nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Mengatasi Nyeri Punggung Saat Persalinan


Usai Pementasan Nawra Menari di gedung Diknas Bengkulu

Apa yang menyebabkan nyeri punggung pada persalinan? Umumnya, nyeri ini terjadi bila janin berada dalam posisi di belakang (Occipitoposterior), yaitu kondisi di mana bagian belakang kepala bayi menekan bagian Sacrum atau batas belakang pinggul sang Mama. Tapi tidak menutup kemungkinan terjadi nyeri punggung meski posisi janin tidak dalam kondisi tersebut.

Tak perlu terlalu mengkhawatirkan penyebabnya, fokus saja pada cara meredakan nyeri punggung tersebut.  Berikut ini ada beberapa cara yang mungkin bisa membantu, paling tidak bisa dicoba untuk mengatasinya.
  1. Kurangi tekanan pada punggung, cobalah untuk mengubah posisi  dengan berjalan-jalan sebentar, berjongkok, menungging atau lakukan apa pun yang dapat membuat  Mama nyaman dan mengurangi nyeri
  2. Bila Mama tidak kuat untuk berjalan atau bergerak banyak, berbaringlah miring ke satu sisi dengan punggung dilengkungkan.
  3. Kompres panas atau dingin yang diberikan oleh pendamping persalinan Mama (suami/keluarga lain). Gunakan botol air panas yang dibungkus dengan handuk, bantalan panas, atau kompres dingin dari  kantung es batu dibungkus handuk , pilih yang mana yang menurut Mama paling nyaman.
  4. Mintalah pendamping persalinan untuk memberikan tekanan pada tempat yang paling sakit saat Mama berbaring miring. Cobalah berbagai cara seperti menggunakan sendi jari atau telapak tangan dibantu dengan tekanan dari tangan lain di atasnya, menggunakan tekanan langsung atau gerakan memutar. Efek sampingnya bisa jadi keesokan harinya punggung Mama mengalami bekas lebam berwarna biru.
  5. Tekanan pijat pada titik-titik akupuntur. Tekan agak kuat dengan jari tangan pada bagian bawah titik pusat “bagian bola” dari telapak kaki. Untuk pemijatan seperti ini sebaiknya Mama meminta seseorang dengan pemahaman yang jelas akan titik-titik akupuntur untuk hasil lebih akurat dan tepat.
  6. Minta seseorang untuk mengusap perlahan bagian punggung dengan minyak saat atau di antara kontraksi, yang mana saja yang membuat Mama nyaman
  7. Mandi di shower atau bathtub dengan air hangat.  Air yang hangat dapat meredakan stress dan memberi kenyamanan tersendiri
Ingat saja Mama, rasa sakit ini adalah sakit yang sementara dan pasti akan terbayarkan ketika melihat wajah mungil sang buah hati. Dorongan untuk memberi yang terbaik pada persalinan dan keinginan untuk melihat bayi lahir sehat adalah motivasi terbaik untuk mengalihkan pikiran dan fisik dari rasa nyeri punggung atau nyeri lain selama persalinan. Semoga lancar persalinannya dan sehat selalu, Mama.

Sumber: Kehamilan: Apa yang Anda Hadapi Bulan per Bulan (Arlene Eisenberg, Heidi E. Murkoff, Sandee E, Hathaway B.S N)
Baca Juga

Related Posts

2 comment

  1. Apa yang menyebabkan nyeri punggung pada persalinan? Umumnya, nyeri ini terjadi bila janin berada dalam posisi di belakang (Occipitoposterior), yaitu kondisi di mana bagian belakang kepala bayi menekan bagian Sacrum atau batas belakang pinggul sang Mama. Tapi tidak menutup kemungkinan terjadi nyeri punggung meski posisi janin tidak dalam kondisi tersebut.
    Tak perlu terlalu mengkhawatirkan penyebabnya, fokus saja pada cara meredakan nyeri punggung tersebut. Berikut ini ada beberapa cara yang mungkin bisa membantu, paling tidak bisa dicoba untuk mengatasinya.

    BalasHapus
  2. Langsung inget masa - masa hamil tua dulu mba, susah tidur karena nyerinya lumayan mengganggu. Mandi berendam jadi salah satu favorit saya untuk bisa lebih merasa nyaman menjelang tidur di malam harinya :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin