Menu

Kamis, 08 Maret 2018

/
Assalammualaikum Wr.Wb

Mildaini.com_ Kemajuan teknologi yang semakin pesat di era ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru di Indonesia. Dengan menjadi guru yang melek teknologi, maka diharapkan guru mampu mengembangkan berbagai metode mengajar yang lebih kreatif dan efektif di kelas. 

Sementara itu, rutinitas belajar mengajar telah menjadi kegiatan wajib yang diampu setiap guru setiap harinya. Sebagai orang yang dikenal dengan sebutan ‘pahlawan tanpa tanda jasa’, tidakkah para guru ingin memiliki karya yang bisa bermanfaat untuk generasi masa depan? Maka dari itu, seorang guru membutuhkan ruang untuk berkarya. 

Tidak hanya aktif di kelas. Seorang guru membutuhkan eksistensi diri untuk bisa menjadi guru yang berprestasi, teladan, maupun guru yang dicintai anak didiknya. Namun karena ruang yang disediakan instansi pendidikan kita terbatas, banyak guru yang mengurungkan niat untuk bisa berkarya lebih dari sekedar mengajar di kelas. Lantas, di mana ruang yang tepat untuk berkarya?

Rumah Juara sebagai media pembelajaran interaktif bagi guru dan siswa sekolah dasar telah meluncurkan program ‘kontribusi’ di bulan Maret ini. Program yang dikhususkan bagi guru Sekolah Dasar di Indonesia ini bertujuan untuk menghimpun karya-karya terbaik dari seluruh guru di 34 provinsi Indonesia. 

Bagaimana caranya? 

Pertama, program ini hanya dapat diikuti oleh guru SD yang sudah terdaftar di Rumah Juara. Namun bagi yang belum terdaftar, dapat bergabung langsung di Rumah Juara.
Kedua, guru dapat mengirimkan lebih dari satu karya yang berupa lagu atau video pembelajaran, soal beserta pembahasannya, maupun mengirimkan artikel dengan panjang minimal 500 kata. Tak hanya itu, kamu dapat mengajak pendaftar lain yang berprofesi sebagai orang tua dan guru. 


yukk, ikutan yaaa :)

Ketiga, setiap guru yang berhasil mengirimkan karya akan untuk selanjutnya dapat ditukarkan hadiah berupa gadget. Namun tentunya karya tersebut harus melewati proses seleksi dari Rumah Juara. Pastikan, bahwa karya yang dikirimkan tidak melanggar hak cipta, orisinil, dan sesuai dengan materi pembelajaran K13 (Kurikulum 2013).

Berapa poin yang harus dikumpulkan untuk mendapatkan gadget? 

Jika kamu dapat mengumpulkan 5.000 poin, kamu dapat menukarkannya dengan gadget gratis yang akan dikirimkan melalui alamat sekolah/ alamat yang telah terdaftar di Rumah Juara. 


Tak hanya itu, Rumah Juara sebagai media pembelajaran interaktif berbasis digital juga menyediakan beragam fitur yang dapat diakses gratis oleh para guru SD di Indonesia. Di antaranya adalah RPP dan Silabus, Media Interaktif, Ebook, Bank Soal, dan Lembar Penilaian yang saat ini masih dalam tahap pengembangan. 


RPP dan Silabus


Model RPP di Rumah Juara

Model Silabus di Rumah Juara

Contoh Pengajuan Dari sekolah

Bagi kebanyakan guru yang masih merasa direpotkan dengan urusan pembuatan administrasi berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) maupun Silabus, Rumah Juara telah menyediakan keduanya secara gratis. RPP dan Silabus yang telah disediakan juga telah menyesuaikan standar nasional, yaitu Kurikulum 2013 (K13). Dokumen yang diunduh pun dapat diedit oleh guru yang bersangkutan. Mudah, ya!

Media Interaktif


Pada fitur ini, disediakan materi pembelajaran yang dikemas menarik dengan menggabungkan format audio, video, maupun game edukasi. Dengan adanya materi ini, siswa di kelas akan semakin antusias dalam belajar. 


Ebook 


Pada fitur ini, tersedia beragam pilihan buku bacaan digital bagi siswa dan guru. Tak hanya materi ajar yang dapat diakses, para guru pun akan mendapatkan informasi regulasi pendidikan Indonesia secara berkala.

 
Bank Soal


Sedangkan pada fitur ini, guru secara mandiri dapat mempersiapkan soal yang diperuntukkan penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, maupun penilaian akhir tahun. Pada fitur ini telah disediakan puluhan ribu soal berserta kunci jawaban dan pembahasannya. Selain itu, kemudahan yang tersedia dalam fitur ini adalah guru dapat mendetailkan jumlah mata pelajaran yang diinginkan. Soal yang telah dipilih pun dapat dihubungkan langsung ke printer dan siap dicetak. Mudah, ya!
 
 
Cara untuk cetak soal di rumah juara


Contoh soal-soal di rumah juara

Contoh soal pilihan ganda di Rumah Juara

Beberapa fitur yang disebutkan di atas dapat diakses GRATIS selamanya oleh para guru SD yang telah memiliki NUPTK/ Pegawai ID. Bagaimana jika ada yang belum memiliki? Hubungi saja langsung Customer Services Rumah Juara melalui websitenya. 
 
Jadi, tunggu apalagi? Mari berkarya untuk pendidikan di Indonesia, ajak guru lainnya, rasakan manfaatnya, dan dapatkan gadget gratis setiap harinya!

Mari berkontribusi
 
 



7 comments

Fira guru smp mbaaa e ๐Ÿ˜

Reply

Senangnyaaa ada aplikasi ini, guru2 bisa makin pintar dan melek teknologi, sukses selalu rumah juaraaa...

Reply

Ga ada lomba buat umum ya mak? Secara aku pun pengguna rumahjuara juga lho hehe

Reply

Wah membantu banget ya ini buat para guru sd. Bisa dapat gadget juga

Reply

Wah...ruang guru ini merupakan media belajar yang interaktif ya Mbak.. wah senangnya jadi guru zaman now, banyak kemudahan dan inovasi

Reply

Seorang guru harus mengerti teknologi, kasusunya akhirnya tugas dan segala yang betkaitan dengan teknologi selalu diserahkan pada juniornya ๐Ÿ˜‚

Reply

Ini situs yg menebar manfaat. Terima kasih atas kesemptan yg diberikan buat guru2, Rumah Juara. Semoga banyak guru2 mengirimkan karya yg kreatif.

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.