nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Kurangi Makanan Ini! Karena Ternyata Bisa Menjadi Penyebab Munculnya Jerawat

Assalammualaikum.Wr.Wb

www.mildaini.com_Kurangi Makanan Ini! Karena Ternyata Bisa Menjadi Penyebab Munculnya Jerawat. Jenis masalah kulit yang dialami oleh setiap orang pastinya berbeda-beda, hal ini tergantung dari jenis kulit yang Anda miliki. Namun, masalah kulit wajah yang paling sering dialami oleh orang Indonesia adalah jerawat. Hal ini sangat wajar karena mengingat Indonesia memiliki iklim yang tropis dan udaranya cenderung panas, sehingga membuat kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak dibandingkan biasanya. Selain itu, ternyata ada begitu banyak hal yang dapat menjadi penyebab jerawat muncul di wajah Anda. Salah satunya adalah kebiasaan yang dimana tidak disadari mampu memicu pertumbuhan jerawat tersebut atau memicu kelenjar minyak bekerja secara lebih aktif. Misalnya saja, dari kebiasaan makan yang tidak diperhatikan resikonya menjadi salah satu penyebab utama dari penyebab jerawat , terutama bagi anak muda di Indonesia. Oleh karena itu, ketahuilah beberapa jenis makanan yang mampu memicu jerawat muncul, yakni:



Makanan Manis

Salah satu penyebab utama yang membuat wajah berjerawat adalah karena terlalu sering atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis. Makanan yang memiliki cita rasa manis seperti kue, cokelat dan roti putih memang memiliki rasa yang enak, namun ternyata makanan tersebut mengandung gula yang sangat tinggi. Jika kadar glukosa tinggi, maka hal ini mampu merangsang naiknya hormone insulin di dalam tubuh sehingga memicu sel kelenjar minyak menjadi lebih tinggi dan akhirnya pun menyebabkan jerawat pada wajah.

Makanan Berminyak

Bukan rahasia lagi jika makanan yang satu ini merupakan makanan yang tidak dianjurkan untuk Anda konsumsi dalam jumlah banyak atau sesering mungkin. Makanan seperti keripik, gorengan, kentang goreng, dan lain sebagainya ini mampu memicu kelenjar minyak memproduksi dengan lebih banyak. Jika di wajah terlalu banyak minyak, maka jerawat pun akan lebih mudah muncul. Ditambah, kadar minyak yang terlalu berlebih juga mampu mengakibatkan peradangan dan membuat kondisi kulit semakin parah dan rusak. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membatasi mengkonsumsi makanan jenis ini.

Susu

Beberapa studi menyatakan bahwa berbagai produk susu seperti mentega dan keju juga mampu memicu jerawat muncul di wajah atau memperparahnya. Hal ini dikarenakan susu mampu meningkatkan hormone insulin dan juga IGF-1 yang merupakan sumber dari jerawat. Mengkonsumsi makanan lainnya seperti es krim, susu berasa, susu rendah lemak, yogurt dan lainnya juga biasanya dibuat dengan menggunakan gula dan mampu meningkatkan hormone insulin tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda membatasi segala makanan mau pun minuman yang setiap harinya dikonsumsi agar tidak menjadi sumber jerawat sehingga penampilan selalu terjaga.

Untuk mencegah jerawat muncul hanya karena makanan yang Anda konsumsi setiap harinya, Anda bisa menggunakan cara pintar berikut:

  1. Memakan makanan yang memiliki indeks glikemik rendah, yakni di bawah 55. Misalnya seperti nasi merah, keripik jagung, roti gandum, dan lain-lain.
  2. Menggabungkan makanan indeks glikemik tinggi dengan yang rendah agar diet menjadi seimbang.
  3. Memperkecil porsi namun mengkonsumsinya sesering mungkin.
  4. Lebih memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral.


Itulah kebiasaan buruk dari masyarakat Indonesia, yang dimana sangat sulit untuk mengontrol makanan apa saja yang mereka konsumsi setiap harinya. Kebanyakan dari mereka tidak berpikir panjang mengenai efek apa yang akan diterima jika terlalu sering mengkonsumsi makanan jenis di atas, kebanyakan dari mereka hanya mementingkan rasa. Jika demikian, pastinya wajah pun akan dihantui oleh jerawat dan membuat penampilan menjadi kurang maksimal. Rasa kepercayaan diri Anda juga pastinya akan berkurang jika memiliki masalah kulit tersebut.

Baca Juga

Related Posts

7 comment

  1. Semuanya aku sukaa, hiks.. bener banget deh, pas makan ga kepikiran efeknya..yg penting enaak..pas jerawatan baru deh mikir keras 'kenapa kemarin2 makan inii ya' 😅

    BalasHapus
  2. Aku baru tahu kalo susu bisa jadi penyebab munculnya jerawat juga dan baru tahu kalo ternyata memicu hormon insuline juga ya

    BalasHapus
  3. duh aq blm bs ninggalin gorengan nih pdhl dulu aq termasuk yg gak suka gorengan loh, semoga jerawat nakal ga berani hinggap diwajahku soalnya aq plg gak PD bgt kli jerawatan walaupun cm 1

    BalasHapus
  4. Saya alhamdulillah nih dari abg nggak ngalamin jerawatan yang gimana gitu...paling jerawat kangen aja. Eh hahaha

    BalasHapus
  5. Ouwww ouwww jadi makin paham nih mana aja makanan yg kudu dihindari.
    Thanks for sharing yaaa
    kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  6. Ai ai ai...

    Berat masalah ko.mbak, kesukaan ze galo tu makanan hahaaa...mungkin mulai ze kurangi ajo jumlahnyo dak mbak

    BalasHapus
  7. Aku suka banget makanan manis nih. Pantas aja suka mumbul 1,2 jerawat yang kadang susah dihilangkan.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin