Menu

Kamis, 03 November 2016

/

Assalammualaikum Wr. Wb



Tempat liburan atau bersantai yang paling sering dikunjungi oleh sebagian besar orang. Baik anak-anak atau orang dewasa adalah pantai. Semua usia menyukai jika diajak ke pantai. Apalagi memang sebagian besar wilayah Indonesia adalah terdiri dari pantai yang indah.Berlibur ke pantai adalah sesuatu yang sangat disukai karena menyenangkan. Namun adakalanya saat bermain ke pantai kita tidak memikirkan waktu yang tepat bermain ke pantai. Sebaiknya hindari bermain ke pantai pada pukul 10.00 pagi sampai dengan pukul 14.00. Saat itu matahari sedang teriknya. Akibatnya sengatan matahari dapat membuat kulit kita menjadi hitam. Oleh karena itu kalian yang senang bermain ke pantai, harus mengetahui 3 cara agar kulit tidak hitam saat ke pantai.

Berbeda dengan orang bule, kebanyakan orang Indonesia takut hitam. Tapi, seringkali ketika liburan, jadi hitam bukan sesuatu yang bisa dihindari. Apalagi, jika tujuannya ke pantai, di mana matahari bersinar dengan teriknya.Kita harus mnegetahui cara untuk menghidarinya.

Saya dan keluarga juga sangat menyukai berlibur ke pantai. Apalagi pantai Bengkulu sangat indah dan menawan untuk dikunjungi. Salah satu pantai yang sering kami kunjungi adalah pantai Jakat. Letaknya pun hanya sekitar 500 meter dari rumah. Di pantai kami sering bermain pasir, mandi atau duduk saja sembari menikmati roti bakar, sate ceker atau jagung bakar. Sembari menikmati angin laut dan suara deburan ombak.

Di pantai Jakat ombaknya yang tenang membuat saya dan anak-anak sering juga bermain pasir dan mandi di pantai. Dengan menggunakan ban, kami bisa berlama-lama mandi di pantai. Kadang suka lupa waktu. 

Pantai Jakat Bengkulu

Selain itu, kami juga sering berfoto-foto ria, terkadang memang langsung di bawah  terik matahari, meski kadang awan terlihat mendung tetapi udara di pantai panas. Hal ini semakin membuat kita lupa kalau saat itu sebaiknya tidak bermain atau melakukan foto di pantai. Angin yang berhembus cukup kencang, membuat kita seolah merasa sejuk. Padahal sekali lagi saat itu matahari sedang menyentuh kulit kita. 

Sungai Suci ,Bengkulu

Waktu yang sering kami pilih adalah di hari ahad, karena sangat ramai orang bermain dan mandi di pantai. Pada waktu pagi atau sore hari. meskipun begitu. Masalah kulit hitam ya tidak bisa dihindari, apalagi kalo sudah asik mandi. Ya, sering lupa. 

Apalagi anak-anak, mana mengerti mereka soal kulit hitam atau akan terbakar. Bagi mereka ke pantai adalah waktunya senang-senang dan bermain. Saya yang kadang memang harus jeli dan telaten melakukan semua itu. Apalagi kalo sudah ketemu ban dan air. Udah langsung aja mereka lari-larian dan kejar-kejaran.



 
Keluarga saya menyebut kulit yang hitam atau terbakar saat ke pantai disebut dengan 'Ngereseng' dan itu bisa saja diobati. Tetapi tetap butuh waktu.

Jangan sedih untuk kamu yang ingin ke pantai, tapi gak mau kulit menjadi gelap atau menghitam. Kali ini saya ingin berbagi mengenai bagaimana menghindari agar kulit tidak hitam, apa yang harus dilakukan. Ada caranya kok. ayuuk, ikuti ulasannya.


Pantai Jakat, Bengkulu

Ada beberapa cara untuk menghindarinya, di antaranya:

Pakai Sun Block

Harga sun block memang suka gak ketulungan mahalnya. Tapi, percaya deh, this thing is worth the price. Cari sun block dengan SPF 50. Untuk pemakaiannya, jangan dipakai begitu kamu tiba di pantai. Mulai lah dari rumah atau tempat penginapan kamu. Oleskan sun block secara merata termasuk muka, setelah kamu selesai mandi. Jika kamu berencana untuk berenang, pilih sun block dengan fitur waterproof.  Bagi kamu yang berjerawat, jangan lupa konsultasikan dengan dokter sebelum membeli sun block merek tertentu.

Pakai Topi

Bukan sembarang topi yang bisa dipakai. Ada beberapa ketentuan untuk mendapatkan topi yang tepat untuk mencegah wajah kamu menghitam. Gunakan topi dengan sisi selebar 5 cm, paling sedikit. Topi seperti bow hat atau topi kupluk, tidak akan membantu kamu. Sementara topi baseball, cuma akan melindungi bagian depan, sedangkan tengkuk leher kamu berpotensi menghitam karena tidak terlindungi. Topi yang paling cocok sebenarnya topi fedora. 

Topi Fedora, Sumber Pixabay


Jika keduanya sudah dilakukan tapi masih menghitam juga kulitnya, tenang ada cara untuk menghilangkannya. Alami, murah, dan mudah didapat.

Gunakan Jus Timun

Beli beberapa buah timun dan blender, lalu gunakan ampas dan airnya, kemudian lumuri keseluruh tubuh sambil dipijat. Diamkan 15 – 20 menit. Selain memberikan efek menyegarkan, timun dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Memang hasilnya tidak instan. Jika kamu benar-benar menghitam, paling tidak butuh waktu satu hingga dua minggu dengan pemakaian setiap hari.

Sekian tipsnya. Bagaimana?  Jangan takut hitam lagi ya, saat jalan-jalan ke pantai.

Salam, semoga liburan ke pantainya menyenangkan. Gak takut hitam lagi 







Diberdayakan oleh Blogger.