Menu

Jumat, 19 Juni 2020

/
Membuat Sendiri Sate Padang


Assalammualaikum.Wr.Wb

Halo saahabat Milda, yang sering mampir ke postingan blog ini. Semoga kalian selalu sehat dan selalu menemukan mood yang bagus dalam sebuah makanan. Ibarat kata good food good mood.

Buat yang lagi mencari selera makan, karena mungkin bosan dengan menu itu-itu aja selama di rumah saja. Bisa mencoba membuat sendiri sate Padang. Seperti yang sudah saya lakukan.

Alasan membuat sate Padang karena ada rasa kuatir untuk membeli di tempat langganan kami seperti bisa. Akan tetapi ketiga putri salju saya selalu minta sate Padang. Akhirnya saya pun mencari berbagai referensi untuk bagaimana membuat sate Padang sendiri. Mulai dari bertanya dengan teman-teman, membaca, menonton berbagai postingan tentang sate Padang di internet.

Sajian sate Padang nan lengkap siap disantap
Hasilnya, dengan semangat saya mencoba untuk membuat sendiri sate Padang. Inti dari sate Padang ini terletak di kuahnya.

Saya harus memastikan bahwa kuah sate yang akan saya bikin ini adalah kuah sate Padang terenak yang penah anak dan suami saya makan, hahaha.

Tahapan Pertama Masak Sate Padang

Ketiga putri salju saya suka sekali sate Padang bagian sayap. Jadi saya membeli satu kilo ayam bagian dada dan satu kilo sayap ayam. Untuk Harga baik dada dan sayap sama saja. Di kota Bengkulu, harga ayam kisaran Rp. 25.000 - Rp. 40.000,-. Tapi perah juga harganya lebih dari empat puluh ribu, namun tidak lama. 

Tahapan Kedua, Ungkep/Rebus Ayam

Untuk merebus atau ungkep ayam, saya membeli bumbu ungkep yang sudah jadi. Lalu menambahkan daun kunyit, daun salam, daun jeruk purut dan serai ke dalam air rebusan ayam. Jika ditambahkan sedikit kunyit. Maka warna ayamnya nanti akan terlihat lebih kuning. Rebus dengan matang secara merata dan sempurna, jangan sampai ada bagian dalamnya yang berdarah atau belum matang.

Saya Ayam usai diungkep siap dibakar/dipanggang
Tahapan Ketiga, Panggang atau Bakar Ayam

Setelah ayam diungkep, maka selanjutnya adalah membakar atau memanggang ayam yang sudah diungkep/direbus tadi.

Saya lebih suka menggunakan alat bakar/pemanggang anti lengket. Jadi wajannya diolesi mentega dulu. Lalu letakkan ayam/sayap yang ingin dibakar/dipanggang, hingga matang. Ini ditandai dengan ada bagian kulit ayam/sayap yang mutung atau gosong.

Sayap Ayam usai dibaka, wanginya menggodah
Bisa juga dengan menggunakan kuali saja, yang ditaburi dengan mentega atau bisa juga langsung dibakar di atas bara api langsung.

Bau kulit ayam/sayap yang gosong dengan baluran mentega, akan mengeluarkan wangi khas yang bikin nafsu makan bertambah. Ayam yang sudah dibakar/dipanggang ini pun enak jika langsung dimakan.

Oh, ya jika waktu agak senggang, maka sayap ayamnya sering juga saya tusuk pake lidi sate. Tapi nggak pake tusuk sate pun, akan lebih enak dan praktis. 

Tahapan Paling Penting Keempat, Membuat Kuah Sate

Kalo di kota Bengkulu, ada toko berbagai bumbu masakan yang diracik. Jadi saya tinggal bilang saja, ingin membeli bumbu sate Padang. Biasanya untuk satu kilo ayam, saya membeli tiga ribu saja bumbu sate Padang yang sudah jadi.

Selain itu ada juga bumbu Sate Padang yang Instan dan kering dalam kemasan. Harga satu kemasannya empat ribu rupiah.

Sebagian teman menyarankan saya untuk menggunakan atau memadukan kedua bumbu tersebut. Jadi menggunakan bumbu sate yang diracik dan bumbu sate instan.

Bumbu Instan Sate Padang
Nah, kalo saya jika hanya masak satu kilo ayam. Maka saya hanya menggunakan bumbu yang diracik saja yang saya beli seharga tiga ribu.

Tetapi kalo kalo saya masak dua kilo lebih ayam, maka saya akan mengkombinasikan kedua bumbu tersebut. Saya gunakan semuanya. Jadi butuh modal sekitar tujuhribu untuk bumbu sate Padang sebanyak dua kilo ayam.

Masak Kuah Sate Padang

Bahan-bahan yang dibutuhkan untk satu kilo Ayam

- Bumbu Racikan Sate Padang, seharga Rp. 300.0,-
- Bumbu Instans Sate Padang satu bungkus
- Cabe giling 100 gram (tergantung selera pedasnya)
- Cabe rawit giling 50 gram (tergantung selera pedasnya)
- 3 sendok minyak goreng
- Lada halus (ini tergantung selera)
- Penyedap (bumbu kaldu ayam) ini tergantung selera
- Daun Serai, Daun Salam, Daun Jeruk, Serai, masing=masing 2-3 lembar
- 500 ml air
- 3-4 sendok tepung beras.
- Bawang Goreng, saya beli lima ribu saja.

Daun ajaib yang bikin masakan makyuzz

Cara Membuat

Pertama, cairkan atau aduk tepung beras ke dalam 500 ml air hingga merata

Kedua, panaskan minyak goreng, setelah panas llau tumis cabe merah dan cabe rawit. Lalu masukan bumbu sate. Aduk hingga merata dan keluar aroma wangi. Jaga sampai gosong. Jika dilihat agak kering, boleh tambahkan sedikit air, agar tidak gosong.

Setelah tercampur merata, masak dan mengeluarkan wangi yang sedap. Maka masukan air campuran tepung beras sambil diaduk hingga merata.

Setelah merata, lalu biarkan hingga mendidih. Lalu diaduk pelan-pelan hingga kuah mengental. Perlu diperhatikan saat kuah sudah mengental, maka tidak boleh menganduk terlalu kencang.

Hal ini bisa membuat kuah menjadi pecah atau kurang kental. 

Tahapan Kelima, Potong Lontong Segera Sebarkan Kuah Sate dan Taburkan Bawang Goreng

Selagi kuah sate hangat, maka segera siapkan piring yang telah berisi potongan lontong dan ayam secara rapi , lalu tuangkan kuah sate di atasnya. Lalu taburkan bawang goreng di atasnya. Setelah itu, sate siap disantap.

Alhamdulilah sudah siap Sate Padangnya
Alhamdulillah, sate Padang siap disantap. Dengan adanya kedai aneka bumbu masak ini, sangat membantu saya untuk masak setiap hari tanpa kuatir dengan kebingungan soal bumbu. Saya tinggal bilang saja, ingin bumbu apa saja dan berapa banyak. Nanti penjualnya yang akan meracik bumbu tersebut. Misalnya akan masak Rendang, tinggal bilang mau beli bumbu Rendang berapa kilo Daging.

Ini solusi banget buat yang nggak terlalu paham dan pandai meracik bumbu masakan kayak saya, tapi ingin masak juga, hehehe.

Jadi perempuan modern itu nggak anti masak, apalagi gaptek masak. Masak akan menjadi lebih menyenangkan, mudah dan praktis. Tanpa kuatir tangan yang menguning, akibat mengupas dan menggiling kunyit, hehehe.

Mari dicoba ya masak sate Padang sendiri, seru loh. Kalo sudah sekali, nanti akan ketagihan loh. 

Diberdayakan oleh Blogger.