Menu

Rabu, 05 Agustus 2020

/
Assalamualaikum.Wr.Wb

Apa kabar teman-teman Sahabat Milda sekalian? Semoga sehat. Kali ini saya mau sharing dari Kelas Senin Bersama Blogger FLP (Forum Lingkar Pena). Nara sumber kali ini adalah Naqiyyah Syam, seorang Blogger yang saat ini berdomisili si kota lampung. 

Sesi kelas senin ini, sekitar jam dua hingga jam tiga sore. Kadang molor juga sampai jam empat, tergantung dengan tema dan diskusi yang dilakukan. Bahkan ada yang berhari-hari loh, waktu itu kalo tidak salah topic bahasannya mengenai Google Search Console. Yakinkan kalo bahas soal GSC, bajak bikin kneeing berkerut dan waktu satu jam itu tidak cukup.

Untuk pembahasan mengenai GSC ini, nanti aku coba buat postingan tersendiri ya.

Kali ini kita focus dulu sama Momsblogger satu ini dulu ya, Naqiyyah Syam akan sharing bagaimana menentukan Rate Card Blog .

Yuk, kita simak dengan seksama..

Kelas senin ini kebetulan saya yang menjadi moderatornya. Yah, sudah langsung kita serahkan aja grupnya sama narasumber kita.

Si Naqiyyah Syam udah di ujung mic nih..

Sebelumnya terima kasih atas kesempatannya sharing di Blogger FLP, maaf belum banyak aktif karena lagi fokus ke Humas BPP FLP.

Awalan Nge-Blog

Awal membuat blog tahun 2010 karena ikut-ikutan teman pengen punya blog. Waktu itu benaran enggak bisa cara membuatnya, tanya sana-sini enggak ada yang bisa bantuin, akhirnya seorang teman yang menyukai cerpenku di Majalah Sabili menghadiahkan sebuah blog. Blog yang berjudul sama seperti cerpenku.

Tahun 2010 sudah sering ikut lomba blog, tapi belum paham blog bisa jadi sumber penghasilan. Sejak tahun 2015 gabung di group WA Blogger FLP ini, mulai terbuka wawasan, kena kompor deh buat ikutan nge-job di blog.

Awalnya dapat fee hanya kuota 25 ribu. Kadang hanya produk kosmetik dan lainnya. Semuanya aku jadikan bahan pembelajaran. 

Mulai Serius Nge-Blog

Agustus 2015 blogku berdomain www.naqiyyahsyam.com dan job mulai berdatangan sejak DA 10.

Bagaimana rate card setelah job naik menjadi 10, 15 dan 20 ke atas? Sebagian blogger memiliki sebuah kebanggan punya DA di atas 20. Kabarnya itu DA stabil yang sering diincar agensi.

Jadi, aku dulu emang mengincar DA di atas 20 dengan perjuangan keras hehe... target 3 bulan dari DA 0-20 akhirnya tercapai dan job pertama yang lumayan itu dikontrak Tokopedia selama 3 bulan dengan fee 1,5 juta/bulan.

Sejak itu, tawaran job semakin ada aja lewat email. Ada fee 100 ribu/artikel ada yang 200 ribu dan lainnya. Sampai suatu hari serorang teman menegurku, “Mbk, dengan DA-mu 20 itu, seharusnya fee kamu bukan 100 ribu/artikel, tapi bisa negu bahkan 500 ribu/artikel, loh!”

Jleb banget kan? Gimana caranya?

Ya, tahan godaan kalau ada  tawaran job senilai 100 ribu/artikel. Kenapa? Sekali menerima, data basemu tersimpan dan sesama agensi biasanya saling tahu. “Eh dia tuh mau loh dibayar 100 ribu/artikel!”

Cara Membuat Penawaran Job Blog ( menentukan rate card blog)

Pelan-pelan tawaran 100 ribu/artikel aku stop. Aku belajar nego harga dengan baik-baik. Contohnya :

Terima kasih atas tawarannya, saya bersedia untuk bekerjasama Fee :
Rate Card Blog saya :

Tulisan disiapkan : Rp. 300.000
Tulisan ditulis sendiri : Rp. 1.000.000
Ini akan saya share ke komunitas saya Tapis Blogger IG @tapisblogger (Saya sebagai foundernya) dan followers dari sosial media saya. Berikut infonya :
Nama : Naqiyyah Syam
Blog : https://www.naqiyyahsyam.com
DA : 23
PA : 43

Hal-hal yang Mempengaruhi Rate Card

Rate card ini sangat dipengaruhi oleh personal branding kita. Selain DA/PA blog juga followers di media sosial. Jadi, bisa saja masih blogspot dapat job senilai jutaan. Tapi, hello siapa sih kita yang blogger daerah, feed IG aja masih males diisi hihi.

Nah, cobalah berbenah dengan merapikan media sosial kita. Semakin rapi akan semakin meningkat job yang datang. Nego job itu emang untung-untungan, tapi setidaknya ada yang bisa kita tawarkan kalau personal branding dan medsos kita bagus.

Followers banyak juga emang belum tentu bisa nego dengan rate card bagus,  untuk itu perbanyak silaturahmi dengan blogger lain, tingkatkan skill mengelola medsos, insya Allah rate card semakin bagus.

Rate Card Blog Tertinggi

Kalau ditanya rate card paling tinggi berapa? Wow, emang belum besar banget sih, alhamdulillah pernah 2 jutaan satu artikel.

Nah, itu saya sharing dariku ya teman-teman lengkapnya kita tanya jawab saja hehe.

Sesi Tanya Jawab dan Sharing

Triana Dewi : DAku kecil dan aku gak berani pasang rate card wkwkwk
Naqiyyah Syam : iya mbk, buat DA kurang 10 buat latihan aja dulu, nulis juga jadikan portofolio ya

Triana Dewi : Iyaa asal sesuai niche diterima buat portofolio ya

Naqiyyah Syam : Iya Mbk, sing penting happy ngeblog itu ya, enggak semuanya hanya uang. Apalagi Blogger FLP malah dianjurkan memperkenalkan kegiatan FLP di Wilayah atau Cabangnya ke blog masing-masing atau kirim rilis ke Web FLP. Jadinya info FLP itu benyebar dan kata kunci mengenai FLP itu banyak  hehe

Antung : DA di bawah 20 sekarang ratecardnya kayaknya di bawah 500 ribu yaa

Naqiyyah Syam : iya bisa aja 250-300 ribu itu kembali ke blogger pribadi. Kadang kalau temanya aku sukai aku juga kadang ambil hihi. Apalagi kalau tema kemanusiaan.

Milda : Tanya Mak, kalo cara menawarkan rate card supaya di acc gimana. Apa triks kita

Naqiyyah Syam : Biasanya aku cari tahu dulu info agensinya, apakah itu harga sudah patokan atau masih bisa goyang. Seperti kalau job dari Hiip itu seragam ya semua blogger jadi enggak bisa nego.

Tapi kalau brand provaider atau lainnya biasanya tiap blogger bisa beda. Pernah iseng aja sih nawari sekian ternyata ACC hehe... tapi pernah juga nyesek kenapa enggak nawar karena teman ACC harga lumayan besar haha...

Intinya pelajari dulu siapa pemberi job dan apa yang bisa kita tawarkan, kalau PV bagus misalnya atau followers oke atau bisa nulis lebih detail dan masuk  page one Google maka lebih besar peluang ACC
Naqiyyah dan family

Mengenal Naqiyyah Syam Lebih Dekat

Nama lengkap: Naqiyyah Syam

Ttl : Jambi, 17 Juli 1980

Jenis kelamin : Perempuan

Domisili : Lampung
Aktivitas sosial :

✅Humas BPP FLP
✅Founder Tapis Blogger
✅IP Lampung

Pekerjaan :
Blogger, Penulis dan Trainer

No WA : 081379562508

Hobbi : Membaca, menulis dan jalan-jalan


Motto :
Bermanfaat untuk orang banyak.

Oh, ya kalo aku sudah lama kenal sama si Naqi kami, kami sama-sama ada di FLP Bengkulu, sebelum ia nikah dan menentap di Lampung. Bahkan tahun dan usia anak tertua kami pun tak jauh berbeda.

Sesi Kelas Usai

Tak terasa diskusinya segera berakhir, karena waktu sudah beranjak ke angka tiga sore. Mak Naqiyyah mungkin ada jadwal kelas atau kesibukan lainnya. Jadi kelas kali ini selesai dulu sampai di sini. Nanti disambung lagi dengan beliau atau dengan narsum lain dan dengan bahasan tema lainnya.

Terima kasih sudah menyimak ulasan ini. Kalo kalian gimana cara trik menawarkan rate card blognya, boleh dong sharing di kolom komentar yah.

Salam Semangat Ngeblog
Milda Ini


Diberdayakan oleh Blogger.