nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

10 IDE Top BISNIS ONLINE Menjelang Lebaran


Assalammualaikum Wr. Wb

Lebaran sebentar lagi. Layaknya suatu pertempuran hidup. Lebaran adalah suatu momentum dimana orang-orang banyak sekali mengambil peluang untuk menang. Menang sebagai pribadi yang sholeh . Menang sebagai pribadi yang mulia, menang sebagai pribadi yang bersih, baik  dan banyak lagi yang lainnya . Semua ingin mengambil  kebaikan dan barokah dari bulan puasa dan lebaran . Untuk menuju kemenangan berat itu banyak yang diperlukan oleh seseorang agar dapat melalui pertempuran tersebut. Mendadak semua orang menginginkan hal itu. Semau orang membutuhkannya. Semua orang ingin membelinya.

Lalu siapakah penjualnya jika semua orang ingin membelinya. Siapa yang menjadi penjualnya jika banyak orang ingin menjadi pembeli. Ini kesempatan buat kamu! Ya,  Jawabannya, KAMU SEBAGAI PENJUALNYA.

Ya, selama bulan puasa dan lebaran banyak sekali terjadi peningkatan kebutuhan. Kalo dulu kita tahunya kebutuhan menjelang lebaran tersebut seputar mencari Baju Baru. Tapi sekarang sudah tidak lagi, makin banyak saja kebutuhan orang menjelang puasa dan lebaran. Semua orang ingin serba BARU.

Ini PELUANG BISNIS

Kamu harus ambil bagian dalam pertarungan bisnis ini. Jangan sampai ketinggalan apalagi diambil oleh orang lain. Sayang sekali. Padahal kamu sudah saya beritahu hal ini terlebih dahulu daripada mereka yang tidak membaca blog ini.

Peluang bisnis menjelang lebaran ini sangat  menggiurkan. Bahkan ada yang berjualan hanya tahunan saja. Atau menjadi penjual musiman. Yang jualan hanya selama bulan puasa dan menjelang kebaran saja.

Jangan ditanya soal keuntungan. banyak yang bisa didapat dari bisnis musiman seperti ini. Mengapa melakukan BISNIS ONLINE. Alasannya karena coba perhatikan dan pelajari informasi berikut ini.

Menurut Kominfo. Indonesia bersama India dan China,  diprediksi bakal menjelma menjadi salah satu raksasa lini bisnis eCommerce di wilayah Asia Pasifik pada 2017. Kalau di tahun 2016 menurut , Rudiantara memprediksi bisnis eCommerce di Tanah Air akan sangat berkembang pesat. Jika sepanjang 2016 nilai transaksi eCommerce di Indonesia  mencapai angka US$ 4,89 miliar atau sekitar lebih dari Rp 68 triliun. Maka di tahun 2017. Tentu nilai tersebut akan terus bertambah, bukan.


Lebih lanjut ia memaparkan, hasil prediksi prospek bisnis eCommerce di Indonesia yang dirilis Kominfo juga menyebutkan bahwa pada 2016 akan ada 8,7 juta konsumen toko online. Jumlah tersebut naik dibanding 2015 yang "hanya" sebesar 7,4 juta pembelanja online.

Jadi BISNIS ONLINE sangat menjanjikan ya. Apalagi orang Indonesis memang sangat suka menggunakan momen tertentu untuk belanja. Dimana menjelang puasa dan lebaran. Memang waktunya belanja, berburu diskon dan sale.Terjadi peningkatan hampir semua produksi barang-barang kebutuhan puasa dan lebaran.

Hal ini juga didorong oleh jumlah pengguna internet di Indonesia yang terus bertumbuh. Pada 2015 saja, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 93,4 juta, naik dibanding 2014 yang sebanyak 88,1 juta pengguna.

"Pengguna internet itu sekitar 77 persen mencari informasi produk dan belanja online. Paling populer di internet itu produk pakaian, sepatu, tas, tiket pesawat, ponsel, dan lainnya," kata Rudiantara.

Rudiantara juga menegaskan bahwa pemerintah akan tetap konsisten menargetkan bisnis eCommerce pada 2020 agar bisa menembus nilai US$ 130 miliar dibantu dengan kehadiran road map di bidang tersebut.

Sebelumnya, eMarketer memprediksi penjualan ritel eCommerce di Indonesia diperkirakan bisa mencapai US$ 5,29 miliar atau berkontribusi sekitar 2,2 persen bagi total transaksi ritel.

"Pertumbuhan yang tinggi eCommerce di Asia Pasifik juga memberi ruang bagi pemain lokal seiring diperbaikinya platform mobile dan logistik. Bahkan ada pemain yang bermain melalui aplikasi saja," kata Director of forecasting eMarketer Monica Peart.



Satu hal lagi MENGAPA ARUS PERPUTARAN UANG di bulan puasa dan lebaran meningkat tajam. dibandingkan waktu lainnya. Hal ini karena selain memang kebutuhan. Juga dipicu dengan adanya tradisi pembagian uang dari semua sektor. Terutama sektor tenaga kerja. Baik tenaga kerja honor, tetap, swasta, negeri. Semuanya mendapatkan bagian tambahan gaji atau penghasilan yang disebut dengan TUNJANGAN HARI RAYA atau THR. Makanya pendapatan juga bertambah yang juga berakibat terhadap belanja atau pengeluaran yang juga meningkat di saat menjelang lebaran.


Sangat terbuka lebar ya peluang jualan menjelang lebaran. 

Lalu ide jualan apa yang sebaiknya dilakukan menjelang lebaran tersebut. Produk apa saja yang bakalan laku dan diserbu pembeli. Berikut akan saya ulas ya, ide jualan menjelang puasa dan lebaran yang gak ada matinya.

10 IDE BISNIS ONLINE Menjelang Lebaran 


1. Pakaian

Ini merupakan kebutuhan wajib hampir semua orang saat lebaran. Dari anak kecil sampai orang dewasa. Baik lelaki atau perempuan. Semua butuh pakaian baru. Semua akan membeli baju lebaran. Bahkan satu orang saja butuh atau bisa membeli beberapa buah baju lebaran

2. Perlengkapan atau Aksesories Pakaian
Selain pakaian kebutuhan ini juga sangat dicari dan bakalan diburu oleh sebagian besar masyarakat Indonesia untuk berlebaran. Mulai dari jilbab, bross , dalaman, jilbab, pasmina, sandal, sepatu, tas , dompet, kaos kaki dan lain sebagainya untuk mendukung penampilan yang istimewa di hari lebaran

3. Aneka Aksesories Rumah

Saat menjelang lebaran banyak keluarga yang mencari perlengkapan, aksesoriess atau pernak-pernik kebutuhan rumah. Misalnya taplak meja,bantal kursi,gorden, lampu hias, bunga hias dan lain sebagainya 

4. Perabotan Rumah Tangga

Menjelang lebaran banyak juga orang yang mencari kebutuhan perabotan rumah tangga. Baik kebutuhan furniture, kebutuhan barang  elektronik, kebutuhan alat dapur, sebut saja toples, tempat buah, tempat kue, tempa gelas, sendok, air minum . Bahkan kursi dan lemari baru dan lain sebagainya

5. Aneka Kue Lebaran

Kebutuhan akan kue menjelang lebaran sangat banyak, bahkan meningkat setiap tahun Seiring dengan bertambahnya keluarga baru atau pasangan baru yang menikah. Dimana kebutuhan kue lebaran ini sudah menjadi kebutuhan wajib setiap rumah saat lebaran. Ide dan kreatifitas bentuk dan rasa kue lebaran selalu saja ada dan muncul yang baru.

6. Kebutuhan Ibadah

Menjelang lebaran terutama saat puasa. Kebutuhan akan perlengkapan salat.Seperti, Al- Quran, Tafsir, terjemahan, tasbih, baju koko, gamis, kain sarung, peci, dan mukena akan semakin meningkat. Banyak orang membeli barang-barang tersebut bukan untuk memenuhi kebutuhannya . Akan tetapi banyak orang membeli barang-barang tersebut untuk kebutuhan Gaya, agar tidak ketinggalan model dan selalu ingin tampil Up To Date.

7. Tiket Mudik 

Banyak orang membutuhkan berbagai macam tiket untuk mudik dan liburan. Mulai dari tiket bus, kereta api, pesawat, kapal. Bahkan sejak jauh hari, banyak orang sudah memesan dan memboking aneka tiket untuk mudik. 

8.Handphone, Pulsa dan Aksesoriess

Untuk tampil maksimal dan mengabadikan moment selama lebaran. Banyak orang membutuhkan handphone baru untuk mengambil foto, untuk selfie dan membuat video. Sehingga kebutuhan akan handphone juga meningkat termasuk kebutuhan akan aksesoriessnya seperti headset, sarung handphone. Termasuk juga kebutuhan pulsa dan kuota.

9. Cat Rumah  dan Wallpaper

Banyak keluarga di Indonesia saat lebaran mengganti warna cat rumah atau menggunakan wallpaper untuk membuat tampilan rumah rapi dan cantik . Oleh karena itu penjualan aneka cat dan wallpaper akan semakin meningkat.

10. Tour dan Penginapan
Selain itu banyak juga orang yang membutuhkan informasi dan kebutuhan penginapan, seperti hotel, resort. Bahkan banyak juga yang membutuhkan kebutuhan paket liburan. Sebab pada saat lebaran adalah saat liburan keluarga.


Nah, tinggal dipilih kamu mau berjualan apa menjelang lebaran ini. Tinggal menyiapkan modal dan juga koneksi untuk pemasok barang-barang. Kamu juga bisa  mengajak teman-teman untuk bekerjasama. Selain itu kamu juga bisa memulai bisnis online ini dengan dua cara, jika kamu belum mempunyai modal yang cukup untuk menjalankan bisnis ini sendirian.

Cara Berjualan ONLINE Dengan Modal HEMAT

1. Menjadi Reseller

Menjual aneka barang yang sudah terkenal atau sudah dijamin laku itu adalah salah satu pilihan yag cerdas. Dimana merk barang tersebut yang akan memudahkan terjadinya transaksi penjualan. Maka dengan menjadi reseller atau bagian agen sebuah merk atau brand dari sebuah produk adalah yang paling mudah untuk kita lakukan. Modal yang diperlukan juga kecil. Kita bisa menyetok barang atau pun juga tidak menyetok barang

2. Dengan Dropship

Dengan sistem ini memudahkan bagi kita. Dimana kita hanya bertugas sebagai promosi atau bagian marketing suatu produk. Jika ada yang memesan barang. Maka kita akan menghubungi agen atau distributor untuk mengirimkan barang pesanan pelanggan. Dengan sistem ini seseorang tidak perlu menyetok barang. 

Sekarang , Bagaimana KEPUTUSAN Kamu? 

Jadi, sekarang tunggu apa lagi. Siapkanlah dirimu dari sekarang untuk menjadi bagian pertemburan menjelang lebaran tahun ini. Menjadi pasukan penjual ONLINE demi memenuhi kebutuhan banyak orang menjelang lebaran.

Bukankah senyum bahagia mereka menjelang lebaran akan menjadi bagian dari kebahagianmu juga. Sebab, engkau bahagia karena jualanmu banyak yang menyukainya, banyak yang membelinya. Itu artinya JUALANMU LAKU.

Oke, silakan langsung dieksekusi ya ide-ide di atas. Semoga kamu beruntung dan jualannya laris manis. Semoga duit THR, Bonus- bonus tersebut segera berpindah ke dompetmu!

Baca Juga

Related Posts

64 comment

  1. Inspiratif dan Provokatif. Boleh dicoba yang ingin mencari peluang usaha. Terima Kasih Mbak Milda

    BalasHapus
  2. Tertarik jual tiket mudik, pasti banyak yang minat hhe

    BalasHapus
  3. mauuuuu tapi jualan yang mana yah hahahaa.. modal blm adah, bingung mau melobi siapa, bagi juga dunk link yg bisa direseller mba wkwkwk ...josss artikelnya, pas moment pas mantapp...camkohaaaaa

    BalasHapus
  4. Boleh ni nyoba wallpaper, Hijabengkulu blm punya

    BalasHapus
  5. Mantap, sangat inspiratif

    BalasHapus
  6. sekarang banyak aja ya bisnis online. harus cerdas memilih dan memilah

    BalasHapus
  7. Boleh dicoba nih peluang bisnisnya

    BalasHapus
  8. Bisnis onlin ��. Lagi ngunpulin dana buat jadi bisnisman..

    BalasHapus
  9. Dengan mudahnya komunikasi, terlebih internet orang mulai bergeser membeli scara online dr pd offline.
    Bisnisnya bs di coba nih mbak

    BalasHapus
  10. menjelang puasa dan lebaran memang banyak banget peluang usaha yang bisa dimanfaatkan ya mbak
    baju kue penginapan laris manis biasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. noh, kue kan udah dimulai, penginapan lagi dimulai ya

      Hapus
  11. Tertarik jadi Reseller. Hehhehe

    BalasHapus
  12. Saya dari kemarin pengen banget jualan online tapi tak kunjung terealisasikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. taun ini harus segera direalisasikan mba

      Hapus
  13. saking banyak yg jualan TLku penuh dg jualan kl saat mulai ramadhan, hiii

    BalasHapus
  14. Kalo.mo jualan tiket mudik mah udah beberapa bulan sebelumnya x ya mbak kemarin liat berita di TV tiket mudik udh abis. Jd aku jualan kue ajalah habahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. uppp, jangan salah banyak kok yang mencari tiket, apalagi yang awalnya gak niat mudik, bisa berubah loh, pokoknya sampai udah lebaran aja masih aja minat

      Hapus
  15. Hihi. Sekarang mah sagala aya di internet. Dan kita pun bisa menjualnya juga ^^

    BalasHapus
  16. bisnis bikin kue lebaran banyak banget dilakukan temanku menjelang lebaran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, bahkan yang gakda woro2 jualan, mendadak jualan

      Hapus
  17. wah makasih mbak untuk informasinya. sangat bermanfaat.
    Pengen bisnis juga biar dapat penghasilan pas raya. hehe ;)

    BalasHapus
  18. Good idea...
    Sdh dieksekusi salahsatu dri 10ide di atas
    Tfs mb

    BalasHapus
  19. Trmksih infornasinya mbak..provokatif! :)

    BalasHapus
  20. Bikin kue kayanya bisa dicoba nih, kalau nggak laku juga bisa buat dimakan sendiri :D

    BalasHapus
  21. mau jualan juga buat nambahin uang mudik. Jual baju muslim anak kali yaa

    BalasHapus
  22. Setuju banget mbak,, biasanya dibidang kuliner dan pakaian yang paling melejit permintaanya :D

    BalasHapus
  23. Hem... Andai udah mahir jahit mau buka usaha pakaian. Yg limit edition gitu biar gak pasar an :)

    BalasHapus
  24. Pakaian, kue lebaran hahaa menjamur nih bakalan pedagangnya, dulu sempet ngebantuin jualan temen juga. Seneng deh kalo laku gitu rasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ,semua senang kalo barang laku, dapat fee kecil juga gakpapa

      Hapus
  25. biasanya yang ramai menjenlang lebaran adalah pakaian dan makanan seperti kue lebaran mbk, oh iya dua bulan lagi lebaran ya hehe.

    BalasHapus
  26. Kereennn ayuk.... Masih hutang cokelat neehh.. Mudik PO cokelat ajah.. Plus alquran digital with epen dan Hafiz hafizah talking doll,buku edukasi anak.. yg di bengkulu minat ikutan boljug, lumayan bisa online ataupun offline������

    BalasHapus
  27. Usah mulai terasa nuansa nuansa mau Ramadhan ya. Saatnya bikin strategi buat nyari tambahan deh. Makasih sharing idenya mba Milda.

    BalasHapus
  28. Kayaknya yang cocok buat daku di bisnis kue lebaran deh mbak. Tapi belum pernah dicoba sik, hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kue lebaran dan printilannya emang paling laku

      Hapus
  29. Tahun lalu jualan mukenah karakter anak-anak. Dropship gitu, manfaatin ecommerce yang gratisan ongkir. Tahun ini kayaknya belanja aja deh... ��

    BalasHapus
  30. cocok banget nih mba, ide buat nyari penghasilan tambahan pas mau masuk lebaran

    BalasHapus
  31. Jualan kue lebaran itu banyak banget dingin menjelang Romadhon ini, apalagi untungnya juga lumayan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, itu paling hits mak, dicobakan aja kali jualan, hehehe

      Hapus
  32. Mantap ini idenya jadi dapat pencerahan hehehe

    BalasHapus
  33. Biasanya banyak penjual dadakan ketika menjelang lebaran. Mesti bisa bersaing ketat dan gencar promosi...

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin