nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Bayam Malaysia, Tumis atau Bening Sama Enaknya

Assalammualaikum.Wr. Wb

Hai sahabat Milda, apa kabar kalian semua. Semoga selalu sehat dan tetap jaga protokol kesehatan dengan baik yah. Tetap konsumsi makanan yang begizi seperti bayam. 

Nah, kali ini saya mau mengulas bayam, sayuran hijau yang disukai oleh si Popeye. Resanya yang enak memang disukai oleh siapa saja, terutama anak-anak. Sebab, tidak pahit malah terasa manis. Apalagi kalo bayam yang baru dipanen atau dipetik. Rasanya lebih segar dan manis.

Harga bayam juga sangat terjangkau serta mudah ditemukan , bisa dibeli di pasar atau di warung dekat rumah atau di tukang sayur keliling. Satu ikat, bisa dihargai sekitar dua ribu hingga tiga ribu rupiah. Kalo ditempatmu, satu ikat bayam , berapa harganya?


https://www.mildaini.com


Mengenal Bayam Malaysia

Suatu hari, saya berkunjung ke rumah saudara laki-laki saya, lebih tepatnya kakak saya nomer empat, kebetulan saya mempunyai lima orang saudara. Di perkarangan rumahnya yang kecil tumbuh berbagai macam tanaman. Saya sempat panen cabe rawit besar atau sering disebut cabe setan, saking pedasnya. Lalu saya bertanya kepada kakak ipar, tanaman yang baru saya lihat di perkarangan tersebut. 

Ternyata kata kakak ipar, itu adalah bayam Malaysia, bibitnya yang ia dapatkan dari rumah salah satu teman suaminya beberapa waktu lalu. Awalnya saya sempat bingung, dibilang bayam tapi tidak mirip dengan bayam yang biasa sering saya beli. Tapi lama-lama dilihat mereka jadi mirip, hehehe

Si kakak ipar juga bercerita bagaimana rasa bayamnya yang lebih manis. Ia juga bercerita kalo keponakkan saya doyan makan bayam tersebut. Baik dimasak bening atau ditumis, sama enak rasanya. Tergantung selera yang mau makan.


Mudah Tumbuh dan Cepat Berkembang Biak

Salah satu yang menarik dari cerita si kakak ipar tersebut adalah cara tanam yang mudah dan cepat berkembang biak. Jadi setiap dipanen, lalu potongannya ditanam kembali, bisa tumbuh. Bisa juga hanya dipatahkan lalu ditanam kembali, juga bisa. Mungkin istilah dunia bercocok tanam, bayamnya bisa tumbuh dengan sistem stek saja. Agak berbeda dengan bayam cabut, batangnya tidak bisa ditanam kembali. Begitu juga dengan bayam halaman atau bayam petik, tidak bisa ditanam kembali.

Lalu, si kakak juga menunjukkan beberapa hasil tanaman bayamnya yang baru. Memang terlihat tidak butuh media khusus. Bayamnya bisa tumbuh dengan subur. 


https://www.mildaini.com
Batang bayam yang saya tanam langsung di tanah tumbuh subur, ini sudah berusia 6 hari

Hal ini tentu saja menarik, selain bayam memang disukai oleh anak-anak di rumah. Asik juga nih punya tanaman bayam sendiri, bisa panen sendiri. Apalagi rasa bayam yang baru dipanen dan dipetik tentu saja akan berbeda jika dibandingkan dengan yang dijual di pasar. Masa panennya juga cepat. 

Oke sepakat. Saya pun akhirnya mengambil lumayan banyak bayamnya. Dengan niat nanti akan saya tanam juga di rumah. Jadi nanti seperti biasa saya hanya mengambil daun bayamnya saja, batangnya akan saya coba tanam kembali.

Bayam yang saya ambil itu, akhirnya sorenya saya masak sayur bening, pakai cabe rawit. Ini lupa saya fotoin. Esok harinya saya masak tumis dengan wortel serta diberi kuah sedikit.

Noted : Teman-teman saya belum melakukan riset lebih mendalam mengenai apakai ini benaran dari Malaysia atau bagaimana. Ini baru saya ketahui dari informasi kakak saya ya. Kalo di googlig pun, belum banyak yang mengulas soal bayam Malaysia ini, tetapi banyak juga yang menjual bibitnya. Bisa dibeli secara online juga.


https://www.mildaini.com


Manfaat dan kandungan Bayam

Secara umum kandungan bayam Indonesia dan Malaysia ini sama

Bayam memiliki kandungan 91,4% air, 3,6% karbohidrat dan 2,9% protein. Berikut kandungan nutrisi dalam 100 gram bayam:

23 Kalori

2,9 gram Protein

3,6 gram Karbohidrat

0,4 gram Gula

2,2 gram Serat

0,4 gram Lemak

0,14 gram Omega-3

0,03 gram Omega-6

Kandungan vitamin dan mineral pada bayam adalah vitamin A, C, K, B6, B9, E, asam folat, zat besi, kalsium, kalium, dan magnesium. 


Kandungan senyawa Bayam

  • Lutein. Lutein dapat membantu memperbaiki kesehatan mata
  • Kaempferol. Antioksidan ini dapat menurunkan resiko terjadinya kanker dan penyakit kronis
  • Nitrat. Bayam memiliki kandungan nitrat yang dapat meningkatkan kesehatan jantung
  • Quercetin. Bayam merupakan sumber terkuat dari quercetin. Antioksidan ini dapat mengatasi infeksi dan peradangan.
  • Zeaxanthin. Kandungan ini dapat meningkatkan kesehatan mata

https://www.mildaini.com


Berikut beberapa manfaat bayam bagi kesehatan


Menjaga Kesehatan Mata

Bayam memiliki kandungan zeaxanthin dan lutein yang merupakan pemberi warna pada sayuran. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa zeaxanthin dan lutein bekerja untuk mencegah degenerasi macula dan katarak, yang merupakan penyebab utama terjadinya kebutaan.  Kedua senyawa tersebut juga dapat membantu mengatasi kerusakan pada mata.

Mencegah Kanker

Bayam memiliki kandungan antioksida yang dapat memperlambat pertumbuhan kanker. Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa senyawa dalam bayam dapat memperlambat pertumbuhan tumor di leher rahim manusia dan juga mengurangi ukuran tumor. Beberapa penelitian lain menyebutkan bahwa konsumsi bayam dapat mengurangi resiko mengalami kanker prostat. Mengkonsumsi sayuran hijau juga dapat membantu mencegah kanker payudara.

Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

Bayam memiliki beberapa kandungan yang dapat membantu menjaga kestabilan tekanan darah, seperti nitrat, kalium, dan folat. Kandungan folat pada bayam dapat berkontribusi menurunkan tekanan darah, merilekskan pembuluh darah dan menjaga kestabilan aliran darah.

Memperkuat Otot

Antioksidan pada bayam Faktor C0-Q10 memiliki peran penting dalam memperkuat otot, terutama otot jantung. Senyawa ini juga berguna untuk mencegah dan mengobati gangguan kardiovaskular.

Menjaga Kesehatan Tulang

Bayam merupakan sumber vitamin K yang baik dan berfungsi mempertahankan kalsium dalam tulang. Selain itu mineral lain dalam bayam dapat mencegah seseorang mengalami osteoporosis, menjaga kesehatan gigi dan kuku.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jumlah tinggi protein dalam bayam dapat dipecah oleh enzim menjadi asam amino yang penting bagi manusia. Protein ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk menyembuhkan luka dan mendorong semua organ berfungsi pada tingkat optimalnya.


Nah, teman-teman apakah sudah pernah mencicipi makan bayam Malaysia ini, bagaimana rasanya? atau ada yang tertarik untuk bertanam bayam Malaysia

Baca Juga

Related Posts

26 comment

  1. Wah ini toh bayamm Malaysia kelihatannya seger, imut juga bentuknya jadi pengin nyobain hemm

    BalasHapus
  2. Wah gampang banget tumbuhnya. Aku nanem bayam biasa malah mati melulu. Apakah aku harus menanam bayam Malaysia ini? Hehe. Lumayan kan ga perlu beli sayur

    BalasHapus
  3. Wahh. Ternyata ini sama dengan bayam brazil yang di jual oleh salah satu teman di fb. Namanya aja yang beda ya. Wkwk

    BalasHapus
  4. Kok kayak bukan bayam ya...baru tahu bayam malaysia. Kenapa dikasih nama Malaysia ya. Penasaran saya. Tapi memang pernah baca toko online ada dijual bibitnya

    BalasHapus
  5. Wah iya beda jauh ya bentuknya, kalau gampang tumbuh mau deh nanti coba cari bibitnya, pengen ngerasain juga bayam Malaysia itu seperti apa. Kalau dibuat green smoothies enak juga ga ya?

    BalasHapus
  6. Saya baru lihat nih model bayam seperti ini. Baru aja saya mau tanya kenapa dinamakan bayam malaysia? apa benar asalnya dari malaysia atau di malaysia menanam bayam seperti ini? eeeh... ada tulisan disclaimer kalau belum melakukan riset lebih dalam... xixixi.. jadi ditunggu deh yaa informasi sejarar dinamakan bayam malaysia.

    BalasHapus
  7. Bayam Malaysia ini apakah sama dengan spinach ya mam? Soalnya saya sempat lihat tutorial resep menggunakan bayam ini. Kalau dengan bayam lokal gimana nih head to head kualitas nutrisinya?

    BalasHapus
  8. anak-anak di rumah paling doyan bayam pas liat ini bentuknya beda ya mba cuman jadi penasaran karena di sini belum pernah liat aku, jadi pengen coba tanam beli bibit online ya

    BalasHapus
  9. Baru tahu nih jenis Bayam Malaysia. Daunnya kelihatan lebih tebal, ya? Dan warnanya juga lebih hijau. Kalau bayam lokal di tempatku harganya Rp 3.000-4.000 seikat, tergantung penjualnya. Kira-kira kalau ada yang jual Bayam Malaysia ini harganya berapaan, ya? Penasaran nih karena Mbak bilang rasanya lebih manis.

    BalasHapus
  10. Belum pernah lihat bayam ini secara langsung. Di pasar belum ada hehehe. Tetapi, udah beberapa kali lihat ada yang share di internet

    BalasHapus
  11. ehh, penampakan bayamnya lucuu yaaa, imut2 bayam malaysiaa. Aku belom pernah nemuuu Maak di sini, Ahh udah ga diragukan lagii manfaat bayam buat kesehatan yaa. AKu suka apapun olahan bayam, kadang juga buat bikin bakwan, atau dipecel kalo udah bosen di sayur.

    BalasHapus
  12. Ternyata ada beragam jenis bayam ya..aku taunya hanya bayam hijau dan bayam merah
    Dan bayam memiliki segudang manfaat proses pengolahannya menjadi sayur pun juga begitu sederhana

    BalasHapus
  13. bayam Malaysia lebih besar ya ma daripada banyak biasa?
    klo aq sayur bayam paling senang dimasak sayur bening, segar dan sehat

    BalasHapus
  14. Penampakannya beda ya dengan bayam biasa lebih kecil daunnya, daku nggak pernah lihat di tukang sayur langganan hehe...

    BalasHapus
  15. Dari penampakannya nggak terlalu mirip bayam sih ya. Kalau rasanya sama aja? Jadi penasaran buat nanam sendiri. Coba aha searching bibitnya di ecommerce

    BalasHapus
  16. Manfaatnya banyak juga ya mba. Ini aku kok baru tahu tentang bayam malaysia. Baru lihat bentuknya.

    BalasHapus
  17. Saya belum pernah icip Bayam Malaysia mbak, bahkan aku juga baru tahu kalau ada yang namanya Bayam Malaysia. Terus aku kepo dong mbak pengin nyobain rasanya juga, tapi sepertinya PR banget nih kalau nyari Bayam Malaysia di Jakarta

    BalasHapus
  18. Unik ya daunnya kruwel kruwel gitu. Saya belum pernah melihat tanaman bayam malaysia ini secara langsung mbak, baru tahu setelah membaca postingan ini

    BalasHapus
  19. saya malah belum pernah makan bayam malaysia mbak selama di malaysia. Bayam ya bayam macam di Indonesia sinilah hehe tapi bagus juga ya, diversifikasi pertanian ini jadinya yaa. karena kita bisa mengembangkan bayam malaysia di indonesia.

    BalasHapus
  20. Eeeh.. Pernah liat ini di pasarr.. Ternyata namanya bayam malaysia ya? Apa memang awalnya tumbuh disana. Tadinya cm ngira namanya bayam aja. Cm gak tau nama lainnya walau beda. Hihi

    BalasHapus
  21. bayamnya lebih keras ga sih mak dari bayam biasa kalau kuliat. kalau bayam lokal kan rada lemes emang
    kalau liat bayam malaysia ini kayak yang daunnya lebih kuat gitu. sepertinya

    bayam emang enak mau dibikin macem-macem. makanan wajib di rumah, cepet, mudah bikinnyaa

    BalasHapus
  22. Aku tahunya bayam ini namanya bayam brazil ..enak banget dibuat sayur bening kayak bayam biasa.. krenyes2 gitu ya daunnya..

    BalasHapus
  23. Apakah bayam Malaysia juga gak bisa dibesokin saat memasaknya, kak Milda?
    Seingetku sayuran bayam yaa... yang gak bisa diangetin lagi...?
    Menyenangkan sekali, memakan hasil kebun sendiri.

    BalasHapus
  24. wah aku baru tau nih bayam malaysia.. kayanya daunnya juga lebih ijo dibanding bayam biasa ya mak.. Tapi kandungannya sama-sama bagus untuk dikonsumsi ya Mak.. Jadi penasaran pengen cobain bayam malaysia juga nih..

    BalasHapus
  25. keluargaku suka bayam. Segar dimasak sayur bening aja.
    Kalau bayam malaysia jujur baru tahu juga, nih. Bentuk daunnya lebih tebal dan warnanya lebih gelap dari bayam biasa.

    BalasHapus
  26. Waa, baru tahu ada bayam Malaysia mba, aku tahunya bayam Brazil dan bayam biasa yang biasanya aku masak untuk dijadikan sayur bening. Coba cari bibitnya ah, siapa tahu bisa nanam sendiri di rumah

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin