Menu

Resep Paling Oke

Minggu, 14 Januari 2018

/
Kelas Blogger dengan tema cara mereview di Telkom

Assalammualaikum. Wr.Wb

Kamu punya akun media sosial berapa?. Pasti paling tidak dua ya. Sebut saja akun Facebook dan Instagram. Untuk twitter memang masih jarang yang menggunakan atau bermain dengan akun sosial media twitter. Hal ini sangat  terbukti. Beberapa kali saya mengisi kegiatan sejenis seminar di berbagai tempat tentang sosial media.  Misalnya pada saat saya menyampaikan kuliah umum tentang blogger di kampus Universitas Muhammadiyah Bengkulu beberapa waktu lalu, dihadapan para mahasiswa Ilmu Komunikasi dari berbagai perwakilan kampus yang ada. Ketika saya bertanya , siapa yang mempunyai akun twitter. Pasti selalu saja sedikit yang angkat tangan. Atau ketika ada yang mau mendaftar gabung komunitas blogger Bengkulu. Ketika saya minta lampirkan nama akun twitternya. Kebanyakan menjawab belum punya.

Sebenarnya, penting ga sih, punya akun sosial media twitter. Menurut kamu penting ga, mungkin belum terlalu  paham atau mengerti sebab belum tahu manfaat dan kegunaan, mengapa harus punya akun twitter tersebut. Apalagi, belum mencicipi uang dari hasil job di twitter, jadi belum tertarik untuk punya ya, hihihi.

Padahal kalo sudah tahu, dan sudah menghasilkan. Saya yakin pasti banyak yang akan membuat akun di twitter, bahkan bisa jadi ternak akun, hahaha. Ini soalnya kejadian di Bobe, awal gabung ga punya akun twitter tapi pas tahu menghasilkan uang, pada rame bikin akun dan sibuk menambah follower, hihihi.

Bagi serorang blogger atau influencer, mempunai akun twitter itu penting. Lalu mengapa penting, dan akun media sosial apa saja yang sebaiknya dimiliki oleh seorang blogger.

Iya, bagi seorang blogger, mempunyai akun sosial media itu penting, sebagai sarana dan salah satu cara unuk membagikan setiap postingan yang sudah ditulis. Untuk menceritakan kembali sebuah pengalaman mengenai suatu tempat, penggunakan sebuah produk atau sebuah informasi penting yang harus dibagikan kepada orang lain. Supaya makin banyak yang tahu dan dapat akses informasi.

Ketika blogger membagikan postingan tersebut, ada yang memang murni keinginan seorang blogger untuk berbagi, ada juga yang dibayar. Isilah kata adalah sebuah job  postingan yang berbayar dan memang dikerjakan untuk mempromosikan sesuatu.

Usai Menyampaikan Kuliah Umum Tentang Blogger, bersama ibu dosen Ilmu Komunikasi UMB
Sebagai ilustrasi, saya mendapatkan sebuah tawaran untuk menuliskan sebuah review  produk di blog saya sebagai cara untuk mempromosikan produk tersebut kepada masyarakat umum. Lalu setelah menuliskan informasi tentang produk itu, saya juga diminta untuk membagikan tulisan tersebut atau membuat postingan status terkait dengan tulisan di blog saya atau mengenai informasi produk tersebut di akun sosial media saya. Harga yang ditawarkan sangat berbeda, jika saya juga melampirkan atau menawarkan akan share ke sosial media dengan yang tidak share ke sosial media.

Bahkan untuk akun sosial media, bisa dibayar pernama akun atau perjenis akun sosial media.

Contoh, tulisan review di blog dan akan dishare ke sosial media, facebook, instagram dan lain sebagainya. Bayarannya beda 

Jadi akun media sosial apa yang wajib dimiliki oleh seorang blogger.

Akun sosial media yang harus dimiliki oleh seorang blogger untuk menambah daya dijual , atau  untuk memperluas cakupan sebaran informasi yang dia tulis, adalah

  1. Facebook
  2. Instagram
  3. Twitter
  4. G + Plus
  5. Youtuber
  6. Link In

Untuk akun youtuber, sebaiknya seorang blogger juga punya. Meski belum terlalu fokus di akun tersebut. Kadang kala pekerjaan atau job yang ditawarkan juga meminta untuk membut video sebuah produk tersebut. Oleh karena itu sebaiknya dibuat saja akun yutubnya.

Termasuk akun Link In, biasanya ada job-job tertentu yang meminta untuk di share ke akun tersebut.

Setelah punya akun sosial media tersebut. Langkah selanjutnya adalah merawat feed dan follower dengan baik.

Misalnya dengan membuat postingan dengan caption yang menarik, mengikuti atau follow orang tertentu, menambah teman dan lain sebaginya. Biasanya nanti akan terjadi yang namanya kegiatan follow dan unfolow follower itu biasa saja terjadi.

Sekedar informasi untuk harga postingan di sosial media dengan jumlah follower tertentu. Biasanya menurut pengalaman dan informasi yang saya kumpulkan. Kita akan dibayar memang sesuai dengan jumlah follower yang kita punya. Untuk  akun Instagram dengan follower sekitar 500, maka harga satu kali postingan sekitar  Rp.25.000 ribu. Lalu kisaran follower 750 – 1000, maka akan dihargai sekitar Rp. 50.000,-. Untuk jumlah follower di aas 1000, maka bayarannya     akan lebih mahal lagi.

Lalu pertanyaan selanjutnya, bagaimana caranya supaya akun sosial media kita tersebut bisa memberikan penghasilan bagi pemilik akun. Ah, tentu saja ada caranya. Saya akan membagikan cara tersebut di postingan saya berikutnya ya.
16 comments

cuma linkin saya yg gak aktif, udah lupa username n password nya :(

Reply

Dari semua akun media sosial. Yang belum saya punya adalah linkin dan kurang familiar juga ya. Mungkin kurang familiar bagi aku aja x ya 🙈. Aku juga kurang aktif di twitter, tetapi ternyaya twitter itu juga penting ya buat blogger. Akhirnya mulai ngaktivin twitter lg

Reply

Sangat menarik artikelnya, ditunggu artikel tentang cara mendapatkan penghasilan dari akun medsos nya

Reply

linkin, saya belum punya.. hehe. Twitter juga jarang dibuka, deuuh..

Reply

Yang saya belum punya channel youtube saja
pengen punya tapi bingun mau di isi apa nantinya

Reply

you tube sama linkedn yang belum saya optimalkan mbak. alhamdulilah 3 diatas sudah punya :)

Reply

jadi makin semangat naikkan follower, sejauh ini misinya saya hari 1 follower nambah mbak dengan cara follow blogger lain dulu lalu bilang " salam kenal salam blogger" nanti pasti difollow balik deh, hehee

saya ingat sekali jumlah follower saya dulu cuma 217 yg terdiri dari teman2 dekat dan beberapa blogger sedaerah, sekarang sudah mencapai 300-an lebih apalagi ada juga beberapa akun yang mengadakan follow2an, jadi makin asyik deh menambah follower

Reply

Paling senang cuap2 di Twitter hihi..lebih nyaman daripada di FB..

Reply

Alhamdulillah sudah punya akun semua yang disebut Mbak Milda. Tinggal bagaimana mengisinya dengan sebaik-baiknya.

Reply

aku belom punya akun youtube.. hehehe, yang lain udah semua kak, tapi follower masih sedikit... semangatt semangat....

Reply

Ada semua tuh akun media sosial 😂 cuma followernya dikit

Reply

Waow... terimakasih, sangat membantu keberlanjutan blog saya.

Reply

Waow... terimakasih, sangat membantu keberlanjutan blog saya.

Reply

Keren... Mbak Mildaini mah!

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.