Menu

Sabtu, 18 Maret 2017

/


Assalammualaikum Wr. Wb

5 Ramuan Ajaib Untuk Rambut Flat Agar Terlihat Mengembang. Siapa sih yang tidak mau punya rambut sehat, indah berkilau dan mengembang. Pasti semua wanita menyukainya. Baik yang berhijab atau pun tidak. Emangnya kalo berhijab tidak ingin punya rambut yang bagus. Yah, kamu salah. Saya nih, meski berhijab, tetap saja ingin rambut bagus. Saya senang mencium rambut sendiri kalo habis keramas. Rambut yang harum, bebas keringat itu yang saya sukai. Tapi itu sekarang. Dulu mah, rambut saya lepek, mudah keringatan dan gak mengembang. Orang tua saya memberikan saya ramuan leluhur yang biasa digunakan oleh orang-orang dahulu. Ramuan tersebut sangat mudah kita temui atau di beli di pasar.

Cara menggunakan ramuan itu juga sangat mudah. Bisa kita racik sendiri. Bahkan ada yang tak perlu diracik. Tinggal dipakai saja.

Oh, ya sebelumnya kita cari tahu dulu ya. Kenapa sih rambut bisa lepek atau flat atau tidak mengembang. Penyebabnya apa sih, apakah bisa sembuh bak sebuah penyakit. Apakah bawaan keturunan. Kalo dari genetis, waduh bisa-bisa selamanya ni rambut lepek dan bisa menjadi warisan turun temurun ya.

Baiklah, tenang dulu ya. Kita cari tahu dulu dengan seksama.

Rambut lepek itu disebabkan oleh karena rambut berminyak. Penyebabnya ada tiga hal

- Hormon
- Cuaca
- Penggunaan Shampoo yang Salah.

Nah, coba telusuri dulu salah satu penyebab di atas. Apakah ada yang salah dengan rambutmu. Mungkin emang salah pakai shampoo atau emang cuaca yang sedang panas sehingga membuat rambut mudah berkeringat dan jadi basah terus. 

Rambut berminyak harus segera diatasi ya, supaya tidak mudah rontok dan berketombe. Gak enak bangetlah udah lepek, berminyak, mudah rontok dan berketombe lagi. Duh, gak bangetlah. Jorok sekali.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya. Bisa dengan menggunakan salah satu ramuan di bawah ini. Iya, ramuan ini hasil warisan ibu dan nenek saya. Semua bahannya mudah ditemukan di sekitar rumah. kecuali minyak Zaitun. Namun sekarang minyak Zaitun, mudah sekali kita temukan di pasar ya. Kita bisa membelinya. Satu lagi minyak Kemiri, juga mudah ditemukan di pasaran yang sudah jadi. Sudah dalam kemasan botol.

Kalo jeruk Nipis dan Lidah Buaya, tetangga saya banyak yang punya tanamannya. Jadi saya sering minta saja kalo untuk jeruk Nipis. Untuk Lidah Buaya, kami akhirnya juga menanamnya di rumah karena terlalu sering minta dengan tetangga, gak enakan.

1. Jeruk Lemon


Jeruk Lemon ini, diambil airnya saja atau potongannya. Atau bisa keduanya. Untuk air, bisa ditambung terlebih dahulu dengan suatu wadah lalu dioleskan pelan-pelan ke rambut. Untuk potongan kulit jeruknya, bisa langsung digosok-gosok ke rambut secara langsung. Oh, ya hal ini dilakukan sebelum mandi. Setelah air meresap. Atau sekitar satu jam, Barulah dibilas seperti mencuci rambut biasa yang sering kita lakukan. 

Pilihlah jeruk yang masak, karena jeruk Lemon yang matang karena mengandung banyak air.

2. Lidah Buaya


Untuk Lidah Buaya, caranya ambil Lidah Buaya bagian daunnya. Bisa dikupas terlebih dahulu atau dibelah saja. Sampai nampak bagian dalam atau daging Lidah Buaya. Lalu bagian dalam atau dagingnya dioleskan di sela-sela rambut. Atau di bagian kulit rambut. Lakukan pelan-pelan, Saat daging Lidah Buaya mengenai rambut akan terasa sejuk dan dingin. Biarkan beberapa saat, maksimal satu jam. Barulah rambut dicuci seperti biasa. Lidah Buaya ini juga dapat membuat warna rambut hitam dan lebat.

3. Jeruk Nipis


Jeruk Nipis, meskipun kecil airnya juga banyak. Jeruk ini juga bermanfaat untuk mengurangi minyak pada rambut. Seperti pada umumnya khasiat jeruk nipis dapat membuang minyak pada piring atau perkakas rumah tangga. Pada rambut, jeruk nipis juga berkhasiat sama. 

Cara menggunakannya, hampir sama dengan jeruk Lemon, diambil air atau dioleskan langsung dari kulitnya yang sudah dipotong-potong. Lalu dioleskan ke rambut secara perlahan-lahan.

4. Minyak Kemiri

Dahulu orang membuat sendiri dengan disuling langsung dari buah kemiri. Namun saat ini banyak sekali kita jumpai dan bisa membeli minyak Kemiri yang sudah jadi. Harganya juga sangat terjangkau.

Cara menggunakannya tinggal menuangkan minyak ke tangan atau wadah kecil, lalu dioleskan ke rambut pelan-pelan. Pengalaman saya menggunakan minyak Kemiri ini dilakukan pada malam hari sebelum tidur. Esok harinya baru rambut dibilas atau dicuci seperti biasa.


5. Minyak Zaitun

Siapa sih yang tidak tahu khasiat minyak Zaitun. Selain untuk kesehatan tubuh, untuk campuran aneka menu masakan. Ternyata minyak Zaitun juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. 

Cara menggunakan minyak Zaitun hampir sama dengan menggunakan minyak Kemiri


Bagaimana, kamu mau menggunakan ramuan yang mana? Sebaiknya gunakan saja bahan-bahan yang terdekat . Yang kita punya. Yang mudah kita dapatkan. Hal ini penting untuk memudahkan kita untuk melakukan perawatan secara kontinu. Agar hasil yang di dapatkan lebih maksimal.

Selain itu perawatan rambut lepek ini, tidak bisa dilakukan hanya sekali saja. Butuh berkali-kali perawatan. Kita aja perawatan ke salon harus rutin ya. termasuk hal ini. Jadi untuk hasil yang maksimal lakukanlah perawatan secara rutin. Misalnya seminggu sekali, pada hari sabtu minggu . Pada saat kita dan keluarga sedang santai atau libur.

Semoga dengan salah satu ramuan di atas , rambut kamu tidak flat lagi ya. Bisa mengembang sesuai dengan harapan dan impianmu. 

Salam, semoga berhasil 



14 comments

Saya cuma tahu lidah buaya aja Mba, ternyata masih banyak ramuan yg mudah ditemui di sekitar kita ya. Boleh dicoba nih buat weekend :)

Makasih infonya mba
Salam www.fennysugih.com

Reply

Jeruk nipis manfaat lainnya juga utk ngilangin ketombe tuh mba :). Kalo aku sih sbnrnya malah pengen supaya rambut jgn ngembang2 banget. Jd kayak singa :p. Krn rambutku tebel sih.. Makanya keseringan pasti aku iket

Reply

RAmbutku ngembang banget mbak. Sering pake lidah buaya dan jeruk lemon juga. hehehe. Memang hasilnya leih jatuh. Tapi sekarang kebanyakan males hikss... walau pake jilbab, tetep aja rambutku ngembang hehehe

Reply

silakan mb, semoga bermanfaat

Reply

hihihi, ketutupan jilbab ya mb, udah gakda yang tau

Reply

iya, bener. kan rambut flat identik ama ketombe jd ya sekalian dikelarin

Reply

Aku penrah mencoba lidah buaya dan memang rambut jaid tak flat lagi :)

Reply

Waah, coba waktu bunda muda sudah kenal yang namanya dunia maya, pasti tidak sulit mencari tips seperti ini. Tapi mungkin di usia renta juga bdlum telat kan, ya, untuk menerapkan tipnya Milda ini, hehe...

Reply

Wah, dengan bahan alami semua ya.. Lemonnya bisa dibuat hairspray juga lho

Reply

nampaknya lidah buaya masih cukup favorit untuk merawat rambut, ini karena lidah buaya kelihatan hasilnya secara cepat..
nice info mbak mildaini
salam dari kota malang
silahkan mampir www.NgopiSantai.com

Reply

Coba ah..makasih ya sarannya

Reply

Rambut saya udah tebal dan mengembang. Dulu rutin pakai lidah buaya. Mungkin itu penyebabnya, ya? :)

Reply

Memang yang alami lebih paten . .

Reply

Benerrr, pakai ini bikin rambut mengembang cantik XD

www.vinasaysbeauty.com

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.