Menu

Sabtu, 10 Maret 2018

/
Assalammualaikum Wr. Wb

Mildaini.com_Resep Makanan Bayi Usia 9 Hingga 1 Tahun. Seiring dengan perkembangan si kecil, makanan yang diberikan untuk anak Anda harus disesuaikan dengan kemampuan anak untuk makan. Misalnya anak yang berusia 9 bulan sudah mulai tertarik untuk makan lewat tangannya sendiri. Anak akan lebih suka meraup makanan yang ada di hadapannya dibandingkan menerima makanan yang diberikan oleh orang tuanya. Makanan bayi 9 bulan  yang bisa diberikan seperti bubur dengan tekstur yang lebih kasar, misalnya bubur instant untuk anak 9 bulan yang ada di toko online, dapat diberikan karena si kecil sudah mulai untuk belajar mengenal warna, aroma dan tekstur.

Saya bersama Annasya di alun-alun kota Bandung
Beberapa jenis makanan yang bisa Anda berikan adalah makanan yang direbus hingga lunak ataupun makanan yang dipotong kecil-kecil misalnya wortel, kentang ataupun kuning telur rebus, keju dan tahu yang dipotong kecil-kecil. Makanan tersebut selain bisa membantu anak mengenal rasa, tekstur dan warna juga bisa membantu motoriknya lewat tangan yang memasukkan makanan ke dalam mulutnya.

Akan tetapi, terdapat makanan yang sebaiknya tidak diberikan ke anak yang berusia 9 bulan. Beberapa jenis makanan tersebut adalah telur setengah matang, kacang yang utuh, makanan yang mengandung kaliri dan lemak yang rendah serta makanan yang mengandung serat yang tinggi. Anda juga disarankan agar tidak memberikan ikan yang mengandung merkuri misalnya ikan pedang, todak, marlin, salmon karena dikhawatirkan bisa mengganggu perkembangan dari sistem syaraf anak. Selain harus membatasi pemberian gula dan garam, jangan dahulu memberikan madu sebab bakteri pada madu bisa menyebabkan kerusakan pada usus bayi.

Nasya sesekali kalo makan pengen juga diajak jalan-jalan naik stoller
  
Berikut ini adalah resep makanan bayi 9 bulan hingga 1 tahun yang bisa Anda buat sendiri di rumah untuk anak Anda. 

Pertama adalah nasi tim. Bahan yang harus Anda persiapkan dan cara pembuatannya adalah:

Bahan:

500 ml air kaldu.
20 sdm beras merah.
20 gr hati ayam.
20 gr brokoli, cincang.
20 gr wortel haluskan atau potong kecil.
20 gr keju parut.

Cara:

1. Rebus beras bersamaan dengan hati ayam dengan menggunakan air kaldu. Aduk hingga mengental.
2. Tambahkan wortel lebih dahulu baru kemudian tambahkan brokoli. Aduk merata.
3. Angkat dan biarkan hingga dingin baru kemudian bisa ditaburi dengan menggunakan keju.

Kedua adalah nasi tim labu tempe. Bahan serta tahapan pembuatan yang harus Anda persiapkan dan lakukan adalah:

Bahan:

2 sdm nasi masak.
500 ml air.
100 gr kentang, iris kecil.
1 potong tempe, iris kecil.
Labu secukupnya.
Seledri dan garam secukupnya.

Tahapan pembuatan:

1. Siapkan panci dan masukkan nasi dan air.
2. Aduk hingga air habis.
3. Sambil menunggu nasi matang, rebus labu, kentang, tempe hingga empuk.
4. Campurkan rebusan tersebut ke dalam nasi dan aduk hingga merata.
5. Tambahkan seledri yang diiris halus dan garam secukupnya.
6. Setelah matang, angkat dan diamkan sebentar lalu berikan saat masih hangat.

Makanan bayi 9 bulan hingga 1 tahun yang ketiga adalah bubur biskuit susu apel. Bahan dan caranya:

Bahan:

3 buah biskuit bayi.
50 gr apel, haluskan. Anda bisa tidak terlalu menghaluskan apel agar ada tekstur yang bisa dirasakan anak.
2 sdm susu formula.
150 ml air hangat.

Cara:

1. Larutkan susu formula menggunakan air hangat.
2. Siramkan ke biskuit dan aduk merata.
3. Tambahkan apel. Aduk merata dan sajikan.

Gimana, mudah kan ya untuk dicobain di rumah. Semoga anaknya selalu sehat ya dan doyan makan.

Kalo anak doyan makan, aktif bergerak, in sya Allah juga sehat ya 

Salam, sampai jumpa lagi!!

9 comments

noted mba buat resep anak kedua ini bisa jadi referensi :)

Reply

wah nemu refrensi nih, makasih mbak infonya. anak bosen nih masakan ibunya itu2 aja

Reply

Seumur-umur punya anak belum pernah saya bikin nasi tim..efek pilih instan beli di tempat mbak-mbak yang jual..

terima kasih sudah berbagi resep

Salam kenal bunda Milda. saya mengenal bunda dari acara mombassador batch 7 kemarin..

Reply

Anak saya beberapa minggu lagi MPASI nih, excited deh :)

Reply

berguna nih buat ibu yang punya anak kecil

Reply

Hmmm,,, ga nyangka ada yang pake keju ternyata mbak,,, Variasi ke makanan anak memang penting ya mbak, biar anak lahap dan gizi tetap maksimal... oh ya,kalo misal apel diganti pir ijo gimana ya kira-kira???

Reply

Wah makasih mbak milda infonya, hehehe biar jd persiapan nanti kalo udah merrid wkwkwkkwkw

Reply

siap-siap deh kalo mau punya anak..
nice tips nih buat calon emak-emak baru hehe

Reply

Di tahun2 emas, jgn sampai tdk lengkap penuhi gizi mereka ya kak.Penting sangat resep ini.Makasih sudah berbagi,kakak

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.