nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

ICE SKATING (Seluncuran ES)


Ice Skating Taman Anggrek

Assalammualaikum Wr. Wb

Salah satu yang sering bikin saya ingin saat melihat film Kore adalah bermain es di saat salju turun atau bermain seluncuran di atas es dengan menggunakan papan. Istilah kerennya bermain ICE SKATING.

ICE SKATING itu adalah.

Istilah seluncur es berasal dari kata ice skating atau skate yang berasal dari bahasa Jerman Kuno schake, yang berarti tulang kering. Kata serupa dalam bahasa Inggris Kuno adalah scatch dan dalam bahasa Belanda: schaats.

Tulang rusa kutub atau tulang kuda yang diikat di bawah sepatu kulit merupakan bentuk pertama sepatu seluncur. Orang menggunakan sepatu seluncur dari tulang untuk berburu di fyord Finlandia dan Skandinavia sejak 17 abad yang lalu.Tulang kaki binatang dilubangi dan diikat dengan sepatu memakai sabuk kulit.

Sekitar abad ke-14, orang Belanda mulai memakai sepatu seluncur kayu dengan dasar sepatu terbuat dari besi. Sebatang tongkat dipegang orang sebagai alat bantu sewaktu berseluncur. Sekitar tahun 1500, orang Belanda mulai memasang pisau tipis di sepatu seluncur, dan tongkat tidak lagi diperlukan.


Pada abad ke-12, Belanda sudah memiliki sistem kanal yang rumit. Pekerja kanal memakai sepatu skat untuk pulang pergi ke tempat bekerja dan sewaktu bertugas. Sebagian di antaranya main balap seluncur untuk merebutkan hadiah uang. Pekerja kanal di Belanda kemungkinan besar adalah atlet balap seluncur es yang pertama.

Sepatu seluncur dengan klem dari baja diciptakan E. V. Bushnell dari Philadelphia, Pennsylvania pada tahun 1848. Orang bebas dapat lebih bebas berputar-putar dan meloncat selama berseluncur.Sekitar tahun 1865, atlet seluncur es Amerika Serikat Jackson Haines memperkenalkan pisau seluncur dari logam berikut plat sol dan tumit yang dapat disekrupkan pada sepatu bot. Haines menambahkan gerigi depan (toe pick) pada sepatu seluncur. Setelah adanya gerigi depan pada sepatu seluncur, orang mulai dapat melakukan lompatan dengannya.

Taman Anggrek

Ice Skating PERTAMA Di Dunia

Glaciarium di Inggris adalah arena es seluncur pertama di dunia yang menggunakan mesin pembuat lapisan es. Arena ini dibuka 7 Januari 1876 oleh John Gamgee di dalam sebuah tenda dalam bangunan kecil di Chelsea, London. Pemakai saat itu terbatas pada "bangsawan dan pria terhormat dengan syarat-syarat tertentu."

Pada 1914, John E. Strauss, seorang pembuat pisau dari St. Paul, Minnesota membuat pisau seluncur es dari sebilah baja. Dengan adanya penemuan pisau baja dari Strauss, sepatu seluncur menjadi makin ringan dan kuat.

ICE Skating Di Indonesia

Untuk wahana Ice Skating yang pertama dalam ruangan di Indonesia ada di mall TAMAN ANGGREK, Jakarta. Di sana memang sudah ada arena khusus bagi orang-orang yang mau bermain Ice Skating. Bukan cuma orang biasa, anak pejabat, pengusaha sampai para artis suks bermain di sana. Hanya saja arena ice skating di sana cuma bersifat hiburan buakan olahraga. Kalo untuk kelas olahraga beda lagi

Setingkat ASEAN hanya Indonesia dan Kamboja yang belum memiliki arena ice skating untuk standar olahraga. Jenis-jenis olahraga ice skating itu juga banyak ya. Jenis-jenis olahraga ice skating di antaranya Hoki, Speed Skating, dan lainnya. Dan arenanya khusus. Selain butuh ketebalan minimal 8 cm. Harus punya lahan seluas 1,8 hektare.

Jadi kalo hanya sekedar ingin bermain ice skating kita bisa ke Mall Taman Anggrek ya. Buat melepas rindu atau ingin saat menonton film korea. Saya pernah dengan keluarga ke mall Taman Anggrek buat main ice skating tapi gak jadi karena anak-anak takut. Ya, saat itu usia anak masih kecil, belum mandiri.

Baca Juga : Gagal Main Ice Skating Karena Takut

Salam, sampai jumpa.

Baca Juga

Related Posts

5 comment

  1. Seingatku ice skating di Taman Anggrek adalah yg pertama di Indobesia..

    BalasHapus
  2. wah mbaak ini mah mall di seberang kosan aku tapi aku belum pernah nyobaiin hahahaa

    BalasHapus
  3. kalau di taruh di dalam mall pasti huat hiburan... dan ngisi liburan..dan cuci mata... :) seru kayanya kalau bisa main ya... emak2 ada gak ya... he2

    BalasHapus
  4. Coba di Bengkulu ada ice skating ya mbak, pasti seru. Ze kepengn lah main ginian

    BalasHapus
  5. Aku udah pernah maen ice skating.. Seru.. Kalo jatoh tambah seru.. Soalnua dingin.. Hahaha... *katrok banget ya aku..

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin