nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

3 Perbedaan Blogspot dan Wordpress dalam Pembuatan Blog, Anda Pilih yang Mana?

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat Milda Ini semua, semoga selalu sehat, berlimpah waktu buat keluarga, selalu sehat dan berbahagia. Kali Milda, mau berbagi mengenai blogging , lebih tepatnya membahas seputar milih blogspost atau wordpress deh. Mana yang lebih worth it ke depannya.

Lalu, apa saja perbedaan antara Blogspot dan Wordpress tersebut. Bagi Anda yang belum memutuskan, sebaiknya baca dulu ulasan berikut ini mengenai 3 perbedaan blogspot dan wordpress sebelum mengambil keputusan akhir.

Perbedaan Blogspot dan Wordpress memang belum banyak diketahui bagi pemula. Sebab fungsi dari keduanya adalah sebagai pembuat blog praktis untuk berbagai kebutuhan. Tetapi jika diamati lebih jauh, Blogspot dan Wordpress memiliki perbedaan yang harus dipahami sebelum menggunakannya.


https://www.mildaini.com
Suatu massa saat acara workshop blog bersama Blogger Bengkulu


Perbedaan Blogspot dan Wordpress

Memahami perbedaan Blogspot dan Wordpress dalam pembuatan blog perlu diamati. Tujuannya agar hasil dari tulisan yang dibuat bisa muncul pada halaman Google. Berikut ini perbedaan dari Blogspot dan Wordpress, serta manfaatnya.


Tampilan

Tampilan pada keduanya cukup berbeda pada template yang akan digunakan. Kelebihan blogspot pada sisi tampilan adalah bebas mengubah template yang ingin digunakan. 

Template pada blog menggunakan HTML sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Sedangkan wordpess, template yang digunakan memiliki bahasa PHP yang sulit dilakukan perubahan bagi pengguna baru. Maka dari segi tampilan yang mudah diubah bisa menggunakan blogspot.

Sayangnya pada fitur yang disediakan, blogspot masih terbatas karena mengguakan HTML. Berbeda dengan manfaat Wordpress yang memiliki banyak plugin sesuai kebutuhan dan bisa langsung di download.


SEO

SEO menjadi hal penting untuk pemilik blog agar tulisan yang dibuat mudah dibaca oleh Google. Penggunaan SEO yang baik bisa mempermudah tulisan di halaman pencaharian. Pada Wordpress penggunaanya memang dibutuhkan untuk pemilik blog agar lebih profesional. Plugin yang digunakan pad Wordpress bisa membantu mengoptimalkan penggunaan SEO. Sedangkan pada Blogspot lebih cocok digunakan bagi pemilik blog yang baru mencoba.


Kedua blog tersebut bisa menerima iklan sebagai penghasilan atau disebut Adsense dari Google. 


Blogspot atau Wordpress untuk Adsense memiliki perbedaan pada pengaturan. Pada Blogspot, pengaturan Adsense sudah bisa langsung dilakukan dan diletakkan sesuai keinginan. Sedangkan pada Wordpress harus mengubah dari plugin.

Keamanan

Keamanan pada Blogspot dan Wordpress memiliki tingkat yang bagus. Perbedaannya terletak pada plugin yang digunakan Wordpress untuk memaksimalkan keamanan. Sedangkan pada Blogspot harus melakukan pembaharuan secara berkala pada script.

Perbedaan Blogspot dan Wordpress terletak pada penggunaannya. Blogspot lebih cocok bagi pemula yang baru memulai dalam pembuatan blog. Sedangkan Wordpress yang ingin memiliki blog secara profesional karena biaya yang dikeluarkan lebih banyak.

Bagaimana, apakah ulasan ini membantu? ada yang ingin kamu ketahui lagi. Yuk, komen aja di kolom komentar. Kapan waktu nanti Milda ulas juga yah. Terima kasih


Baca Juga

Related Posts

2 comment

  1. kalau adik sih, masih setia sama blogspot sih, nggak ribet seribet tetangga yuk. heheh

    BalasHapus
  2. Sebenarnya lebih mudah blogspot, tetapi tampilannya lebih bagus wordpress dan banyak diminati. Wordpress sendiri agak rumit apalagi main di SEO tapi dengan inilah berpotensi memunculkan website di halaman depan google. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin