nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Tipe dan Karakter Golongan Darah O

Assalammualaikum.Wr.Wb


Hai, sahabat Milda semua apa kabarnya, semoga sehat semua yah. Kali ini aku mau berbagi informasi isi dari salah satu halaman buku aku yang berjudul Nutrisi Pintar untuk Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah. Buku ini ada empat seri, sesuai dengan jumlah atau golongan darah manusia, yaitu golongan darah A ,B, AB dan O.

Namun, kali ini aku akan membahas mengenai tipe dan karakter dari si pemilik golongan darah O.


https://www.mildaini.com


Seputar Golongan Darah Manusia


Golongan darah ditentukan oleh dua hal yang berbeda yaitu gen ayah dan gen ibu. Pencampuran kedua gen tersebut sangat berpengaruh terhadap golongan darah seseorang. Golongan darah diperoleh secara genetis atau melalui proses keturunan. 

Golongan darah adalah ciri khusus dari darah seseorang . Perbedaan golongan darah tersebut karena adanya perbedaan karbohidrat dan protein pada permukaan membrane sel darah merah. Dua jenis penggolongan darah yang paling pentingadalah penggolongan ABO dan Rhesus (factor rh)  


Mengenal Golongan Darah O


Individu dengan golongan darah O memiliki sel darah tanpa antigen tapi memproduksi antibodi terhadap antigen A dan antigen B sehingga orang dengan golongan darah O- negatif dapat mendonorkan darahnya kepada orang dengan golongan darah ABO apa pun dan disebut donor universal. Namun, orang dengan golongan darah O –negatif hanya dapat menerima darah dari sesama golongan darah  O- negatif. 

Menurut Dr D’Adamo golongan darah O memiliki sifat-sifat sebagai berikut

- Memiliki kadar asam lambung yang tinggi

- Memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi 

- Rentan terhadap penyakit kencing manis, gangguan pencernaan, peredaran darah kurang lancar, sakit pinggang, dan tulang belakang, kegemukan, kolesterol tinggi, hipertensi, asam urat, kanker , jantung dan artrithis.

Seseorang dengan golongan darah O sebaiknya menghindari atau mengkonsumsi sedikit saja minuman yang bersifat asam dan dianjurkan mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi.\

https://www.mildaini.com


Diet untuk golongan darah O


Golongan darah merupakan kunci utama pada tubuh kita. Setiap golongan darah memiliki ciri, sifat dan karakter yang berbeda-beda sehingga kebutuhan dan asupan makanan pun berbeda-beda. Pola pengaturan makanan dan minuman atau sering disebut dengan diet sangat diperlukan untuk mendapatkan status kesehatan yang baik. Salah satu pola pengaturan makan dan minuman tersebut berdasarkan golongan darah.  

Metabolisme tubuh akan optimal jika asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi disesuaikan dengan golongan darah. Pola pengaturan makanan dan minuman atau serring disebut dengan diet sangat diperlukan untuk mendapatkan status kesehatan yang baik.  

Makanan bagi golongan darah O merupakan cara alami untuk mengembalikan fungsi ketahanan tubuh dan membersihkan tubuh dari lektin. Yang berbahaya bagi tubuh. Buah-buahan dan sayuran merupakan makanan penting gbagi golongan darah O yang merupakan nutrisi tambahan yang dibutuhkan untuk mempertahankan ketahanan tubuh. 

Pertama diet golongan darah. Konsumsilah banyak sayuran hijau, makanan dengan kadar protein hewani yang tinggi, dan seafood adalah beberapa jenis makanan yang termasuk kategori sangat baik untuk dikonsumsi. Hindarilah sayuran seperti misalnya terong, kentang, jamur, dan tauge atau jenis sayuran yang mengandung banyak lektin.

Hal ini berguna untuk menghindarkan diri dari risiko gangguan lambung, alergi dan nyeri sendi. Makanan lain seperti ikan tuna, sardine, tempe, tahu, daging, ayam, dan susu kedelai adalah beberapa jenis makanan yang bersifat netral bagi golongan darah O. Lakukan jenis olahraga kardio di pagi hari seperti jogging, bersepeda, atau berenang, sehingga dapat memberikan impact yang baik untuk menyegarkan tubuh.

Buah-buahan dan sayuran yang baik untuk golongan darah O adalah jenis buah-buahan dan sayuran yang mampu mengimbangi tingkat keasaman yang dimiliki seseroang dengan golongan darah O  tersebut. 


https://www.mildaini.com
Apakah mneu ini,boleh dimakan si pemilik golongan darah O


Beberapa jenis buah –buahanan sayuran yang sesuai dengan golongan darah O adalah sebagai berikut

Golongan sayuran

1) Brokoli

2) Bayam

3) Waluh

4) Lobak

5) Gangang laut

6) Asparagus

7) Wortel

8) Tomat


Golongan buah-buahan

1) Blueberry

2) Mangga

3) Pisang

4) Anggur

5) Apel

6) Belimbing

7) Strwaberry

8) Semangka

9) Pepaya

Nah,teman-teman yang mau mulai diet berdasarkan golongan darah, bisa mengunakan informasi ini sebagai acuan untuk memulai diet.

Btw, bagaimana dengan karaternya, yang golongan darah O.Komentar dong, gimana sifat-sifat yang dibahas di atas, apakah benar.


Baca Juga

Related Posts

25 comment

  1. Wah, baru tahu kalau nutrisi ibu hamil juga harus sesuai dengan golongan darah. Penting banget buku ini, jarang tahu padahal bunda wajib tahu :)

    BalasHapus
  2. Wah, baca tulisan ini pas banget mbak. Kan golongan darahku O. IYa ya aku tuh punya penyakit tulang punggung bawah yang sedikit bengkok tapi kalau kumat (aduh, semoga ga kumat lagi) rasanya bukan maiiiiiin sulit diuraikan dengan kata2 deh. Diet juga agak sulit ya, kudu tetep makan protein yang jelas ngurangi karbohidrat itu harus hehehe.

    BalasHapus
  3. Ternyata golongan darah juga menentukan makanan yang baik dan yang tidak baik untuk dikonsumsi, yaa... Kukira diet berdasar golongan darah tu cuma mitos, tapi setelah baca penjelasannya, masuk akal juga karena susunan darah tiap orang berbeda-beda...

    Btw, ini buku Mak Milda ya? Keren banget ih...

    BalasHapus
  4. Aku bukan golongan darah O, sih. Enak ya, kalau kita udah tahu kondisi tubuh kita dan bagaimana menyikapinya.

    BalasHapus
  5. ku goldar O, mak.
    Dalam beberapa hal, ada benarnya juga siik.
    kayak asam lambung itu, kadang kumat kalo kecapekan/ stres
    makasiii insight-nya Mak.
    dau mau perbanyak sayur buaaahhh

    BalasHapus
  6. Golongan darahku O nih mbak, aku kurang suka terong pas dong ya. Kalau kardio aku tiap hari pasti lakukan kok. Untuk golongan bua jeruk gak masuk ya karena asam mungkin ya

    BalasHapus
  7. Saya bukan golongan darah O tapi semua makanan itu saya embat habis juga. Hehehe...
    Diet menyesuaikan dengan golongan darah ini malah baru saya tahu nih...

    BalasHapus
  8. Aku..Aku..Golongan darah O juga nih.
    Bacanya jadi manggut2, ada benarnya dan semoga yang jelek2nya engga, ehhh.
    Makasih looh penjelasannyaa, tapi aku belom pernah mencoba diet2, soalnya badannya udah enak dan nyaman di sekian kiloo.

    BalasHapus
  9. Wah menarik juga nih. Ternyata bisa ya diet itu sesuai golongan darah. Baru tau aku hehehe. Nah berhubung golongan darahku B, ntar aku kepoin ah supaya bisa diet sesuai golongan darahku.

    BalasHapus
  10. Kayak papa aku golongan darah O mba. Aku, mama dan adik akuk golongan darah B. Dulu pernah juga saudara golongan darah O diet ikutin golongan darah. Teryata emang bisa ya

    BalasHapus
  11. Suamiku nih mah, golongan darahnya O. Bener juga, dia tuh gampang naik asam lambung ketika lelah atau banyak beban. Ternyata, sifat dari golongan darah bisa diatasi dengan diet, ya. Dicatet nih, makanan apa saja yang cocok buat goldar O. Biar suamiku, asam lambungnya gak kambuh lagi.

    BalasHapus
  12. Habis baca ini aku jadi tau kenapa ada diet untuk tipe golongan darah, terntyata ada ketentuannya ya. Mana yang diperbolehkan mana yang dilarang.

    BalasHapus
  13. wah makasih infonya mbak Milda. Kalau untuk golongan darah A apakah sama degan golongan darah O mbak untuk konsumsi sayuran dan buah-buahannya? jadi penasaran nih hehe

    BalasHapus
  14. Aku justru hypoglikemik atau kadar gula rendah. Tapi emang sih aku suka buah dan sayuran, juga aslinya suka makan seafood dan protein hewani maupun nabati

    BalasHapus
  15. Aku O, anakku juga O. Dan emang bener sih, aku dan anakku punya masalah yg sama yaitu di pencernaan. Tp tetep aja sih aku suka ngebandel makan yg asem dan pedes padahal udah tau akibatnya. Heheh.

    BalasHapus
  16. Hooo baru ngerti nih, kapan2 dong lanjut dong dengan tulisan tentang karakter dan diet yang cocok buat golongan darah A.

    BalasHapus
  17. Oh...pentesan banget, kalau ke dokter gigi, dokterku selalu bilang kalau ada orang yang suasana mulutnya itu asam, Bu...
    Ternyata aku baca penjelasan kak Milda, salah satunya karena dipengaruhi oleh golongan darah yaa..
    Jadi kudu banyakin makan sayur hijau. Pengetahuan banget...
    Haturnuhun kak Milda.

    BalasHapus
  18. Mpo tidak suka pepaya tapi untungnya banyak pilihan makanan dan buah buat golongan o

    BalasHapus
  19. Baru Tau aku malah mba .. Aku AB nih ternyata setiap golongan Sarah mempunyai sifat yg berbeda Dan jenis makanan yg cocok...

    Jadi penasaran golongan darah ku bener gk ya...

    BalasHapus
  20. Buat lagi Mbak Mil artikel untuk golongan darah B. Soalnya saya goldar B jadi ingin tahu juga apa yang boleh dan nggak boleh.

    BalasHapus
  21. sebagai orang dengan goldar O ya banget aku punya kadar asam lamung tinggi mba hehhee dan buah/sayuran yang disebutkn untung aku suka

    BalasHapus
  22. selamat dan sukses bukunya maak
    kalau tahu golongan darahnya emang bikin enak jadi tahu cara mulai mengasuh dll termasuk makanan yang harus kita konsumsi ya mak. karena ngaruh ga ngaruh kalau kita tahun goldar jadi tahu ooo bagusnya ini bagusnya itu buat macem-macem sampai ke pola makan juga

    BalasHapus
  23. Btw aku salfok kenapa itu bukunya ditaruh di sandal-sandal kotor ya? Soal goldar aku gol O nih, duh serem juga ya ragam penyakitrnya. Alhamdullilah, ak kalau makan milih-milih dan ga suka minuman yang beli-beli itu

    BalasHapus
  24. Saya nih, golongan darahnya O. Emang bener sih, asam lambung tinggi dan gampang gemuk. Jadi musti hati-hati banget soal makanan. Apalagi saya orangnya demen makan dan hobi makan pula. Gawat kalau nggak kontrol.

    BalasHapus
  25. Jadi golongan darah O ini bisa memberi ke semua jenis golongan darah kecuali AB, tapi ya cuma bisa menerima dari sesama golongan darah O ya Mak... Noted Mak..

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin