Menu

Jumat, 15 Januari 2016

/



 


          Tiba-tiba terlihat bercak darah saat mencuci mulut setelah menyikat gigi. Waktu mandi pagi. Saya sedikit kaget, tetapi langsung berpikir. Ini pasti ada kaitannya dengan kehamilanku. Biasanya gak berdarah. Gigi juga sehat-sehat saja. 

          Apa ini sudah terjadi pembentukan tulang janin di dalam rahimku, pikirku keras. Si dedek sudah mulai tumbuh ya. Udah mau gede. 

          Pada kehamilan sebelumnya saya juga mengalami hal yang sama bahkan sampai sakit gigi.

          Jika sudah ada indikasi begitu, biasanya saya mengartikan bahwa janin membutuhkan kalsium sedangkan asupan kalsiumn saya masih  sedikit. Saya kurang mengkonsumsi nutrisi yang mengandung kalsium. Saya butuh tambahan kalsium.

          Jadi dedek bayi, mengambil kalsium ibunya. Salah satunya kalsium di sekitar gigi, sehingga saat menyikat gigi, ada keluar darah.

          Hal ini juga pernah saya tanyakan dan kolsultasikan dengan dokter. Selanjutnya dokter akan memberikan saya tablet kalsium. Suplemen kalsium yang praktis, tinggal diminum saja.

          Sebenarnya kalsium itu  apa sih bagi ibu hamil. Ibu hamil membutuhkan 800 mg/hari kalsium. Kalsium diperlukan terutama pada trimester 3 kehamilan ibu. Hal ini penting agar pembentukan tulang dan janin tidak mengambil persedian kalsium ibu. 

          Lalu sumber kalsium tersebut di dapat dari nutrisi jenis apa. Sebagian besar sumber kalsium berasal dari tulang, ikan asin, telur , susu dan lain sebagainya. Namun gak mungkin kan ibu hamil makan sup tulang setiap hari. Atau makan ikan asin satu kilo satu hari, atau sayuran satu bakul,  hehehe.

          Untuk mendapatkan 800mg/kalsium perhari itu tidak cukup hanya dengan makan satu porsi sup tulang. Jika dilihat dari takarannya, satu porsi sup tulang tersebut hanya mengandung sekitar 80-100 mg kalsium. Jadi butuh setidaknya 8- 10 mangkuk sup kan. Banyak amat ya.

          Nah, supaya praktis saya tinggal minum suplemen kalsium saja. Sesuai dengan keluhaan dan atas saran dari dokter. Termasuk jenis, cara minum dan dosisnya sebaiknya berdasarkan atas petunjuk bidan atau dokter. Jangan membeeli dan menentukan dosis sendiri.

          Ketika konsultasi dengan dokter saya sebutkan semua keluhan yang saya alami. Mulai dari gusi yang sering berdarah, terutama saat berkumur-kumur dan menyikat gigi. Mulai terasa sakit dipunggung dan sering pegal.

          Berdasarkan laporan saya tersebut, akhirnya dokter memberikan saya satu resep suplemen kalsium. Untuk saya minum setiap hari sebanyak satu buah pil. Resepnya lagsung diberikan oleh dokter untuk jatah selama satu bulan. Jadi ada 30 butir, sampai batas waktu nanti saya akan kontrol lagi ke dokter. Harga satu pil, saat ditebus sekitar Rp. 2000,- an. Murah ya, tetapi sekali lagi harus atas petunjuk ahlinya ya, jangan bertindak sendiri. Nanti bisa gawat.

          Alhamdulillah setelah minum tablet kalsium tersebut sekitar satu pekan. Gusi saya tidak lagi berdarah baik saat berkumur-kumur atau menyikatnya. Saya agak lega dan nyaman.

          Tetapi meski sudah minum tablet kalsium, saya juga masih menambah asupan gizi yang banyak mengandung kalisum. Makan dengan lahap, jenis makanan yang mengandung banyak kalsium.  Supaya kebutuhan saya dan janin dapat terpenuhi dengan baik. 

          Dengan minum tablet kalsium ini, saya sangat terbantu menjalani kehamilan dengan aman dan nyaman. Semoga dedek bayinya selalu sehat ya. Kuat, pertumbuhn badannya normal dan cukup asupan kalsium untuk pembentukan gigi dan tulangnya. 

          Jadi, sebaiknya ibu hamil dapat menjaga asupan gizinya terutama kalsium, disaat masa pertumbuhan janin dengan seksama. Apalagi jika sudah terlihat gejala atau tanda-tanda bahwa si janin sudah mengambil kebutuhan kalsium sang ibu. Segera periksa dan kontrol dengan ahlinya. Agar dapat segera di atasi dan diberikan solusi segera.
         
         



4 comments

Dulu bgt saya klo sikat gigi berdasah, krg gak

etapi ini saya gak lg hamil

Reply

Kalo sepengtahuan saya, di luar hamil. Gusi berdarah, bisa jadi ada tulang gigi atau gusi yang sedang meradang. Bisa jadi juga mulai mnegalami keropos, atau ada yg berlubang Mb

Reply

Wah, saya periksa ke dokter sebulan sekali doang. :D Alhamdulillah tidak ada keluhan berarti

Reply

Alhamdulillah Mb kalo gak ada keluhan, semoga sehat selalu ya. aamiin

saya juga periksanya cuma sebulan sekali kalo gak ada keluhan

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin