nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Tips Rileks Menghadapi Persalinan


Lokasi saat liburan di Monas, Jakarta 
Perasaan tenang dan tenteram saat menghadapi persalinan ternyata sangat penting bagi calon Mama. Jika Mama rileks saat bersalin, akan membuang rasa gelisah dan memunculkan keberanian menghadapi apapun yang terjadi dalam proses persalinan.
Dalam menjalani proses persalinan, peran Papa sangat penting dalam mendampingi Mama sehingga bisa rileks menjalaninya. Kehadiran Papa saat proses melahirkan memberikan kekuatan tersendiri pada Mama. Dan juga menumbuhkan ikatan bathin yang kuat antara Papa dan buah hati. Apa saja yang bisa dilakukan Papa dalam mendampingi Mama saat menghadapi persalinan?
  1. Membantu menyiapkan kebutuhan bayi.
  2. Mencari rumah sakit untuk melahirkan.
  3. Memberikan kekuatan mental kepada Mama.
  4. Menghilangkan rasa cemas Mama dengan cerita-cerita yang bermanfaat.
  5. Memberi perhatian
  6. Menghibur.
Tips agar rileks saat menghadapi persalinan:
  1. Pilih dokter atau bidan yang bijak.
  2. Memahami proses persalinan. Apa Mama tahu apa yang terjadi selama kontraksi? Memahami bagaimana menjadi tegak dan bagaimana cara mengubah posisi selama persalinan sehingga dapat mempengaruhi bagaimana merasakan dan menghadapi kontraksi?
  3. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang kehamilan dan persalinan.Semakin banyak Mama tahu, semakin sedikit ketakutan melanda. Ingatlah bahwa setiap kehamilan dan persalinan itu unik sehingga setiap Mama pasti pengalaman atau apa yang dirasakan akan berbeda.
  4. Lupakan ketakutan Mama. Ada hubungan antara rasa takut dan rasa sakit. Efisiensi dari otot rahim tergantung pada sistem hormonal, peredaran darah, dan syaraf semua bekerja bersama-sama.
  5. Rasa takut akan mengganggu keseimbangan ketiga sistem tersebut. Ketakutan dan kecemasan menyebabkan tubuh untuk memproduksi hormon stres kelebihan yang menangkal hormon yang membantu tubuh memproduksi untuk meningkatkan proses persalinan dan mengurangi ketidaknyamanan. Hal ini menyebabkan rasa sakit meningkat dan proses persalinan akan berlangsung lebih lama. Ketakutan juga menyebabkan reaksi fisiologis yang mengurangi aliran darah dan dengan demikian suplai oksigen ke rahim akan berkurang sehingga otot-otot rahim akan semakin kencang berkontraksi dan semakin sakit.
  6. Relaksasi Hypnobirthing. Cara yang paling efektif untuk mengurangi rasa sakit saat bersalin. Sebaiknya ini dilatih sejak kehamilan sehingga saat bersalin tubuh akan secara otomatis bekerja dengan sangat harmonis. Sehingga proses bersalin berlangsung lancar dan menyenangkan
Teknik Relaksasi Menjelang Persalinan
Diperlukan guna menghilangkan rasa takut menghadapi persalinan. Teknik ini dilatih di minggu-minggu terakhir kehamilan. Berikut tipsnya:
  1. Tarik napas panjang atau menguap.
  2. Pusatkan kearah bawah ibu jari kaki dan kaki. Kendurkan. Rasakan betapa hangat dan rileks rasanya.
  3. Bayangkan pergelangan kaki Mama kendur dan lemas.
  4. Biarkan otot-otot betis rileks, kendur dan lunak. Rasakan enaknya.
  5. Lutut tertopang dan rileks, tidak menahan tungkai kaki Mama pada posisi apapun.
  6. Biarkan otot-otot paha yang kuat dan besar mengendur.
  7. Bokong dan perineum. Secara khusus daerah-daerah ini harus rileks selama persalinan dan pelahiran. Kendurkan. Bayangkan rasanya yang lunak dan nyaman. Saat tiba waktunya, bayi akan berjalan melalui saluran lahir, dan jaringan perineum akan membuka memberi jalan bagi bayi agar meluncur keluar.
  8. Punggung bagian bawah. Bayangkan bahwa seseorang yang mempunyai tangan yang kuat dan hangat sedang menggosok punggung Mama. Rasanya sangat nyaman.
  9. Biarkan pikiran Mama pindah ke perut. Kendurkan otot perut.
  10. Tarik napas, bawa udara ke dalam paru-paru dada mengembang dengan mudah, membuat tempat untuk udara. Bernapaslah dengan nyaman dan perlahan, biarkan udara mengalir ke dalam dan keluar.
  11. Bayangkan bahu dan punggung bagian atas Mama sedang dipijat. Lemaskan. Lepaskan ketegangan. Rasakan kehangatannya. Rasakan hilangnya ketegangan.
  12. Pusatkan pada alis dan kulit kepala. Bayangkan betapa hangat dan rileksnya alis dan kulit kepala Mama. Kendurkan. Bentuk ekspresi yang tenang dan damai di wajah,mencerminkan perasaan hati yang kalem dan damai.
  13. Luangkan waktu beberapa saat untuk merasakan dan menikmati perasaan tenang dan sejahtera ini.
Sumber :
  1. Panduan Pintar Hamil dan Melahirkan. Dewi Cendika ZR dan Indarwati. WahyuMedia, 2010.
  2. Bidanku.com
Baca Juga

Related Posts

2 comment

  1. Perasaan tenang dan tenteram saat menghadapi persalinan ternyata sangat penting bagi calon Mama. Jika Mama rileks saat bersalin, akan membuang rasa gelisah dan memunculkan keberanian menghadapi apapun yang terjadi dalam proses persalinan.
    Dalam menjalani proses persalinan, peran Papa sangat penting dalam mendampingi Mama sehingga bisa rileks menjalaninya. Kehadiran Papa saat proses melahirkan memberikan kekuatan tersendiri pada Mama. Dan juga menumbuhkan ikatan bathin yang kuat antara Papa dan buah hati. Apa saja yang bisa dilakukan Papa dalam mendampingi Mama saat menghadapi persalinan?

    BalasHapus
  2. Artikelnya sangat bermanfaat terutama bagi ibu muda yang mengandung. Selamat ya mbaak diberi amanah Allah SWT. Semoga lancar sampai kelahiran.Slmkenal dari Kudus :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin