nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

5 Langkah Awal Membaca untuk Si Kecil

 5 Langkah Awal Membaca untuk Si Kecil


Peranan orang tua dalam membantu anak untuk berhasil membaca dengan lancar sangat diperlukan. Cara belajar membaca anak TK yang benar harus dipraktekkan di rumah, karena ini adalah langkah awal yang sangat penting. Walaupun akan sudah masuk sekolah Taman Kanak Kanak atau TK, bukan berarti semua tanggung jawab milik guru.

Di rumah Anda bisa mengajarkan berbagai macam cara agar nantinya anak tidak terlambat menguasai kemampuan membaca. Selama dua tahun Anda bisa mengajarkan membaca sampai lancar, sebelum anak masuk ke Sekolah Dasar. Kemampuan membaca akan menjadi penilaian apakah anak siap masuk SD. 


study
Sumber gambar: freepik


Langkah Belajar Membaca Anak TK untuk Dilakukan di Rumah

Membaca merupakan kemampuan yang wajib untuk dimiliki setiap anak. Mengajari anak membaca akan menghindari masalah disleksia di masa depan. Kemampuan ini termasuk materi pokok sama halnya dengan berhitung.

Anak usia 4 tahun yang sudah masuk TK harus mulai diajarkan bagaimana cara membaca yang baik dan benar. Mengajari anak untuk membaca tentu bukan perkara mudah, selama prosesnya ada tahapan-tahapan yang perlu dilakukan.

Bagaimana Anda bisa mengajari anak untuk belajar membaca? Ikuti 5 langkah berikut ini.

1.    Mengenal dan menghafalkan alfabet


Langkah dasar belajar membaca anak TK yang pertama kali dilakukan adalah mengenali alfabet. Huruf adalah langkah awal sebelum anak bisa mengeja suku kata hingga membaca kata dan kalimat. Ada begitu banyak alfabet yang tidak bisa dihafalkan sekaligus.

Anda bisa memperkenalkan bentuk alfabet terlebih dahulu dan memasang poster besar di kamar anak. Carilah waktu yang tepat untuk mereka mulai belajar, misalnya saat sore hari atau malam sebelum tidur.

Selain poster, Anda juga bisa menggunakan video animasi yang menarik untuk ditonton si kecil. Melalui gambar bergerak bahkan nyanyian anak akan lebih mudah untuk menghafalkan bentuk alfabet.

Jangan hanya mengajarkan bentuk dan menonton saja, untuk tahu apakah anak benar-benar hafal ajaklah mereka untuk menyebutkan alfabet satu per satu. Anda bisa memulai untuk lima alfabet pertama jadi jangan memaksa mereka untuk langsung hafal. Ulangi materi yang sama beberapa hari hingga mereka lancar membaca alfabet.

2.    Belajar mengenal dan menghafalkan suku kata


Anak yang sudah hafal semua jenis alfabet bisa masuk langkah belajar membaca anak TK kedua yaitu suku kata. Anda bisa memanfaatkan poster atau video animasi untuk membantu anak untuk menghafal suku kata.

Pertama Anda bisa memperkenalkan beberapa suku kata. Misalnya saja da. di, du, de,do atau pa, pi,pu, pe, pop. Kelompokkan suku kata berdasarkan mana yang lebih mudah dihafalkan terlebih dahulu. Setiap anak memiliki kemudahan membaca suku kata berbeda-beda.

Apabila Anda sudah mengelompokkannya maka akan terlihat manakah suku kata yang sulit untuk mereka hafalkan. Khusus suku kata ini Anda bisa mengulangi materinya setiap hari tapi dengan cara berbeda.

Supaya anak lebih mudah menghafalkan suku kata yang sulit, Anda bisa membuat permainan menarik dan memberikan reward jika mereka berhasil menghafalkannya. Cara ini akan menumbuhkan motivasi agar mereka cepat hafal.

3.    Memperbanyak varian suku kata


Ketika suku kata dasar dari B hingga Z sudah dihafalkan saatnya untuk meningkatkan tingkat kesulitan materi belajar membaca anak TK. Anda bisa memperluas variasi suku kata bahkan sampai pada suku kata dengan konsonan mati seperti ‘’ny’’ dan ‘’ng’’.

Bagian ini memang sangat sulit dan biasanya membutuhkan waktu sedikit lebih lama. Anda bisa memulainya dengan mencontohkan bunyi sehingga mereka mau menirukannya. Supaya mudah dan terus diingat Anda bisa memberikan contoh nyata seperti iklan poster saat jalan pulang atau iklan di tv.

Variasi lain dari suku kata yang tak lupa adalah tiga suku kata. Biasanya mempelajari ini sedikit lebih mudah karena pengembangan dari dua suku kata. Anda bisa memberikan materi dari suku kata seperti Kan, Mar, Ter, Bak, Pun, dan lainnya.

Menguasai suku kata ini sangat penting sebelum akhirnya mereka bisa membaca kata. Jadi jangan lompat ke materi berikutnya sebelum mereka menguasai suku kata. Karena akan membuat anak kesulitan membaca.

4.    Mulai membaca kata utuh


Pada langkah belajar membaca anak TK yang keempat ini adalah hal paling menyenangkan. Karena pada lebih banyak materi yang bisa diberikan. Di awal Anda bisa mengajak anak untuk mengeja dan menulis kata.

Mulailah dari kata yang mudah seperti terdiri dari dua suku kata atau dua suku kata dan tiga suku kata. Contoh cara yang mudah, Anda bisa memberikan label pada setiap benda di kamar anak dan ajaklah untuk mengenali kata yang tertulis.

Cara lainnya bisa dengan menggunakan balok huruf dan mintalah anak untuk menyusun dan menyebutkan kata tersebut. Trik ini bisa juga dijadikan langkah untuk mengetes sejauh mana anak paham dengan kata tersebut.

5.    Memperkenalkan kalimat dalam buku cerita


Ketika anak sudah mulai paham dengan banyak kata, Anda bisa melanjutkan belajar dari buku cerita. Carilah buku cerita bergambar agar lebih menarik dengan tulisan yang tampak jelas. Pilih cerita-cerita yang menarik dan memiliki kata bervariasi.

Saat sebelum tidur atau luangkan waktu 30 menit untuk fokus belajar membaca kalimat dalam buku tersebut. Dampingi anak ketika mereka membaca setiap kata dan benarkan langsung saat pengucapannya salah.

Buku cerita akan menjadi media terbaik untuk mengatasi anak yang masih mengeja kata dan kalimat. Prosesnya memang tidak sebentar tapi wajib dilakukan setiap hari.

Sampai sekarang sudah sampai manakah cara belajar membaca anak TK yang Anda lakukan di rumah? Apabila masih kesulitan, Anda bisa menemukan cara kreatif lain untuk membantu anak belajar membaca di kiddo.id. Berbagai trik menarik bisa Anda langsung praktekkan.


Sumber:
https://www.liputan6.com/citizen6/read/4419003/5-cara-mengajari-belajar-membaca-bagi-anak-tk-yang-efektif-dan-menyenangkan
https://www.prestasiglobal.id/5-langkah-cara-mengajarkan-anak-membaca/
https://www.sehatq.com/artikel/cara-mengajarkan-anak-membaca-yang-orangtua-perlu-tahu
https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/sarrah-ulfah/langkah-mudah-mengajarkan-anak-membaca-tanpa-mengeja/5
https://www.ibudanbalita.com/artikel/cara-belajar-membaca-untuk-anak-tk-yang-menyenangkan












Related Posts

0 komentar

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin