Menu

Resep Paling Oke

Senin, 15 Januari 2018

/

Assalammualaikum Wr. Wb


Beberapa waktu lalu saya diundang untuk hadir pada deklarasi netizen anti hoax oleh pihak Polda Bengkulu. Salah satu tujuan kegiatan tersebut adalah menumbuhkan sikap bijak bersosial media bagi satiap orang, pengguna gagjet. Hadir pada saat itu para pejabat di lingkungan kepolisian, para akademisi, pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum. Saat acara dialog publik, saya menyampaikan beberapa hal untuk memotivasi para peserta dalam menggunakan sosial media adalah dengan sebuah judul diskusi, jadikan postinganmu menghasilkan. Dalam hal ini banyak yang saya sebutkan untuk poin menghasilkan. Namun yang paling menarik itu adalah bagaimana cara membuat akun social media menghasilkan uang, hehehe.

Materi ini kemudian menjadi sangat menarik, bukan saja pada saat acara. Setelah acara usai bahkan setelah saya pulang ke rumah dan beberapa hari kemudian. Masih banyak yang menghubungi saya untuk diajari bagaimana menghasilkan uang dari sosial media.



Memang pada saat itu, saya sengaja datang ke acara tersebut dengan menggunakan semua produk yang saya peroleh dari mereview dan endor di sosial media. Mulai dari jilbab, pakaian, tas, bros sampai isi tas saya seperti powerbank dan body stuff. Semuanya hasil dari sosial media saya yang menghasilkan.

Tujuannya pada saat itu hanya untuk memotivasi para netizen untuk bisa membuat postingan yang baik dan bermanfaat di sosial media dan tidak menyebarkan berita hoax.

Saya sempat bertanya kepada para peserta, semua hampir menjawab punya akun sosial media. Bahkan ada yang mempunyai follower yang banyak. 

Namun sayang ketika saya tanyakan, apakah follower itu bisa digunakan atau menghasilkan uang bagi pemilik akun. Hampir semua peserta menjawab, tidak. Banyak yang belum tahu, bagaimana caranya membuat akun sosial media ‘beruang’ eh menghasilkan uang.

Kemudian pokok bahasan inilah yang menjadi semakin menarik dan membuat diskusi menjadi terasa sangat singkat.

Jujur saja, siapa sih yang ga suka, kalo ngobrolin cara mendapatkan uang. Semua orang pasti suka. Bahkan yang sudah banyak uang pun , masih saja tertarik berbicara cara mendapatkan uang. Apalagi bagi mahasiswa dan pelajar, tentu saja juga sangat tertarik. Hanya dengan memanfaatkan akun social media. 

Yuhuuu, ada caranya. Dan cara tersebut yang akan saya bagikan kepada teman-teman semua, berdasarkan pengalaman yang sudah saya dapatkan, silakan diikuti jika berminat! Namun, setelah usaha ini, kita wajib berdoa dan ikhtiar ya serta tawakal. Bagaimanapun soal rejeki tetap hak mutlak Allah SWT. Namun , setiap usaha pasti ada hasilnya, yakinkanlah hal itu terlebih dahulu.

Yang akan kita bahas berikut ini adalah sebuah usaha tersebut…

Oh, ya sebelumnya saya sudah membahas mengenai akun social media yang harus dimiliki oleh seorang blogger.  Kali ini saya lebih fokus kepada akun sosial media-nya, baik untuk seorang blogger atau bukan. Namun lebih baik dan jika ada memang paket komplit, yang disertai dengan blog. Sebab banyak job yang masuk itu berawal dari aktivitas blogger, bahkan banyak yang memulai mencari rekanan untuk ditawari job itu dari statusnya sebagai blogger. Alasannya, kalo seorang blogger, biasanya akan lebih cepat paham dengan istilah-istilah job di sosial media. 

Namun, tenang saja, istilah tersebut bisa juga kita pelajari, meski tidak atau belum menjadi blogger. Nanti saya akan sempatkan juga untuk membahas, beberapa istilah yang sering muncul pada penawaran job di sosial media. 



Sekarang kita balik dulu ya, ngebahas soal cara menjadikan akun social media uang.

Pertama kali, kita harus paham, akun sosial media yang banyak diincar untuk diberikan job atau menghasilkan uang itu adalah 1) Instagram , 2) Twitter , 3) Facebook.  Ini untuk sosmed yang biasa digunakan atau popular. Sebab sebuah promosi pasti akan mencari para pengguna sosmed yang terbanyak atau paling disukai.

Kedua, setelah kita bikin akun di twitter dan instagram, kalo facebook pasti sudah punya. Mungkin twitter yang masih jarang atau kurang aktif. Banyak yang bilang, ga asik main twitter, hehehe. Sebaiknya jika belum terlanjur, buatlah nama yang sama untuk kedua akun tersebut. Selain memudahkan untuk mengingatnya, juga memudahkan untuk menuliskannya dan terlihat rapi. Buatlah untuk akun utama sebaiknya menggunakan nama kita sendiri, nama asli atau nama yang ingin kita bikin terkenal  (baca branding).

Ketiga, setelah dibuat akun. Pastikan akun di setting publik, jangan di gembok alias dikunci. Maksudnya begini, akun instagram kita jangan dibuat private. Jadi kalo orang mau melihat postingan kita harus konfirmasi pertemanan dulu. Itu akan bikin yang mau follow jadi males. Gambaran sederhananya, itu ibarat orang mau belanja ke toko kita tetapi harus gendor-gedor rolling door dulu, atau ketuk pintu dulu biar dibuka. Yah, males banget kan kalo ketemu akun yang model begitu. Nah, kalo kamu sebel, jangan lakukan itu. Ga gembok akun kamu ya!

Keempat, gunakan nama yang baik, jelas dan mudah diingat, termasuk juga cara  menuliskan akunnya, ga usah terlalu banyak menggunakan angka dan symbol, misalnya @akuncantik akan lebih mudah ditulis dan diingat ketimbang ditulis seperti ini @akun_c@nt1k…padahal kalo dibaca maksudnya sama sih, cuma buat ditulis kembali  , diketik dipencarian dan dihapal orang akan lebih sulit ya. Pasti lebih mudah mengingat akun yang satunya ya. Oleh karena itu perlu bikin akun yang simple.

Kelima, kasih informasi tentang diri kita di biodata atau tentang di bagian akun. Isinya atau tulisannya misalnya begini #blogger #influencer #review  #traveller dan lain sebagainya. Ditambah dengan alamat blog , email dan no kontak yang bisa dihubungi. Ini akan memudahkan orang untuk mengenali dan memungkinkan untuk bekerjasama.

Keenam, rawat dan jaga follower, berdasarkan pengalaman saya, tawaran job itu selalu erat kaitannya dengan jumlah follower. Jadi makin banyak follower maka akan semakin mahal. Lalu, berapa minimal punya follower kalo begitu di sosmed. Yah, ada baiknya minimal punya follower antara 200-500, tapi untuk posisi aman sih di kisaran 500-1000. Itu pun bisa jadi masih jarang yang nawarin job sebab jumlah follower orang sekarang di sosmed, kadang bisa bikin kaget ya.

Gimana ya caranya nambahin follower, apalagi follower twitter. Duh, susahnya minta ampun buat nambahin folowernya. Di Instagram juga, sudah follow banyak, eh malah ga di folbek. Jadi gimana ya, buat nambahin follower. Nanti kita bahas ya secara detil.

Tips singkat buat nambahin follower, selain akun publik atau terbuka, bikin postingan yang menarik, baik gambar dan keterangannya, follow duluan , ikut aneka kuis dan lomba sosmed dan lain sebagainya.

Nah, kalo kita sudah menerapkan beberapa tips di atas dan semuanya tercapai dengan baik. Itu artinya akun kita sudah siap untuk terima job. Tawaran job ini bisa datang sendiri atau kita yang menawarkan diri. Keduanya boleh saja kita lakukan, syah saja asal tetap baik.

Lanjut nanti di postingan berikutnya tentang Mencari Job Untuk Sosmed dan Blog!

Salam!
                                                                                

7 comments

Mba Milda kereeen, pasti banyak yang penasaran, ya, cara mengoptimalkan fungsi medsos bisa menghasilkan materi.

Reply

cari foloower itu yang cukup susah bu
terlebih kalau gak begitu tenar
cuma sayangnya sekarang ada auto follow jasa follower, ada yang aktif pula
ini yang jadi males buat instagraman karena kadang suka follow gak jelas
branding yang gak asyik seperti ini.

Reply

Terimakasih tipsnya Mbak, saya juga proses membranding diri, huhu

Reply

ya setuju banget. selain nama akun dan profilenya yang paling dominan mungkin jumlah follower. semakin banyak maka akn semakin menguntungkan.

Reply

keren kakak, saya juga mau coba dan terima kasih untuk pencerahannya

Reply

Makasih Mba informatif sekali tulisannya. Saya juga sedang berjuang nambahin follower hii...

Reply

saya sedang berusaha memperbanyak jumlah follower di twitter mbak, seperti yang dibilang postkng yang menarik dan bermanfaat tapi kalau yang satu ini sayau suka angin2an, haha

salah satu cara nambah follower saya follow duluan nanti tweet salam kenal salam blogger, heheh, jadi di folbek deh

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.