Menu

Jumat, 12 Februari 2016

/



Persiapan Berenang di kolam renang Hamtian , Bengkulu


Manusia sudah dapat berenang dapat kita ketahui dari sejarah , sejak zaman prasejarah bukti tertua mengenai berenang adalah lukisan-lukisan tentang perenang dari Zaman Batu telah ditemukan di "gua perenang" yang berdekatan dengan Wadi Sora di Gilf Kebir Mesir barat daya.

Dari lukisan zaman Batu tersebut terlihat gambar-gambar yang menggambarkan orang sedang berenang dengan gaya dada atau gaya anjing mengayuh. Mungkin saja gerakan tersebut dulunya hanya berkaitan dengan ritual tertentu dan tidak diketahui dengan pasti hal tersebut berkaitan dengan renang. Namun hal ini dapat kita simpulkan bahwa dahulu orang-orang sudah mengenal renang. 

Cerita tentang gua ini juga telah digambarkan dalam sebuah film English Patient. Habis ini, yuuk buruan kita nonton filmnya ya

Selain itu ditemukan juga pada stempel lilin Mesir yang tertanggal antara 4000 dan 9000 tahun sebelum masehi menunjukkan empat perenang yang diyakini dengan variasi dari gaya bebas. 

Ditemukan juga pada gambar timbul Babylonia dalam lukisan dinding Assyria yang menunjukkan dari variasi gaya dada. Lukisan yang paling terkenal adalah yang ditemukan di padang pasir Kebir yang berasal dari sekitar 4000 tahun sebelum masehi. 

Di Nagoda, gambar timbul juga menunjukkan perenang yang berasal dari 3000 tahun sebelum masehi . 

Di istana Indian Mohenjo Daro dari 2800 tahun sebelum masehi juga memiliki kolam renang yang berukuran 30 meter x 60 meter. Lumayan besar ya. 

Selain itu di istana Minoan Minos Of Knossos di Kreta juga memiliki kolam renang yang juga dilengkapi dengan bak mandi. Hmmm, jadi orang dahulu juga sudah kenal juga ya yang namanya bak mandi. Mungkin kolam renang itu disangkanya bak mandi yang besar, hehehe.

Penggambaran kegiatan berenang juga ditemukan pada Hittites, Minoans dan masyarakat Timur Tengah. Di beberapa makam Mesir kuno yang berasal dari tahun 2000, terlihat adanya gambar orang sedang berenang dengan gaya bebas.

Orang Yunani menjadikan berenang merupakan salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh prajurit. Pada awalnya mereka tidak mengikut sertakan renang pada pertandingan olimpiade kuno, namun mereka mempraktekkan olahraga tersebut dengan membangun kolam renang sebagai bagian dari bak mandi mereka. Tuh, benara kan kolam renang dijadiin mereka sebagai bak mandi.

Diketahui juga bahwa keterampilan berenang juga telah menyelamatkan bangsa Yunani pada perang Salamis, ketika bangsa Persia semuanya tenggelam ketika kapal mereka dihancurkan. Julius Caesar , juga dikenal sebagai perenang yang handal.

 Catatan tertua mengenai berenang berasal dari 2000 SM. Beberapa di antara dokumen tertua yang menyebut tentang berenang adalah Epos Gilgamesh , Iliad, Odyssey, dan Alkitab (Kitab Yehelkief 47:5, Kisah Para Rasul 27:42, Kitab Yesaya25:11), serta Beowulf dan hikayat-hikayat lain. 

Nikolaus Wynmann seorang profesor bahasa dari Jerman menulis buku mengenai renang yang pertama, Perenang atau Dialog mengenai Seni Berenang (Der Schwimmer oder ein Zwiegespräch über die Schwimmkunst).

Nicolas Wymann merupakan seorang profesor Jerman yang menulis dan membukukan catatan tentang renang modern untuk pertama kalinya pada tahun 1538. 

Olahraga renang juga berkembang di Eropa yaitu di Yunani dan bangsa Romawi yang menganggap renang sebagai salah satu faktor penting dalam latihan keprajuritan bangsa Romawi.

Renang mulai diperlombakan sejak 36 tahun sebelum masehi oleh kaisar Suigui di Jepang.  Di Jepang renang merupakan salah satu olahraga terhormat yang harus dikuasi oleh prajurit selain samurai. Sedangkan di Eropa renang mulai diperlombakan pada tahun 1.800 dan hampir semua pesertanya menggunakan gaya dada.

Jadi, dulu gaya renang hanya dikenal dengan jenis gaya bebas dan gaya dada. Tetapi sudah cukup kerenlah jika bisa menguasai dua gaya tersebut. 

          Nah, itu sekelumit cerita soal sejarah awal renang. Artinya zaman dahulu renang sudah dilakukan oleh banyak orang. Dulu keterampilan renang menjadi salah satu keahlian hebat seseorang. Dan menurut saya sampai sekarang pun seseorang yang bisa berenang itu keren loh. Hebat karena tidak mudah untuk bisa berenang.

          Kalo saya saat ini sudah pandai kok berenang dengan gaya batu. Pas dicemplungin ke air, pas langsung tenggelam, hehehe.
2 comments

Saya juga gak bisa renang. :v :v

Reply

hahaha, bisa dipelajari say
ntar habis lahiran kita belajar yo

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin