nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Mau Manajemen Restoran Lebih Efisien? Ikuti Triknya Berikut Ini


Mau Manajemen Restoran Lebih Efisien? Ikuti Triknya Berikut Ini


Memiliki bisnis kuliner raksasa ada di depan mata, selama Anda bisa terus mempertahankan sekaligus meningkatkan kualitas usaha. Salah satunya adalah manajemen restoran yang tak kalah penting. 


Manajemen adalah kunci agar restoran yang Anda bangun semakin berkembang. Contohnya penggunaan Majoo sebagai aplikasi kasir terbaik karena fiturnya yang lengkap akan memudahkan manajemen restoran. 


Https://www.mildaini.com




Seperti apa trik yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan efisiensi manajemen di bisnis restoran? Simak penjelasan lengkapnya. 


Trik agar Efisiensi Manajemen Restoran Meningkat


Efisiensi manajemen seringkali tidak diperhatikan oleh para pemilik bisnis. Hal ini yang justru memulai kejatuhan bisnis Anda. Misalnya Anda merekrut terlalu banyak karyawan di awal, padahal masih belum banyak konsumen yang datang. 


Otomatis Anda hanya akan membuang terlalu banyak uang untuk menggaji karyawan yang sebenarnya bisa dikerjakan oleh lebih sedikit orang. Contoh sederhana ini harus dipahami sejak awal oleh semua pebisnis agar modal berjalan tidak boros. 


Bagaimana cara lain agar Anda bisa meningkatkan manajemen restoran bisa Anda simak berikut ini.


 Ciptakan Table Management yang Rapi 


Bisnis restoran menitikberatkan pada pelayanan pengunjung yang datang untuk makan di tempat. Pengelolaan meja dan juga pemesanan sangat krusial di sini. Cukup sulit jika pengunjung yang datang dalam jumlah banyak sekali waktu. 


Khususnya jika restoran Anda terdiri dari dua lantai, maka dibutuhkan manpower yang cukup untuk mengecek ketersediaan meja. Cara paling mudah untuk membuat table management yang rapi adalah memanfaatkan aplikasi Majoo. 


Tersedia fitur manajemen ruangan atau meja yang digunakan untuk memberikan informasi apakah pesanan sudah diantar atau belum sampai berapa jumlah orangnya. Dengan begitu karyawan akan lebih cepat tanggap mengecek meja mana yang perlu dilayani terlebih dahulu.


Pengecekan Stok Rutin sebelum Restoran Tutup


Tugas karyawan yang utama tidak hanya memberikan pelayanan dan melakukan transaksi penjualan. Pengelolaan stok harus dilakukan dengan rutin supaya pada saat operasional restoran tidak ada menu sold out hanya karena bahan baku habis. 


Pengecekan stok dilakukan pada saat restoran tutup dan pagi hari sebelum operasional. Stok harus disesuaikan juga dengan sistem pada software kasir sehingga penghitungan stok secara keseluruhan tidak mengalami kesalahan. 


Tugaskan kepada karyawan khusus untuk mengecek dan mencatat bahan baku apa saja yang habis dan harus dipersiapkan. Hasilnya tentu saja tidak akan ada menu yang habis karena stok kosong. 


Menciptakan Komunikasi dengan Dapur yang Lancar


Kesalahan seringkali terjadi ketika server tidak berkomunikasi dengan baik terhadap tim dapur. Anda harus melatih dengan baik karyawan yang bertugas untuk mencatat pesanan dan juga menyajikan makanan. 


Selalu catat informasi mengenai alergi atau bahan makanan yang tidak disukai oleh konsumen. Selain itu pastikan bahwa semua pesanan masuk ke dalam sistem sehingga tim dapur bisa langsung mengerjakan sesuai pesanan. 


Supaya komunikasi ini berjalan dengan lancar, harus ada keakraban antar karyawan. Menciptakan suasana kerja yang nyaman bisa menjadi trik yang jitu untuk meminimalisir kesalahan. Lakukan evaluasi setiap harinya dan beri pendampingan terhadap karyawan. 


Pastikan Metode Pembayaran Lengkap


Metode pembayaran tidak kalah pentingnya dalam hal manajemen restoran. Anda tidak pernah tahu dengan metode apa konsumen akan membayar. Oleh karena itu lebih baik menyiapkan metode secara lengkap baik dari uang tunai, kartu atau digital wallet. 


Soal metode pembayaran yang lengkap ini tergantung dengan aplikasi kasir yang Anda gunakan. Begitu juga dengan mesin EDC yang dipersiapkan. Anda perlu memilih aplikasi kasir Majoo yang menyediakan hampir semua metode pembayaran secara lengkap. 


Jadi proses pembayaran yang dilakukan oleh konsumen bisa berlangsung dengan lancar dan cepat. 


Mengajak Karyawan untuk Tetap Teliti dalam Bertransaksi 


Pendampingan karyawan yang dilakukan bukan hanya untuk mengajarkan agar nyaman dengan sesama karyawan. Penting juga untuk mengajarkan agar tetap teliti dalam bekerja. 

Khususnya soal pencatatan transaksi harus dilakukan secara lengkap. 


Jangan sampai ada menu yang terlewatkan atau justru berlebihan karena akan memperburuk citra usaha dan menimbulkan kerugian. 


Meningkatkan efisiensi manajemen restoran yang tadinya terlihat sulit akan menjadi mudah jika Anda sudah membiasakannya untuk dilakukan. Anda pun tidak akan sadar bahwa restoran akan mengalami perkembangan akibat perubahan ini.  





Baca Juga

Related Posts

23 comment

  1. Nah ini manajemen dalam hal apapun sangat penting, tetapi kalau tidak tahu caranya pasti rumit, jadi harus praktikkan yang efisien yang kayak gini. Mantap, terima kasih, Mbak.

    BalasHapus
  2. Metode pembayaran lengkap tuh jadi nilai plus banget buatku sebagai Customer saat makan di Restoran. Karena kadang memang gak bawa cash banyak, kalau bisa dilakukan cashless lebih nyaman buatku dalam bertransaksi.

    BalasHapus
  3. Nah ini yg dibutuhkan oleh para pengusaha F&B.
    Karena kadang makanan dan minuman yg disajikan enaakk, produk udah keren, tapi manajemennya rada berantakan.
    Kan kasian.

    BalasHapus
  4. Keren banget ini tipsnya, mbaa. Kadang orang memulai usaha restoran suka bingung soal manajemen kaya gini.
    Dan soal aplikasi pembayaran, kayaknya sekarang emang harus disediakan digital wallet karena orang banyak yang memilih transaksi pakai emoney

    BalasHapus
  5. Betul, kadang kesel kalau lagi masuk ke sebuah resto tapi awut-awutan manajemennya. Padahal perut udah kukuruyukan pengen cepet makan.

    BalasHapus
  6. aku nih belajar dikit2 dari resto temenku, bener sih beberapa poin itu. manajemen resto penting banget dijaga ya biar alurnya jelas

    BalasHapus
  7. dulu kupikir kenapa banyak orang ambil jurusan manajemen, dan apakah setiap orang bisa me-manage semua hal.. ternyata soal manajemen ini kudu pake ilmu ya, terlebih lagi zaman sekarang ada kemudahan-kemudahan seperti aplikasi kasir.

    BalasHapus
  8. Kok ini berkesinambungan sama tulisan mbak Witri ya!
    Aku terpana jadinya, kayak janjian... he he... btw sebagai mantan manajer resto aku tahu persis betapa mahaaaalllnyaaaa SDM yang udah terverifikasi itu

    BalasHapus
  9. thank you for the tips mba.. memang hal - hal di atas akan sangat penting untuk diaplikasikan yaa dalam manajemen restoran dan juga pekerjaan serupa

    BalasHapus
  10. Ngurus resto emang ga gampang ya mbak butih management yg mumpuni. Mantap nih tipsnya semoga para pengusaha resto baca juga ya

    BalasHapus
  11. Sistem pembayaran di restoran yang lengkap, baik secara cash maupun cashless akan sangat memudahkan para pengunjung dan sangat memperlancar arus masuk uang.

    BalasHapus
  12. dulu sepupuku ada yang usaha restoran fried chicken. tapi pas didatengin duhh luarnya aja udah jorok banget, lantai gak dibersihin. jadi ilfeel makan di sana. :(

    BalasHapus
  13. Gak mudah memang memiliki usaha sendiri itu yaa.. Apalagi sekelas restoran yang pastinya pelanggannya banyak. Kudu banget cek stok agar tidak mengecewakan ketika ada pelanggan yang suka dengan menu tertentu.

    BalasHapus
  14. Mbak Mil dari, aplikasi Majoo ini baru yak?
    Ngurus resto itu emang enggak mudah ya Mbak, manajemen harus jelas, dan yang penting komunikasi juga...

    BalasHapus
  15. Metode pembayaran lengkap tuh wajib deh di era digital seperti sekarang. Kan udah cashless juga, males bawa dompet tebel2 nih. Hehe. Org sekarang udah gak mau ribet

    BalasHapus
  16. Wah makasi tipsnya mbak, memang kalau mau buka bisnis harus tahu strateginya yaa. Apalagi jika mau buka bisnis restoran yaa. Eh bisnis apa aja sih, kayaknya relevan tipsnya untuk berbagai bisnis.

    BalasHapus
  17. Kadang aku penasaran loh mba gimana caranya restoran tetap bisa cepat melayani pelanggan dengan cepat padahal sedang ramai-ramainya. Ternyata ada manajemen restoran gini yaa...

    BalasHapus
  18. Ini cocok untuk teman saya yang sedang mengurus resto
    Soalnya sempat berhenti karena masalah
    Semoga setelah baca ini makin semangat dianya

    BalasHapus
  19. Manajemen penting ya agar pekerjaan efisien dan profesional apalagi bidang kuliner spt resto harus jual pelayanan paripurna selain rasa

    BalasHapus
  20. Manajemen yang baik sangat diperlukan dalam mengelola restoran ya mbak. Kan sayang juga kalau ada restoran yg makanannya enak, suasananya menyenangkan tetapi tidak dimanejeri dengan baik. Bisa gagal kan ya...

    BalasHapus
  21. Bisnis kuliner emang makin banyak macamnya ya, makin besar bisnisnya tetu harus makin ditata managemennya. Salah satunya dengan aplikasi yang memudahkan dalam management restoran

    BalasHapus
  22. Manajemen restoran memang penting. Lebih baik lagi kalau dengan pembukuan yang bagus untuk keuangan dan stok. Tapi kayaknya ribeet ya kalau dicatat manual. Lebih praktis dan tentu efisien jika pakai aplikasi seperti Majoo ini

    BalasHapus
  23. wih makasi udah share tentang ini mba, ya walau aku belum punya usaha di bidang kuliner yang bentuknya resto tapi dulu ortu pernah buka warung di kantin mal gitu tapi mungkin karena manajemennya ga sebagus poin-poin di atas makanya tutup huhuhu

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin