Menu

Selasa, 17 Juli 2018

/
Assalammualaikum. Wr.Wb
Anda sering mengalami perut kram saat menstruasi? Penyebab perut kram pada wanita saat menstruasi adalah kontraksi uterus atau rahim untuk mengeluarkan lapisan-lapisannya. Hormon prostaglandis yang berkaitan erat dengan rasa sakit dan inflamasi memicu otot rahim untuk berkontraksi. Semakin tinggi level prostaglandins, semakin sakit kram yang dirasakan. 


Olahraga

Sebelum meminum obat pereda rasa nyeri, anda bisa mencoba untuk berolah raga. Anda mungkin berpikir, “Gila! Berjalan saja sulit, apalagi olahraga!” Cobalah terlebih dahulu. Lakukan jalan santai, kemudian jalan cepat. Bila memungkinkan, ikutlah aerobic ringan. 

Cara ini membantu tubuh melepaskan hormon endorphine yang bertugas menghalangi kerja hormon prostaglandins dan meredakan kram perut. Olah raga juga harus anda lakukan setidaknya seminggu 4 kali agar disaat menstruasi datang, tubuh anda tetap bugar. 

Minum Teh Chamomile 

Teh Chamomile terbukti memiliki wangi yang menenangkan dan membuat rileks. Teh ini juga mengandung zat yang berfungsi untuk mencegah inflamasi. 

Berjemur untuk Dapatkan Vitamin D

Tubuh yang mendapatkan asupan vitamin D yang cukup biasanya jarang mengalami kram menstruasi. Sebuah studi mencatat bahwa kurangnya asupan vitamin D bisa menjadi penyebab perut kram pada wanita. Setelah penelitian dilakukan. Sejumlah wanita diberikan asupan suplemen vitamin D3 5 hari sebelum periode menstruasi. 

Mereka menyatakan bahwa kram perut mereka berkurang hingga 41 persen. Bila enggan meminum suplemen vitamin D, anda bisa luangkan waktu untuk berjemur dipagi hari setiap hari. Murah, menyehatkan!

Akupunktur

Akupunktur adalah metode pengobatan tradisional China yang menggunakan jarum. Jarum-jarum ditusukkan ke titik-titik tertentu permukaan tubuh untuk merangsang syaraf-syaraf. Peneliti dari Rumah Sakit Oriental Pusat Medis Universitas Kyung Hee Korea Selatan menemukan bahwa akupunktur memberikan efek positif pada kram menstruasi. 

Hindari Kafeine, Makanan dan Minuman Manis

Banyak wanita sudah membuktikan bahwa diet yang sehat membantu menyembuhkan perut kram saat menstruasi. Kurangi asupan makanan dan minuman manis, termasuk makanan yang tinggi karbohidrat, seperti roti dan pasta. Juga kurangi kafeine dan makanan berlemak dan gorengan. Kurangi konsumsi kopi, teh, dan bahkan coklat. Mengapa? Semua itu bisa memperparah inflamasi dan membuat periode menstruasi anda semakin menyiksa.

Itulah beberapa cara menyembuhkan perut kram ala Guesehat.
5 comments

Yang terakhir kayaknyasulit dihindari. Tapi padahal saya minum kopi dan yg manis manis tapi gak pernah ngerasain sakit kalo haid. Hmm mgkn saya sering olahraga jg jadi gak sakit hehe

Reply

Walah, pantes aja saya suka lama-lama kalau nyeri perut pas menstruasi. Ternyata salah satunya harus menghindari makanan dan minuman manis. Tiap hari saya makanan dan minuman manis hiksss :(

Reply

menghidari yang masni bisa mbak, tapi wajahku kan dah manis dari sananya, gimana itu heheee

Reply

Wah harus hindarin kafein juga ya. Padahal sku suka banget sama kopi. Kalo pagi-pagi ga ngopi ada yang kurang rasanya

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.