Menu

Resep Paling Oke

Minggu, 28 Januari 2018

/
Assalammualaikum Wr.Wb

Liburan membawa anak-anak itu repot ya. Apalagi membawa anak bayi, pasti tambah repot. Namun, meski terlihat repot. Banyak orang yang melakukan liburan dengan membawa anak-anak bahkan bayi. Jadi sebenarnya yang beranggapan repot membawa anak-anak dan bayi saat liburan itu siapa? Mungkin bagi yang melihatnya atau bagi yang belum pernah melakukannya. Akan sangat berbeda tanggapannya bagi yang sudah pernah melakukan secara langsung . Istilah kata berpengalaman. Pasti mereka bilang, tidak repot, malah enjoy!

Nah, bagi sebuah keluarga yang baru pertama kali akan melakukan liburan atau bepergian dengan membawa anak-anak dan bayi. Mungkin pengalaman liburan saya bersama keluarga dan anak-anak awal bulan ini bisa diambil pelajarannya.


Jauh sebelum liburan akhir tahun datang, saya dan suami memang sudah berencana untuk  liburan ke kota Jakarta dengan membawa semua anak-anak kami. Saya memiliki satu orang anak remaja, berusia 10 ahun, anak balita usia 4 tahun dan seorang bayi berusia 19 bulan. Komplit ya!

Untuk liburan tersebut, inilah persiapan yang kami lakukan,

1.    Mempersiapkan dana liburan, sebaiknya memang ada anggaran khusus dan memang direncanakan dengan baik supaya tidak mengganggu anggaran dana untuk keperluan rumah tangga yang lainnya.

2.    Membuat rencana perjalanan, berapa lama liburan, menginap dimana, jadwal  kunjungan ke desinasi apa saja, transportasi dll dan target liburan yang akan di capai. Semua harus detil supaya aman dan nyaman selama liburan.

3.    Mencari penginapan yang murah, strategis dan dekat dengan destinasi yang ingin dikunjungi. Di Jakara ada banyak graha wisata yang bisa kita gunkaan, dengan harga yang sangta terjangkau dan dengan fasilitas yang baik. Tidak kalah dengan yang lainnya. Kita bisa mencari tahu terlebih dahulu, bahkan booking secara online.

4.    Mencari dan membeli tiket yang termurah, tentukan saja, akan menggunakan transportasi apa.  Kita harus jeli untuk melihat harga tike dari berbagai maskapai, termasuk mencari diskon harga untuk anak-anak dan byai. Kalo ada harga murah, pilihlah untuk jadwal penerbangan pagi hari, agar lekas sampai dilokasi.

5.    Memilih maskapai dan terminal yang tepat. Kami sudah memutuskan untuk menginap di daerah Jakarta Selatan, oleh karena itu kami mencari maskapai dan bandara yang terdekat, yaitu Bandara Halim Perdana Kusuma.

6.    Mempersipakan Travel Bag yang smart. Liburan dengan membawa anak dan bayi tentu akan repot, jadi kami hanya membawa satu koper dan satu ransel. Oleh Karena itu hitung dengan jeli jumlah pakaian dan pernak-perniknya yang akan dibawa. Usahakan untuk membawa baju yang simple dan prakis saja. 

7.    Smart membawa perlengkapan dan peralatan anak dan bayi. Saat bepergian ke luar kota atau liburan,kami selalu membawa perlengkapan pribadi dan kesehatan anak. Terutama yang tak pernah kami lupakan adalah selalu membawa suplemen atau madu , termasuk juga minyak telon, hand body dan sebagainya


Untuk smart membawa baju saat liburan, kami punya tipsnya. Pasukan liburan kami kali ini ada lima orang. Jadi tas kami bagi dua, satu koper dan sau lagi ransel. Untuk ransel berisi semua pakaian suami dan anak tertua sedangkan koper berisi pakaian saya dan kedua anak yang lainnya. 

Baju yang kami bawa adalah 1) Banyaknya sesuaikan dengan jumlah hari, untuk dewasa cukup sau hari satu stel pakaian sedangkan anak, siapkan dua sel pakaian 2), Pilih bahan pakaian yang ringan, tipis dan mudah kering, jika akan mencuci. 3) Pilih pakaian yang bisa dipadu padankan, jadi pilih model dan warna pakaian yang bisa dikombinasikan 4) Langsung siapkan pakaian dalam di setiap lipatan baju yang akan dibawa. Jadi jumlahnya pun sama. 5) Siapkan  satu baju cadangan untuk anak, caranya kalikan jumlah baju dengan jumlah hari. Untuk dewasa sipaak juga baju tidur khusus.

Kami liburan ke Jakarta selama empat hari, tiga malam. Kami memilih menginap di graha wisata Ragunan di daerah Jakara selatan. Pilihan ini karena kami ingin mengajak anak-anak berwisata ke Wisata Taman Ragunan. Dari tempat kami menginap menuju lokasi sangat dekat.


Selain itu kami juga sudah mempelajari dan membua5 jadwal perjalanan. Dari lokasi menginap, kami bisa menuju ke pusat kota Jakarta dengan menggunakan mobil online dan transportasi kereta. Naik kereta tentu lebih hemat.

Kami mengujungi Ragunan, Monas, Kota Tua dan berbagai Museum, Masjid Istiqlal, City Tour dengan bus bertingkat, Mengunjungi masjid Dian Al Mahri (Masjid Kubah Emas).

Liburan ini semua anak-anak kami sehat dan enjoy. Setiap hari kami selalu menyediakan sarapan, minum susu dan camilan. Kebisaaan yang kami lakukan di rumah, tetap kami lakukan saat liburan. Makan siang tepat waktu dan  cukup istirahat. Saat di dalam kereta, kami meminta anak-anak untuk tidur . Mandi dan melakukan personal hygiene dengan baik.
Malam hari sebelum tidur saya selalu memberikan suplemen, seperti madu anak , lalu membalurkan minyak telon ke tubuh anak sehingga ketika bangun esok hari, bandannya kembali segar seperti biasa dan siap untuk jalan-jalan.

Saat bepergian, kami selalu membawa tas yang berisi, satu stel baju cadangan untuk anak beserta perlengkapannya, kain gendongan, perlengkapan pribadi ( diapers, lotion, telon) , makanan dan minuman.

Usahakan untuk pulang ke penginapan tidak terlalu malam, sehingga metabolisme tubuh anak tidak berubah drastis selama liburan. Ritme dan suasana di rumah tetap anak rasakan selama liburan. Seperti kapan anak sarapan, makan, bermain dan istirahat. Usahakan tidak banyak yang berubah.Termasuk saat melakukan ritual ibadah.

Jadi liburan bersama anak dan bayi itu menyenangkan loh, jika kita tahu cara yang smart, dan nggak bakalan bikin repot. Jika kita tahu cara melakukannya !
 
11 comments

Wah, betul banget nih, kalau liburanbareng anak-anak itu harus tahu cara yang tepat untuk preparenya :D

Reply

Makasih tipsnya Mbak, apalagi saya yang masih suka kerepotan kalau liburan bawa anak :D

Reply

iah, supaya dapat menikmati dan berkesan

Reply

sering2 aja nanti terbiasa, hahahha. kode minta jalan ini mah

Reply

Bawa anak itu rempong tapi menyenangkan ya mba

Reply

Liburan bawa anak-anak memang beda, ya

Reply

Seru yaa kalau jalan2 bersama keluarga, riweuh sama2 happy sama2 hehee

Reply

Kadang orang tua lupa kalau waktu yg dipakai buat liburan serasa gak bawa anak. Jadi waktu normal anak terganggu. Ini harus disimak baik2 ya kalau liburan bawa anak itu

Reply

Wah sempat juga cicipi wiasat keliling kota dengan bus itu. Sayangnya busnya gak bisa bebas memandang ya! Ketutup sama filter :)

Reply

seru banget yaa mbak, jalan - jalan sama keluarga :) rame pula. saya salfok sama sepeda di kota tua. itu kalau sewa berapa yaa mbak ?

Reply

selama anak2 merasa nyaman mereka pasti enjoy n ga rewel ya mba :)

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.