo kamu, alasannya apa malas makan buah yang berkulit?

Saya rasa hal ini dialami hampir semua orang dan keluarga..

Keluarga Saya Malas Mengupas Buah

Salah satu yang malas dilakukan oleah suami dan anak-anak di rumah adalah mengupas buah. Kalo sudah dikupas dan disajikan. Nggak begitu lama, bisa langsung habis di hadapan mereka. Bahkan saya bisa tidak kebagian. Misalnya sedang mengupas buah mangga. Anak dan sumi sudah menunggu di dekat saya, itu potongan buah Mangga tidak perlu diletakkan di piring. Anak dan suami sudah antre ingin makan buah

Mama, pasti dan sering mengalami hal serupa ini? Saya yakin pasti iyah

Kalo suami dan anak-anak minta dikupasin yah, masih mendinglah. Saya sering melakukan hal itu, apalagi kalo sedang kumpul keluarga di sore hari atau saat libur. 

Nah, yang agak bikin repot, anak dan sumi suka minta es buah. Apalagi kalo cuaca sedang panas di siang hari. Duh, mereka bisa merayu saya berkali-kali untuk membuat minuman dingin apalagi kalo ada buahnya.

Seringnya saya membuat semacam koktail atau es buah, akhirnya saya menemukan cara yang mudah, praktis untuk membuat buah segar dengan kuah yang dingin dan manis secara cepat.


cara bikin es buah


Mau tahu , bagaimana caranya. Simak cara saya melakukannya

Siapkan bahan ini di rumah

Saya selalu menyiapkan di rumah syrup. Ini sebenarnya tidak ada merek andalan. Stok yang harus ada adalah syrup. Saya suka beli yang sedang diskon saja. Biasanya rasa yang saya beli  Melon atau Coco pandan.

Bahan kedua, susu kental manis. Ini sama halnya dengan syrup. Keluarga saya tidak fanatik sama merek susu tertentu. Yang dibeli adalah SKM yang lagi diskon, hehehe. Yang penting SKM merek tidaklah penting. Saya selalu menyiapkan SKM putih.

Bahan ketiga, ini boleh ada boleh tidak nata de coco , buah selasih , nutrijel atau agar-agar.

Mari kita membuat buah segar dengan kuah yang dingin

Jadi pagi hari saya memotong buahnya terlebih dahulu.Buah yang biasa saya gunakan Pepaya, Timun, Melon, Semangka dan buah lainnya yang bisa dipotong berbentuk . Biasanya sih berbentuk kotak atau segiempat pipih. Saya jarang menggunakan sendok buah khusus atau alat pencetak buah yang bulat-bulat itu. Memang buah terlihat rapi dan bagus. Tetapi banyak bagian buah yang terbuang, sayang sekali. 

Kali ini di rumah ada stok buah melon orange, ini hasil petani dari kabupaten Seluma, Bengkulu. Saya beli di pasar Panorama, dengan harga satu kilo delapan ribu rupiah. Dari pagi saya sudah menyiapkan buahnya. Mari kita bikin Melon ini menjadi buah segar berkuah dingin.

Membuat Melon Menjadi Buah Segar Berkuah dingin

Pertama, kupas melon, lalu potong sesuai selera. Saya memotongnya menjadi segiempat pipih tidak beraturan

Kedua , masukan potongan melon ke dalam wadah yang ada tutupnya, misalnya kayak box tupperware itu. Apa saja deh, yang penting ada tutupnya

Ketiga, tuangkan  Syrup sesuai selera. Kali ini saya menggunakan syrup Marjan rasa cocopandan. Takarannya disesuaikan dengan banyaknya buah yang digunakan. Nanti kalo sudah sering bikin, takaran yang pas pasti akan mudah terbentuknya, akan ketemu triksnya. Alah bisa karena biasa.

Keempat, tutup buah yang sudah diberikan syrup. Lalu masukan ke dalam lemari pendingin

Untuk buah selasih atau potongan nutrijel atau agar-agar, boleh ditambahkan sebelum dilakukan penyimpanan di lemari pendingin.

Oh, ya tidak perlu memberikan gula, kami lebih suka rasa manisasli dari buahnya dipadukan dengan rasa manis syrupnya. Serta dari manisnya SKM, sesuai dengan selera saja.

Tips Menyimpan potongan buah yang sudah diberi syrup ini penting sekali untuk hasil akhirnya. Jika ingin hasilnya seperti Es Serut maka disimpan di dalam freezer. Tetapi jika ingin rasa segar , dingin dan ada air atau kuahnya, maka disimpan di bawah saja, tidak di freezer.

Lama penyimpanan tergantung dengan kebutuhan, sebaiknya tidak terlalu lama apalagi sampai semalaman, hehehe. Biasanya kalo saya hanya 3-4 jam saja sebelum disantap. Kira-kira disimpan pada jam 9 atau 10 pagi untuk dinikmati di siang hari, pada jam 1 atau 2 siang.

Oh, ya jika buahnya ingin ada kuah atau airnya, maka ketika akan dimakan, berikan potongan batu es yang sebelumnya sudah disiapkan. Tidak perlu ditambah air.

Takaran Laris Manis

Untuk menu makanan di rumah, saya biasanya hanya membuat porsi kecil saja untuk sekali makan atau minum. Satu mangkok, jadi porsi kecil, supaya langsung habis dan tidak ada sisa. Saya kurang suka, jika ada makanan sisa. Apalagi anak dan suami lebih suka makan makanan yang baru diolah dan lagi hangat. Kalo menu pagi, siang dan sore atau malam sama. Otomatis, tidak berselera makan di sore atau malam harinya.

Saya pun biasanya menyimpan bahan-bahan mentah dalam wadah yang sudah saya siapkan untuk sekali masak. Misalnya satu box berisi setengah kilo ayam, untuk sekali masak.

Akhirnya Buah Segar Berkuah Dingin Siap

Nah, buah Melon segar berkuah dingin sudah jadi. Siap dinikmati, biasanya kami nikmati bersama-ama. Kayak liwetan, tidak perlu banyak wadah tetapi banyak sendok dan sedotan saja. Seru deh, memupuk harmonisasi dan keakraban serta mengurangi cucian piring.

Makan buah pun jadi semangat. Dengan cara begini, saya tidak pernah malas atau lelah menyajikan sajian buah segar dan dingin buat anak dan suami. Sebab, bikinnya mudah dan cepat.

Selamat menikmati, Mari kita makan buah dengan berbagai cara!



Baca Juga

Related Posts

38 comment

  1. aku suka banget mba bikin es buah begini, minimal buah pepaya dan jeruk peras, aduh enak banget, seger parah sih diminum siang-siang begini

    BalasHapus
  2. Wah gutaide nih, Mba. Keluarga saya sama dengan Mba Milda, malas potong buah. Boleh juga nih saya coba tips menyimpan buahnya. Jadi keluarga tetap bisa makan buah segar dingin ya, Mba dan kebagian semua.. hahaha

    BalasHapus
  3. enak juga ya bikin es buah gitu,apalagi kalau disantap di siang saat cuaca panas gitu... Kapan2 coba bikin juga ah.

    BalasHapus
  4. Suegerr bangett es buah ini
    apalagi di Surabaya lagi panas kerontang
    duh, siang2 minum es buah sungguh niqmaaatt yg haqiqi

    BalasHapus
  5. Aku nggak males sih mbak bikin es buah. Kalau sekadar mengupas kulit, malahan suka melakukannya. Di rumah juga semua suka es buah. Tapi kami nggak tiap hari pengen minum es, karena menikmati buah bisa dengan cara lain tanpa harus pakai es. Soalnya, memperbanyak minum minuman hangat lebih baik, apalagi di situasi pandemi gini. Menjauhi es = menjauhi terserang flu dan pilek. Kalau ada buah, biasanya dipotong2 saja, dimakan langsung, atau pakai bumbu rujak. Kadang dijadikan salad, dikasih yoghurt, susu cair, dan keju parut.

    BalasHapus
  6. Seger tenan, Mbak. Biasanya bikin es buah hanya pas Ramadan, jadi mau bikin juga nih, meskipun cuman punya melon, buah naga,dan apel.

    BalasHapus
  7. MasyAllah emaknya rajin ini nyiapin cemilan di rumah salah satunya bikin es buah segar. Mantap. Apalagi kalau dikomsumsinya siang siang ya mba. Anak anaknya pasti seneng punya emak yang suka bikin begini. Jadi ga perlu banyak jajan di luar

    BalasHapus
  8. Idih sama kayak aku sebetulnya malas kupas buah. Hahaha. Makanya suamiku yang paling rajin. Aku udah lama nggak makan es buah gini mba

    BalasHapus
  9. Aku hampir gak pernah nyimpan buah dingin kuah sirup. Pas buat ya langsung dimakan. Maklum wong keluarga besar, hehehe. Tapi kadang sih ngupas buah sekalian kaya melon atau semangka dan taruh kulkas

    BalasHapus
  10. Udah lama aku ga buat sendiri es buah, seringnya beliii hahahah :) COcok banget abis mamam mie ayam bakso minum es buah :D Anak2 paling doyan yang kompllit buahnya termasuk nanas :D

    BalasHapus
  11. Kalau saya kebalikan Mbak. Suka banget dan senang mengupas buah. Tapi setelah dikupas suka lupa makannya. Buah saya potong-potong lalu diletakkan di kulkas berhari-hari sampai busuk. Ya Allah pengen jewer kuping sendiri rasanya.

    BalasHapus
  12. Memang seger banget ya minum es buah itu. Trus kalo bisa bikin sendiri rasanya puas banget karena bisa nambah-nambah terus hehe..

    BalasHapus
  13. Ini pentingnya food preparing yaa, kak..
    Ketika dibutuhkan, tinggal tuang-tuang dan VOILAAA...jadi deh...
    Kalau sudah jadi begini, setiap orang bisa ikut minum dengan nikmat, es buah segar.

    BalasHapus
  14. Mak, jadi pengen dibikinin es buahnya juga dong. Bukan cuma dapet ngupasin aja. Dikasih sirup, terus selasih dan toping lainnya, wuih seger. Pas dimakan siang-siang. Ngantuk juga biasanya ilang. Bisa minta dua porsi kayaknya :)

    BalasHapus
  15. Ahaha kok sehati mbak kita, males kupas buah. Tapi gimana lagi tiap hari harus makan buah jadi mau nggak mau tiap mau makan buah buat ngemil atau bikin campuran es selalu ngupas dulu hehe

    BalasHapus
  16. Jadi ngiler bikin penge makan buah segar kalau malas kupas buah bikin aja es buah ya jadi semuanya dapat dengan bahan yang mudah dibuat.

    BalasHapus
  17. wah iya, segar banget klo minum es buah ya mbak
    apalagi ditengah cuaca yang panas seperti ini
    klo aq suma es buah yang Banyak buahnya

    BalasHapus
  18. Cara makan buah dengan asyik dan nikmat. Sangat cocok buat yang ngga mau makan buah langsung lep selepas dikupas

    BalasHapus
  19. Aku sering bikin es buah pas bulan puasa mbak. Hehe buat buka puasa. Kalau beli lumayan harganya. Kalau buat sendiri karena di rumah ada 8 orang jadi lebih irit.

    BalasHapus
  20. Baru aja bikin buah tomat jadikan minuman. Tapi nggak kukasih es mba karena lagi flu. Enak banget sih es buah itu selain memberikan kita asupan bergizi

    BalasHapus
  21. Lama banget ga bikin es buah, terakhir bikin pas puasa kemarin hehehe. Males banget ngupas buahnya hahaha

    BalasHapus
  22. Kurang lebih sama sih..malas ngupas buah..maunya tinggal lepp semua...dan bikin es buah gini lebih praktis ya...

    BalasHapus
  23. Es buah ini salahj satu jenis minuman yang gampang dijumpai pas Ramadan keknya haha jd inget takjil lho
    Kami kalau di rumah kadang beli buah potong yang di swalayan itu lho mbak jd udah dikupasin dan dipotongin, alasannya sama sih, krn males ngupas hehe

    BalasHapus
  24. Saya kadang-kadang juga bikin es buah. Kadang saya setup juga enak tuh mba, seperti setup nanas atau setup pisang. Banyak cara menikmati buah ya mba😊

    BalasHapus
  25. Es buah ini adalah minum yang jadi spesialisasi ibuku Mak setiap ada acara sosial seperti kerja bakti, arisan, sampe pengajian. Alhamdulillah selalu laris manis jadi rebutan tetangga karena emang seger bangetttt :D

    BalasHapus
  26. mantap banget inii, kesukaan apalagi kalo lagi panas2 makin suka pake es batu banyak

    BalasHapus
  27. Segaar. Kalo es buah ni, enakan bikin sendiri daripada beli. Dapat banyak. Minum es sampai puas hahaha

    BalasHapus
  28. wuih, lihat gambarnya aja sudah kerasa segernya menu ini, apalagi klo langsung diminum yaa

    BalasHapus
  29. bikin haus ni postingan, buah mana, buah.. ntar gua juz biar ilang ausnya. barakallah

    BalasHapus
  30. Aku jg suka bikin es buah Mbk. Campur pisang, melon, alpukat. Mcm2 dicampur jd satu. Seger bgt makannya. ditambah perasan lemon tambah seger... alhamdulillah lbh irit dan sehat kl buat sndiri 💕

    BalasHapus
  31. Es buah tetap terbaik sihh, apalagi kalo cuaca lagi panas-panasnya, duhhhh nikmat-nikmat.

    BalasHapus
  32. Ihhh terlihat mantep banget ituu,,
    apalagi kalo disantap pas lagi cuaca panas, waduhhh.

    BalasHapus
  33. Coba pake pepaya ama buah kuini/bembam.. sirupnya leci... beeehhh iti enak juga looooo

    BalasHapus
  34. Aku banget loh Mbak kadang males makan buah 😂 dan... Tepatnya sih males ngupas buahnya wkwk.. kalau tau tipsnya gini bisa rajin nih

    BalasHapus
  35. Anak dan suamiku itu kalau pengin makan buah nunggu dikupasin dulu. Pada males ngupas sendiri 😄

    BalasHapus
  36. Alhamdulillah termasuk yang rajin stok buah di rumah. Makan biasa atau buat es buah, sama-sama enak dan sehat. 😍

    BalasHapus
  37. Sedep banget nih mbak bahas yang seger-seger. Jadi ibu rumah tangga emang kudu banyak muter otak biar apapun kendala dalam konsumsi buah bisa teratasi hehe

    BalasHapus
  38. Wahh aku suka banget sama es buah, heheh dan suka banget buka buah, tapii mager beli ke pasarnya kwkw

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin