nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Pengalaman Bayar Pajak Kendaraan Saat Pemutihan

 Assalamu'alaikum. Wr . Wb

Apa kabar sahabat Milda Ini, semoga selalu sehat ya bisa berkumpul bersama keluarga. Berlimpah rejeki dan kebahagian.

https://www.mildaini.com

Akhir April lalu, saya dan suami hendak membayar pajak mobil kami. Kebetulan jatuh tempo pada bulan Mei. Mumpung uangnya ada dan waktu luang,kami sempatkan untuk membayar pajak mobil.

Membayar pajak saat ini kebetulan sekalian untuk ganti plat baru dan punya rencana untuk balik nama kendaraan. 

Kenapa sekalian Balik Nama, biar nanti tidak repot untuk bayar pajak selanjutnya. Tidak repot pinjam KTP yang punya mobil sebelumnya, hehehe.

Suami sudah mengecek lewat aplikasi berapa estimasi biaya yang harus kami siapkan untuk biaya bayar pajak ganti plat dan balik nama.

Informasi lewat aplikasi sekitar 3,6 jutaan. Yah, sudah kami pun bergegas untuk ke kantor Samsat. 

Kami beranggapan bahwa dalam situasi masih suasana lebaran dan masih liburan juga. Di kantor Samsat tidak akan ramai.

Perjalanan menuju Samsat sekitar 15 menit. Memang terlihat pas mau masuk pintu gerbang agak sepi. 

Ini yang kami lakukan ketika akan membayar pajak, ganti plat dan balik nama.

1. Cek fisik

Karena sepi kami hanya antre satu mobil saja. Mobil di depan kami pun sudah hampir selesai ketika kami tiba. Otomatis kami tidak lama saat melakukan uji chek fisik. Di sini kami mendapatkan Map kertas khusus. Yang akan digunakan  untuk proses selanjutnya.

https://www.mildaini.com


2. Ambil Nomer Antrean dan pemeriksaan berkas awal.

Setelah map diperiksa dan di bagian depan map diberikan keterangan apa tujuan kita. Seperti saya tertulis di map Balik Nama.

Di sini, waktu duduk dan ngobrol-ngobrol kami dapat informasi bahwa di awal bulan Mei akan dilakukan pemutihan. Jadi tidak ada biaya Balik Nama atau Denda. 

Wah, bagus sekali informasi yang kami dapatkan ini. Lumayan juga kalo dihitung dan dikurangi dari biaya yang tertera di aplikasi. 

Bisa hemat hingga  satu juta lebih. Akhirnya saya dan suami sepakat untuk menunda pembayaran hari ini. Nanti saja di awal bulan  Mei.

Kami pun pulang usai mengambil berkas chek fisik.

https://www.mildaini.com


3. Ke Loket Pendaftaran

Informasi yang kami dapatkan valid. Setelah menelepon teman yang kerja di Samsat, mengkonfirmasi informasi tersebut.  Kami balik lagi ke Samsat di awal bukan Mei.

Mari kita lanjutkan proses pembayaran pajak mobil, ganti plat sekaligus balik nama.

Setelah mendapatkan nomer antrean.  Nanti kita akan dipanggil  sesuai nomer antre kita di loket pendaftaran. Ini lumayan lama loh kalo ramai. Saya dapat nomer antre 102. Lumayan yah. Memang kami ke Samsat sekitar jam sepuluh pagi. Saya dan suami ijin dulu di kantor baru ngurusin pajak mobil ini. 

https://www.mildaini.com


4. Loket Pembayaran BPKB

Setelah dari loket pendaftaran, saya kemudian ke bagian pengurusan dan Pembayaran BPKB Kendaraan. Untuk mobil dikenakan biaya Rp. 375.000. Untuk buku BKPB bisa diambil paling cepat dua pekan lagi sejak hari ini. Di loket ini prosesnya cepat yang lama itu adalah antreannya. Kami masuk ke loket aja baru jalan antrean no 30 an. 

5.Pembayaran Pajak Kendaraan 

Di loket ini, biasanya adalah loket Bank Daerah setempat. Jadi ini adalah loket Bank Bengkulu.  Kita akan dipanggil dan diberikan informasi berapa jumlah uang yang harus dibayarkan. Nah, di sini karena ada progran pemutihan. Saya tidak dikenakan biaya balik nama. Jadi hanya membayar biaya pajak mobil saja. Benaran lumayan hemat. Alhamdulillah  banget. 

6. Pembayaran STNK

Untuk biaya STNK sebesar Rp. 300.000. Kami membayar di bank BRI.  Sebaiknya disiapkan uang pas sehingga  memudahkan dan mempercepat  prosesnya. Oh, ya proses ini bisa seharian loh. 

7. Pengambilan STNK

Untuk STNK, bisa diambil pada hari yang sama atau setelah proses pembayaran dari Bank BRI, tetap nunggu antrean. Meski menunggu, STNK kita akan langsung diberikan STNK baru. 

8. Pengambilan  Plat Kendaraan Baru

Setelah dapat STNK kita diminta untuk menyerahkan STNK tersebut ke loket pengambilan Plat Kendaraan yang baru. Di sini juga antre dipanggil sesuai dengan antrean STNK yang kita lakukan. 

https://www.mildaini.com

Di sini antrean tergantung juga, bisa cepat atau lama. Yang penting kita sudah setor STNK sebagai alat atau nomer antrean kita. Akan dipanggil sesuai dengan nama yang yang tertulis di STNK

Kebetulan di Bengkulu,  Loket plat ini berpisah gedung dengan gedung loket  Pembayaran. Kita keluar dulu menuju gedung lainnya. 

Di sana, antrean juga sudah banyak. Tapi tetap semangat sebab ini tahapan terakhir . Artinya perjuangan hampir selesai. 

Alhamdulillah tahapan untuk pembayaran  pajak , ganti plat dan ganti nama mobil sudah selesai. Tinggal menunggu BPKB sekitar 2 pekan lagi. 

Oh, ya di sini tidak perlu kuatir. Untuk tempat charger HP tersedia. Juga ada untuk yang ingin kopi dan ngeteh semuanya tersedia. Termasuk juga tersedia pojok baca bagi yang ingin sekedar menghabiskan waktu dengan membaca buku

https://www.mildaini.com

Akhirnya menjelang waktu ashar kami meninggalkan kantor Samsat dalam kondisi perut yang sudah mulai kelaparan

Pengalaman Milda Ini,  saat program pemutihan kayak ini lebih hemat, apalagi kalo mau balik nama, ada tunggakan pajak. Jadi, kalo ada kesempatan pemutihan dari Samsat, yuk segera dibayar. Tidak ditunda lagi ya. Supaya dokumen kendaraan lebih nyaman. 

Baca Juga

Related Posts

There is no other posts in this category.

24 comment

  1. Urusan dokumen kendaraan memang urgent dan mengurusnya sedikit meresahkan bahkan dibutuhkan waktu beberapa hari karena kerumitan dan antrinya. Banyak yang mengeluhkan ini, tapi bagaimana pun harus mengurusnya. Kalau balik nama belum pernah, jadi tahu gimana prosesnya. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Wah, seru amat urusan pembayaran pajak dan balik nama mobilnya mbak. Memang mesti super sabar ya, tapi zaman sekarang sudah jauh lebih baik prosesnya. Kita tinggal ikuti saja prosedurnya. Kalau perlu pagi sekali sudah tiba di tempat supaya dapat nomor antrean kecil :D

    BalasHapus
  3. Mak, pemutihan dan pembebasan biaya balik nama ini sampai kapan? Kalau utk balik nama butuh siapin berkas apa ya biar cepat. Aku mau balik nama motor lama nih soalnya. Mau dikasih ke adek., kalau udah atas nama dia kan urusan apa2 ntar jd enak. Lumayam nih ada kebijakan gini, jd bs hemat

    BalasHapus
  4. Wa'alaikumussalam Mbak Milda. Lama ga saling silaturahmi di blog ya. Akhirnya ketemu lagi di sini. Belum lewat jauh ya buat ngucapin met lebaran dan mohon maaf lahir dan batin ya mbak.

    Iya mbak, kalau beli kendaraan second, baiknya balik nama, biar ga repot urus pajak selanjutnya.

    Wah aku baru tahu Mei ini ada pemutihan. Harus banget dimanfaatkan, biar lebih hemat biayanya.

    BalasHapus
  5. tahun lalu akupun bayar pajak kendaraan masuk program pemutihan mba, lumayan banget lho, trus antriannya juga gak panjang, padahal urus sendiri

    BalasHapus
  6. Dokumen kendaraan bermotor sifat nya memang sangat penting, mengurusnya pun tidak mudah perlu berhari hari untuk mengurus pajak kendaraan, mengingat antrean nya yang selalu panjang banyak sekali masyarakat yang mengeluhkan perihal seperti ini. Kalau balik nama sih saya belum pernah, jadi saya gaktau prosesnya seperti apa dan apa saja yang harus di siapkan. Terimakasih info nya.

    BalasHapus
  7. Biasanya kalau ngurus-ngurus begini harus meluangkan waktu sehari ya, Mbak. Terkadang suka males juga karena mikir bakalan ribet. Padahal kalau diikuti alurnya ya biasa aja. Asalkan mau antre.

    BalasHapus
  8. Waktu mau ngurus surat2 kendaraan dan ada teman yg info kalau pemutihan lg nggak ada.. dulu pernah dapat karena pas aja waktunya. Rezeki :D
    Lumayan pas balik nama motor itu hampir 2 jt mba, kalau dapat pemutihan bisa lebih ringan yaa

    BalasHapus
  9. Iya mba banyak juga yang merasakan manfaat bayar pajak saat ada pemutihan ini. Jadi lebih murah juga membayar pajak. Terima kasih sudah berbagi pengalamannya membayar pajak ya mba dan juga balik nama mobil

    BalasHapus
  10. Waah, rejeki ini namanya yaa mbak. Pas mau bayar pajak, pas mau pemutihan, jadi sekalian deh di waktu pemutihan. Eh iya, biasanya pemutihan itu waktunya kapan aja ya?

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah..
    Memanfaatkan momen pemutihan pajak dan balik nama ini jad semuanya bisa lebih ringkes dan hemat. Semoga kami juga bisa nih dapat kabar untuk wilayah Bandung dan sekitarnya.

    BalasHapus
  12. Aku waktu balik nama dan bayar pajak motor gak ikut pemutihan. Jadi ya lumayan, apalagi kalau mobil ya. Bersyukur bisa ikutan. Jadi hemat, hehehe

    BalasHapus
  13. Program pemutihan ini sangat bermanfaat biar orang-orang yang nunggak pajak pada bayar. Dan semoga next nya enggak nunggak lagi.

    Wah, antrean panjang ya, Mbak. Ngurus surat-surat kendaraan emang kama. Pas itu suami saya balik nama juga lama jadinya. Apalagi beda kabupaten. BPKB diambik sebukan setelahnya. Hhh

    BalasHapus
  14. Mengurus dokumen kendaraan memang membutuhkan kesabaran ya mbak
    Butuh waktu yang lama juga
    Tapi akan lega kalau semuanya sudah beres

    BalasHapus
  15. Mengurus pajak mobil.motor atau balik nama itu sebetulnya mudah asal sabar aja ya...kadang orang tu tidak sabaran, sudah takut duluan yg berakhir dengan bayar melalui calo

    BalasHapus
  16. Ternyata mudah banget ya bayar pajak setelah pemutihan Apalagi kalau tidak banyak antrian dokumen seperti ini sangat diperlukan untuk kedepannya

    BalasHapus
  17. Jawa Tengah juga rajin ngadain program pemutihan ini mbak. Lumayan juga ya misal pas ngurus balik nama gitu enggak kena biaya. Bisa irit banyaaakk...

    BalasHapus
  18. mudah-mudahan program pemutihan ini sering dilksanakan yaa jadi masyarakat yang terkendala dana tapi perlu mengurus dokumen kendaraan bisa sangat terbantu karena biayanya jadi lebih mudah

    BalasHapus
  19. pakai aplikasi apa ya buat info perkiraan biaya?
    untungnya ada pemutihan jadi super hemat untuk balik nama dan bayar pajaknya juga.
    aku ada rencana balik nama supaya enggak repot saat perpanjangan nanti.

    BalasHapus
  20. Wah harga jutaan jadinya ratusan ribu ya
    Aku baru tahu kalau pemutihan tuh seperti ini

    BalasHapus
  21. Thanks banget nih berbagi pengalaman dalam urus pajak dan balik nama mobil. Lebih enak urus sendiri ya mom, lebih puas hasilnya

    BalasHapus
  22. Kalo urusan kayak gini, emang sebaiknya spare time dari pagi sampe sore ya Mak. Biar nggak bolak balik dan sekali jalan aja. Walau capek banget, yang penting langsung beres.

    BalasHapus
  23. bayar pajak pas pemutihan itu memang menguntungkan banget ya, mbak karena dendanya dihapus.

    BalasHapus
  24. Pemutihan nih emang saat yang ditunggu tunggu yaaa.. soalnya kadang emang sulit bayar pajak tepat waktu, alhamdulillah dikasi kemudahan pembayaran lewat pemutihan ya maaaak

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin