Menu

Resep Paling Oke

Kamis, 18 Januari 2018

/
Assalamualaikum, Wr.Wb

Pengalaman mengisi kuliah umum tentang Blogger. Ini cerita yang akan saya ulas kali ini ya. Maksudnya buat kasih tau, mungkin suatu hari nanti ada yang menghubungi kamu buat ngisi kuliah umum tentang blogger itu kayak apa. Supaya ada gambarannya ya.

Jadi di bulan Desember , saya dihubungi salah satu dosen dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu atau UMB. Untuk mengisi kegiatan kuliah umum di kampus. Yang mengundang ini adalah dosen Ilmu Komunikasi.


Lalu , kita rancang model kegiatan dan materinya seperti apa. Termasuk menyesuaikan target yang akan dicapai dan materi yang akan disampaikan.

Peserta kuliah umum ini bukan saja dari kampus UMB, akan tetapi ada beberapa mahasiswa lain yang ikut hadir mewakili kampus lain yang ada di Bengkulu. Misalnya perwakilan kampus Universitas Bengkulu, Dehasen , IAIN Bengkulu semuanya rata-rata adalah mahasiswa komunikasi.

Tempat kegiatan akan difokuskan di gedung kampus UMB 4 di jalan Adam Malik. Lumayan jauh dari rumah saya, meski sama-sama dalam kota.

Saya usulkan untuk mengajukan tiga orang pembicara. Yang pertama saya akan lebih fokus menyampaikan tentang perkembangan dunia blogger dan mengenai komunitas blogger Bengkulu.

Lalu saya usulkan sobat Bobe yang lainya Ria Fasha untuk menyampaikan materi tentang pengalaman yang dia dapatkan dengan menjadi blogger.

Yang ketiga , sobat Bobe Piter Jv sebagai alumni UMB yang sukses mengolah blognya sejak kuliah hingga sekarang bisa menjadi salah satu pemenang website favorit Indonesia Website Award.

Ria akan bercerita dari sisi blogger secara umum sedangkan Piter bercerita pengalaman dari sisi mahasiswa.

Alhamdulillah, usulan tersebut disetujui dan siap untuk dilaksanakan. Setelah diatur jadwal. Akhirnya kuliah umum dilakukan pada tanggal 11 Januari, sesuai dengan judul lagu Gigi ya, hihihi.


Saya berangkat dari rumah dengan menggunakan motor. Letak kampus UMB lumayan jauh dari rumah saya. Supaya cepat sampai saya mencari jalan ringkas agar ga terkena lampu merah.

Dijadwal kuliah umum ini akan dimulai jam sembilan pagi.

Saya bermotor agak lambat. Soalnya masih terasa capek dan agak sedikit flu. Maklum kemarin saya baru pulang dari liburan di Jakarta

Biasalah kalo liburan Pas sampai di rumah baru terasa capek dan mendadak terserang flu. Pas Traveling, sehat dan enjoy aja, hihihi. Iya kan. Pada ngaku, pernah mengalami kondisi ini ya.

Hari ini saya menggunakan jilbab besurek. Dan baju stelan rok. Tadinya mau pake gamis. Tapi ga jadi.

Sampai di depan kampus. Ternyata harus masuk lagi ke dalam. Dan harus naik lift lagi. Kata panitia di lantai enam. Lumayan kalo naik tangga. Untung ada liftnya.

Sebelum masuk gedung saya berpapasan dengan Ria. Jadilah kami naik lift barengan. Si Piter baru datang setelah beberapa menit kemudian. Anak muda itu entah mengapa terlambat.

Seperti biasa acara dimulai dengan pembukaan dan berbagai kata sambutan .

Peserta yang hadir lumayan banyak   ruangan penuh dan bergemuruh.

Antara dosen dan mahasiswa sama-sama masih muda. Saya juga kok, berjiwa muda. Hihihi
Setelah acara pembukaan, langsung dilanjutkan dengan penampaian materi seperti yang sudah saya uraikan di atas. Semua berjalan dengan lancar. Lalu tibalah sesi Tanya jawab.

Pertanyaan beragam. Ada yang bertanya 1) Apa yang harus dilakukan untuk menjadi blogger 2) Bagaimana cara bergabung dengan komunitas Blogger Bengkulu 3) Bagaimana caranya membuat postingan di blog kita ramai dibaca dan ada yang komentar 4) Bagaimana membuat blog kita mendapatkan tawaran job  5) Apa tanggapan kami (sebagai blogger) tentang postingan yang tidak baik di blog, 6) Apa yang harus dilakukan untuk menjaga semangat menulis atau nge-blog terus semangat.



Dari jawaban yang kami berikan, lalu muncul lagi berbagai pertanyaan. Saya sangat senang melihat para mahasiswa yang begitu bersemangat.

Di akhir kuliah, saya memberikan tantangan kepada para peserta untuk mengikuti kelas blog asik bersama Mildaini secara online. Sampai saya menuliskan cerita ini, kegiatan kelas online tersebut sedang dilakukan . Dengan peserta sekitar 20 orang.

Oh, ya jawaban dari pertanyaan tersebut, lain waktu saya jawab ya. Supaya lebih fokus dan tepat. Lain waktu mampir lagi ya dipostingan saya berikutnya. Salam !
3 comments

Yang ngikut kelas blogger nya banyak, wih. Sukses terus ngajarnya Mbak ^^

Reply

wah peserta kuliahnya banyaaaak

Reply

Saya selalu memantau dan menyimak dari jauh, tak tunggu janjinya ya Mbak Milda. hehe

Terima kasih sudah menggerakkan dunia kepenulisan di bumi raflesia.
barokaullohhu fiikum.

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.