nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Menyingkap Rahasia Cantik dan Sehat Perempuan Kebun Ros

Menyingkap  Rahasia Perempuan Kebun Ros yang Cantik dan Sehat Karena Daun Kelor

Sejak lama para leluhur kita selain sebagai pelaut, nenek moyang kita juga sangat percaya dengan kehebatan si daun kelor. Baik untuk ritual magis, untuk bahan makanan dan untuk kesehatan. Semua mempercayainya. Bahkan untuk urusan motivasi, pertemanan bahkan percintaan pun, banyak orang yang percaya dengan si daun kelor.

Pasti kalian sangat kenal dengan istilah Dunia tidak selebar daun Kelor!

Harus kita akui nenek moyang kita memang hebat. Hal ini juga yang saya temukan pada sekumpulan ibu-ibu yang ada di kelurahan Kebun Ros Kota Bengkulu. Mereka berupaya untuk membuat lingkungan terjaga dengan baik. Malalui program  penanaman pohon Kelor pada setiap pekarangan rumah.

Daun Kelor ini dikenal juga dengan sebutan Remunggai. Oleh Ibu Lurah Dra, Mariyana, para perempuan di Kebun Ros selain diajak  untuk memberdayakan daun Kelor, mengkonsumsinya. Selain itu diajak untuk mengolah daun Kelor menjadi berbagai olahan yang bermanfaat dan tentu saja ekonomis. Bisa menambah penghasilan keluarga. 


kelor


Diharapkan dengan menanam daun kelor dan memanfaatkannya menjadi berbagai olahan yang sehat dan bermanfaat buat kesehatan. Tentu saja juga diharapkan dapat menjadi salah satu sumber penghasilan. Perempuan bisa membantu suami secara finansial sehingga ekonomi keluarga menjadi baik dan masyarakat akan sejahtera.

Oh, ya berikut ini adalah beberapa olahan daun kelor yang telah diolah menjadi berbagai olahan yang bermanfaat, sehat dan ekonomis.

kelor


kelor


kelor

kelor

kelor


kelor


kelor


kelor


Banyak lagi olahan yang bisa dibuat dengan bahan baku daun Kelor ini. Semuanya juga berdaya jual ekonomis, bisa mendatangkan penghasilan.

Selain itu dengan rutin mengkonsumsi daun kelor, status kesehatan juga meningkat. Ada banyak sekali manfaat dari daun Kelor ini. Selain enak dimakan, daun Kelor mengandung banyak zat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita.

Kandungan Zat  Baik Daun Kelor

Protein: 2 gram 

Vitamin B6: 19% dari rekomendasi konsumsi harian 

Vitamin C: 12% dari rekomendasi konsumsi harian 

Zat besi: 11% dari rekomendasi konsumsi harian 

Riboflavin (vitamin B2): 11% dari rekomendasi konsumsi harian 

Vitamin A: 9% dari rekomendasi konsumsi harian 

Magnesium: 8% dari rekomendasi konsumsi harian 


Manfaat Daun Kelor

Menurunkan berat badan.

Menghilangkan flek hitam.

Baik untuk ibu menyusui.

Meningkatkan kesehatan mata.

Mencegah kanker.

Menurunkan risiko penyakit ginjal.

Memperlambat penuaan dini.

Mengobati rematik.


Dengan segudang kandungan zat baik dan manfaat si daun Kelor, wajar kiranya para perempuan di Kelurahan Kebun Ros tersebut sehat dan selalu cantik. Sebab mereka mengkonsumsi daun Kelor secara rutin. Daun kelor ini sudah menjadi bagian komoditas dari ibu-ibu di kelurahan Kebun Ros. 

kelor
Saya, Ibu Lurah dan teman Blogger Bengkulu saat launching Kampung Tematik di Kebun Ros

Bukan saja bagian daun Kelor yang bermanfaat tetapi buah daun Kelor  jua enak dijadikan menu makanan. Rasanya juga saa enaknya dengan daunnya. 

kelor

Mengapa Perempuan Kebun Ros Memberdayakan Daun Kelor

Hal ini sejalan dengan program kota Bengkulu pada tahun 2019, yang menetapkan satu kecamatan dan satu kelurahan untuk mempunyai Kampung Tematik. Dengan ciri khas yang unik dan berbeda dengan kecamatan lainnya. 

Kampung Tematik merupakan titik sasaran dari sebagian wilayah Kelurahan yang dilakukan perbaikan dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut : mengubah lokasi kumuh menjadi tidak kumuh / peningkatan / perbaikan kondisi lingkungan.

Untuk Kecamatan Teluk Segara, terpilihlah kelurahan Kebun Ros untuk memberdayakan daun Kelor dan Mural menjadi tema untuk kampung Tematiknya.  Kegiatan ini melibatkan masyarakat luas. Masyarakat diharapkan dapat berperan secara langsung dan aktif.  Termasuk bekerjasama dengan kaum akademisi.

Pilihan untuk budidaya dan pemanfaatan daun Kelor karena banyak manfaat, mudah diolah, dan bisa mendatangkan penghasilan buat warga, sehingga kegatan ini bisa terus berlanjut. Mulai dari menanam bibit, memelihara tanaman, mengolah dan memasarkannya.

Kampung Tematik ini sudah diresmikan oleh bapak Walikota Bengkulu Helmi Hasan, bersama dengan kampung tematik lainnya. 

kelor
Walikota Bengkulu, Helmi Hasan Meresmikan Kampung Tematik


Pemilihan pemberdayaan dan pengembangan daun Kelor, bukan tanpa alasan. Selain memang memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan keluarga , olahan daun Kelor ini dapat dijadikan komuditas lokal yang bisa diproduksi secara berkelanjutan. Bahkan bisa diolah dan dibuat setiap hari. Dijual setiap hari dan mendapatkan penghasilan secara langsung. Belum lagi penghasilan dari budidaya daun Kelor itu sendiri. Ternyata banyak juga yang suka membeli bibit daun Kelor. 

Selain itu, dengan memberdayakan daun Kelor pada pekarangan rumah, maka kita juga sudah ikut melestarikan lingkungan. Membuat lingkungan   menjadi lebih sehat dan bermanfaat. Serta bikin dapur tetap ngepul.

Hal ini juga sejalan dengan pesan pemerintah untuk melestarikan dan memanfaatkan lingkungan sekitar agar lebih lestari. Bisa kita lihat pada video berikut ini.



Jadi, kalo kamu ingin cantik dan sehat seperti perempuan di Kebun Ros . Mari bertanam dan menikmati berbagai olahan daun Kelor setiap hari.



Related Posts

10 komentar

  1. Aku mau juga cantiq kayak para perempuan di kebun rose...sekarang musim ipun....enak banget mak...dimasak bening campur daun kelor.

    BalasHapus
  2. Aku mau juga cantiq kayak para perempuan di kebun rose...sekarang musim ipun....enak banget mak...dimasak bening campur daun kelor.

    BalasHapus
  3. Wah, makanannya bikin ngiler semua, pasti enak, sehat pula...

    BalasHapus
  4. Wih ternyata daun kelor bisa dibuat bermacam macam makanan. Mbak, ada resep buat eskrim remungai nya gak?

    BalasHapus
  5. Daun kelor ini memang tanaman sejuta manfaat. Aku mulai suka saat di olah jadi sayur bening untuk melancarkan ASI. Oya, di tempat kami namanya maunggai mbak. Hee.. Mirip

    BalasHapus
  6. Eh ada dedek Intan di sana xD Emang super kreatif nih wanita-wanita Kebun Ros, daun remunggai bisa diolah jadi banyak makanan enak sama mereka. Keren daaah

    BalasHapus
  7. Wihh banyak banget olahan dari daun kelor yaaa. Ngiler banget pengen nyicipin ekrimnya hehhe

    BalasHapus
  8. Walaupun tidak lebar, daun kelor ternyata punya banyak manfaat ya. Diolah jadi apa aja juga bisa

    BalasHapus
  9. Perempuan kudu strong dan berdaya di berbagai kesempatan, ya Mbak! Aktivitas yang memberdayakan perempuan sejatinya akan membuat perempuan semakin produktif.

    BalasHapus
  10. Menarik banget program kebun Ros mbak, kelor itu bagus banget khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin