Menu

Rabu, 26 Agustus 2020

/

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat Milda, sudah masuk sepekan ya kalo diliat secara umum. Sejak diumumkan akan dimulainya New Normal  akibat pandemi yang sudah kita jalani selama hampir tiga bulan ini.


Saya sendiri belum begitu paham dan meyakini tentang konsep New Normal itu seperti apa penerapannya di lapangan.



Ada yang memahami secara umum, new normal artinya berdamai dengan corona Artinya kita tidak perlu takut berlebihan dengan Covid 19 ini. New Normal artinya juga memulai kehidupan dengan tatanan baru, seperti tetap melakukan kegiatan seperti bisa, namun menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan baik setidaknya 20 detik.


Selain itu layanan perkantoran, BUMN, Jasa dan keuangan , pariwisata, transportasi dan semuanya sudah mulai berjalan normal kembali. Namun dengan tetap memperhatikan anjuran pemerintah untuk mengutamakan kesehatan.


Alhamdulillah sekolah belum dibuka, sejujurnya sebagai ibu dengan tiga orang anak yang sekolah dijenjang yang berbeda-beda. Saya agak kuatir dan belum siap, jika anak-anak harus segera kembali ke sekolah seperti biasa. Apalagi si Athifah dan Annasya yang baru TK dan Paud. Saya masih sangat kuatir .


New Normal, dimulai


Akhir Mei, setelah beberapa hari lebaran. Saya dihubungi oleh Intan, pemilik blog inokari dot com yang juga bekerja sebagai penyiar di RRI Kota Bengkulu.


Intan mengajak saya untuk sharing mengenai New Normal Blogger di program Kelas Inspirasi di RRI Kota Bengkulu.


Yah, berbagi pengalaman menjadi blogger di tengah pandemi dan bagaimana tetap eksis ngeblog di era new normal. Bagaimana supaya bisa menjadi blogger profesional, sharing dan curhat pengalaman menjadi blogger. Atau bisa juga memotivasi agar menjadi blogger, dengan banyaknya waktu di rumah saja, tentu bisa dimanfaatkan untuk menulis dan berbagi kebaikan lewat tulisan.


Saya menerima tawaran ini sebab hanya on air saja dan protokol kesehatan di kantor RRI juga baik. Apalagi  jadwalnya di pagi hari, saya bisa ijin sebentar ke RRI.


Lagipula saya juga udah kangen dengan kegiatan kayak gini, ya sudah saya mau on air dulu. Kali ini membahas soal  bagaimana jadi Blogger yang baik di era new normal ini.


Blogger di era new normal, ngapain aja!


Dunia digital, internet, kuota , laptop, smartphone adalah hal-hal yang sangat dekat dan dibutuhkan oleh blogger. Selama semua perangkat itu tersedia, maka blogger akan bisa bekerja dengan baik. Sebaliknya salah satu saja yang macet, maka otomatis blogger juga akan berhenti bekerja.


Nah, selama #DiRumahAJa kebutuhan akan internet dan kuota yang lancar semakin meningkat. Banyak orang pun mendadak memasang wifie di rumah. Demi bisa berselancar dengan baik di dunia maya.


Lalu, setelah kuota internet terpenuhi dan tersedia dengan baik, terus kita, blogger ngapain aja di rumah?


Sebagian besar banyak yang semakin rajin bikin konten kreatif, update blog setiap hari dengan hal-hal yang tak terduga. Ada saja yang bisa dituliskan dan dibagikan pengalamannya di blog.


Lalu ada juga yang semakin serius merawat dan mengurus media sosialnya juga. Mulai menaikan dan menambah pertemanan di dunia maya.


Yang punya channel youtube yang selama ini agak terabaikan. Mulai juga diperhatikan kembali, mulai diisi dengan berbagai konten.



Jadi, bagi sebagian blogger, sejak pandemi ini dan banyak berdiam diri di rumah.Banyak yang makin produktif dan mencoba semakin’menghasilkan’ lewat blog dan media sosialnya.


Namun, banyak juga yang tidak melakukan hal tersebut. Selama di rumah saja, selain badan yang semain bertambah berat badan. Aktivitas blogging dan sosial media tidak meningkat. Banyak waktu diisi dengan menonton atau menghabiskan waktu bersama keluarga. Bagi yang punya anak usia sekolah. Seolah menjadi sangat repot dengan tiba-tiba menjadi guru juga bagi si anak.


Lalu Kran New Normal di Buka, Blogger Ngapain Aja


Sejak awal juni 2020, pemerintah Indonesia mengumumkan bahwa Indonesia akan memasuki tatanan kehidupan baru atau yang lebih dikenal dengan istilah #NewNormal. Kita diminta berdamai dan berdaptasi dengan #VirusCorona dengan tetap melakukan aktivitas seperti biasa namun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.


Protokol kesehatan secara umum untuk blogger juga sama, dengan menggunakan masker jika keluar rumah, sering mencuci tangan, menjaga jarak, menjaga kesehatan , menjaga asupan gizi setiap hari, berolahraga, dan tetap bahagia setiap hari.


Bagian terakhir ini penting banget, untuk tetap membuat diri bahagia setiap hari. Agar tubuh memiliki imunitas yang baik. Dengan selalu berusaha membuat diri sendiri tersenyum, tertawa dan bahagia . Dengan melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan.


Dengan adanya pandemi ini, diharapkan juga blogger bisa menuliskan konten positif dan inspiratif terkait Covid 19. Menyebarkan hal-hal yang positif terkait Covid 19 ini di media sosial. Sebagai edukasi digital kepada netijen. Bukan sebaliknya. 


Bagaimana Dengan Kegiatan Blogging


Meski kran New Normal sudah dibuka, namun bukan artinya kegiatan kopdar, kelas blogging, dan kegiatan offline blogger lainnya juga akan berjalan atau dilakukan seperti biasa. Belum tentu, begitu banyak hal yang harus diperhitungkan dan dipertimbangkan jika ingin melakukan kegiatan offline.


Tidaklah mudah jika ingin melakukan kegiatan atau pertemuan tatap muka. Apalagi tidak semua orang ingin dan bisa melakukannya. Sebab masih kuatir dan lebih nyaman berada di rumah saja.


Oleh karen itu untuk kegiatan blogging dari Blogger Bengkulu, tetap dilakukan secara daring dulu. Diskusi dan sharing di kelas atau grup online via WA saja dan lewat media sosial. Seperti live media sosial, webbinar dan lain sebagainya.


Oh, ya sesi on air ini juga membahas berbagai pertanyaan dari pendengar, atara lain


Bagaimana menjadi seorang blogger, bagaimana bergabung di komunitas blogger Bengkulu, bagaimana mendapatkan penghasilan dari blog, bagaimana memulai untuk menulis blog, kenapa folower dan konten di media sosial itu menarik, skill apa saja yang harus dimiliki untuk menjadi seorang blogger, berapa fee atau bayaran untuk blogger dan lain sebagainya..


Kenapa pertanyaannya banyak, yah sebab jalur pertanyaannya juga dibuka via WA, tidak hanya on air atau lewat telpon masuk. Jadinya banyak, hehehe.



Adakah yang bisa atau bantu saja menjawabnya, yuk berbagi di kolom komentar pengalaman kalian apa aja. Nanti kalo ada waktu luang, saya sempatkan untuk membahas hal tersebut berdasarkan pengalaman saya secara lebih detail.


Do’ain ya, punya waktu luang untuk menuliskannya kembali di blog ini! Soalnya ini kejadian kegiatan di bulan Juni 2020, baru bisa dituliskan sekarang. Duh, saya merasa sejak New Normal sibuk sekali ya. 


Untuk sesi cerita hari ini, sampai di sini dulu. Saya mau bersiap untuk membuat sarapan dan berangkat mencari berlian dulu, see you!

 

 

Diberdayakan oleh Blogger.