nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Plus Minus Pinjaman Online yang Wajib Anda Ketahui

Assalammualaikum.Wr.wb

www.mildaini.com_Plus Minus Pinjaman Online yang Wajib Anda Ketahui. Pinjaman online merupakan pinjaman uang yang diajukan secara online. Pihak penyedia pinjaman online adalah lembaga keuangan online atau fintech (financial technology) yang berkerjasama dengan berbagai macam bank untuk dapat memberikan penawaran produk pinjaman sesuai kebutuhan.


Di negara-negara Eropa dan Amerika, fintech ini sudah dikenal sejak lama sekitar tahun 1990-an. Tetapi di Indonesia sendiri, fintech ini baru dikenal sekitar tahun 2010, terbukti dengan semakin banyaknya situs penyedia pinjaman online yang mudah ditemukan di mesin pencari.

Plus Minus Pinjaman Online

Sebelum mengajukan pinjaman online, sebaiknya Anda mengetahui dulu apa kelebihan dan kekurangan dari pinjaman online ini. Dengan mengetahui plus-minus-nya, Anda bisa terhindar dari segala resiko yang mungkin akan terjadi.

Kelebihan Pinjaman Online



Proses lebih mudah

Dibandingkan proses pinjaman uang secara konvensional, pinjaman uang secara online ini lebih mudah karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan gadget yang terkoneksi internet. 

Pencairan lebih cepat

Salah satu alasan orang saat meminjam uang secara online adalah karena dalam keadaan terdesak. Ada yang butuh tambahan modal untuk proyek, untuk biaya berobat di rumah sakit, biaya pernikahan, dan lain-lain. Maka dari itu pinjaman online adalah salah satu solusi untuk mendapatkan uang dalam waktu singkat karena proses pencairannya yang cepat. Pada pinjaman uang konvensional, biasanya dibutuhkan waktu sekitar 14-20 hari kerja untuk proses persetujuan hingga pencairan. Sedangkan pada pinjaman online waktu proses dipangkas hingga 3-14 hari saja. Hal ini terjadi karena pada pinjaman online semua dokumen persyaratan telah diberikan dalam bentuk digital, sehingga tidak diperlukan lagi proses conversi dokumen secara manual oleh petugas. Dengan begitu, proses persetujuan pinjaman pun bisa berlangsung lebih cepat.

Tersedia banyak pilihan produk pinjaman

Mengajukan pinjaman uang di situs fintech memberikan banyak kemudahan, di antaranya adalah calon peminjam bisa melakukan perbandingan beragam produk pinjaman yang ada. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan, karena tanpa harus mengunjungi kantor penyedia pinjaman, calon peminjam bisa langsung membandingkan suku bunga yang diberikan. 

Informasi yang diberikan lebih lengkap

Tanpa harus menanyai customer service, calon peminjam bisa mendapatkan informasi yang lengkap dengan mudah karena semua telah terpampang dengan jelas di situs pinjaman online. Dengan satu kali klik pada produk yang ditawarkan, calon peminjam bisa langsung mendapat informasi mulai dari spesifikasi produk pinjaman, suku bunga, plafon pinjaman, masa tenor, dan dokumen persyaratan. Pastinya Anda bisa temukan lebih banyak lagi informasi yang dibutuhkan hanya dengan mengunjungi situs pinjaman online kapan saja dan di mana saja Anda berada.

Persyaratan lebih mudah

Dibandingkan pinjaman uang konvensional, dokumen persyaratan yang dibutuhkan oleh pinjaman online jauh lebih ringan dan sedikit. Jika pada pinjaman konvensional biasanya dibutuhkan banyak dokumen, pada pinjaman online dokumen yang dibutuhkan hanya scan KTP, scan NPWP, scan kartu kredit dan scan slip gaji. Bahkan ada juga situs pinjaman online yang hanya meminta scan KTP saja, lho.

Bisa dilakukan simulasi pinjaman

Satu lagi keunggulan dari pinjaman online ini adalah tersedianya fitur simulasi pinjaman. Dengan adanya fitur simulasi ini, Anda bisa mengetahui seberapa jauh kemampuan finansial Anda dalam memenuhi kewajiban cicilan nantinya. Simulasi pinjaman dilakukan dengan cara menghitung besarnya plafon pinjaman yang akan diambil dengan masa tenor dan bunga cicilan.

Kekurangan Pinjaman Online


Nothing is perfect in this world. Begitu juga dengan pinjaman online. Meskipun banyak keunggulan yang ditawarkan, namun tetap saja yang namanya kekurangan itu pasti ada. Nah, beberapa kekurangan dari pinjaman online adalah sebagai berikut:

Rentan terkena penipuan online

Tidak bisa dipungkiri, akhir-akhir ini marak terjadi penipuan berkedok pinjaman online. Rata-rata pelakunya meminta sejumlah uang sebagai syarat untuk mempercepat proses pencairan. Nah, ini yang harus diwaspadai karena faktanya proses pencairan dana pinjaman tidak dipungut biaya. Kalaupun ada biaya, itu hanya biaya administrasi yang jumlahnya berkisar 100.000 rupiah.

Data pribadi bisa disalahgunakan

Dengan adanya pengumpulan dokumen secara digital, maka tidak bisa dipungkiri data pribadi memang rentan untuk disalahgunakan. Jenis penyalahgunaan yang mungkin terjadi adalah berupa pemalsuan dokumen yang mengatasnamakan Anda. Untuk mengantisipasi resiko ini, pastikan Anda mencatat dengan rinci, atau membuat hard-copy atas semua inputan data yang Anda lakukan di situs pinjaman online. Kemudian, pastikan untuk tidak memberi PIN atau password perbankan Anda karena tidak ada satupun situs fintech terpercaya meminta PIN atau password perbankan sebagai persyaratan pengajuan pinjaman.

Sulit memastikan kredibilitas situs pinjaman online

Saat ini banyak sekali situs penyedia pinjaman online, tetapi tidak semuanya terpercaya. Salah satu cara untuk mengetahui kredibilitas pemberi pinjaman adalah dengan melihat verifikasi dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Kemudian pastikan pada situs fintech ada infomasi yang jelas mencakup alamat kantor, alamat email resmi, dan terdapat tanda gembok pada bagian kiri alamat situs.

Demikian plus-minus pinjaman online yang wajib Anda ketahui. Jadi bijaklah sebelum meminjam uang secara online, gunakanlah untuk tujuan produktif, bukan konsumtif.

Baca Juga

Related Posts

10 comment

  1. Melakukan pinjaman secara online memang mudah dan menguntungkan tapi juga harus hati-hati agar tidak tertipu

    BalasHapus
  2. Harus hati-hati lagi nih bunda agar tidak terkena penipuan

    BalasHapus
  3. Terima kasih informasinya, sangat membantu :)

    BalasHapus
  4. Kalau aku sih mom nggak berani mau pinjam secara online, takut kena tipu

    BalasHapus
  5. Nah yang aku takutkan emang ini nih Mbak penyalahgunaan data pribadi. Karena hampir semua identitas kita kejaring di formulir isian.

    BalasHapus
  6. Bener banget tuh mbak..harus bijak..semoga aja kalau untuk produktif..menjadi kebaikan..

    BalasHapus
  7. Lain ya zaman modern ini, pinjam uang aja ga mesti ketemu langsung lagi, bisa online

    BalasHapus
  8. Bener banget ya mbak.. harus bijak dalam pinjam meminjam..semoga bisa untuk produktivitas dan kebaikan..

    BalasHapus
  9. oh begitu ya emak cantik kelebihan dan kekurangannya.tp walaupun begitu, saya gak berani pinjam uang online

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin